Thursday, 29 September 2016

Kenali Profil Dan Cara Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Serpae Tetra


Kenali Profil Dan Cara Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Serpae Tetra, majalahikan.com | Serpae Tetra Hyphessobrycon eques adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang juga akan lebih cocok dipelihara di aquascape.

Gambar dan Foto Kenali Profil Dan Cara Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Serpae Tetra

Ikan ini berasal dari Amazon River drainase di Brazil , Peru, Paraguay, Bolivia dan utara Argentina. Di alam liar serpae tetra membentuk agregasi sekitar vegetasi dan pohon akar, dan tumbuh subur bila suhu air 22-27 ° C (72-82 ° C).

Ikan sarpae tetra panjang maksimalnya 4 cm, warnanya menarik yakni merah tua yang dihiasi sebuah titik hitam pada gillplate ( dekat insang ).

Pada sirip dorsal ikan serpae ini warnanya hitam pekat dengan semburat putih di tepi, sedangkan sirip ekornya berwarna merah atau oranye pekat. Yang menarik dari ikan serape ini adalah matanya berwarna hitam.

Klasifikasi Ikan Hias Serpae Tetra


klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Characiformes
Keluarga:     Characidae
Marga:     Hyphessobrycon
Jenis:     H. eques
nama binomial
eques Hyphessobrycon



Cara Merawat Ikan Hias Serpae Tetra


Gambar Kenali Profil Dan Cara Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Serpae Tetra


Sahabat jangan pernah mencampur ikan serapae ini dengan ikan hias lain yang memiliki sirip panjang seperti ikan guppy, ikan angel fish atau manfish. Karena perangainya yang suka menggigit sirip.

Sebaiknya jika sahabat ingin mencampur ikan ini, dengan ikan hias yang tidak memiliki ekor atau sirip panjang serta mengalir.

Sahabat bisa menyiapkan akuarium minimal 60 cm untuk merawat ikan serpae tetra. Dan dalam satu akuarium minimal diisi dengan 6 ekor ikan. Jika kurang dari 6 ekor biasanya ikan serape tetra cenderung agresif dan meyerang yang lebih lemah.

Untuk merawat ikan serpae tetra ini dibutuhkan air yang bersuhu 22 hingga 25 derajat celcius, sedangkan pH yang disukai ikan serpae yang berkisar 5,0 hingga 7,8.

Tanaman tanaman aquascape yang bisa menaungi dari sorotan cahaya akan lebih baik untuk ikan serpae, selain itu ikan serpae tetra merupakan ikan yang hidup di air tenang, maka perlengkapan akuarium seperti power head tidak diperlukan dalam merawat ikan hias serpae ini.

Sebenarnya ikan serpae termasuk jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara, yang terpenting adalah kondisi airnya tetap stabil dan bagus. Untuk itu diperlukan penggantian air dari 25 persen per minggu agar kesehatanya terjaga.

Demikian sekilas tentang  Kenali Profil Dan Cara Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Serpae Tetra, semoga bermanfaat.

Lihat juga: JENIS JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR AQUASCAPE PALING LENGKAP 

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus