Kolam Lele Terpal, Inilah Estimasi Biaya Pembuatanya

Kolam Lele Terpal, majalahikan.com | Salah satu cara bisnis lele agar sukses adalah mengetahui ukuran kolam dan padat tebar benih. Karena memperhatikan dengan jeli masalah ini akan menekan angka kematian lele.

Gambar Kolam Lele Terpal

Misalnya saja kolam lele kotak dengan ukuran kolam terpal lele 1000 ekor, alih-alih ingin lebih maksimal ketika panen dengan mengisi bibit lebih dari 1000 ekor malah bisa gagal panen dengan maksimal, karena angka kematian bibit lele terlalu besar.

Selain luas kolam dan padat tebar, menganalisa biaya budidaya lele dari membuat kolam hingga panen juga musti diketahui dengan pasti terlebih dahulu.

Selain kedua faktor tersebut, pada ulasan kali ini semoga Anda yang ingin memulai usaha ternak lele bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan kolam lele terpal debanding kolam tanah maupun kolam lele beton.

Kelebihan Kolam Lele Terpal Dibanding Kolam Tanah Dan Beton


Gambar Kolam Lele Terpal Kotak

Bagi Anda yang tidak suka ribet, kolam terpal merupakan solusinya. Karena terpal sangat praktis dan membuat kolam terpal baik bulat maupun kotak bisa Anda lalukan sendiri. Berbeda dengan kolam tanah maupun beton yang membutuhkan banyak tenaga.

Ternak lele kolam terpal sangat cocok untuk pemula dan usaha ternak lele rumahan, karena mudah diaplikasikan di lahan terbatas serta biaya ternak lele kolam terpal lebih terjangkau dari pada biaya pembuatan kolam lele permanen.

Cara pembesaran lele kolam terpal banyak memiliki keunggulan dibanding kolam tanah maupun beton. Dan sudah banyak orang yang telah sukses menerapkan budidaya ikan lele di kolam terpal ini.

Selain praktis dan murah, kelebihan budidaya ikan lele di kolam terpal hasil panen atau ikan lele tidak berbau tanah, lain halnya dengan kolam lele tanah.

Cara pemanenan ikan lele di kolam terpal ini lebih mudah, terlebih jika Anda mengaplikasikan cara budidaya ikan lele di kolam terpal bulat.

Setelah panenpun, pengolahan kolam terpal lebih cepat dibanding kolam tanah. Umumnya untuk memutus mata rantai bibit penyakit dan siap untuk diisi air serta bibit lele hanya membutuhkan beberapa jam saja dan paling lama 1-2 hari, berbeda dengan kolam tanah yang membutuhkan 2 hingga 7 hari.

Itu hanya beberapa kelebihan kolam terpal dibandingkan dengan cara membuat kolam lele dari beton maupun tanah.

Setelah Anda memhami uraian di atas, mari kita lihat lebih jauh kolam terpal lele di bawah ini. Karena meskipun bahan dasarnya sama yakni terpal, akan tetapi caranya ternak lele ada 2.

Estimasi Biaya Pembuatan Kolam Terpal Kotak dan Bulat Hingga Panen


Gambar Kolam Lele Terpal Bulat

Kolam terpal untuk budidaya ikan lele bisa kotak maupun bulat, semua tergantung Anda mau pilih yang mana. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Estimasi Biaya Pembuatan Kolam Terpal Kotak Hingga Panen


Gambar Kolam Lele Terpal Dari Bambu

Seperti kita ketahui banyak sekali ukuran kolam terpal, semua tergantung luas lahan Anda dan seberapa banyak panen ikan lele yang Anda inginkan.

Akan tetapi kali ini kita sepakat untuk seperti uraian di atas, yakni kolam terpal untuk 1000 ekor ikan lele.

Dilansir dari "konstruksikolamterpal.net", ukuran kolam lele 1000 ekor idial atau minimalnya adalah terpal yang berukuran 5×2 meter. Lebih lengkapnya silahkan lihat https://konstruksikolamterpal.net/informasi-cara-pembuatan-kolam-terpal-untuk-ikan-lele-1000-ekor/

Untuk harga ukuran terpal tersebut saya mengambil salah satu contoh di marketplace ternama, yakni tokopedia adalah Rp 420.000.

Selain terpal, Anda membutuhkan bambu untuk rangka terpal tersebut. Jika Anda punya bambu sendiri maka akan lebih menghemat, jika tidak punya umumnya bambu petung harganya 150-180 per 5 meter.

Untuk cara membuat kolam terpal dengan bambu, bisa Anda lihat pada vidio di bawah ini.



Setelah kolam terpal kotak jadi, Anda mambutuhkan bibit ikan lele. Bibit yang paling banyak dibudidayakan para pembudidaya ikan lele adalah jenis dumbo sangkuriang.

Dumbo sangkuriang ini selain tahan banting dengan penyakit, juga disukai dagingnya oleh para konsumen karena gurih.

Akan tetapi untuk menekan kematian dan kanibalisme ikan lele, belilah bibit yang ukuranya 6-7 cm. Selain menekan kanibalisme, dengan ukuran demikian akan mempercepat panen.

Untuk harga bibit lele dumbo sangkuriang ini, Anda juga bisa memesanya di marketplace tokopedia ( https://www.tokopedia.com/benihikanbekasi/bibit-lele-sangkuriang-ukuran-6-7-cm ) dengan harga per ekornya Rp 300 ( terlepas dari biaya ongkos kirim ) , akan tetapi tanyakan dulu ketersedianya ya.

Biaya yang dikeluarkan untuk membeli bibit adalah 300x1000, yakni Rp 300.000.

Jumlah pakan lele per 1000 ekor yang akan Anda keluarkan hingga panen berkisar 90 kg pelet. Untuk lebih lengkapnya silahkan Anda melihatnya di https://www.kompasiana.com/alcireboni/5c513038bde5752d673714d4/berapa-banyak-pelet-untuk-1000-ekor-ikan-lele-sampai-panen-ukuran-1kg-ukuran-pecel.

Dengan harga pakan per/kg 5000 maka Anda membutuhkan 90x5000 = 450.000. Selain pakan, dalam ternak ikan lele juga membutuhkan vitamin agar ikan lele sehat.

Jadi estimasi biaya pembuatan kolam terpal kotak untuk 1000 ekor hingga panen yang harus Anda keluarkan adalah

Terpal      Rp 420.000
Bambu    Rp 180.000
Bibit        Rp 300.000
Pakan      Rp 450.000
Vitamin   Rp 100.000

Total        Rp 1.450.000

Itu adalah estimasi biaya pembuatan kolam terpal kotak hingga panen, biaya ini dikeluarkan ketika Anda memulai ternak ikan lele dengan jumlah 1000 ekor.

Tentunya setelah panen, Anda tidak mengeluarkan lagi untuk pembelian terpal dan juga bambunya. Karena terpal bisa digunakan lagi hingga 2 tahun lebih, tergantung perawatannya juga.

Estimasi Biaya Pembuatan Kolam Terpal Bulat Hingga Panen


Gambar Kolam Lele Terpal Bioflok

Yang kedua kolam terpal ini adalah berbentuk bulat, yang dikenal dengan nama budidaya kolam lele bioflok.

Untuk cara pembuatan kolam terpal bulat ini bisa Anda lakukan sendiri, akan tetapi akan lebih menghemat waktu Anda jika memsan full set yang sudah jadi.

Dilansir dari detik.com, berbagai ukuran yang ditawarkan untuk kolam terpal bulat ini, mulai dari yang berdiameter 3 meter maka Anda akan mengeluarkan Rp 1,7 juta.

Sedangkan untuk diameter 1 meter maka biayanya Rp 700 ribu, untuk diameter 1,5 meter biayanya Rp 850 ribu dan untuk yang diameter 2 meter biayanya Rp 1 Juta.

Diameter tersebut tergantung kapasitas lele yang akan Anda ternak, umumnya untuk kolam lele terpal bulat atau bioflok dengan diameter 3 meter mampu menampung ikan lele sebanyak 3.000 ekor.

Jadi kapasitas ikan lele di kolam terpal bulat ini, jika Anda ingin 1000 ekor bibit ikan lele maka bisa memesanya yang berdiameter 1 meter.

Budidaya kolam lele bioflok saat ini yang paling banyak dilakoni para petani lele, karena diyakini merupakan satu cara bisnis lele agar sukses.

Untuk melengkapi urainya ini silahkan lihat 2 vidio di bawah ini





loading...

0 komentar