Wednesday, 28 September 2016

Jenis Ikan Hias Air Tawar Warna Belang Kuning Hitam


Jenis Ikan Hias Air Tawar Warna Belang Kuning Hitam, majalahikan.com | Kali ini majalah ikan akan berbagi sama sahabat jenis ikan hias, akan tetapi yang warnanya mirip dengan tiger atau macan atau harimau.

Sebenarnya rangkuman ini adalah permintaan dari pembaca juga, yang mungkin ingin memelihara ikan hias dengan warna yang agak garang.

Dari berbagai jenis ikan yang berwarna loreng ini ada sebagian yang mudah dipelihara ada juga yang tingkat perwatanya agak memerlukan sedikit perhatian.

Ada pula yang bersifat omnivora dan juga yang bersifat karnifora alias pemangsa atau pemakan daging. 

Dan mari kita liat apa saja jenis ikan hias air tawar warna belang kuning hitam ini.

Jenis Jenis Ikan hias Air tawar warna kuning hitam


1. Tiger fish

Gambar Jenis Ikan Hias Air Tawar Warna Belang Kuning Hitam

Yang pertama dari ikan yang memiliki corak warna belang kuning hitam adalah tiger fish. Ikan ini adalah predator yang biasanya dalam pemeliharaanya di akuarium diberi ikan ikan kecil sebagai makananya.

Untuk memelihara ikan tiger fish ini perlu disiapkan akuarium yang berukuran agak besar, karena ikan predator yang memiliki warna bak macan ini bisa tumbuh hingga 30 sampai 40 cm, bahkan bisa lebih.

2. Botia

Gambar botia Jenis Ikan Hias Air Tawar Warna Belang Kuning Hitam

Yang kedua dari ikan hias air tawar yang juga berwarna loreng adalah ikan botia. Ikan hias yang satu ini juga ikan predator, akan tetapi botia juga menerima berbagai jenis pakan ikan hias yang diberikan.

Jika botia adalah pilihan sahabat dari jenis ikan hias berwarna belang kuning hitam, maka jangan kaget jika nanti diakuarium sahabat, ikan ini tergeletak seperti ikan hias yang sudah mati. Ini adalah perilaku wajar ikan botia, jadi jangan salah sangka botia sahabat sudah mati ya.

Untuk memelihara ikan botia sebaiknya berkelompok, baik  5 atau 6 ekor, karena botia akan merasa nyaman jika dirawat secara berkelompok.

Selain ikan arwana dan ikan rainbaow atau pelangi, ikan botia termasuk salah satu dari 3 jenis ikan hias favori luar negri. Dan botia sendiri adalah ikan hias asli Indonesa, tepatnya di kalimantan dan sumatra.

Ikan botia sendiri ada banyak jenisnya. Seperti misalnya ikan botia badut, ikan botia macan dan lainya.

3. Ikan Kerapu Emas ( Bumblebee Grouper )


Gambar kerapu emas Jenis Ikan Hias Air Tawar Warna Belang Kuning Hitam

Yang ketiga dari jenis ikan hias air tawar yang memiliki warna belang hitam dan kuning adalah ikan kerapu emas, juga akrab dengan panggilan Bumblebee Grouper. ikan ini sebenarnya adalah ikan yang hidup di air payau. Akan tetapi ikan ini sudah populer dipelihara di akuarium air atawar.

Warna kuning hitamnya kurang beratuan, akan tetapi memiliki kesan yang unik dan cantik. Ikan Bumblebee Grouper mampu tumbuh hingga beratnya 200 kg dengan panjang 2 m, akan tetapi itu di alam liar bukan di akuarium.

Karena ikan Bumblebee Grouper sebenarnya ikan air payau maka dalam perawatanaya di akuarium ai tawar, air ditambah dengan garam dapur.  Pemberian garam ini setiap 100 liter air tawar diberi garam lima sendok makan.

Bumblebee Grouper atau kerapu emas ini juga salah satu ikan hias predator, maka pemberian pakan juga sebaiknya pakan hidup.

4. Ikan Niasa

Gambar Niasa Jenis Ikan Hias Air Tawar Warna Belang Kuning Hitam

Selanjtnya jenis ikan yang memiliki warna belang kuning hitam adalah ikan niasa, ikan ini berasal dari malawi, Afrika. Dan termasuk dari keluarga dari cicild.

Untuk memelihara ikan niasa ini sebaiknya satu ikan jantan dan yang lainya betina. Karena ikan ini memiliki siafat teritorial, memelihara ikan jantan niasa lebih dari satu dalam satu akuarium akan menjadikan perkelahian.

5. Ikan Sumatra (Puntius tetrazona)

Gambar sumatra Jenis Ikan Hias Air Tawar Warna Belang Kuning Hitam

Ikan sumatra juga termasuk ikan yang memiliki warna belang kuning hitam.  Ikan ini adalah sejenis ikan kecil anggota suku Cyprinidae anak-suku Cyprininae. Nama tersebut adalah nama perdagangannya sebagai ikan hias. Dalam bahasa Inggris, ikan ini dikenal sebagai sumatra barb atau tiger barb.

Warna dari ikan sumatra in sebenarnya tidak hanya dominan kuning hitam, selain warna itu ada juga warna pink.

6. Tropheus Moorii Kiriza

Gambar moorii Kiriza Jenis Ikan Hias Air Tawar Warna Belang Kuning Hitam

Sebenarnya banyak sekali pilihan warna dari ikan yang juga berasal dari Afrika ini. Salah satunya adalah yang seperti pada gambar, memang sih tidak belang belang, akan tetapi warna kuningnya hanya dibagian tengah.

Sekian dulu ya dari Jenis Ikan Hias Air Tawar Warna Belang Kuning Hitam. Jika sahabat ada koleksi ikan yang memeliki warna yang sama, boleh juga dishare dimari ya.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua