BTemplates.com

Bagaimana Cara Merawat Ikan Mickey Mouse Yang Baik?

Gambar Ikan Mickey Mouse
Sumber Gambar pinterest.com

Ikan Mickey Mouse, majalahikan.com | Pertama kali mendengar nama ikan hias ini sahabat pasti langsung berfikir kok namanya seperti tokoh kartoon ya? Emang bener banget, ikan hias yang ukuranya kecil ini memiliki nama mickey mouse, itu karena jika sahabat perhatikan dengan baik pada pangkal ekornya terdapat tiga buah bulatan berwarna hitam, yang satu besar di tengah dan yang dua kecil kecil di atas bulatan besar pertama yang mirip dengan telinga.

Gambar Ikan Mickey Mouse Dan Cara Merawatnya
Sumber Gambar flickr.com
Ada banyak varian warna ikan hias mickey mouse ini, seperti misalnya kuning emas pucat, merah oranye, atau kebiru biruan, dan masih banyak lagi yang tentunya sangat cantik jika dipelihara secara berkelompok. Ada juga mickey mouse yang siripnya panjang, yang memeiliki ekor panjang ( mickey mouse pedang ).

Sebelum beranjak ke cara merawat si mickey mouse ini, ada baiknya kita lihat dulu, sebenarnya dari mana asal si mickey ini dan juga klasifikasinya.

Klasifikasi Ikan Mickey Mouse Dan Asal Muasalnya


Nama ilmiah atau nama latin ikan hias mickey mouse adalah Xiphophorus maculatus, sedangkan sinonimnya Platypoecilus maculatus, Platypoecilus nigra, Platypoecilus pulchra, Platypoecilus rubra, Poecilia maculata. Dan si cantik mickey mouse ini termasuk dalam keluarga ikan platy.

Untuk nama mickey mouse ini dalam bahasa inggris disebut dengan Golden Moon Platy, Mickey Mouse Platy, Moonfish. Dan termasuk dalam keluarga Poeciliidae.

Ikan mickey mouse ini adalah ikan yang asalnya dari Amerika Utara dan Tengah dari Ciudad Veracruz, Meksiko ke utara Belize di Amerika Tengah.

Cara Merawat Ikan Mickey Mouse


Gambar Ikan Mickey Mouse Dan Cara Merawatnya Di Aquarium
Sumber Gambar riverreefaquatics.com

Sahabat bisa merawat ikan mickey mose ini bahkan di akuarium yang ukuranya kecil, seperti misalnya aquascape. Hanya saja, yang perlu diperhatikan dalam memilih subtrat sebaiknya yang agak gelap, supaya kecantikan ikan mickey mouse ini lebih menyala.

Tanaman aquascape juga musti dipilih dengan baik, karena ikan hias mickey mouse ini termasuk jenis ikan hias menengah atas.

Selain itu, persiapan segala sesuatu tentang akuarium yang menunjang kehidupan biota akuraium juga musati dipersiapkan dengan baik, seperti misalnya filter akuarium agar air tetap dalam keadaan baik.

Pengatur suhu juga diperlukan, karena ikan mickey mouse ini idealnya dan akan hidup dengan baik ketika suhu airnya 64-77 F (18-25 C). Sedangkan pH-air nya 7,0-8,2.

Ikan mickey mouse adalah ikan yang damai dan untuk teman seakuarium yang paling cocok dengan ikan mickey mouse ini adalah ikan yang juga bersifat damai, yang seukuran dan yang paling ideal adalah ikan hias yang termasuk ikan livebearing , seperti ikan guppy, ikan molly dan swordtails.Jika dalam perawatan ikan mickey mouse ini secara maksimal, maka tidak menutup kemungkinan mickey mouse akan hidup hingga 5 tahun.

Oh ya, agar semakin cantik bisa juga ditambahkan dari jenis ikan tetra, seperti misalnya ikan neon tetra, ikan cardinal tetra dan yang lainya. Penghuni bawah akuarium juga bisa ditambahkan seperti ikan corydoras.

Gambar Mencampur Ikan Mickey Mouse Dengan Ikan Tetra
Sumber Gambar einrichtungsbeispiele.de


Pakan Berkualitas Untuk Ikan Mickey Mouse


Sebelum ikan mickey mouse ini dibudidayakan dalam arti mickey mouse di alam liar memakan serangga, cacing dan juga vegetasi. Nah, sebaiknya juga di dalam akuarium si mickey mouse ini pakanya juga disesuaikan dengan ketika masih di alam, yakni berupa pakan alami. Akan tetapi, karena yang ada di pasaran si mickey ini adalah hasil budidaya, maka makanan juga bisa diseuaikan dengan ketika ada dibudidaya.

Pada dasarnya si mickey ini adalah jenis ikan omnivora, jadi akan memakan apa saja yang yang sahabat berikan, baik pakan alami seperti jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra atau pakan yang sudah dibekukan.

Si mickey ini juga akan memakan pakan komersial seperti pelet dan sebagainya. Hanya saja yang perlu diperhatikan pakan berkualitas untuk si mickey adalah pakan yang diberikan secara bervariasi, tentunya yang memenuhi kebutuan nutrisinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel