Friday, 14 October 2016

Arwana Golden Red, Profil, Ciri Ciri, Harga Dan Cara Merawatnya

Gambar Arwana Golden Red, Profil, Ciri Ciri, Harga Dan Cara Merawatnya

Arwana Golden Red, Profil, Ciri Ciri, Harga Dan Cara  
Merawatnya, majalahikan.com | Ikan Arwana yang akan kita kenali lebih dalam adalah arwana red tail golden . Ikan arwana red tail golden merupakan jenis ikan arwana asia (Scelerepages Formosus), yang ditemukan atau berasal dari Indonesia. Tepatnya Riau/Pekanbaru, Sumatra.
 
Ikan yang memiliki nama latin atau ilmiah Scleropages aureus ini merupakan bagian dari ikan arwana golden ( arwana emas). Arwana golden lainya juga ditemukan di Malaysia, yang lebih dikenal dengan  crossback golden.

Kedua jenis ikan arwana ini terkadang memang membuat bingung, tentunya bagi pemula ikan hias, untuk itu majalah ikan mencoba berbagi informasi mengenai keduanya. Bukan hanya perbedaan yang akan admin bahas, mulai dari harga dan cara merawatnya juga akan terangkum nantinya. Silahkan baca dengan seksama ya.


Profil Ikan arwana Golden Red ( Emas ) Dari Malaysia


Ikan arwana asia ( Scelerepages Formosus ) yang memiliki warna emas atau golden dari negara Malaysia ini lebih dikenal dengan nama Crossback atau Crossback golden. Yang mana dapat dijumpai di Perak, Trengganu, Johor dan juga Danau Bukit Merah.

Selain Crossback golden, ikan arwana ini juga memiliki banyak nama sepeti misalnya Bukit  Merah Blue, Golden Pahang atau Malaysian Gold, Malayan Bonytongue, dan Taiping Golden. Yang mana nama - nama ini mengacu pada asal dari ikan arwana tersebut.

Sedangkan diberi nama Crossback golden, karena pada punggung ikan arwana ini berwarna emas.

Ikan arwana golden dari Malaysia ini memiliki banyak varian warna, yang mana berdasarkan warna dasarnya, seperti misalnya Purple-Based yaitu warna dasarnya ungu, Gold-Based dengan warna dasar emas, Blue-Based dengan warna dasar biru, dan yang terakhir adalah Silver-Based dengan warna dasar perak.
 

Untuk harga dari arwana golden red dari malaysia ini bahkan dapat dikatakan cukup tinggi dibandingkan dengan varietas lainnya, itu disebabkan karena ikan ini jarang ditemui. Yang mana hanya diproduksi oleh peternakan besar di Malaysia dan Singapura.

Profil Ikan Arwana Golden ( golden red tail ) Dari Indonesia


Gambar, Foto Arwana Golden Red, Profil, Ciri Ciri, Harga Dan Cara Merawatnya

Pekanbaru , Riau adalah tempat dimana keberadaan asli jenis ikan hias air tawar ini. Yang mana mendiami sungai atau danau yang airnya bersifat asam dengan pH < 6, warna air pun lebih pekat (hitam) atau kemerah-merahan.


Hal ini terjadi karena adanya kandungan tanin terlarut yang cukup tinggi dan berasal dari bagian tumbuhan yang terendam atau mengalami pembusukan.

Layaknya ikan arwana golden dari malaysia, arwana red ail golden ini juga terdiri dari berbagai varian warna, yakni mempunyai warna dasar seperti hijau, biru, dan gold. Hanya saja ukuranya lebih besar serta sifatnya lebih agresif.

Selain itu kesamaan dari dua jenis arwana golden ini adalah pada bagian bibir, sirip, dan juga ekor. akan tetapi untuk warna yang dimiliki Red Tail muda atau masih remaja warnanya sedikit lebih kusam bila dibandingkan dengan Crossback golden yang masih muda juga.
 

Warna emas yang dimiliki Cross Back Golden penuh melewati punggunnya.

Sedangkan warna emas pada  Red Tail Golden hanya mencapai sisik baris ke empat, cara menghitung baris sisiknya dihitung dari bagiah bawah perut, paling mentok mencapai baris kelima.

Arwana red tail golden masuk dalam daftar ikan arwana yang dilindungi CITES., mekipun di alam bebas jumlah populasinya lebih banyak dari pada Crossback golden.


Cara Membedadakan Arwana Red Tail Golden dengan arwana Cross Back Golden


Gambar Dan Foto Arwana Golden Red, Profil, Ciri Ciri, Harga Dan Cara Merawatnya

Seperti penjelasan di atas, dari kedua jenis ini ada persamaanya, yang mana terkadang akan sulit untuk dibedakan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan sahabat bisa membedakanya.

Untuk membedakan kedua jenis ikan arwana golden red ini, sahabat harus menunggu hingga ukuranya kira kira 20 cm lebih. Karena, jika ukurannya masih 10-12cm akan sulit untuk membedakan kedua arwana ini.

Nah setelah ikan memiliki ukuran 20 cm lebih sahabat akan melihat bahwasanya arwana Crossback golden untuk warna emasnya pada seluruh tubuh dan menutupi bagian punggungnya sedangkan pada arwana Red Tail Golden pada bagian punggungnya tidak memiliki warna emas akan tetapi berwarna kelabu.


 

Kisaran Harga Ikan Arwana Golden Red (  Red Tail Golden )


Harga ini masih relatif, karena kualitas ikan sendiri yang menentukan harga arwana  Red Tail Golden ini. Untuk ikan arwana  Red Tail Golden yang masih anakan atau bibit kisaran harganya Rp. 420.000, sedangkan untuk yang dewasa Rp. 4.200.000.


Cara Merawat Ikan Arawana Golden Red ( Red Tail Golden )


Karena panjang maksimal ikan arwana Red Tail Golden ini 90 cm, maka akuarium bisa sahabat sesuaikan agar sang ikan merasa nyaman.

Red Tail Golden juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Untuk pH air dalam merawat ikan arwana Red Tail Golden idealnya di kisaran 7, sedangkan untuk suhu airnya 27 c.

Untuk lampu dalam memelihara ikan arwana Red Tail Golden sebaiknya yang terang.

Ikan arwana Red Tail Golden merupakan jenis ikan predator, pakan yang bisa sahabat berikan berupa pakan hidup, seperti misalnya ikan kecil.

Jangan lupa bersihan pakan yang tersisa, agar kondisi air tetap terjaga.

untuk lebih jelasnya silahkan baca.....Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya
 

Mengganti air setiap seminggu sekali sekitar seperempat air akuarium.

Sebaiknya saabat juga baca...Sudah Benarkah Cara Merawat Ikan Arwana Di Dalam Akuarium Yang Anda Lakukan? 

Sekian ulasan Arwana Golden Red, Profil, Ciri Ciri, Harga Dan Cara Merawatnya, semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua