Saturday, 15 July 2017

Sudah Tahukah Apa Penyebab Ikan Koki Berenang Terbalik?



Ikan Koki Berenang Terbalik, majalahikan.com | Bagi para pecinta ikan koki tentunya tak akan terkejut ketika melihat ikan koki mengapung di permukaan air dengan berenang terbalik, bahkan para koki mania dari awal sudah tau cara mencegah penyakit yang sering sekali menyerang ikan koki ini. Lain halnya bagi yang baru menyukai ikan hias, yang tergiur dengan bentuk, ragam warna serta jenis dan lucunya ikan koki. Mereka akan terhibur malah ketika melihat ikan mas koki berenang dengan tidak wajar, yakni terbalik.

Gambar Ikan Koki Berenang Terbalik


Saya sendiri ketika belum tau persis kenapa ikan koki cara berenangnya berbeda dengan ikan mas koki lainya, sedikit tersenyum karena terlihat lucu. Bahkan ketika saya tanya apakah ikan koki ini sakit? jawab temen saya....sehat kok, makanya juga rakus kayak temen temennya yang berenang normal.

Menurut saya sangat aneh, dan lanjut bertanya apakah ikan koki ini memiliki kelainan,,,,jawab temen saya....entahlah.

Rasa penasaran saya melihat ikan koki berenang terbalik ini semakin menjadi saja dan tidak puas dengan jawaban yang diberikan oleh temen saya....hingga akhirnya saya terus mencari jawabanya....dan berikut ini adalah jawaban yang saya dapatkan.

Penyebab Ikan Koki Berenang Terbalik


Sebelum kita lihat apa akar masalah dari ikan koki berenang terbalik, di bawah ini adalah vidionya






Penyebab ikan koki berenang dengan aneh seperti terlihat pada vidio di atas karena Swim Bladdernya terganggu.

Apa itu Swim Bladder?

Swim Bladder adalah salah satu organ bagian dalam dari ikan yang bentuknya seperti sosiz dan memiliki manfaat membantu ikan menjaga keseimbangan daya apung, dan pada umumnya disebut dengan kandung kemih atau kantung kemih atau juga bisa disebut kantung udara, karena organ ini berisi gas.

Gambar Ikan Koki Berenang Terbalik Karena Katung kemih Terganggu
Gambar Swim Bladder dari necropsymanual.net

Seperti terlihat pada gambar di atas ( katung kemih ) ini mengalami gangguan yang manjadikan si koki berenang terbalik.

Lalu apa yang menyebabkan gangguan hingga koki berenang tidak wajar?

Seperti kita ketahui kalau ikan koki ini adalah dari jenis ikan mas, akan tetapi karena bentuknya yang bulat layaknya bola golf, menjadikanya kantung kemih juga menjadi semakin bulat dan pendek, hal inilah yang membuat ikan koki lebih rentan terhadap kelainan.

Selain itu, beberapa hal di bawah ini juga yang menyebabkan gangguan pada kantung kemih ikan koki ( bereneng terbalik ).

  • Makanan ikan yang buruk atau sudah kadaluarsa...makanan seperti ini menjadikan kelebihan gas di usus dan kelebihan gas ini akan menyebabkan ikan kehilangan keseimbangan. Seringkali gas akan masuk ke kantung kemih sehingga ikan menjadi mengapung, karena ikan tidak bisa melepaskan gas jika sedang sembelit.
  • Perubahan suhu mendadak
  • Infeksi, serangan bakteri kantung kemih menjadikan ikan kehilangan keseimbangan
  • Tingginya kandungan nitrik pada air dan itu mempengaruhi kantung kemih ikan koki
  • Banyak menelan udara saat ikan koki makan dengan makanan apung ( meskipun ini ada yang bilang bukan dari masalah )
  • Umur sudah tua / Genetika
Nah itulah beberapa penyebab ikan koki berenang terbalik yang majalah ikan dot kom lansir dari website http://www.about-goldfish.com/swim-bladder-disorder.html....semoga bisa memberi jawaban bagi yang bertanya dan memberi wawasan bagi pecinta ikan hias.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua