Friday, 29 April 2016

Langkah - Langkah Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium


Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium, majalahikan.com ~ Ikan piranha juga termasuk ikan predator air tawar yang ganas dan yang pernah admin ulas pada postingan yang berjudul JENI-JENIS IKAN PREDATOR AIR TAWAR YANG UNIK DAN POPULER DIPELIHARA DI AQUARIUM.
Nah pada kesempatan kali ini majalahikan.com akan mengulas bagaimana cara merawat dan memelihara ikan hias predator dari sungai Amazon ini. Tapi sebelumnya mari kita lihat dulu jenis-jenis dari genus ikan piranha yang populer dipelihara.


Kenapa admin sebutkan beberapa jenisnya sebelum menjelaskan Langkah - Langkah Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium, karena setiap dari jenisnya cara perawatanyapun berbeda, dan mungkin saja dari semua jenis ikan piranha nanti yang adnin sebutkan salah satunya milik anda.

Bukan itu saja, mungkin dari sahabat semua ada yang belum tau beberapa jenis ikan piranha, yang nantinya akan menambah wawasan dari ikan predator sungai Amazon ini.

Jenis - Jenis Ikan Piranha Dari Genus Pygocentrus


Red Belly Nattereri  ( Pygocentrus Nattereri)


Cara Merawat Ikan Piranha Nattereri Di Akuarium

Klasifikasi Ikan Piranha Red Belly Nattereri

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class:   Actinopterygii
Order:   Characiformes
Family:  Serrasalmidae
Genus:   Pygocentrus
Species: P. nattereri

Inilah ikan piranha yang paling populer dan umum menjadi ikan hias aquarium, terutama yang hobiis ikan hias predator. Budidaya ikan piranha Jenis Red Belly Nattereri mudah, makanya banyak tersedia di pasar-pasar ikan hias. Harga ikan piranha Jenis perut merah ini relatif murah dan tidak menguras kantong kita, pasalnya di jakarta per ekor cuma 7 rb hingga 15 rb, itu juga tergantung ukuran.

Untuk merawat dan memelihara ikan piranha jenis Red Belly Nattereri haruslah lebih dari satu ekor dalam satu akuarium, karena pada habitat asalnya memang hidup dalam kelompok / bergerombol. Jika memaksakan merawat piranha perut merah ini hanya satu ekor bisa stres dan akhirnya berujung dengan kematian karena biasanya kalau ikan stres tidak punya nafsu makan.

Memelihara ikan piranha jenis Pygocentrus Nattereri paling sedikit dalam satu aquarium 3 atau lebih baiknya 6 ekor. Panjang tubuhnya kurang lebih 33 cm. Keagresifanya akan nampak ketika mereka sudah merasa nyaman di dalam aquarium. Piranha jenis Red Belly Nattereri ini mendiami sungai Amazon, sungai Parana Paraguy, Argentina dan Bolivia. 

Piraya (Pygocentrus Piraya)


Cara Merawat Ikan Piranha Piraya Di Akuarium

Klasifikasi Ikan Piranha Piraya

Kingdom:Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Characiformes
Family: Serrasalmidae
Genus: Pygocentrus
Species:   P. piraya 

Jenis ikan piranha yang ini warnanya cantik, ya'ni pada bagian perutnya kuning atau orange, akan terlihat sangat indah jika anda menemukan yang warna kuning atau orangenya berbentuk lidah api. Di sungai dimana ikan ini tinggal (Sao Fransisco Amazon Brazil) panjang tubuhnya bisa mencapai 50 cm.

Aquarium yang berkapasitas air 120 liter dengan jumlah ikan 3 ekor, yang ukuran tubuhnya 30-35 cm sangat ideal untuk merawat dan memelihara jenis piranha piraya ini. 

Untuk masalah harga ikan piranha piraya bisa dibilang mahal, dikarenakan langka adanya di pasar-pasar ikan hias. 

Karena pada situasi tertantu jenis piraya ini cukup berbahaya dan juga ukuranya yang lumayan besar maka di perlukan sikap hati-hati pada saat memindahkanya.

Caribe (Pygocentrus Caribe)


Cara Merawat Ikan Piranha Caribe Di Akuarium

Piranha jenis Caribe juga suka bergerombol, tetap harus hati-hati juga jika ingin memeliharanya. Karena di aquarium Caribe (Pygocentrus Caribe) lebih agresif dan berbahaya di banding dengan jenis Pygocentrus Nattereri. 

Untuk cara merawat ikan piranha Caribe ini, akurium yang paling ideal adalah yang bisa menampung air 360 liter dengan ikan yang ukuranya 20-25 cm dan banyaknya tidak lebih dari 3 ekor caribe yang sudah dewasa.

Di alam liar (Sungai Orinoco) piranha jenis Caribe panjang tubuhnya bisa mencapai 38 cm. Hidup berkelompok dan biasanya mereka ketika berada di tepi danau menunggu mangsa yang jatuh, dalam hal ini adalah burung-burung yang bersarang di ranting-ranting tepi danau. Mereka akan langsung menyerang anak burung yang jatuh ke air dengan sangat cepat.

3 jenis ikan piranha yang sudah disebutkan tadi adalah yang hidup dengan pertahanan bergerombol atau kelompok, dan jika ingin merawat dan memeliharanya juga harus lebih dari 1 ekor agar tidak stres. Untuk jenis-jenis ikan piranha berikut ini adalah yang lebih suka hidup single.

Jenis - Jenis Ikan Piranha Dari Genus Serrasalmus


Serrasalmus Rhombeus


Cara Merawat Ikan Piranha Rhombeus Di Akuarium

Klasifikasi Ikan Piranha Serrasalmus Rhombeus

Kingdom:Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Characiformes
Family: Serrasalmidae
Genus: Serrasalmus
Species: S. rhombeus

Yang terpenting dalam merawat ikan piranha adalah membuatnya tidak stres dan merasa nyaman, untuk itu diperlukan akuarium yang mampu menampung air sebanyak 160 liter untuk satu ekor Serrasalmus Rhombeus dewasa.

Serrasalmus Rhombeus mendiami sungai Amazonas, Orinoco, North and Eastern Guiana. Ikan yang panjangnya 41 cm ini suka berburu sendiri. 

Pada specimen yang besar sangatlah agresif dan menjaga wilayahnya dan jika ada yang mendekat maka akan digigitnya dengan rahangnya yang kuat. Ada satu kasus dimana Serrasalmus Rhombeus pernah menggigit manusia yang akhirnya mengharuskan diamputasi.

Serrasalmus Irritans


Cara Merawat Ikan Piranha Irritans Di Akuarium

Sama halnya dengan Serrasalmus Rhombeus, Serrasalmus Irritans dalam pemeliharaanya juga harus single. Ukuranya tidak terlalu besar, kurang lebih 14 cm.

sungai Orinoco Venezuela adalah habitat asal dimana Serrasalmus Irritans hidup. Karakternya juga sama dengan Serrasalmus Rhombeus, ya'ni agresif dan teritorial.

Serrasalmus Elongatus


Cara Merawat Ikan Piranha Elongatus Di Akuarium



Klasifikasi Ikan Piranha Serrasalmus Elongatus

Kingdom:Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Characiformes
Family: Serrasalmidae
Genus: Serrasalmus

Species: S. elongatus

Piranha ini juga merupakan jenis yang tidak bisa dicampur dalam satu akuarium dengan piranha lain dikarenakan sifatnya yang agresif dan teritorial.

Jenis ikan piranha Serrasalmus Elongatus adalah perenang yang cepat di karenakan bentuk tubuhnya yang memanjang dan panjangnya sekitar 30 cm. Di habitatnya sungai Amazon dan Orinoco Venezuela ikan ini hidup diarus yang deras dan memangsa ikan.

Serrasalmus Brandtii


Cara Merawat Ikan Piranha Brandtii  Di Akuarium


Ukuran panjang tubuh Serrasalmus Brandtii adalah 25cm, hidup di sungai Sao Fransisco. Keagresifan dan sifatnya yang teritorial mengharuskan Serrasalmus Brandtii tidak bisa dicampur dengan piranha lain dalam satu akuarium.

Serrasalmus Geryi


Cara Merawat Ikan Piranha Geryi Di Akuarium

Klasifikasi Ikan Piranha Serrasalmus geryi

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Characiformes
Family: Serrasalmidae
Genus: Serrasalmus

Species: S. geryi

Serrasalmus geryi ditemukan di ocantins dan Araguaia Rivers dari Brasil. Jenis ini adalah piranha langka dan panjangnya mencapai 12 inci.

Serrasalmus neveriensis




Cara Merawat Ikan Piranha Neveriensis Di Akuarium

Klasifikasi Ikan Piranha Serrasalmus Neveriensis

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Subphylum: Vertebrata
Class: Actinopterygii
Order: Characiformes
Family: Serrasalmidae
Genus: Serrasalmus

Species: S. neveriensis

Serrasalmus neveriensis adalah piranha spesies Serrasalmus yang ditemukan di Amerika Selatan di sungai Pesisir Venezuela.

Sharp-snouted piranha / Piranha Bermoncong Lancip ( Serrasalmus sanchezi )


Cara Merawat Ikan Piranha Sanchezi Di Akuarium

Klasifikasi Ikan Piranha Serrasalmus sanchezi

Kingdom:Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Characiformes
Family: Serrasalmidae
Genus: Serrasalmus

Species: S. sanchezi


Piranha bermoncong tajam (Serrasalmus sanchezi) adalah spesies serrasalmid endemik ke Peru. Panjangnya  sekitar 7 inci (18 cm). 

Bagian tenggorokan berwarna kuning, mirip dengan jenis piranha Pygocentrus nattereri. 

Langkah-Langkah Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Di Akuarium


Langkah Peratama Adalah Menyiapkan Akuarium Untuk Ikan Piranha

Yang terpenting akuarium haruslah besar, karena kanibalisme bisa terjadi jika ikan-ikan dalam keadaan stres karena terlalu sempit ruang yang ada di aquarium. Untuk ukuran minimal adalah yang mampu menampung air sebanyak 120 liter.

Jika piranha yang akan dirawat adalah yang jenis Serrasalmus Elongatus yang ukuranya 15 cm, akuarium haruslah yang kapasitas airnya lebih dari 120 liter, dikarenakan piranha jenis ini adalah ikan yang aktif berenang dan bergerak dengan cepat.

bila jenis Serrasalmus Irritans yang berukuran 15 cm, maka ukuran minimal akuarium dirasa sudah membuatnya nyaman.

Sedangkan piranha yang bergerombol seperti misalnya jenis pygocentrus nattereri dewasa, ukuran akuarium yang kapasitas airnya 120 liter juga sudah memadai.

Langkah kedua dalam Cara merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Adalah Menyiapkan Air Untuk Akuarium, 

Cermatlah dalam memilih air, pastikan bebas dari bahan kimia. Endapkan dahulu air selama sehari semalam sebelum digunakan agar kandungan zat besi berkurang. Pastikan pula suhu air berkisar antara 26 hingga 29 derajat celcius dan pH air 5,5 sampai 8.

Langkah Ketiga Untuk Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Adalah Menyiapkan Filter Akuarium

Kesehatan ikan yang di pelihara di akuarium juga bergantung dari filter, funsi dari pemasangan filter ini supaya  kandungan Amonia, Nitrit yang berbahaya di air aquarium dapat di reduksi sampai tingkat yang aman bagi ikan. Sedangkan filter akuarium yang baik untuk ikan piranha adalah yang bisa menampung cukup banyak media biologi.

Caranya begini ~ terlebih dahulu air dimasukkan ke dalam akuarium, lalu nyalakan filter, kemudian diamkan kurang lebih selama 2 jam sebelum ikan piranhanya dimasukkan ke dalam air. Setelah 2 jam, masukkan ikan piranha ke dalam akuarium.

Langkah Keempat Dalam Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Adalah Meyediakan Lampu Akuarium Yang Tepat

Sebenarnya cahaya pada akuarium yang berisi ikan piranha kuranglah memberi manfaat. Karena pada habitat aslinya, air dimana piranha hidup tidak banyak mendapat cahaya matahari dikarenakan terhalang oleh pohon - pohon besar dan daunya yang rimbun dan juga airnya yang sedikit keruh.

Akan tetapi bila akuarium tidak ada cahaya lampu maka kurang indah. Maka dari itu jika menginginkan akuarium ada lampunya, pilihlah yang cahanya sedikit redup agar ikan piranha tidak kaget dan stres.

Langkah Kelima Untuk Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Di Akuarium Adalah Dengan Pemberian Pakan Yang Tepat

Mengingat ikan piranha adalah ikan omnivora dan di habitat asalnya makanan utamanya adalah ikan-ikan di sungai Amazon. Seperti jenis cichlid dan catfish dan juga tumbuh-tumbuhan.

Sedangkan anakan ikan piranha memakan cacing, serangga juga sisik dan sirip ikan yang lebih besar, maka makanan yang paling tepat untuk piranha di akuarium adalah ikan. 

Seperti misalnya ikan tombro, kaca-kaca, ikan ekor kuning, udang, cacing air ataupun cacing tanah yang terbebas dari pestisida, ikan guppy hidup, cindil/ bayi tikus putih, jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman, dan juga jentik nyamuk.

Untuk pakan tumbuh-tumbuhan bisa di berikan potongan kentang mentah, bayam, dan zucchini mentah.

Perlu diperhatikan jika ingin memberi makan ikan piranha jangan ikan - ikan budidaya, seperti misalnya ikan mas dan lele. Karena ikan - ikan itu teradapat kandungan thiamese yang kurang bagus untuk pertubuhan ikan piranha.

Diperlukan karantina selama 2 minggu untuk ikan cichid, sepat dan anakan ikan mujahir yang bertujuan agar ikan piranha terbebas dari parasit dan virus sebelum ikan - ikan tersebut diberikan pada piranha.

Pemberian hati ataupun daging sapi jangan berlebihan dan ikan piranha juga bisa dibiasakan diberi pakan pelet seperti hikari atau pelet lele. 

Pelet lele ini dapat mempercepat pertumbuhan ikan piranha, karena memang pellet lele ditujukan untuk mempercepat pertumbuhan lele agar cepat dipanen sedangakn hikari juga bagus utuk pertumbuhan dan sistem imune.

Ikan piranha diberi makan 3 hingga 4 kali sehari dengan porsi 60% daging-dagingan dan 40% sayuran. Jangan sampai telat dalam memberi makan ikan piranha, karena bisa terjadi kanibalisme.

Langkah Yang Keenam  Untuk Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha adalah Mengganti Air Akuarium Secara Rutin

Untuk menjaga kualitas air tetap dalam kondisi baik, gantilah sabanyak 25 persen air akuarium setiap satu minggu sekali.

Sempurna sudah Langkah - Langkah Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 

7 TIPS CARA MERAWAT IKAN MAS KOKI AGAR SEHAT

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua