BTemplates.com

Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina, majalahikan.com - Ikan Discus juga akrab dengan sebutan fish o merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer dan di Indonesia lumayan banyak penggemarnya.

Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina

Bentuknya yang unik dengan kombinasi warna warni yang cerah nan cantik, merupakan alasan kenapa discus banyak yang memeliharnya.

Diamping itu ikan discus juga merupakan ikan hias yang mudah untuk dipelihara. Dan ikan yang cocok untuk  aquascape.

Ikan discus berasal dari Amerika Selatan, yang mana mendiami sungai dan rawa rawa.

Meskipun ikan discus bukanlah ikan hias domestik, akan tetapi para breeder kita ternyata banyak yang berhasil membudidayaknya.

Terkait dengan budidaya ikan discus, pasti harus jeli memilih indukan yang bagus. Karena induk yang bagus bisa dibilang keturunanya juga pasti bekualitas.

Menyeleksi indukan ikan discus jantan maupun betinya yang berkualitas tentunya tak mudah bagi yang ingin lagi mencoba budidaya ikan discus ( pemula ). Apalagi indukan yang berkualiatas, untuk membedakan ikan discus jantan dan betina saja dirasa kesulitan.

Itu karena bentuk ikan discus yang sama antara jantan dan betina. Lain halnya dalam budidaya ikan cupang atau ikan hias lainya, yang mana antara induk jantan dan betina mudah dibedakan, lantaran antara jantan dan betina memang terlihat jelas perbedaanya.

Meski begitu sebenarnya ada perbedaan antara ikan discus jantan dan betina. Dan berikut adalah cara membedakan ikan discus jantan dan betina.



Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina Dengan Ciri Ciri Anatomi


Cara Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina

Ciri Ciri Ikan Discus Jantan

Hidung nampak agak membengkok
Mulut lebih besar dan bibir bagian atas menonjol
Bentuk sirip dubur pada umumnya lurus tidak bulat
Warna discus memang cerah akan tetapi akan terlihat lebih cerah lagi saat birahi
Dan alat kelamin lebih runcing



Ciri ciri Ikan Discu Betina

Mulutnya kecil dan bibirnya tipis simetris
Hidungnya lurus dan tidak bengkok
Bentuk kepalanya tidaklah menonjol
Bentuk pada sirip dubur agak bulat dan tidak lurus
Warnanya kurang begitu cerah
Dan alat kelaminya bulat dan juga lebar.



Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina Dari Pergerakanya


Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina Dari Gerakanya

Sebenarnya untuk memmbedakan ikan discus jantan dan betina bukan hanya semata dari segi fisiknya saja. Akan tetapi perbedaan itu juga bisa diketahui dari pergerakan ikan discus.

Ketika ikan discus pergerakan ikan discus terlihat agresif, itu berarti ikan discus jantan. Begitu pula sebaliknya jika pergerakanya kuarng begitu agresif berarti itu ikan discus betina.

Demikianlahh cara memebedakan ikan discus jantan dan betina. Dengan melihat ciri ciri fisik ikan discus dan juga pergerakanya,team majalah ikan berharap sahabat semua tidak merasa kesulitan. Dan terima kasih
 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel