Tuesday, 15 December 2015

10 Tips Cara Merawat Dan Mempercepat Jenong Ikan Louhan

Ikan louhan ada yang kepalanya bisa tumbuh jenong dan ada pula yang sama sekali tak benjol ( jenong ). Kerena itu, untuk membuat ikan louhan kesayangan anda cepat jenong, yang paling pertama kali kita harus perhatikan adalah jenis louhanya dulu.



Siapa coba yang mau berusaha dengan keras tapi tak ada hasilnya, tak ada kan?! Termasuk sahabat yang berusaha membuat kepala louhan jenong tentunya juga menginginkan usaha kalian terbayar dengan nonong yang besar pada louhan kalian bukan?

Akan tetapi perlu digaris bawahi, pilih dulu ikan louhan yang memang memiliki bakat atau gen yang jenongnya bisa keluar. Ikan louhan seperti ini populer dengan nama louhan water head.

Jangan coba coba pilih louhan yang tidak memiliki bakat jenong ya, karena usaha kalian takan terbayar, meskipun mati matian kalian berusaha.

Nah ketika ikan louhan anda sudah yang louhan water head, berikut dalah 10 tips cara merawat dan mempercepat jenong ikan louhan.

Inilah 10 tips cara merawat dan mempercepat jenong ikan louhan.


baca juga Jenis Dan Harga Louhan

1. Yang pertama dari 10 Tips Cara Merawat Dan Mempercepat Jenong Ikan Louhan adalah mempersiapkan akuarium yang sesuai dengan ikan louhan.

Akuarium yang ukuran tingginya 50 cm atau lebih adalah ukuran yang baik bagi sang louhan.

Selain aquarium yang tingginya 50 cm, panjang dan lebar aquarium juga perlu dipertimbangkan dalam usaha membuat nonong si louhan.

90 cm, merupakan panjang aquarium yang sesuai dan untuk lebarnya sebaiknya akuran aquariumnya 40 cm.


2. filter akuarium untuk merawat ikan louhan agar cepat jenong.

Seperti kita ketahui bahwasanya filter akuarium berguna untuk memebersihkan air dan kotoran, menghilangkan penumpukan racun amonia dan nitrat yang pada akhirnya menjadikan air bisa bernafas.

Nah dari jenis - jenis filter akuarium, untuk merawat ikan louhan sebaiknya gunakan filter samping.




3. Heater (pemanas air) akuarium untuk merawat ikan louhan

Kenapa musti ada heater dalam usaha membuat louhan jenong?

Ini penting, karena dengan kestabilan suhu air tentunya louhan akan terawat dengan baik.

Oh ya, jangan sampai melebihi setingan heater maksimal dalam merawat louhan supaya jenong ya ( 32-34 derajat celcius), itu ukuran maksimalnya.


Akan tetapi stel-lah heater dengan suhu 29 sampai 30 derajat saja.

4. Jangan mengganti air setiap hari.

Mengganti air akuarium setiap hari malah bisa-bisa membuat ikan louhan stres.

Untuk merawat ikan louhan mengganti air seperempat dari seluruh air yang ada dan dilakukan setiap dua minggu sekali sangat dianjurkan.

5. Gunakan air dengan ph 7 – 8.


pH adalah ukuran keseimbangan antara  Hidrogen (H +) dan hidroksida (OH) ion dalam air.


Nah dalam merawat ikan louhan pH air 7-8 sangat dianjurkan. Supaya pH bisa diketahui bisa diukur dengan alat tes ph.


6. Interaksi dengan ikan louhan.

Selain lima hal tadi, interaksi kalian dengan si louhan ternya juga bisa mampu merangsang pertumbuhan nonongnya lho.

Lalu bagaimana cara kalian berinteraksi dengan si louhan kesayangan kalian?

Masukan saja tangan kalian dan cobalah untuk bermain dengan louhan kalian.

Selain dengan tangan, cermin yang ditempelkan pada aquarium juga ternya mampu menciptakan rangsangan timbuhnya jenong lho.

Pemberian batu pada dasar aquarium yang memungkinkan bisa dipindahkan oleh si louhan juga salah satu usaha agar silouhan cepet jenong.

7. Pakan ikan louhan agar cepat jenong.

Menyediakan makanan yang baik tentunya juga sangat mempengaruhi pertumbuhan louhan kalian, terlebih untuk jenongnya.

Lalu apa pakan yang sesuai untuk ikan louhan agar jenongnya cepet keluar?

Pakan alami sebenarnya sangat baik, hanya saja terkadang kurang higienis, hingga bisa saja membuat si louhan sakit. Untuk itu perhatikan dengan betul pakan yang akan kalian berikan pada louhan kalian.

Selain pakan alami, pakan yang disediakan di toko toko ikan hias, seperti misalnya cacing beku atau pelet lainya juga musti diperhatikan.

Baik pakan buatan ataupun pakan alami tadi sebaiknya yang mengandung lemak dan protein yang banyak, agar nonong terangsang keluar.


8.Perhatikan variasi pakan yang diberikan

Merangsang pertumbuhan nonong ikan louhan keasayangan kalian, selain tips di atas, pola makanan untuk louhan juga musti diperhatikan.

Pemberian pakan 2 kali dalam sehari sangatlah dianjurkan, jangan berlebih karena selain kurang bagus untuk kualitas air, juga kurang baik untuk louhan.
 
9. Pemakaian lampu yang baik untuk louhan supaya cepat jenong.

Pemberian cahaya yang terlalu terang tidak dianjurkan, akan tetapi yang sedikit redup adalah yang baik, seperti warna pink misalnya.

Dan ntuk lampu sebaiknya dihidupkan selama 10 jam, dan sebisa mungkin lampu yang mereknya TFC, tidak hanya bagus lampu merek ini, bahkan sudah banyak yang membuktikanya untuk merawat ikan louhan.


10.Tips yang terakhir ini panting dan perhatikanlah

Pemberian pakan alami seperti jangkrik misalnya, ini bukan dari tips untuk membuat tumbuhnya nonong, melainkan untuk warna sang louhan.

Kenapa dimasukan ke tips ini? itu karena kualitas warna ikan louhan juga sangat berperan dalam keindaha si louhan, bukan hanya jenongnya saja.

Nah jangkrik ini ketika banyak diberikan sebagai pakan, malah akan membuat warna ikan louhan gelap.

Untuk itu jangkrik sebaiknya diberikan seminggu sekali saja dan pastikan buang dulu kepala jangkrik dan kakinya sebelum kalian berikan pada louhan.

Itulah 10 tips cara merawat dan mempercepat jenong ikan louhan, semoga bermanfaat dan agan – agan tidak merasa kesulitan saat mempraktekanya.

Baca juga Ikan Hias Louhan

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua