BTemplates.com

Ciri Ciri Ikan Bandeng Lengkap Dengan Penjelasan Sejarahnya

Ikan bandeng, majalahikan.com | Ikan Bandeng adalah satu-satunya spesies ikan yang hidup dalam keluarga Chanidae. Namun, setidaknya ada lima genera yang punah dari Cretaceous .

Spesies ini memiliki banyak nama umum, nama lokan ikan bandeng di Hawaii adalah awa , dan dalam bahasa Tahiti itu adalah ava .

Bandeng disebut bangús di Filipina , di mana ikan ini dikenal sebagai ikan nasional , walaupun Komisi Nasional Kebudayaan dan Seni telah menyatakan bahwa ini tidak terjadi karena tidak ada dasar dalam hukum Filipina.

Ikan Bandeng

Dalam bahasa Nauruan , itu disebut sebagai ibiya . Bandeng juga disebut bandeng atau bolu di Indonesia.

Alam bandeng terjadi di Samudra Hindia dan melintasi Samudra Pasifik , dari Afrika Selatan ke Hawaii dan Marquesas, dari California ke Galapagos, utara ke Jepang, selatan ke Australia.

Ikan bandeng umumnya hidup di perairan laut lepas pantai tropis di sekitar pulau dan di sepanjang landas kontinen, pada kedalaman 1 hingga 30 m. Bandeng juga sering memasuki muara dan sungai.

Ikan bandeng dapat tumbuh hingga 1,80 m (5 kaki 11 in), tetapi paling sering tidak lebih dari 1 m (39 in) panjangnya. Bandeng dapat mencapai berat sekitar 14 kg (31 lb) dan usia 15 tahun.

ikan bandeng laut

Baca Juga : Penjelasan Ikan Ayam Ayam  Lengkap Dengan Gambarnya

Ciri Ciri Ikan Bandeng

Ciri-ciri bandeng memiliki tubuh memanjang dan hampir terkompresi, dengan penampilan umumnya simetris dan ramping, satu sirip punggung, sirip dada falcate dan sirip ekor bercabang yang cukup besar.

Mulutnya kecil dan ompong. Warna tubuhnya hijau zaitun, dengan sisi keperakan dan sirip berbatasan gelap.

Bandeng memiliki 13-17 jari - jari lunak punggung, 8 - 10 jari - jari lemah anal dan 31 jari - jari sirip ekor

Ikan-ikan ini umumnya memakan autotrof, ganggang dan invertebrata kecil. Bandeng cenderung berkelompok di sekitar pantai dan pulau - pulau dengan terumbu karang.

ikan bandeng berasal dari daerah

Anak ikan bandeng hidup di laut selama dua hingga tiga minggu dan kemudian bermigrasi selama masa remaja ke rawa-rawa bakau , estuari , dan kadang-kadang danau , dan kembali ke laut untuk dewasa secara seksual dan bereproduksi.

Betina bertelur di malam hari hingga 5 juta telur di perairan dangkal salin.

Ikan bandeng adalah makanan laut penting di Asia Tenggara dan beberapa Kepulauan Pasifik. Karena bandeng terkenal karena jauh lebih bonier daripada ikan makanan lainnya, bandeng debitted , yang disebut " bangeless tanpa tulang" di Filipina, telah menjadi populer di toko-toko dan pasar.

Meskipun terkenal, namun banyak orang di Filipina terus menikmati ikan yang dimasak secara teratur atau bahkan mentah - menggunakan jus atau cuka kalamansi untuk membuat kinilaw na bangus .

olahan ikan bandeng

Presentasi bandeng yang populer di Indonesia termasuk bandeng duri lunak ( ikan bandeng adalah nama Indonesia untuk bandeng) dari Jawa Tengah dan Jawa Timur atau bandeng presto yang merupakan bandeng yang dimasak sampai tulangnya menjadi empuk, dan bandeng segera atau bandeng asap .

Baik segar atau olahan, bandeng adalah produk makanan laut yang populer di kota-kota nelayan Indonesia, seperti Juwana dekat Semarang di Jawa Tengah, dan Sidoarjo di dekat Surabaya di Jawa Timur.

Budidaya Ikan Bandeng


budidaya ikan bandeng

Budidaya bandeng pertama kali terjadi sekitar 800 tahun yang lalu di Filipina dan menyebar di Indonesia , Taiwan , dan ke Pasifik.

Budidaya bandeng tradisional mengandalkan kolam restocking dengan mengumpulkan benih. Hal ini menyebabkan berbagai variasi dalam kualitas dan kuantitas antara musim dan wilayah.

Pada akhir 1970-an, para petani pertama kali berhasil membiakkan ikan. Namun, mereka sulit diperoleh dan menghasilkan viabilitas telur yang tidak dapat diandalkan.

Pada 1980, pemijahan spontan pertama terjadi di keramba laut. Telur-telur ini ditemukan cukup untuk menghasilkan pasokan konstan untuk peternakan.

manfaat ikan bandeng

Anak ikan bandeng dibesarkan di sangkar laut, kolam garam besar (Filipina), atau tangki beton (Indonesia, Taiwan).

Bandeng mencapai kematangan seksual 1,5 kg (3,3 lb), yang membutuhkan waktu lima tahun di keramba apung, tetapi delapan hingga 10 tahun di kolam dan tangki.

Begitu mencapai 6 kg (13 lb), (delapan tahun), 3-4 juta telur dihasilkan setiap siklus pengembangbiakan.

Ini terutama dilakukan dengan menggunakan petunjuk lingkungan alami. Namun, upaya telah dilakukan dengan menggunakan analog hormon pelepas gonadotropin (GnRH-A) untuk menginduksi pemijahan.

Beberapa masih menggunakan metode stok liar tradisional - menangkap benih liar menggunakan jaring.

nama lokal ikan bandeng

Pembenihan ikan bandeng, seperti kebanyakan pembenihan, mengandung berbagai budaya, misalnya rotifera , ganggang hijau , dan udang air asin , serta spesies sasaran.

Mereka bisa intensif atau semi intensif.  Metode semi intensif lebih menguntungkan dengan harga US $ 6,67 per seribu benih pada tahun 1998, dibandingkan dengan $ 27,40 untuk metode intensif.

Namun, pengalaman yang dibutuhkan oleh tenaga kerja untuk tempat penetasan semi intensif lebih tinggi daripada intensif.

Pembibitan bandeng di Taiwan sangat komersial dan memiliki kepadatan sekitar 2000 / L.  Indonesia mencapai kepadatan serupa, tetapi memiliki lebih banyak pembibitan tipe halaman belakang.

Filipina memiliki pembibitan terintegrasi dengan fasilitas tumbuh dan kepadatan sekitar 1000 / L. Tiga metode outgrowing adalah budidaya tambak, budidaya pena, dan budidaya kandang.

Kolam dangkal banyak ditemukan di Indonesia dan Filipina. Ini adalah kolam dangkal (30-40 sentimeter (12-16 in)), kolam payau dengan ganggang bentik, biasanya digunakan sebagai pakan.

Mereka biasanya digali dari daerah nipa atau bakau dan menghasilkan sekitar 800 kg / ha / tahun. Kolam dalam (2-3 m) memiliki lingkungan yang lebih stabil dan penggunaannya dimulai pada tahun 1970.

efek samping ikan bandeng

Sejauh ini mereka menunjukkan kerentanan yang lebih rendah terhadap penyakit daripada kolam dangkal.

Pada tahun 1979, budaya pena diperkenalkan di Laguna de Bay , yang memiliki produksi primer yang tinggi.

Ini merupakan sumber makanan yang sangat baik. Setelah ini habis, pupuk diterapkan. Mereka rentan terhadap penyakit.

Kultur kandang terjadi di teluk pesisir. Ini terdiri dari kandang besar yang tergantung di perairan terbuka. Mereka sangat bergantung pada sumber makanan alami.

Sebagian besar makanan alami (dikenal sebagai lab-lab ) atau kombinasi fitoplankton dan makroalga.

Secara tradisional, ini dibuat di lokasi; makanan sekarang dibuat secara komersial sesuai pesanan.

Panen ikan bandeng terjadi ketika individu memiliki panjang 20-40 cm (berat 250-500 g). Panen sebagian menghapus individu berukuran seragam dengan jaring seine atau jaring insang.

Panen total menghilangkan semua individu dan mengarah ke berbagai ukuran. Panen paksa terjadi ketika masalah lingkungan terjadi, seperti kehabisan oksigen karena mekar alga, dan semua stok dihilangkan.

Parasit yang mungkin termasuk nematoda , copepoda , protozoa , dan cacing . Banyak dari ini dapat diobati dengan bahan kimia dan antibiotik .

Pemrosesan dan Pemasaran Ikan Bandeng


ikan bandeng hidup di air

Pemrosesan pasca panen tradisional termasuk membakar , pengeringan, dan fermentasi. Pembotolan, pengalengan, dan pembekuan berasal dari saat ini.

Permintaan terus meningkat sejak 1950. Pada 2005, 595.000 ton dipanen senilai US $ 616 juta.

Tren menuju produk bernilai tambah sedang terjadi. Dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinan menggunakan ikan bandeng sebagai umpan untuk ikan tuna sudah mulai diselidiki, membuka pasar baru untuk tempat penetasan benih.

ikan asin


Ikan Bandeng Emas ( Bangau Emas )


Pada 21 April 2012, seorang nelayan Filipina menyumbangkan seekor bandeng dengan warna kekuning-kuningan kepada Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan Filipina , yang kemudian disebut " bangau emas".

Namun, ikan itu segera mati, diduga karena tingkat oksigen yang lebih rendah di kolam tempat ikan itu dipindahkan.

Klasifikasi Ikan Bandeng


Kerajaan: Animalia
Divisi: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Memesan: Gonorynchiformes
Keluarga: Chanidae
Marga: Chanos ( Lacépède , 1803 )
Jenis: C. chanos
Nama binomial / nama latin / nama ilmiah: Chanos chanos

Sinonim Nama Latin Ikan Bandeng


Butirinus argenteus Jerdon , 1849
Butirinus maderaspatensis Jerdon, 1849
Chanos arabicus Lacepède , 1803
Chanos chloropterus Valenciennes , 1847
Chanos cyprinella Valenciennes, 1847
Chanos gardineri Regan , 1902
Chanos indicus ( van Hasselt , 1823)
Chanos lubina Valenciennes, 1847
Chanos mento Valenciennes, 1847
Chanos mossambicus ( Peters , 1852)
Chanos nuchalis Valenciennes, 1847
Chanos orientalis Valenciennes, 1847
Chanos salmoneus ( Forster , 1801)
Chanos salmonoides Günther, 1879
Cyprinus pala Cuvier , 1829
Cyprinus palah (Cuvier, 1829)
Cyprinus tolo Cuvier, 1829
Leuciscus palah Cuvier, 1829 Teks kecil
Leuciscus salmoneus (Forster, 1801)
Leuciscus zeylonicus Bennett , 1833
Lutodeira chanos '' ( Forsskål , 1775)
Lutodeira chloropterus (Valenciennes, 1847)
Lutodeira indica van Hasselt, 1823
Lutodeira mossambica Peters, 1852
Lutodeira mossambicus Peters, 1852
Lutodeira salmonea (Forster, 1801)
Mugil chanos Forsskål, 1775 Teks kecil
Mugil salmoneus Forster, 1801


Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Milkfish

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel