BTemplates.com

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina, majalahikan.com | dalam membudidayakan ikan hias, terkadang membedakan jenis kelamin antara ikan hias jantan dan juga betina merupakan sesuatu hal yang sulit, seperti misalnya ikan discus. Ikan discus ini sulit ditentukan mana ikan jantan dan mana yang ikan betina. Itu karena keduanya memiliki kesamaan baik bentuk dan juga warna. Begitu pula ikan arwana dan juga ikan oscar yang mana mereka adalah ikan hias yang monoforik.

Berbeda dengan jenis ikan hias cupang, untuk membudidayakan ikan cupang ini tergolong mudah dan perbedaan antara cupang jantan dan betina sebenarnya bisa dilihat dengan jelas antara keduanya.

Sebenarnya perbedaan cupang jantan dan juga betina ini sudah majalah ikan sedikit singgung di tulisan 5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang.

Akan tetapi untuk memudahkan pembaca setia majalah ikan, kami menuliskanya kembali yang lebih terupdate  dan lengkap dengan vidionya, silahkan simak ya.

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina


Memang mudah membedakan ikan cupang jantan dan betina, akan tetapi perbedaan ini terlihat dengan jelas ketika ikan cupang sudah cukup berumur. Ikan cupang akan sulit dibedakan jantan dan betinya ketika masih kecil.

Di vidio nanti dibawah pembaca akan melihat bagaimana Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina yang masih kecil hingga dewasa, lihat ya.

Seperti keterangan di atas mudah bangat membedakan ikan cupang jantan dan betina, karena ikan cupang bukanlah ikan monoforik ( ikan yang memiliki bentuk, ukuran dan corak warna sama ). berikut adalah penjelasanya:

Gambar Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina
Gambar Kiri Ikan Cupang Jantan Dan Gambar Kanan Ikan Cupang Betina
Dari gambar di atas pembaca bisa melihat ikan cupang jantan dan cupang betina, sekarang yuk kita penjelasanya.....

Ikan cupang jantan
Tubuh atau badan ikan cupang jantan lebih langsing dibanding dengan tubuh atau badan ikan cupang betina.

Gerakan ikan cupang jantan lebih lincah dan lebih agresif dibanding ikan cupang betina, bisa dilihat nanti vidionya di bawah.

Warna ikan cupang jantan lebih cerah dibanding dengan ikan cupang betina, sepertti terlihat pada ganbar.

Baik sirip atas maupun sirip bawah dan juga ekor ikan cupang jantan lebih panjang, menarik dan juga indah dibanding ikan cupang betina.

Ikan cupang Betina
Tubuh atau bandan ikan cupang betina lebih gempal ( lebih panjang dan juga padat ) dibanding ikan cupang  jantan.

Gerakan ikan cupang betina juga lincah akan tetapi tidak seagresif ikan cupang jantan, bisa dilihat nanti vidio di bawah.

Warna ikan cupang betina kusam dan kurang berwarna dibanding ikan cupang jantan. seperti terlihat pada gambar.

Ikan cupang betina sirip dan ekornya jauh lebih pendek dibanding ikan cupang jantan.

Ikan cupang betina ada titik putih di perutnya.
 
Nah itulah caranya membedakan ikan cupang jantan dan cupang betina, semoga pembaca jelas dan tulisan ini memudahkan pembaca semua dalam budidaya ikan cupang.





Baca Juga:
Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina
Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina
Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina
Cara Budidaya Ikan Oscar Agar Berhasil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel