BTemplates.com

Cara Memelihara, Merawat, Dan Budidaya Ikan Black Ghost

Cara Memelihara ikan Black Ghost

Ikan black ghost, majalahikan.com ~ Merupakan ikan hias air tawar yang sangat unik, dilihat dari namanya saja terlihat menyeramkan.
Setan hitam, adalah terjemahan dari black ghost, yah....inilah ikan black ghost, biarpun namanya seram ikan hias black ghost adalah ikan hias yang sangat cantik.

Dengan warna tubuhnya yang kesemuanya hitam ini, kecuali bagian ekor (ada lilitan warna putih pada ekor), akan sangat cantik bila ada di akuarium hias kita.

Ikan black ghost ( Apterontus albifrons ),  Ikan yang berasal dari sungai amazon ini selain bernama setan hitam, juga sering disebut dengan "penari balet", yupsss......karena kelenturan ikan black ghost saat berenang maju dan mudur serta jungkir balik inilah ikan black ghost dinamai si penari balet.

Selain itu ikan black ghost dikenal juga dengan nama ikan bendera, lantaran ketika ikan black ghost berenang tubuhnya seperti bendera yang berkibar tertiup angin.

Ada juga yang menyebutnya "si bulu ayam", kerena ikan black ghost ketika bergerak membentuk sudut 90 derajat, tubuhnya layaknya bulu ayam yang tegak berwarna hitam.

Untuk merawat ikan ini tidalah sulit, berikut adalah Cara Memelihara, Merawat, Dan Budidaya Ikan Black Ghost

4 Tips Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Black Ghost

Cara Memelihara dan Merawat ikan Black Ghost
putrajogjakarta.wordpress.com

1. Temukan Ikan Hias Yang Bisa Dicampur Dengan Black Ghost Karena Ikan Black Ghost Adalah Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur Dengan Ikan Hias Lain

Nama terkadang memang menipu, seperti ikan black ghost ini, dari namanya terlihat menyeramkan, bahkan terkesan juga dari nama tersebut ikan ini adalah ikan hias predator.

Ikan black ghost bisa dicampur dengan ikan hias air tawar yang lain seperti ikan koki black moor atau ikan Russianensis.

Hanya saja jangan di campur dengan ikan yang bersifat predator, seperti ikan sumatra, karena ikan sumatra dikenal suka mengganggu ikan hias lain.

Selain itu ekor ikan black ghost terlihat seperti cacing, jika tetap dicampur dengan ikan yang bersifat mengganggu / predator dikawatirkan ekor ikan black ghost akan menjadi target sasaran ikan predator tadi.

Sering terjadi ekor ikan black ghost putus akibat tetap mencampurkan ikan black ghost ikan yang mengganggu, walaupun pada akhirnya tumbuh kembali. 

Yups...inilah cara memelihara dan merawat ikan black ghost yang pertama.

2. Pola Pemberian Pakan Yang Tepat Pada Ikan Black Ghost

Selain tidak dicampur dengan ikan hias yang mengganggu, pola pemberian pakan yang tepat adalah langkah yang penting dalam cara merawat ikan black ghost.

Makanan yang bagus untuk pertumbuhan ikan black ghost adalah cacing merah (blood worm), dengan pola pemberian pakan 2x dalam sehari.

3. Air akuarium Yang Bagus Untuk Tempat Hidup Ikan Black Ghost 

Air adalah hal yang sangat harus diperhatikan dalam cara merawat ikan black ghost, kesehatan, keindahan, pertumbuhan ikan semuanya tergantung dengan kondisi air.

Jika air akuarium dalam kondisi bagus, sehatnya ikan, indahnya dan pertumbuhan sang ikan pasti akan baik, begitu pula sebaliknya.

Sedangkan air yang bagus untuk ikan black ghost adalah air yang ber - pH 7 dan yang pasti juga jernih. Bila air yang digunakan untuk merawat dan memelihara ikan black ghost dari sumur, maka air harus diendapkan dulu selama 24 jam.

sedangkan jika air tersebut dari PAM maka harus yang sudah diendapkan selama 3 hari.

4. Memasang Hiasan Akuarium Yang Tepat Untuk Tempat Sembunyi Ikan Black Ghost

Cara Memelihara Dan Budidaya Ikan Black Ghost
gitatriananda-fpk11.web.unair.ac.id
Ikan black ghost adalah ikan yang aktif di  malam hari dan bersembunyi di siang hari.

Dari karakter ikan black ghost ini, sangat danjurkan memasang hiasan akuarium dalam cara merawat dan memelihara ikan black ghost.

Bukan hanya untuk memeperindah akuarium, hiasan akuarium juga dimaksudkan sebagai tempat persembunyian ikan black ghost disiang hari.

Untuk hiasan akuarium, yang paling tepat untuk ikan black ghost adalah hiasan yang tidak berwarna terang / mencolok, sebab warna terang tidak disukai oleh ikan black ghost.

Karena pengelihatan ikan black ghost tidak terlalu kuat untuk menahan sinar maupun warna-warna cerah, seperti warna kuning dan merah.

Hiasan akuarium yang bisa dipakai seprti kayu dan batu-batuan yang berwarna hitam.

Cara Memelihara, Merawat,  Ikan Black dengan hiasan akuarium
empangqq.com

dan jangan lupa pasang juga aerator, supaya oksigen dalam air akuarium melimpah.

Baca juga:
Mengenal Lebih Dekat Ikan Toman
Mengenal Ikan Payara "Si Vampir Air Tawar"
10 Tips Cara Merawat Dan Mempercepat Jenong Ikan Louhan

Cara Budidaya Ikan Black Ghost

Cara  Merawat, Dan Budidaya Ikan Black Ghost
usahanurja.wordpress.com

Ikan black ghost juga disebut hewan noctural, karena ikan ini beraktifitas pada malam hari, baik itu mencari makan, bersembunyi disela-sela bebatuan, akar dan tanaman air, bahkan hingga berkembang biak semuanya dilakukan ikan black ghost pada malam hari.

Di alam liar (sungai amazon) ikan black ghost bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 48 cm, sedangkan di kolam budidaya ataupu akuarium, besarnya ikan black ghost maksimal 25-30 cm, itupun tergantung ukuran akuarium dan suplai makanan ikan black ghost yang diberikan.

Setelah cara memelihara dan merawat ikan black ghost dilakukan dengan baik dan akhirnya ikan black ghost tumbuh dengan baik dan sehat di akuarium hias, ada baiknya juga kalau cara budidaya ikan black ghost juga disimak.

Karena harga ikan black ghost yang lumanya dipasaran, banyak yang mencoba untuk budidaya ikan black ghost.

Berikut Adalah Langkah-Langkah Cara Budidaya Ikan Black Ghost

1. Kualitas Air Yang Sesuai Untuk Budidaya Ikan Black Ghost

Dalam cara memelihara, merawat dan budidaya ikan black ghost yang terpanting adalah air.

Kualiatas air dalam budidaya ikan black ghost haruslah yang cocok dengan kehidupan ikan black ghost, karena untuk memulai budidaya ikan black ghost pemeriksaan kualitas air harus dilakukan agar tidak berakibat fatal.

Menurut Loka Riset Budidaya Ikan Hias Air Tawar, Pusat riset Perikanan Budidaya, dan Badan Riset Kelautan Dan Perikanan, air yang cocok untuk ikan black ghost adalah yang bersuhu 26 - 27 O C, pH 6 - 7 dan kekerasan 6 - 10 dH.

Pemeriksaan air yang sesuai dengan ajuran tersebut sangat memakan waktu dan juga biaya.

Ada cara yang sangat sederhana bagi yang tidak mau ribet untuk mengetahui kualitas air dalam budidaya ikan black ghost ini.

Caranya ~ masukan ikan black ghost dua atau 3 ekor ke dalam air yang sudah disiapkan, jika ikan black ghost langsung diam di dasar akuarium dan bersebunyi, itu berarti air sesuai dengan kehidupan ikan black ghost.

Sebaliknya andai ikan black ghost naik ke atas dan megap-megap dan lemas berarti  air tersebut tidak sesuai dengan ikan black ghost. 

2. Membedakan Ikan Jantan Dan Betina Untuk Budidaya Ikan Black Ghost

Ikan black ghost jantan : Tubuh lebih besar, panjang, ramping, lurus dan gerakan lebih lincah

Ikan black ghost betina : Tubuh lebih kecil, pendek, gemuk, tidak lurus dan gerakanya tidak selincah jantan

Baik ikan black ghost jantan maupun betina dapat dipijahkan setelah berumur 1 tahun, dengan panjang 20-30 cm.

3. Pemeliharaan Induk Dalam Budidaya Ikan Black Ghost

Induk ikan black ghost biasanya dipelihara di akuarium. 
Caranya : Siapkan 2 buah akuarium dengan panjang 80cm, lebar 60cm, dan tinggi 40cm, satu untuk jantan dan yang satu untuk ikan betina.

Keringkan selama 2 hari, lalu isi akuarium dengan air setinggi 30cm, setelah itu pasang 2 buah titik aerasi untuk setiap akurium dan hidupkan selama pemeliharaan induk.

Masukan 10 ekor induk ikan black ghost, beri pakan tambahan berupa cacing darah (blood worm)  dan jentik nyamuk secukunya, setiap 3 hari sekali siphon air, atau bila keadaan air sudah nampak kotor.

4. Budidaya Ikan Black Ghost Dengan Cara Pemijahan Induk  Secara Berpasangan 

Induk ikan black ghost bisa dipijahkan secara berpasangan. Pemijahan itu dilakukan di akuarium.

Caranya: Siapkan sebuah akuarium dengan ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 40 cm, keringkan selama 2 hari, isi akuarium dengan air dengan ketinggian 30 cm, lalu pasang 4 buah titik aerasi pada akuarium dan hidupkan selama pemijahan.

Lalu masukan 6 buah potongan pralon 3 inci  sepasang 30 cm, lalu masukan 3 ekor induk ikan black ghost jantan dan masukan pula 4 ekor induk betina ikan black ghost.

beri pakan tambahan berupa berupa cacing darah (blood worm) dan jentik nyamuk secukupnya; pada sore hari, letakan 3 buah lempengan pakis panjang 20 cm dan lebar 10 cm (tempat bertelur) di atas dua paralon (seperti paranggong); letakan 10 – 15 buah krikil sebagai pelindung telur dan pemberat.

Pemijahan biasanya terjadi mulai sore hingga malam hari. Telur akan menempel pada lempengan pakis. Telur yang baik berwarna kuning cerah diliputi lendir. Sedangkan telur yang kurang baik berwarna putih susu.

5. Budidaya Ikan Black  Ghost Dengan Teknik Pemijahan Secara Masal

Ikan balackghost juga bisa dipijahkan secara massal. Pemijahan itu dilakukan di bak tembok atau fibreglass.

Caranya ~ siapkan bak fibre glass ukuran panjang 2,5 m, lebar 1,5 m dan tinggi 0,5 m; keringkan selama selama 3 hari; isi air setinggi 30 cm; pasang 6 – 8 titik aerasi; masukan 20 potongan paralon 3 inchi sepanjang 30 cm; masukan masukan 12 ekor betina; masukan pula 8 ekor jantan;

beri pakan berupa cacing darah atau jentik nyamuk; letakan 10 buah lempengan pakis di atas dua paralon; letakan puluhan krikil sebagai pelindung telur dan pemberat. 

6. Penetasan Dan Pemeliharaan Larva Dalam Budidaya Ikan Black Ghost

Telur ikan blackghost ditetaskan di akuarium lain, 

Caranya :  siapkan sebuah akuarium ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm; keringkan selama 2 hari; isi air bersih setinggi 30 cm; pasang 4 buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama penetasan

biarkan menetas. Dalam 3 – 4 hari, telur blackghost akan menetas. Larva tersebut bersembunyi di sela-sela pakis. Perubahan warna akan terjadi dari putih menjadi hitam. Tiga hingga empat hari kemudian diberi pakan berupa naupli artemia selama 2 minggu

Dua minggu berikutnya diberi pakan berupa jentik nyamuk atau cacing yang dicincang agar halus. Jadi penetasan telur dan pemeliharaan berlangsung selama sebulan

7. Pembesaran Ikan Dalam Budidaya Ikan Black Ghost

Pembesaran ikan bllack ghost dilakukan di akuarium, 

Caranya ~ Siapkan sebuah akuarium ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm; keringkan selama 2 hari; isi air bersih setinggi 30 cm; pasang 4 buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama pembesaran; masukan 20 potongan paralon sesuai ukuran tubuh benih sebagai tempat pelindung

masukan 200 – 250 ekor benih ukuran 1 – 1,5 inchi atau berasal dari tempat pemeliharaan larva; beri pakan berupa cacing darah atau tubifex dan jentik nyamuk; siphon setiap tiga hari atau bila air sudah kotor

Pembesaran ini berlangsung selama 7 – 8 bulan. Pada saat itu ikan blackghost sudah berukuran 3 – 4 inchi dan siap dijual

Harga Ikan Black Ghost

Ikan Black ghost ini biasanya dijual dengan harga 5.000-10.000 untuk ukuran -10cm dan 25.000 keatas untuk ukuran +15cm.

Memang harga pasaran tidak menentu, tergantung daerah masing-masing. Bisa saja lebih murah atau bisa juga lebih mahal.

Baca juga:
Cara Merawat Ikan Hias Guppy Kesayangan Anda Supaya Selalu Cerah Dan Sehat


Demikainlah  Cara Memelihara, Merawat, Dan Budidaya Ikan Black Ghost. terimaasi atas kunjunganya


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel