Thursday, 19 May 2016

3 Manfaat Ikan Sapu Sapu (Pleco) Dan 24 Jenisnya


Ikan Sapu Sapu, Majalahikan.com ~ Adalah ikan air tawar yang yang multi fungsi, yupss,,,inilah kenyataan tentang ikan sapu-sapu. 

Bagi hobiis yang agak malas bersihin akuarium, bisa dipastikan tu hobiis piara ikan sapu-sapu di akuariumnaya.

 Ikan Sapu Sapu hias



3 Manfaat Ikan Sapu Sapu (Pleco)

 

 Ikan Sapu Sapu siomay

Ikan sapu sapu bisa hidup di air yang berlimbah, contohnya sungai ciliwung. Ikan sapu sapu yang hidup di sungai itu selain warnanya kurang menarik juga di anggap tidak ada manfaatnya, karena untuk dikonsumsi saja tidak layak.

Akan tetapi ikan sapu sapu sebenarnya punya manfaat, bagi yang bisa dan mau memanfaatkanya. Mau tau apa sih manfaat ikan sapu sapu?   

Nah inilah salah satu manfaat ikan sapu-sapu yang pertama, ya'ni membersikan kaca akuarium dari lumut-lumut / alga yang tumbuh di kaca akuarium.

Makanan ikan sapu-sapu adalah alga / lumut, oleh sebab itu ia selalu menepel di kaca yang di tumbuhi lumut tersebut untuk dimakan.

Manfaat ikan sapu sapu yang ke dua adalah sebagai pengganti bahan baku pembuatan jajanan seperti misalnya siomay, batagor, empek-empek dan bakso.

Manfaat Ikan Sapu Sapu siomay



Yang mana sebenarnya bahan baku utama pembuatan jajanan tersebut biasanya menggunakan ikan tengiri ataupun daging sapi, akan tetapi, mungkin karena supaya mendapatkan untung banyak atau karena harga bahan baku utama mahal, maka para pedagang jajanan tersebut berlaku curang menggantinya dengan ikan sapu-sapu yang murah meriah, bahkan geratis karena bisa langsung ambil di sungai- sungai.

Sebenarnya manfaat ikan sapu-sapu yang kedua ini, yang mengambil manfaat adalah para oknum yang berlaku curang.

Ikan Sapu Sapu beracun



kami paparkan supaya kita WASPADA dan hati-hati dalam membeli jajanan. Karena ikan sapu sapu siomay " bahan baku siomay dari daging ikan sapu-sapu" sangat berbaya bila dimakan bagi kesehatan.

Kenapa berbahaya? penjelasanya begini ~ ikan sapu sapu bisa hidup di air keruh sekalipun, seprti misalnya sungai ciliwung dan yang lainya.

Nah makanan ikan sapu-sapu di sungai yang menjadi pembuangan limbah pabrik adalah sampah, maka ikan sapu tersebut mengandung merkuri, dan itu sangat berbahaya bagi tubuh manusia bila dikonasumsi.

Ikan sapu-sapu bisa dimakan dan tidak bahaya jika memang tidak mengandung merkuri, untuk lebih amanya adalah ikan sapu-sapu yang dipelihara sendiri atau dibudidayakan

Manfaat ikan sapu-sapu yang ketiga adalah memang sebagai ikan hias, karena jika hobiis mengetahui jenis-jenisnya maka akan terpesona dengan keindahan warnanya, bukan hanya itu harga ikan sapu sapu hias juga mahal.

Keberadaanya yang memang dari luar negri atau bisa dibilang ikan hias impor, itulah alasan kenapa harga ikan sapu sapu mahal.

Nah berikut adalah jenis-jenis ikan sapu-sapu hias:

Ikan Sapu Sapu Hias (Pleco) Yang Populer Dipelihara Di Akuarium


1. Ikan Sapu Sapu Zebra Pleco (Hypancistrus Zebra)


 Ikan Sapu Sapu Zebra Pleco

Ikan sapu sapu hias zebra warnanya sangat cantik, ya'ni belang-belang hitam dan putih. Itu sebabnya jenis ini dinamakan Hypancistrus Zebra.

Berasal dari North East Brazil, Amerika Selatan, dengan rata-rata ukuran dewasa 7,5 cm. Sifatnya tidak agresif dan bisa dicampur dengan ikan hias lain

Harga ikan sapu sapu hias zebra ini yang paling mahal diantara jenis-jenis ikan sapu. Untuk ukuran 5 cm saja bisa mencapai 1,5 juta.

Akuarium untuk memeliharanya yang paling ideal adalah yang mampu menampung air sebanyak 120 liter. Sedangkan suhu air 26 - 30 derajad celsius dengan pH 6,0 -7,5.

2. Ikan Sapu Sapu King Tiger Pleco  (Hypancistrus)


Ikan Sapu Sapu King Tiger Pleco

King Tiger Pleco  juga termasuk dari spesies Hypancistrus, berbeda dengan Ikan Sapu Sapu Zebra yang belangnya mirip dengan kuda zebra, King Tiger Pleco belang hitam putihnya menyerupai harimau.

Kalau ikan sapu zebra adalah ikan yang bersifat omnivora, King Tiger Pleco adalah ikan sapu yang bersifat karnivora.


Makanan ikan sapu sapu king pleco adalah hewan hidup, Untuk itu dalam merawatnya di akuarium sediakan bloodworms, udang dan kerang.


Selain itu aquarium yang di rekomendasikan yang memiliki   kapasitas 120 liter air, dengan suhu 25 - 29 derajad celsius dan pH  5,8-7,4.

King pleco berasal dari North East Brazil, Amerika Selatan, yang mana mampu tumbuh hingga 12 cm.


3. Ikan Sapu Sapu Snowball Pleco (Hypancistrus Inspector)



Ikan Sapu Sapu Snowball Pleco

Snowball Pleco juga dari spesies Hypancistrus, yang berasal dari Rio Negro, Venezuela, South America. 

Di alam liar ikan sapu-sapu Snowball Pleco adalah ikan predator. Panjang rata-rata 16 cm.

Akuarium yang pas untuk memelihara dan merawat Snowball Pleco adalah akuarium yang berkapasitas air 120 liter. Sedangkan suhu air yang bagus 22 - 30 derajat C, untuk pHnya 5,8-7,6.

4. Ikan Sapu Sapu Green phantom pleco (Hemiancistrus Subviridis)


Ikan Sapu Sapu Green phantom pleco

Green phantom pleco di temukan di Rio Orinoco, Venezuela, di alam liar biasanya ditemukan di celah-celah batu granit dan aliran sungai yang deras.

Panjangnya bisa mencapai 18 cm, untuk memeliharanya di akuarium dibtutukan akuarium yang bisa menampung air sebanyak 120 liter.


Sedangakan suhu yang tepat untuk merawat ikan sapu-sapu

Green phantom pleco adalah 22 - 25 derjad celsius dan pH yang berkisar antara 6,0-7,2.

5. Ikan Sapu Sapu Tiger Peckoltia  (Panaque sp)



Ikan Sapu Sapu Tiger Peckoltia

Tiger Peckoltia adalah salah satu jenis ikan sapu sapu hias yang ditemukan di Amerika Selatan: ParĂ¡, Rio Tocantins di Cameta, Brasil.

Ukuran ikan dewasa 12 cm, Tiger Peckoltia cinta damai yang berarti bisa di campur dengan ikan hias lain dalam satu akuarium.

Akurium yang paling ideal untu merawat ikan sapu Tiger Peckoltia adalah akuarium yang berisi 60 liter air. Dengan suhu 24 - 28 derajad celsius dan  pH 6,0-7,0.


6. Ikan Sapu Sapu Loricariidae (Hypancistrus sp)


Ikan Sapu Sapu Loricariidae

Loricariidae besal dari Rio Xingu, Brazil, panjang tubuhnya saat dewasa sekitar 15 cm.

Jika dirawat dalam air yang kondisinya bagus, ikan sapu-sapu

Loricariidae tampilan warna tubuhnya coklat gelap dan hitam dengan garis putih.

Saat dewasa panjangnya bisa mencapai 15 cm, akuarium yang pas untuk memelihara Loricariidae adalah akuarium yang muat untuk air sebanyak 160 liter. Suhu air yang baik 26-31 derajad celsius dengan pH 6,4-7,2.


Loricariidae hampir mirip dengan Ikan Sapu Sapu King Tiger Pleco, akan tetapi Loricariidae ukuranya lebih besar.


7. Ikan Sapu Sapu Longfinned Bristlenose Pleco (Ancistrus sp)


Ikan Sapu Sapu Longfinned Bristlenose Pleco


Longfinned Bristlenose Pleco atau ikan sapu sapu bersirip panjang adalah satu salah jenis ikan sapu yang sebagian besar berasal dari Amerika Selatan.

Panjang maksimal saat dewasa 12 cm, jenis ini ada beberapa warna seperti ikan sapu sapu sirip panjang albino, coklat gelap, krem, dan juga hitam.


Untuk memeliharanya diperlukan akuarium yang mampu menampung air sebanyak 40 liter dengan suhu air 22-27 derajad celcius dan pH antara 5,8-7,5.

8. Ikan Sapu Sapu  Common Pleco (Hypostomus Plecostomus)



 Ikan Sapu Sapu  Common Pleco


Common Pleco panjang tubuhnya mulai dari 30 - 60 cm, yang ditemikan di  Amerika Tengah dan Selatan.

Untuk merawat ikan sapu sapu Common Pleco saat masih kecil dibutuhkan akuarium dengan isi air 40 liter dan sebaiknya di pindah saat sudah dewasa ke akuarium yang mampu menampung air sebanyak 200 - 400 liter.


Suhu air antara  20 - 28 Derajat Celcius dan pH air antara pH 6,4 - 7,7 adalah kualitas air yang harus dipenuhi untuk merawat ikan
Common Pleco.

Ikan apa saja bisa di campur dengan ikan sapu Common Pleco ini dalam satu akuarium, akan tetapi hindarkan jenis ikan yang bertubuh datar, seperti misalnya ikan discus dan ikan mas

Karena ikan sapu Common Pleco sangat gemar menempel, menghisap bahkan menggigit pada kedua jenis ikan itu.

Usahakan air akuarium diganti setiap 2 minggu sekali, karena jika tidak diganti dan air sudah mulai keruh Common Pleco akan merasa itu pertanda musim kemarau, dan akhirnya melompat keluar. 

Untuk itu usahakan akuarium diberi penutup, agar Common Pleco tidak melompat keluar.

9. Ikan Sapu Sapu Gold Nugget pleco (Baryancistrus)


 Ikan Sapu Sapu Gold Nugget pleco


Gold Nugget pleco berasal dari Amazon River, Amerika Selatan, panjang tubuhnya saat dewasa antara 15 - 20 cm. 

Untuk merawat ikan sapu Gold Nugget pleco akuarium yang paling ideal adalah yang berkapasitas air 120 liter. Sedangkan suhu air diantara 25 - 30 Derajad Celsius dan pH antara 6,5-7,6.


10. Ikan Sapu Sapu Candy Striped Pleco (Peckoltia Vittata)

Ikan Sapu Sapu Candy Striped Pleco


Candy Striped Pleco mendiami Tengah dan bagian bawah Sungai Amazon di Amerika Selatan. Panjang tubuhnya hanya sekitar 10 cm. 

Untuk merawat jenis ikan sapu Candy Striped Pleco akuarium bisa dipakai yang manampung air sebanyak 80 liter. Suhu air yang baik untuk Candy Striped Pleco berkisar antara 23 - 26 derajat C dan pH 5,6-7,0.


11. Ikan Sapu Sapu Royal pleco (Panaque Nigrolineatus)

Ikan Sapu Sapu Royal pleco


Royal pleco Royal pleco Royal pleco Berasal dari Columbia, Venezuela, dan Brazil, Amerika Selatan, Royal pleco bisa mencapai panjang 43 cm. Dengan ukuran sebesar itu dibutuhkan akuarium yang mampu menampung air sebanyak 560 liter, akan tetapi jika masih kecil akuarium yang airnya 160 liter dirasa sudah cukup.

Ikan sapu Royal pleco Royal pleco bisa hidup sampai umur 20 tahun jika dirawat dengan baik, untuk itu suhu air yang bagus antara  22 - 30 derajat C dan pH 6,5 - 7,5.

12. Ikan Sapu Sapu Vampire pleco (Leporacanthicus Galaxias)


Ikan Sapu Sapu Vampire pleco


Vampire pleco saat dewasa panjangnya mencapai 25 cm, berasai dari Brazil, Amerika Selatan. 

Untuk merawat ikan sapu Vampire pleco akuarium yang direkomendasikan adalah yang bervolume 200 liter air dan suhu berkisar 22 - 26 Derajad. Celcius dengan pH 5,6-7,0.


13. Ikan Sapu Sapu Bristlenose pleco (Ancistrus temminckii)


Ikan Sapu Sapu Bristlenose pleco


Bristlenose pleco juga dikenal dengan nama Bushy nose catfish, Bristlenose catfish, Bristlenose plec and Bushynose pleco.

Penyebaranya sebagian besar dari Sebagian besar dari Amerika Selatan. Saat dewasa panjangnya 12 cm.


Ada banyak varian warna dari ikan sapu bristlenose pleco coklat gelap, krem, hitam, dan warna albino.


Untuk merawatnya dibutuhkan akuarium yang bisa menampung air sebanyak 40 liter dan suhu air 22-27 Derajat Celsius sadangkan pH berkisar 5,8-7,5.


14. Ikan Sapu Sapu Leopard pleco (Glyptoperichthys Gibbiceps)



Ikan Sapu Sapu Leopard pleco


Juga sering disebut dengan  Leopard Plecostomus, Sailfin Plecostomus, Leopard Sailfin Plecostomus.

Berasal dari Amerika Selatan dengan panjang saat dewasa 51 cm, untuk itu akuarium haruslah besar yang dapat menampung air sekitar 480 liter.

Berbeda ketika masih kecil, akuariaum yang gunakan untuk merawat ikan sapu Leopard pleco hanya yang airnya 120 liter.

Untuk suhu bisa di atur antara 24 - 30 Derajat Celcius dengan pH 6,5 - 7,7. Jika dirawat dengan baik Leopard pleco dapat hidup hingga 20 tahun.


Harga ikan sapu sapu Leopard pleco terbilang mahal dan termahal setelah zebra plecoLeopard pleco

15. Ikan Sapu Sapu Leopard Frog pleco (Peckoltia COMPTA)


Ikan Sapu Sapu Leopard Frog pleco


Juga disebut dengan Leopard Frog plecostomus, merupakan ikan yang berasal dari Brazil, Amerika Selatan.

Ukuran panjang tubuhnya mencapai 11 cm dan sangat tepat bila dirawat  di akuarium yang berkapasitas air sebanyak 120 liter dengan suhu antara 24 - 28 Derajad celcius dan pH 6,0-7,4.

Warna leoparard frog hampir mirip dengan zebra pleco akan tetapiLeopard Frog Leopard plecoLeopard Frog plecopada saat masih muda ikan sapu Leopard Frog pleco latar belakang warnanya kuning sedangakan ketika dewasa berubah menjadi gelap dengan garis-garis.


16. Ikan Sapu Sapu Adonis Pleco (Acanthicus Adonis)



Ikan Sapu Sapu Adonis Pleco


Adonis Pleco adalah jenis ikan sapu sapu raksasa dan bisa dibilang ikan sapu sapu terbesar, panjangnya bisa mencapai 1 meter, maka dibutuhkan akuarium yang sangat besar untuk merawatnya dan yang paling di anjurkan adalah yang mampu menampung air sebanyak 4000 liter.

Suhu air yang baik untuk memeliharanya antara 20 - 30 derajad celcius dan pH berkisar antara 6,0-7,8.


17. Ikan Sapu Sapu Scarlet pleco (Pseudacanthicus Species)



Ikan Sapu Sapu Scarlet pleco




Ikan sapu scarlet pleco ukuranya lumayan besar, bisa mencapai 45 cm dan berasal dari Brazil, Amerika Selatan. 

Scarlet bermakna merah tua atau merah condong ke orange. Warna ini sesuai dengan warna ekor dari ikan pleco hias jenis scarlet

Akuarium yang dibutuhkan untuk merawatnya disarankan yang isi airnya 800 liter, untuk suhu air diatur hiangga antara 25 - 30 derajad celcius dan pH antara 6,0-7,7.


18. Ikan Sapu Sapu Sunshine Pleco (Scobinancistrus Aureatus)



Ikan Sapu Sapu Sunshine Pleco


Sunshine Pleco adalah ikan sapu asal Brazil, Amerika Selatan, yang mampu tumbuh hingga 30 cm.

Pewarnaanya sangat cantik dan bersinar, untuk merawatnya dibutuhkan air yang bersuhu  25 - 29 Derajad Celsius dan pH 5,8-7,4, sedangkan akuarium yang paling ideal adalah yang bisa menampung air sebanyak 480 liter.

19. Ikan Sapu Sapu Titanicus pleco (Pseudacanthicus Species)


Ikan Sapu Sapu Titanicus pleco


Titanicus pleco merupakan ikan sapu yang berasal dari Brazil, America S.

Jenis ini sangat indah dan juga lumayan besar, ukuran dewasa bisa mencapai 30 cm. Makanya dibutuhkan akuarium yang berkapasitas air sebanyak 480 liter untuk memeliharanya.

Untuk suhu air yang dibutuhkan ikan sapu Titanicus pleco antara 25 - 29 Derajad Celcius dan  pH 6,0-7,4.

20. Ikan Sapu Sapu Magnum pleco (Baryancistrus Specie)


Ikan Sapu Sapu Magnum pleco





Magnum pleco ukuranyan tidak lebih dari 28 cm, yang juga berasal dari Amazon Basin, Amerika Selatan. Akuarium yang berisi air sebanyak 300 liter sangat ideal untuk memelihara ikan sapu
Magnum pleco ini.

Sedangkan suhu air juga musti diatur antara 22-25,5 Deg C dan pHnya 6,5 - 7,5.

21. Ikan Sapu Sapu Blue Phantom Pleco (Hemiancistrus Specie)


Ikan Sapu Sapu Blue Phantom Pleco





Berasal dari  Amerika Selatan, dengan panjang maksimal 7 inci. Blue Phantom Pleco bintik-bintik pada tubuhnya hampir mirip dengan ikan sapu Green Phantom Pleco.

Diperlukan suhu air 22 - 25 Derajad celcius dengan pH air 6,0-7,2 untuk memeliharanya.

22. Ikan Sapu Sapu Blue Eyed Pleco (Panaque Cochliodon)


Ikan Sapu Sapu Blue Eyed Pleco


Blue Eyed Pleco untuk ukuran dewasa bisa mencapai 30 cm, yang habitat alaminya ada di  Columbia, Amerika Selatan.

Harga ikan sapu sapu jenis tergolong mahal, untuk merawatnya akuarium yang isi airnya 480 adalah yang paling pas untuk merawatnya.

Suhu juga harus di setel antara  21 - 24 Derajad Celsius sedangkan pH 6,0-7,0

23. Ikan Sapu Sapu Butterfly Pleco (Dekeyseria Brachyura)


Ikan Sapu Sapu Butterfly Pleco


Butterfly Pleco adalah jenis ikan sapu sapu yang berasal dari Rio Negro, Amazon Basin, Brazil, Amerika Selatan.

Ikan Butterfly Pleco bisa merubah warna tubuhnya mirip bunglon, ketika aksesoris akuarium yang digunakan agak gelap, maka
Butterfly Pleco juga akan menyamar menjadi gelap.

Tampilanya yang cantik akan terlihat jika subtrad di akuarium juga cerah.

Ukuranya tidak terlalu besar, saat dewasa hanya 15 cm, untuk itu akuarium yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, cukup yang berkapasitas air sebanyak 120 liter saja.

Usahakan mengatur suhu antara 25-28 derajad celcius dan pH antara 5,6-7,0.

24. Ikan Sapu Sapu Albino

Ikan Sapu Sapu Albino

Adalah ikan sapu sapu hias yang betuknya sama dengan jenis ikan sapu yang biasanya, hanya saja warnaya cantik banget. Ya'ni semua tubuhnya berwarna kuning agak keputihan.

Saat dewasa antara 4 - 5 tahun panjang tubuhnya bisa mencapai 50-60 cm. sadangakn harga ikan sapu sapu albino bervariasi mulai dari ukuran dan setiap kota berbeda-beda.

Nah itulah 3 Manfaat Ikan Sapu Sapu Dan 24 Jenis- Jenisnya yang bisa majalahikan.com rangkum. Semoga bermanfaat.



sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/55fc1f30c2cb1724388b4567/daging-ikan-sapu-sapu-diolah-menjadi-somay-batagor-mpek-mpek-dan-bakso-gan/

http://www.tropicalfishsite.com/category/pleco/  

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua