Friday, 22 July 2016

Ikan Corydoras Dan Cara Merawatnya


Ikan Corydoras Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com - Ikan corydoras atau lebih akrab dengan sebutan ikan tikus adalah ikan air tawar yang memiliki manfaat seperti ikan sapu sapu.

Ikan Corydoras Dan Cara Merawatnya


Ikan corydoras suka berada di dasar akuarium dan menghabiskan sebagian besar waktunya berada disana. Selain itu ikan yang dari keluarga lele ini juga mencari makanan di dasar dasar akuarium, yang bermanfaat sekali membersihkan sisa sisa makanan ikan hias lain yang bisa membusuk. Itu sebabnya corydoras memiliki kemiripan dengan ikan sapu sapu, yakni suka bersih bersih.

Corydoras adalah jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Venezuela, Trinidad (Amerika Selatan). Disebut dengan ikan tikus lantaran cara berenangnya serupa dengan hewan tikus yang ketakutan karena terlihat oleh manusia.

Sebelum kita ulas lebih mendalam ikan corydoras dan cara merawatnya di akuarium, mari kita lihat dulu klasifikasi dan ciri morfologi si ikan tikus ini:

Klasifikasi Ikan Corydoras


Klasifikasi Ikan Corydoras

Kingdom  : Animalia
Phylum      : Chordata
Class          : Actinopterygii
Order         : Siluriformes
Family       : Callichthyidae
Subfamily  : Corydoradinae
Genus        : Corydoras


Setelah kita lihat klasifikasinya dan saatnya kita lihat ciri morfologinya.

Ciri Morfologi Ikan Corydoras Atau Karakteristiknya


ciri morfologi Ikan Corydoras

Ikan corydoras bisa tumbuh hingga panjang tubuhnya 12 cm, yang mana tubuhnya pendek dan juga terlihat gemuk dan pada punggungnya lebih melengkung dibandingkan dengan bagian perutnya.

Pada kedua sisi corydoras dilengkapi dengan lempengan seperti tulang yang tersusun dalam dua baris, mempunyai dua pasang kumis yang terletak di rahang atas dan rahang bawah dan kumis inilah yang berfungsi sebagai indera peraba.

Mulut corydoras mengarah ke bawah karena memudahkan ikan ini mencari makan di dasar air.

Layaknya ikan hias alsi indonesia ( botia ), corydoras memang mirip jika dilihat secara sepintas. Selain itu pada sisi badannya ditutupi oleh sisik - sisik yang tidak tipis, atau yang lebih tepat sebagai scute.

Sisik-sisik ini tersusun layaknya genting yang tersusun sangat rapi. Deretan - deretan sisik sebelah atas berjumlah 21023 sisik, dan pada bagian bawah berjejer sebanyak 19-21 sisik.

Sedangkan warna ikan ini sangat beragam, karena jenis jenis ikan corydoras ada 180 spesies, pada kesempatan yang akan datang insyallah akan diulas.


Langkah - Langkah Cara Merawat Ikan Corydoras Di Akuarium


Ikan Corydoras Dan Cara Merawatnya di akuarium


1. Mempersiapkan Akuarium

menyiapkan akuarium untuk merawat Ikan Corydoras

Akuarium harus yang pas dengan jumlah ikan yang akan dipelihara. Idealnya jika corydoras yang akan anda pelihara berjumlah 4 - 6 ekor maka ukuran akuarium yang bisa menampung 38 liter air atau 10 galaon (AS).

2. Menciptakan kondisi air yang tepat

Mengukur pH air untuk merawat ikan corydoras

Corydoras adalah ikan air tawar yang kuat dan ikan mudah beradaptasi, akan tetapi mereka lebih memilih kondisi tertentu. Pastikan tingkat pH air Anda adalah sekitar 7,0, dan kisaran suhu antara 70 dan 78 derajat.

Kurangnya memperhatikan tingkat nitrat dan amonia, bahan kimia bisa menyebabkan ikan corydoras mudah terserang penyakit.

3. Subtrat Dasar Akuarium Yang Disukai Ikan Corydoras

dasar akuarium pasir halus untuk ikan corydoras

Corydoras adalah ikan yang suka menghabiskan waktunya berada di dasar akuarium, dan suka berenang dan menjelajahi dekat bagian bawah akuarium.

Untuk melindungi ikan Anda, gunakan kerikil halus atau pasir, dengan kedalaman minimal 2 inci. Subtrat yang tajam atau kotor bisa merusak sungut mereka (kumis dekat muara yang membantu tampilan ikan untuk makanan).

4. Memberi Banyak Tanaman Ke Dalam Akuarium.

Tanaman Air Untuk Ikan Corydoras

Corydoras berasal dari daerah dengan banyak vegetasi dan tanaman lebat dengan banyak batang di dasar, maka pemberian tanaman air serta bogwood atau dekorasi lainnya yang menciptakan daerah persembunyian bagi ikan corydoras dari ikan lainnya sangatlah penting.

5. Pemberian Makanan Ikan Corydoras Yang Tepat

Berikan pakan pada corydoras satu kali dalam sehari, pastikan juga anda memperhatikan corydoras pada saat makan. Jangan berikan makanan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak.

Jika ada sisa makanan ambilah agar air akuarium tetap terjaga kebeesihanya. Walaupun corydoras adalah hewan omnivora, sebaiknya berikan pakan pelet yang bisa tenggelam.

Karena corydoras adalah ikan yang aktif di malam hari ( nokturnal ), maka pemberian pakan sebaiknya disore hari atau pada malam hari sebelum anda tidur.

6. Mencampur Dengan Ikan Hias Lain 

Corydoras adalah ikan yang suka berkelompok, maka sebaiknya dalam satu akuarium ada lebih dari 2 ekor ikan corydoras dan sebaiknya yang sejenis.

Jika menginginkan untuk mengisi ikan di akuarium dengan bermacam - macam ikan hias maka pilihlah ikan hias yang tidak suka mengganggu atau usil.

Yang direkomendasikan ikan yang berenang di tengah dan atas, agar akurium benar benar hidup ketikan kita menikmatinya. Seperti misalnya jenis ikan guppy, jenis ikan tetra, ikan swordtail ( pedang ) dan ikan lainya yang berukuran sama.

Ikan sapu sapu dan lele otocinclus juga bisa dicampur dengan ikan hias corydoras dalam satu akuarium.

Tidak disarankan untuk mencampur corydoras dengan ikan jenis ikan cichlids, lobster dan ikan hias yang ukuranya lebih besar dari pada corydoras.

Selesai sudah ulasan Ikan Corydoras Dan Cara Merawatnya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua