BTemplates.com

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang, majalahikan.com | Jika sahabat adalah pecinta ikan hias, terutama ikan hias air tawar terlebih ikan cupang pastinya pernah mendengar obat alami ikan cupang, yakni daun ketapang. Akan tetapi bagi kamu yang belum lama berkecimpung di dunia ikan hias, mendengar daun ketapang memiliki peran penting untuk ikan cupang terkadang masih asing.

Gambar Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Bukan rahasia lagi kalau daun ketapang dimanfaatkan oleh banyak peternak ikan cupang di Asia untuk menjaga kesehatan si cupang dari berbagai penyakit ikan cupang, seperti misalnya luka, whit spot hingga menjaga ikan cupang agar tidak stres.

Lalu seperti apa daun ketapang yang digunakan para peternak ikan cupang, bagaimana cara menggunakanya dan kenapa bisa daun ketapang memberi manfaat pada ikan cupang...mungkin itu adalah sederetan pertanyaan bagi pemula yang ingin mengetahuinya dan bagi para aquaris yang masih ragu tentang manfaat daun ketapang untuk ikan cupang. Untuk itu, berikut ini adalah urainya...

Pohon Ketapang Dan Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang


Gambar Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Seperti terlihat pada gambar di atas, seperti itulah pohon ketapang. Pohon ini memiliki nama latin Terminalia catappa. Daun ketapang ini dalam bahasa inggris juga dikenal dengan banyak nama, seperti misalnya Bengal almond, Indian almond, Malabar almond, Singapore almond, Tropical almond, Sea almond, Beach almond, Talisay tree, Umbrella tree, dan lain sebagainya.

Pohon ini banyak tumbuh di berbagai wilayah di Asia, terlabih di Indonesia...bahkan kalian bisa menjumpainya di pantai, pinggir pinggir jalan, dan lain sebagainya.

Daun ketapang ini ketika masih muda akan berwarna hijau dan akan berubah menjadi merah ketika tua dan akan jatuh ke tanah.

Setelah jatuh ke tanah akan mengering seperti pada gambar di bawah ini

Gambar Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang


Nah daun ketapang kering inilah yang digunakan dan bermanfaat untuk ikan cupang agar sehat.

Kenapa bisa daun ketapang menyehatkan ikan cupang?

Ini berdasarkan pengamatan dari ikan air tawar atau ikan cupang yang hidup di sungai ataupun rawa yang di sekelilingya ditumbuhi pohon ketapang jauh lebih sehat bila dibandingkan sungai ataupun rawa yang tidak ada pohon ketapangnya.

Ketika dalam penangkaran ternyata juga demikian

Apa yang menyebabkan daun ketapang begitu bermanfaat untuk ikan cupang?

Ketika daun ketapang ini masuk ke dalam air, maka akan ada proses pembusukan yang akhirnya merubah warna air menjadi coklaat seperti warna air teh.

Perubahan warna ini dikarenakan adanya zat zat pada daun tersebuat, yakni tanin. Dan tanin inilah yang menurunkan PH air, menjadikan anti jamur dan anti bakteri.

Secara Umum Ada 5 Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang :


1. Manfaat daun ketapang ketika mengawinkan atau budidaya ikan cupang

Seperti kita ketahui kalau ikan cupang jantan akan membuat sarang atau gelembung sebagai wadah atau tempat menaruh telur, nah pemberian daun ketapang saat pemijahan ini akan membuat sarang sarang tersebut lengket pada daun ketapang.

Selain itu, pemberian daun ketapang ini akan menjaga telur telur ikan cupang dan burayak ikan cupang terserang infeksi.

2. Mencegah bakteri dan penyakit jamur

3. Mencegah sters dan menstimulasi warna ikan cupang menjadi lebih cerah

4. Mengobati luka setelah perkelahian

5. Mengurangi PH air agar sesuai dengan ikan cupang

Meskipun masih banyak lagi manfaat daun ketapang untuk ikan cupang yang dipercaya oleh para pembudidaya ikan cupang maupun cupang mania.

Cara Memberi Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang


Beragam cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan daun ketapang ini agar cupang lebih sehat,,,,yang terpenting dalam pemberian daun ketapang pada ikan cupang ini tidak berlabihan, karena jika berlebihan PH air jadi sangat rendah.

1. Langsung masukan daun ketapang ke akuarium ikan cupang.

2. Rendam pada tempat terpisah dan setelah air berubah menjadi coklat....baru tambahkan pada aquarium ikan cupang.

3. Atau rebus terlebih dahulu daun ketapang, diamkan hingga dingin lalu tambahkan ke aquarium ikan cupang.

Semoga  bahasan manfaat daun ketapang untuk ikan cupang ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel