BTemplates.com

Cupang Laut, Sudah Tahukah Anda?

Cupang Laut, majalahikan.com - Siapa yang tidak kenal dengan ikan cupang, jenis ikan hias air tawar yang juga di sebut ikan laga atau cupang aduan.

Cupang Laut

Selain ikan aduan jenis ikan cupang ada yang indah warna warni terletak pada siripnya yang juga akrab disebut dengan ikan cupang hias. Seperti jenis ikan cupang serit, halfmoon, plakat hias, dan cupang giant.

Tapi tahukah anda, ikan cupang bukan hanya ada di air tawar. Ternyata di laut juga ada ikan cupang dan layaknya jenis ikan cupang air tawar yang populer dan banyak yang merawat dan membudidayakanya. Ikan cupang laut juga populer dirawat di akuarium, akan tetapi di indonesia belum banyak yang merawat dan juga membudidayanya.

Untuk itu mari kita kenalan dulu sama jenis ikan hias air laut ini. Siapa tahu sahabat tertarik untuk mengoleksi cupang laut ini.


Klasifikasi Cupang Laut


klasifikasi Cupang Laut,

Kingdom:     Animalia
Phylum:     Chordata
Class:     Actinopterygii
Order:     Perciformes
Family:     Plesiopidae
Genus:     Calloplesiops
Species:     C. altivelis


Sekilas Tentang Cupang Air Laut


sekilas tentang Cupang Laut

Ikan cupang laut atau dalam bahasa inggrisnya Marine Betta, sedangkan nama ilmiahnya Calloplesiops altivelis dan juga akrab dengan sebutan Comet.

Ikan hias air laut ini ditemukan dalam celah-celah batu di laut Indo - Pasifik, di kedalaman hingga 45 meter dan termasuk dari golongan kerapu.

Ikan cupang ini adalah ikan predator yang memangsa ikan ikan kecil dan juga udang. Cara ikan ini berburu mangsa mirip seperti ikan belut moray.

Ukuran ikan cupang terbesar di alam bebas ( laut )saat dewasa adalah 27 cm atau 11 inci, sedangkan ketika berada dipenangkaran atau akuarium 16 cm atau 6 inci.


Cara Merawat Ikan Cupang (Marine Betta) Di Akuarium


cara merawat Cupang Laut
Berbeda dengan ikan hias air tawar yang cara merawatnya mudah. Ikan hias air laut cenderung lebih membutuhkan ketelatenan. Terlebih ikan cupang laut, yang sifatnya adalah hewan yang aktif dimalam hari ( noktural ) dan juga predator.

Untuk itu dalam merawat ikan hias cupang laut dibutuhkan perawatan khusus, seperti misalnya akuarium, air, aksesoris akuarium, lampu akuarium, dan yang terpenting adalah pakan.

Mari kita persiapkan segala sesuatunya untuk merawat ikan hias cantik dari laut indo - pasifik ini.

Persiapan Pertama Akuarium

akuarium untuk Cupang Laut

Akuarium untuk merawat ikan cupang laut yang paling ideal yang mampu menampung 200 liter air atau 55 galon ( AS ). Ukuran ini untuk sepasang ikan cupang laut. Pastikan juga air harus sesuai dengan habitat asalnya, 

Aksesoris Akuarium

aksesoris akuarium untuk Cupang Laut

Seperti penjelasan di atas bahsanya ikan cupang ini menghuni cela cela bebatuan dan berburu mangsa layaknya belut moray. Untuk itu aksesoris yang tepat adalah adanya gua gua dan bebatuan yang yang diseting dengan adanya celah untuk bersembunyi guna menangkap mansanya.

Lampu Akuarium

lampu redup untuk Cupang Laut

Ikan cupang air laut juga termasuk hewan noktural, untuk itu lampu yang ideal untuk merawat betta air asin ini adalah yang redup. Karena itu lebih disukai ikan cupang laut.

Mencampur Dengan Ikan Hias Lain   

mencampur Cupang Laut dengan ikan hias lain

Mencampur ikan hias lain yang ukuranya lebibih kecil dengan cupang air laut terlalu beresiko, karena bisa dianggap makanan.

Ikan cupang air asin juga tidak disarankan untuk disatukan dengan ikan yang memakan makanan dengan cepat, seperti damselfish.

Pemberian Pakan
Untuk membuat ikan cupang predator ini bisa beradaptasi di akuarium, tidak dianjurkan dengan langsung memberi makanan berupa pelet. Akan tetapi pakan hidup, seperti udang dan juga ikan kecil.

Setelah ikan cupang benar benar nyaman di habitatnya yang baru ( akuarium ), pakan buatan atau pelet juga bisa diberikan sebagai variasi pakan hidup.

selesai sudah sekilas tentang cupang laut, masukan dari sahabat semua ditunggu majalah ikan dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel