BTemplates.com

Apa Itu Heater, Fungsi Heater Dan Cara Menggunakan Heater Aquarium?

Gambar Apa Itu Heater, Fungsi Heater Dan Cara Menggunakan Heater Aquarium?

Apa Itu Heater, Fungsi Heater Dan Cara Menggunakan Heater Aquarium?, majalahikan.com | Dalam cara merawat ikan hias di akuarium, baik jenis ikan hias air tawar maupun jenis ikan hias air laut, heater sangat diperlukan agar ikan hias kasayangan tetap sehat karena memiliki nafsu makan yang lahap dan terbebas dari berbagai penyakit yang biasa menyerang ikan.

Merawat tanaman tanaman aquascape juga membutuhkan heater ini, agar pertumbuhanya optimal di dalam aquarium aquascape.
Nah sekarang apa itu heater? bagi hobiis ikan hias kawakan tentunya tidaklah asing dengan alat atau perlengkapan akuarium yang satu ini, akan tetapi berbeda dengan hobiis yang masih pemula. Mungkin masih bingung dan terasa baru mendengar.

Heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang menggunakan energi sebagai sumber pemanas. Itu adalah pengertian secara umum heater.

Karena kita sedang membicarakan heater aquarium, maka heater juga bermakna sama hanya saja fungsi atau manfaat yang didapat darinya agak berbeda.

Lalu apa fungsi heater aquarium?

Fungsi Heater Aquarium


Jenis ikan hias ada yang mudah dipelihara dan ada juga yang agak membutuhkan perhatian khusus dalam merawatnya.

Jenis ikan hias juga dari berbagai belahan dunia, yang mana dalam kehidupanya di alam bebas menempati suhu yang berbeda beda. Begitu pula dengan yang memelihara, tentunya tempatnya juga berbeda beda. Ada yang hidup didataran tinggi, yang mana suhunya dingin, dan adapula yang hidup di dataran rendah.

Dalam merawat ikan hias pasti dianjurkan untuk membuat atau mendesain suasana akuarium seperti layaknya habitatnya di alam bebas, agar ikan hias mudah beradaptasi dan tidak mudah stres.

Termasuk suhu air, suhu air aquarium juga musti paling tidak disamakan dengan suhu air yang di alam dimana ikan hias tersebut tinggal.

Nah disinilah fungsi heater benar benar dibutuhkan, yakni untuk menstabilkan suhu air. Artinya, ketika suhu meningkat maka heater dimatikan dan ketika suhu air menurun maka heater dinyalakan.

Selain menstabilkan suhu air, fungsi heater juga membantu mengurangi populasi jamur dan juga bakteri. Bukan hanya itu heater juga berfugsi menyembuhkan ikan dari penyakit. Makanya banyak juga dari hobis yang menyarankan heater hanya dipakai ketika ikan hias sakit dan mulai mogok makan saja. Dan ketika ikan hias sehat maka heater tidak diperlukan lagi.

Sekaramg paham bukan jika fungsi heater aquarium adalah untuk menstabilkan suhu air aquarium tersebut agar si ikan hias sehat.

Nah jika sudah paham apa itu heater dan fugsi heater, maka mari kita lihat juga cara menggunakan heater

Ketika membeli heater ini, ada baiknya juga Anda minta penjelasan dari si penjual heater bagaimana cara kerja dan cara menggunakan atau memasangnya di aquarium.

Langkah Langkah Cara Menggunakan Heater Aquarium


Di sini admin hanya menjelaskan langkah dasar cara memasang heater di aquarium.

Langkah Pertama

Sebelum memasang heater, sebaiknya heater di cek terlebih dahulu. Pengecekan ini dimaksudkan agar heater yang Anda beli benar benar berfungsi sebagaimana mestinya setelah dipasang.

Ceklah pada instalasinya dan juga gelas kacanya, jika ada yang kurang optimal, mungkin di bagian gelas kacanya ada kebocoran, maka jangan dilanjutkan untuk memasangnya.

Sebelumnya buatlah perjanjian atau minta garansi pada sipenjual, agar bila terjadi hal demikian bisa anda tukarkan kembali.

Langkah Ke Dua

Langkah kedua ini adalah mengatur skala temperatur yang sesuai dengan kebutuhan dan volume air di aquarium anda. Dan berikut adalah tabelnya:

Ukuran  25 Watt untuk volume air kurang lebih 25 Liter
Ukuran  50 Watt
untuk volume air kurang lebih 50 Liter
Ukuran  75 Watt
untuk volume air kurang lebih 75 Liter
Ukuran 100 Watt
untuk volume air kurang lebih 100 Liter
Ukuran 150 Watt
untuk volume air kurang lebih 150 Liter
Ukuran 200 Watt
untuk volume air kurang lebih 200 Liter
Ukuran 300 Watt
untuk volume air kurang lebih 300 Liter

Langkah Ke Tiga

Untuk menjaga keawetan heater dan memaksimalkan pemanasan aqurium Anda, maka sebaiknya periksa terlebih dahulu Water Light cap sebelum memasukan heater di dalam aquarium.

Langkah Ke Empat

Seperti penjelasan fungsi heater di atas adalah untuk menstabilkan suhu air aquarium, jadi tempatkanlah heater pada tempat yang memungkinkan bisa menyebarkan suhu diseluruh air yang ada di aquarium. Untuk al ini yang paling tepat adalah disekitar aerator.

Demikianlah penjelasan singkat tentang apa itu heater, fungsi heater dan cara menggunakan heater aquarium? Semoga memberi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel