BTemplates.com

Mengenal Ikan Payara "Si Vampir Air Tawar"

Ikan Vampir, majalahikan.com - Kali ini majalahikan.com akan mengulas salah satu ikan predator yang juga populer dipelihara di aquarium. Namanya ikan payara sedangkan nama latinya adalah hidrolycus armatus.


ikan vampir jenis payara

Vampir fish adalah nama populernya, sebenarnya ada juga ikan yang berjuluk dengan ikan vampir. Seperti misalnya ikan candiru, candiru adalah ikan predator sungai amazon yang paling berbahaya melebihi piranha.


ikan vampir candiru
katakamu.com
Kenapa candiru lebih berbahaya ketimbang piranha, karena selain menghisap darah ikan, ikan vampir candiru juga  menghisap darah manusia.

Ikan candiru sangat berbahaya karena menyerang manusia melalui alat kelamin. Pasalnya urin yang keluar ternyata meninggalkan bau amonia, dan candiru memangsa berdasarkan sensor sensitif yang menangkap bau amonia.

berikut adalah gambar cara ikan vampir candiru memangsa / menyerang manusia:


ikan vampir paling berbahaya
simomot.com
Ikan candiru dijuluki ikan vampir karena menghisap darah dari ikan lain melalui insangnya, lalu setelah kenyang ia keluar dan mencerna darah yang baru dihisapnya.


ikan vampir penghisap darah
rizkyreds-devil.blogspot.com

Itulah jenis ikan predator yang juga dijuluki ikan vampir, akan tetapi karena kita akan membicarakan ikan payara, maka topiknya fokus ke ikan vampir payara saja.


Jenis Ikan Payara / Vampir Fish (hydrolycus armatus)


Jika ikan candiru dijuluki ikan vampir karena menghisap darah, lain halnya dengan ikan payara. Payara memiliki gigi yang seperti taring vampir tapi tidak menghisap darah.

Payara merupakan ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Jenis ikan vampir payara ada 3 spesies...

1, Hydrolycus scoberoides

ikan vampir payara scoberoides
www.pbase.com

2, Hydrolycus tatauaia

ikan vampir payara tatauaia
www.seriouslyfish.com

3, Hydrolycus armatus

ikan vampir payara armatus
www.monsterfishkeepers.com

Dari jenis jenis ikan vampir payara armatus adalah yang paling besar postur tubuhnya, pada saat hidup di alam bebas armatus besarnya bisa mencapai 1,5 m, sedangkan bila armatus ini dipelihara di aquarium paling besar cuma 1,1 m.

Di bagian rahang bawah ada sepasang dua gigi yang tajam dan sangat runcing. Dan keunikan dari ikan payara ini adalah tumbunya kembali gigi tersebut jika patah ataupun copot dari rahangnya akibat memangsa, lebih unik lagi jika tidak copot maka dalam waktu 3 bulan akan berganti dengan gigi yang baru.


Cara Merawat Ikan Vampir Paraya Armatus Di Aquarium


Yang jual ikan payara sangatlah sedikit, pasalnya belum banyak yang masuk ke pasar Indonesia, makanya harga ikan payara lumayan mahal, untuk ukuran 8 cm saja bisa mencapai 400 rb itu saja untuk jenis scoberoides.

Sedangkan untuk jenis armatus belum bisa dideteksi berapa harganya. Pasalnya yang masuk indo baru 3 ekor....nah jika anda berminat memelihara ikan payara haruslah ekstra dalam perawatan.

Aquarium haruslah dibuat dan didesain sedemikian rupa seperti dihabitatnya, karena ada beberapa yang mencoba merawat ikan payara dan berujung dengan kematian.

Nah berikut adalah beberapa tips cara merawat ikan vampir payara di aquariaum:

1. Karena ikan payara pertumbuhanya cepat, maka sediakan aquarium yang besar.

2. Jenis filter bio sangat dianjurkan, dan cucilah setiap 3 hari sekali kapas filter dan mengganti air setengah aquarium setiap seminggu sekali sangat dianjurkan.

3. Payara pada habitat asalnya hidup dengan arus yang deras dan air yang banyak oksigenya, makanya sediakan aerator yang kencang dan dan arus air yang deras.

4. Dihabitat asalnya ikan vampir payara hidup pada suhu air 27c - 31c dengan ph sekitar 6,5 hingga 7, membuat air aquarium pada suhu dan ph tersebut sangat disukai payara.

5. Apabila ikan payara ingin dicampur dengan ikan lain, usahakan yang juga bersifat predator dan seukuran denganya.

6. Ikan payara adalah ikan predator yang sangat agresif, untuk makananya adalah pakan hidup karena itu lebih disukainya. Usahakan pula pakan hidup dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukan untuk dijadikan pakan agar ikan payara terhindar dari penyakit bawaan dari pakan tersebut.

Inilah sedikit perkenalan dengan ikan vampir payara, semoga dapat memberi informasi.
rujukan:
http://hydrolycus.blogspot.co.id/
http://forum.o-fish.com/thread-1594.html
http://www.kabar-aneh.com/misteri/2519/


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel