BTemplates.com

Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape, majalahikan.com | Aquascape merupakan seni menata tanaman di dalam akuarium, di dalam aquascape, tanaman menjadi konstruksi utama. Sedangkan tanaman tanamn aquascape juga banyak jenisnya mulai dari java moss dan lain sebagainya.

Nah untuk melengkapi keindahan aquascape bisa dilengkapi dengan berbagai jenis ikan hias. Akan tetapi tidak semua ikan hias bisa dipelihara di dalam aquascape. Karena ikan yang berukuran agak besar dan yang besifat memakan tanaman atau merusak tanaman tanaman aquascape tidaklah dianjurkan.

Pada ulasan jenis ikan hias terlengkap dari semua kategori, sebenarnya juga disebutkan berbagai ikan hias yang sesuai untuk mengisi aquascape, akan tetati tidak semuanya. Dan berikut ini adalah Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap.


Inilah Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

1. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Rainbow


Rainbow - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Jenis ikan hias air tawar yang pertama yang sesuai untuk mengisi aquascape sahabat adalah ikan rainbow. Ikan ini berasal dari papua juga menyebar di kalimantan dan Autralia.

Ikan ini sangat cantik dan indah, warnya warni pada tubuhnya akan menambah nilai estetika aquascape, terlebih jika dipelihara berkelompok.

Ada banyak jenis ikan rainbow ini, selain warna iakn hias asal papua ini juga ada yang bulat berbentuk seperti balon, untuk selangkapnya silahkan sahabat baca di : Boseman's Rainbowfish, Ikan Hias Air Tawar Terindah 

Ikan rainbow ini memakan berbagai jenis makanan, seperti cacing beku, pelet, dan memakan crustacea kecil.

2. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Manfish

Manfish - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan manfish ( Pterophyllum scalare ) adalah ikan hias air tawar yang indah, di kalangan para hobiis ikan hias juga disebut ikan angelfish. Perangai ikan manfish kalem dan tenang, itu sebabnya disebut dengan angelfish.

Manfish ini juga cocok untuk mengisi dan memperindah aquascape sahabat. Akan tetapai sahabat harus memisahkan ikan ini dengan ikan yang memiliki sirip panjang, karena manfish ini sering mengganggu dan menggigit sirip ikan.

selain itu ikan hias yang ukuranya kecil juga musti jangan dipelihara denganya, karena ekor ekor ikan kecil bisa jadi sasaran manfish.

Udang hias juga harus dihindarkan dari ikan manfish ini, kecuali jika ukuaran akuarium aquascape sahabat besar, karena udang hias bisa bersembunyi dan tidak kawatir dengan manfish.

Manfish cocok untu aquascape, itu karena ikan hias ini tidak memakan tanaman. Sahabt bisa memberi makan manfish dengan pelet,cacing beku,dan udang.

Ada banyak jenis ikan manfis yang bisa sahabat pelihara di aquascape sahabat, untuk lebih tahu banyak tentang ikan ini silahkan baca juga: Inilah Jenis-Jenis Ikan Manfish/(Angelfish) Yang Paling Populer Serta Cara Budidayanya

3. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Congo Tetra

Congo Tetra - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Yang ketiga dari jenis ikan hias yang umum dipelihara di aquascape adalah congo tetra, ikan ini bersal dari afrika. Warnanya sangat menarik jika deberi lampu yang sesuai.

Selain itu ikan congo tetra juga bisa dan mudah berbaur dengan ikan hias lain dalam satu aquascape. Ukuranya yang hanya 8 hingga 10 cm ini akan melengkapi keindahan aquascape sahabat, terlebih jika dipelihara beramai ramai.

Untuk mewarnai aquascape sahabt dengan ikan ini, tak perlu merogoh kantong terlalu dalam, karena bisa sahabat bawa pulang ikan cantik ini hanya dengan Rp 10.000 per-ekornya.

Yang terpenting dalam memeihara congo tetra di aquascape hindarkan dengan ikan hias yang suka menggigit sirip, karena sirip congo yang berumbai bisa jadi sasaranya.

Ikan congo tetra juga mudah dalam pemberian pakan, mulai dari pelet bahkan krutacea kecil ikan ini mau.

4. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Neon Tetra (Paracheirondon Innsi)


Neon Tetra - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikah hias yang memiliki kombinasi warna biru, merah dan putih ini juga populer dipelihara di aquascape, terlebih jika dipelihara dalm berkelompok.

Ikan yang cantik ini ternyata memiliki umur yang panjang, neon tetra bisa hidup 5 hingga 10 tahun dengan perawatan yang baik. Untuk cara merawat ikan neon tetra ini bisa sahabat baca di : Perhatikan Dengan Seksama Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Neon Tetra Berikut Ini

5. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Cardinal Tetra (Paracheirondon axelrodi)


Cardinal Tetra - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Cardinal tetra juga masih sekerabat dengan neon tetra, ukuranya yang kecil dan warnya yang terang akan menambah aquascape sahabat semakin hidup, terlebih jika dipelihara dalm kelompok.

Ikan kecil yang cntik ini bukan tipe ikan yang mudah dipelihara, karena cardinal tetra sensitif dengan perubahan kimia air.

6. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Serpae Tetra ( Hyphessobrycon eques )

Serpae Tetra - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Serpae tetra juga akrab dengan sebutan blood tetra dan red minor tetra. Ikan ini berukuran kecil dan pas banget dipelihara di aquascpe, akan tetapi serpae tetra ini dikenal dengan ikan yang suka menggigit ikan hias lain yang memiliki ekor dan sirip panjang.

Untuk itu perhatikan jenis ikan hias lain yang ingin sabat campur dengan ikan serpae tetra ini.

7. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Diamond Tetra ( Moemkhausia pitteri )

Diamon Tetra - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Diamond tetra merupakan ikan yang aktif, sisiknya yang menyala akan sangat bagus dipelihara di aquascape. Sealin itu ikan tetra ini juga bisa dicampur dengan ikan hias lain yang juga memiliki sifat damai.

8. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Glowlight tetra

Glowlight Tetra - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan ini sangat cantik tubuhnya semi - tranparan dengan warna warni merah cerah dan oranye ditambah garis dari yang memanjang dari mata hingga ekor.

Memelihara ikan Glowlight tetra ini juga bisa dengan ikan hias lain yang memiliki sifat damai.


9. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Red Line Torpedo Barb (Puntius denisoni)

Red Line Torpedo Barb - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan hias air tawar yang berasal dari india ini juga sangat pas untuk mengisi aquascape sahabat. Red Line Torpedo Barb termasuk dari keluarga ikan tawes.

Dinamai Red Line Torpedo Barb, karena tubuhnya bulat memanjang layaknya terpedo, dan  ada garis hitam memanjang dari ujung mulut sampai pagkal leher. Ikan ini bisa tumbuh hingga 15 cm.

Pemberian pakan pada Red Line Torpedo Barb juga mudah, ikan ini mau menerima makanan berupa pelet,cacing beku,krustacea kecil dan udang.

10. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Guppy (Poecilia reticulata )

Guppy - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan yang juga cocok dan populer di pelihara di aquascape selanjutnya adalah ikan guppy, ikan ini sangat mudah dalam perawatnya. Selain itu jenis jenisnya yang bervariasi akan menambah aquascape semakin hidup, terlebih jika dopelihara dalam skala banyak (kelompok).

Untuk melihat kecantikan dari ikan guppy ini silahkan baca juga: Jenis Ikan Guppy Terbaru Dan Paling Lengkap
Jenis Ikan Guppy Termahal Dan Paling Sulit Dicari

11. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Guppy Black Molly ( Poecillia spenops )


Black Molly - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Black molly masih sekerabat dengan ikan guppy, dan juga cocok untuk dipelihara di aquascape. Selain perawatnya yang relatif mudah ikan ini juga bisa dicampur dengan ikan hias lain yang tentunya bersifat damai.

Ikan black molly ada banyak juga jenisnya, seperti misalnya ikan molly balon dan molly sailfin. Banyak juga permintaan pasar akan ikan hias ini, hingga banyak pula yang membudidayaknya. Untuk lebih jelanya silahkan baca juga: Ikan Black Molly Dan Cara Budidayanya

12. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Platy ( Xiphophorus maculatus )

Platy - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan platy ini memiliki varian yang banyak namun pada dasarnya mempunyai ciri yang sama Selain cocok juga dipelihara di aquascape ikan ini juga mudah dalam perawatnya.

Ukuran tubuhnya bisa mencapai 12 cm dan bisa dicampur dalam aquascape dengan ikan hias lain yang memiliki sifat damai.

13. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Zebra Danio ( Brachidanio rerio)


Red Zebra - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan kecil berwarna cerah ini juga populer dipelihara di aquascape, maksimal tubuhnya hanya 3 - 4 cm. Ikan yang akrab juga dengan sebutan red zebra ini memiliki warna merah jambu dengan kombinasi garis garis putih yang halus memanjang dari kepala hingga ekor.

Pemberian pakan dalam merawatnya cukup mudah, red zebra bisa diberi pakan berupa cacing beku, cacing sutra, cacing kering, serta pellet halus.

Sahabat akn dihibur dengan sifatnya yang aktif dan lincah, terlebih jika dalam aquascape berisi banyak (kelompok) ikan danio ini. Sealin itu red zebra ini juga bisa dicampur dengan ikan hias lainya.

14. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Rasbora

Rasbora - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Rasbora juga populer dipelihara di aquascape, dan tentunya dengan warna dan karakternya akan menjadikan aquascape makin hidup.

Untuk memelihara ikan rasbora juga sebaiknya dalam kelompok bisa 8 hingga 10 ekor. selain itu ikan rasbora ini juga bisa dicampur dengann ikanhias lain


15. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Cae ( Chinese Alga Eater)

Cae - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan cae ( Chinese Alga Eater) juga akrab dipanggil Lemon Alga Eater. Ikan ini juga populer dipelihara di aquascape para sahabat. Ikan cae memiliki warna kuning yang khas, itu sebabnya ada yang menyebutnya lemon alga eater.

Selain cantik, ikan ini akan sangat bermanfaat untuk aquascape sahabat, karena lumut lumut atau alga yang menepel di tanaman aquascape maupun di kaca akan habis dimakan ikan ini. Jadi aquascae sahabat tetep bersih.

16. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Sae (Siamese algae eater)

Sae - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Sama halnya ikan cae, ikan cae juga pembersih aquascape yang bisa diandalkan. bahkan jika aquascape sahabat penuh dengan alga pasti akan dimusnahkan oleh ikan ini.

Ikan hias cae sangatlah mudahuntuk dipelihara, yang terpenting ada alga, pasti hidup subur dan sehat. Selain doyan banget ama alga ikan sae juga bisa diberi pakan pelet maupun cacing beku.


17. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Corydoras

Corydoras - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan corydoras juga cocok dan populer dipelihara di aquascape, sama juga dengan cae dan sae. Jenis ikan corydoras sendiri sangat banyak untuk melihatnya lebih jelas silahkan baca juga: Jenis Ikan Corydoras Paling Populer Dan Terlengkap.

18. Ikan Hias Air Tawar Aquascape AquascapeGourami


Gourami - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Selanjutnya ikan hias yang juga populer mendiami aquascape sahabat adalah ikan hias gourami. Ada banyak dari jenis ikan ini silahkan pilih mana yang sahabt suka, dan kesemuanya indah indah. untu lebih jelasnya slahkan baca juga:
Gourami Thicklip
Jenis Ikan Hias Air Tawar Gurami Moonlight
Pygmy Gourami, Permata Kecil Yang Cantik
Ikan Hias Gurami Madu (Honey gourami)
Ikan Hias Blue Gourami


21. Ikan Hias Air Tawar Aquascape AquascapeChili Rasbora

Chili Rasbora - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Siapa sangka ikan kecil yang super cantik ini adalah ikan hias asli Indonesia, tepatnya di Kalimantan, Banjarmasin.

Ikan Chili Rasbora juga sangat cocok untuk untuk dipelihara di aquascape.

22. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Aquascape Soaboa

Soaboa - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Jika Sahabat perhatikan ikan hias Soaboa ini sekilas dari warnanya sekilas mirip dengan ikan hias red nose tetra. Yakni pada bagian hidungnya ada warna merah, hanya saja warnanya tidak hanya di hidungnya saja tetapi sampai ke ujung ekornya.

23. Ikan Hias Air Tawar Aquascape Aquascape Red Aquascape Nose Tetra ( Rummy-nose_tetra )

Soaboa - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap


Ikan ini sangat unik, ada warna merah yang menyelimuti hidungnya, makanya ikan kecil nan cantik ini disebut dengan Rummy nose tetra.

Dengan tanaman tanaman aquascape tentunya ikan ini akan semakin menarik. 

24. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Sumatra Barb

Sumatra Barb - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan hias yang memiliki ciri-ciri warna loreng seperti macan ini juga cocok untuk melengkapi aquascape sahabat. ikan sumatra mudah dipelihara dan dirawat, hanya saja jauhkan dengan ikan yang memiliki sirip panjang. Karena sifatnya agak galak dan terkadang suka mengejar jenis ikan lain atau menggigit sirip.

25. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Discus


Discus - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap

Ikan hias air tawar untuk aquascape selanjutnya adalah ikan discus, ikan ini akan mencerahkan aquascape sahabat dengan variasi warnya yang cerah.

26. Jenis Ikan Hias Aquascape Red Eye Tetra

Red Eye Tetra - Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap


Red Eye tetra akan sangat cantik ketika dirawat dalam aquascape dengan berkelompok.

Selain bisa diisi dengan berbagai jenis ikan hias, aquascape juga bisa diisi dengan udang hias. Untuk melihat jenis udang hias yang biasa dipelihara di aquascape silahkan sahabat baca:  Jenis Udang Hias Air Tawar, Harga, Cara Merawat Dan Budidayanya.

Selain ikan hias dan udang hias aquascape juga populer diisi dengan keong, yang insyaallah akan dibahas dikemudian hari.

Nah itulah Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap, jika menurut sahabat majalah ikan ada yang kurang dan sahabat tahu sebagian dari jenis ikan untuk aquascape ini, jangan lupa untuk di sharekan di kolom komentar ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel