Ikan Hias Air Payau Yang Belum Kamu Ketahui

Ikan Hias Air Payau, majalahikan.com | Ikan hias ada banyak jenisnya, banyak variasi warna dan juga ukuranya. Selain ikan hias air tawar dan ( ikan air asin ) ikan hias air laut juga ada ikan yang hidup dicampuran antara air tawar dan air laut.

Campuran antara air tawar dan air laut ini disebut dengan air payau. ciri-ciri air payau ini memiliki kandungan air dari pencampuran air tawar dan air laut tersebut cenderung lebih dominan air lautnya.

Selain itu, ciri ciri air payau juga memiliki sistem perairan yang aliran arus airnya tenang, residence time yang tergolong lama, adanya stratifikasi suhu atau cahaya, oksigen yang terlarut lebih rendah dari perairan mengalir, tidak adanya adaptasi khusus dari masing – masing organisme penghuni air payau tersebut.

Sedangkan jenis air daratan yang umumnya bercampur langsung dengan air laut yang nantinya akan berpengaruh pada siklus terbentuknya air payau seperti misalnya : muara air sungai, teluk pantai, rawa pasang surut, dan badan air dibalik pantai.

Lalu apa jenis ikan yang mendiami air payau tersebut?

Ada banyak komoditas unggulan budidaya air payau, akan tetapi pada kesempatan kali ini kita akan berfokus pada jenis jenis ikan hias air payau.

Jenis Ikan Hias Air Payau Dari Ordo Cyprinodontiformes Dan Dari Keluarga Poeciliidae


Yang pertama kita bahas dari jenis ikan hias air payau adalah dari ordo Cyprinodontiformes dan dari keluarga Poeciliidae.

Ikan air payau dari keluarga Poeciliidae ini yang banyak dipelihara oleh para penghobi ikan hias ada 3 jenis. Di bawah ini penjelasanya.

1. Ikan Guppy

Gambar Ikan Hias Air Payau-Guppy

Kamu pasti berfikir kenapa ikan guppy dimasukan dalam jenis ikan hias air payau bukan? Padahal yang kita ketahui selama ini guppy merupakan jenis ikan hias air tawar.

Ya,,,!?

Seperti kita ketahui bahwasanya ikan guppy ini adalah ikan yang asalnya dari Amerika Tengah dan Selatan. Dan ikan guppy dimasukkan ke Indonesia sebagai ikan akuarium pada sekitar tahun 1920an.

Tahukah kamu bagaimana kehidupan ikan guppy itu sendiri di Amerika Tengah dan Selatan?

Studi lapangan mengungkapkan bahwa guppy telah menjajah hampir setiap badan air tawar yang dapat mereka jangkau secara alami, terutama di sungai-sungai yang terletak di dekat pinggiran pantai daratan Amerika Selatan.

Meskipun biasanya tidak ditemukan di sana, guppy juga memiliki toleransi terhadap air payau dan telah menjajah beberapa habitat payau.

Mereka cenderung lebih banyak di sungai dan kolam yang lebih kecil daripada di sungai besar, dalam, atau mengalir cepat.

2. Ikan Molly

Gambar Ikan Hias Air Payau-Ikan Molly
Gambar Ikan molly By pl.wikipedia.org

Ikan molly ( Poecilia sphenops ) adalah spesies ikan dari genus Poecilia, ikan ini dikenal dengan nama umum molly.

Untuk membedakannya dari kerabatnya, kadang-kadang disebut dengan molly sirip pendek atau ikan molly saja. Ikan molly mendiami aliran air tawar dan air payau dan perairan laut Meksiko .

3. Ikan Sailfin molly

Gambar Ikan Hias Air Payau-Ikan Sailfin molly
Gambar Ikan Ikan Sailfin molly By commons.wikimedia.org

Molly sailfin ( Poecilia latipinna ) adalah spesies ikan dari genus Poecilia . Ikan ini mendiami perairan air tawar, air payau, dan pesisir dari Carolina Utara hingga Texas dan Semenanjung Yucatán di Meksiko.

Jenis Ikan Hias Air Payau Dari Genus Anableps Dan Dari Keluarga Anablepidae


Ikan air payau dari keluarga Anablepidae ini yang banyak dipelihara oleh para penghobi ikan hias ada 1 jenis. Di bawah ini penjelasanya.

1. Ikan Four-eyed fish

Gambar Ikan Hias Air Payau-Ikan Four-eyed fish
Ikan Four-eyed fish By commons.wikimedia.org

Ikan Four-eyed fish ini menghuni air tawar dan air payau. Mereka berasal dari dataran rendah di Meksiko selatan ke Honduras dan Amerika Selatan bagian utara.

Jenis Ikan Hias Air Payau Dari Genus Jordanella Dan Dari Keluarga Cyprinodontidae


Ikan air payau dari keluarga Cyprinodontidae ini yang banyak dipelihara oleh para penghobi ikan hias ada 1 jenis. Di bawah ini penjelasanya.

1. Ikan American Flagfish

Gambar Ikan Hias Air Payau-Ikan American Flagfish
Ikan American Flagfish By id.pinterest.com

American Flagfish atau ikan Jordanella Floridae adalah ikan asli dari Florida, dan sebagian besar dapat ditemukan di danau, rawa, dan badan air lainnya yang bergerak lambat atau diam.

Jenis Ikan Hias Air Payau Dari Keluarga Catfish


Ikan air payau dari keluarga Catfish ini yang banyak dipelihara oleh para penghobi ikan hias ada 2 jenis. Di bawah ini penjelasanya.

1. Ikan Colombian shark catfish

Ikan Hias Air Payau-Ikan Colombian shark catfish
Ikan Colombian shark catfish By en.wikipedia.org

Ikan colombian shark catfish terkadang tersedia dalam perdagangan hewan peliharaan memiliki berbagai nama. seperti misalnya including Colombian (atau Columbian) shark, silver tipped shark, white tip shark catfish, black fin shark, Christian catfish, Jordan's catfish, and West American cat shark

Akan tetapi ikan colombian shark catfish ini tidak sesuai untuk kebanyakan para penghobi ikan hias. Karena ikan ini harus dipelihara di air tawar dan dipindahkan ke air payau ketika mereka dewasa, seperti kehidupanya di alam liar.

SElain itu memelihara ikan hias colombian shark catfish membutuhkan aquarium yang sangat besar karena ukurannya dan kebiasaan yang berenang yang aktif.

2. Australian shark catfish

Gambar Ikan Hias Air Payau-Ikan Australian shark catfish
Ikan Australian shark catfish By youtube.com

Australian Shark Catfish dapat hidup di air tawar atau air payau dengan kisaran suhu antara 67ºF hingga 87ºF dan kisaran pH 6,5 hingga 8.

Dalam memelihara ikan ini agar sehat dibutuhkan penambahan garam selain itu dibutuhkan juga aquarium yang besar.

Jenis Ikan Hias Air Payau Dari Ordo Tetraodontiformes ( ikan buntal )


Ikan air payau dari Ordo Tetraodontiformes ini yang banyak dipelihara oleh para penghobi ikan hias ada 3 jenis. Di bawah ini penjelasanya.

1. Ikan Common Toadfish

Gambar Ikan Hias Air Payau-Ikan Common Toadfish
Gambar Ikan Common Toadfish By en.wikipedia.org

Common Toadfish ditemukan di perairan pantai dangkal dan muara di sepanjang garis pantai Australia timur dari Queensland utara ke New South Wales selatan.

2 Ikan Figure 8 puffer fish

Gambar Ikan Hias Air Payau-Figure 8 puffer fish
Gambar Ikan Figure 8 puffer fish By nl.pinterest.com

Figure 8 puffer fish berasal dari perairan segar dan di aliran payau dan muara Asia Tenggara, termasuk Kalimantan, semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Thailand.

3. Ikan Green spotted puffer

Gambar Ikan Hias Air Payau-Green spotted puffer
Gambar Ikan Green spotted puffer By en.wikipedia.org

Ikan Green spotted puffer adalah salah satu ikan buntal yang dikenal sebagai ikan buntal bintik hijau. Ikan ini ditemukan di seluruh Asia Selatan dan Tenggara di habitat air tawar dan air payau di pesisir.

Ikan buntal bintik hijau mencapai panjang maksimum tipikal sekitar 15 cm (6 in) (5,9 in), dengan laporan hingga 17 cm (6,7 in).

Pada bulan Februari 2009, ia berhasil dikembangbiakkan di penangkaran di University of Florida menggunakan variasi baru dari teknik lavage ovarium.

Jenis Ikan Hias Air Payau Dari Ordo Gobiiformes


Ikan air payau dari Ordo Gobiiformes ini yang banyak dipelihara oleh para penghobi ikan hias ada 5 jenis. Di bawah ini penjelasanya.

1. Ikan Bumblebee goby

Gambar Ikan Hias Air Payau-Bumblebee goby
Gambar Ikan Bumblebee goby By en.wikipedia.org

Bumblebee gobi ditemukan di seluruh Asia Selatan dan Tenggara terutama di habitat air tawar tetapi juga di perairan agak paya.

2. Ikan Spotted Sleeper Goby

Gambar Ikan Hias Air Payau-Spotted Sleeper Goby
Ikan Hias Spotted Sleeper Goby By tropical-fish-keeping.com

Spotted Sleeper Goby (Eleotris picta) Ikan ini juga disebut dengan berbagai nama seperti Spy Cheek Sleeper Goby, Water Cow, atau Water Cow Goby .

Beberapa spesies Sleeper Gobies ditemukan di sungai, muara, dan daerah pantai air tawar dan payau di seluruh Indo-barat Pasifik, dari pantai timur Afrika hingga Kepulauan Hawaii, dan di banyak bagian jangkauannya, ikan ini tampaknya hanya tinggal di perairan air tawar.

Meskipun Spotted Sleeper Gobies ditemukan di berbagai habitat termasuk muara payau dan daerah pantai, ikan ini paling sering ditemukan di aliran air tawar pantai kecil. 

3. Ikan Violet goby atau Dragon goby

Gambar Ikan Hias Air Payau-Violet goby atau Dragon goby
Gambar Ikan Hias Violet goby atau Dragon goby By en.wikipedia.org

Violet Goby ( Gobioides broussonnetii ), juga dikenal dengan nama Dragon Goby. Ikan ini lebih suka air payau dan asli ke perairan rawa di sekitar Florida, dan Teluk Meksiko.

4. Ikan Mudskipper (Barred Mudskipper) dan Ikan Mudskipper (Atlantic Mudskipper)

Gambar Ikan Hias Air Payau-Mudskipper (Barred Mudskipper)
Gambar Ikan Hias Mudskipper (Barred Mudskipper) By en.wikipedia.org

Di Indonesia ikan mudskipper ini lebih dikenal dengan nama tembakul. Ikan ini hanya dijumpai di pantai-pantai beriklim tropis dan subtropis di wilayah Indo-Pasifik sampai ke pantai Atlantik, benua Afrika.

Tembakul adalah jenis ikan dari beberapa marga yang termasuk ke dalam anak suku Oxudercinae. Ikan-ikan ini senang melompat-lompat ke daratan, terutama di daerah berlumpur atau berair dangkal di sekitar hutan bakau ketika air surut.

Nama-nama lainnya adalah timpakul, tempakul, gelodok, belodok, belodog, atau blodog, atau belacak (bahasa Melayu), gabus laut, lunjat, dan mudskipper (bahasa Inggris) disebut demikian karena kebiasaannya melompat-lompat di lumpur. 

5. Ikan Knight goby

Gambar Ikan Hias Air Payau-Knight goby
Ikan Hias Knight goby By flickr.com

Ikan ini mendiami zona estuarine, meskipun lebih sering ditemukan di air tawar daripada payau. Dan banyak ditemukan di Pakistan, India, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Indonesia dan Fiji.

Jenis Ikan Hias Air Payau Dari Keluarga Cichlidae


Ikan air payau dari Keluarga Cichlidae ini yang banyak dipelihara oleh para penghobi ikan hias ada 4 jenis. Di bawah ini penjelasanya.

1. Ikan Blackchin tilapia atau Nila

Gambar Ikan Hias Air Payau-Blackchin tilapia
Gambar Ikan-Blackchin tilapia By aquariacentral.com

Ikan nila blackchin adalah ikan asli Afrika barat dari Mauritania ke Kamerun. Dan telah diperkenalkan ke beberapa negara di Asia, Amerika Serikat dan Eropa. Ikan ini juga menjadi spesies invasif di Florida dan Thailand.

Ikan nila blackchin mampu mentoleransi salinitas tinggi dan banyak ditemukan di daerah bakau dan dapat pindah ke air tawar, seperti daerah hilir sungai, dan masuk ke perairan air asin.

2. Ikan Orange chromide

Gambar Ikan Hias Air Payau-Orange chromide
Gambar Ikan Orange chromide By en.wikipedia.org

Oranye kromida ( Etroplus maculatus ) adalah spesies ikan cichlid yang endemik terhadap air tawar dan aliran air payau , laguna dan muara di India selatan dan Sri Lanka.

Oranye kromida mencapai panjang hingga 8 cm (3,1 in) dan ikan ini banyak dipelihara oleh para hobiis ikan hias.

3. Ikan Green chromide

Gambar Ikan Hias Air Payau-Green chromide
Gambar Ikan Hias Green chromide By en.wikipedia.org

The green chromide ( Etroplus suratensis ) adalah spesies ikan cichlid dari air tawar dan air payau di India selatan dan Sri Lanka.

4. Mayan cichlid or Mexican mojarra

Gambar Ikan Hias Air Payau-Mayan cichlid or Mexican mojarra
Gambar Ikan Hias Mayan cichlid atau Mexican mojarra By nl.pinterest.com

Cichlid Maya mendiami danau , sungai , garis pantai berbatu, laguna , estuari , dan pulau-pulau pesisir.

Ikan ini dapat ditemukan di daerah yang kaya oksigen dekat vegetasi terendam dan di atas substrat berlumpur.

Namun, meskipun lebih disukai untuk perairan dengan kandungan oksigen terlarut minimal 3,5 mg / L, ia mampu bertahan hidup dalam hipoksia ekstrem, itu karena itu adalah konformer oksigen, menjadi jauh lebih sedikit aktif dalam air hipoksia, dan bahkan bertahan dari anoksia virtual hingga dua jam.

Jenis Ikan Hias Air Payau Dari Berbagai Keluarga / Famili


1. Siamese tigerfish

Gambar Ikan Hias Air Payau-Siamese tigerfish
Gambar Ikan Hias Siamese tigerfish By en.wikipedia.org

2. New Guinea tigerfish

Gambar Ikan Hias Air Payau-New Guinea tigerfish
Gambar Ikan Hias New Guinea tigerfish By gumtree.com

3. Silver moony

Gambar Ikan Hias Air Payau-Silver moony
Gambar Ikan Hias Silver moony By en.wikipedia.org

4. African moony

Gambar Ikan Hias Air Payau-African moony
Ikan Hias African moony By en.wikipedia.org

5. Indian glassy fish

Gambar Ikan Hias Air Payau-Indian glassy fish
Gambar Ikan Hias Indian glassy fish By commons.wikimedia.org

6. Targetfish, Jarbua terapon

Gambar Ikan Hias Air Payau-Targetfish atau Jarbua terapon


7. Banded archerfish

Gambar Ikan Hias Air Payau-Banded archerfish
Gambar Ikan Hias Air Payau-Banded archerfish

8. Green Scat, Ruby Scat

Gambar Ikan Hias Air Payau-Green Scat
Gambar Ikan Hias Air Payau-Green Scat By nl.pinterest.com

9. Hogchoker

Gambar Ikan Hias Air Payau-Hogchoker
Gambar Ikan Hias Air Payau-Hogchoker By flickr.com

loading...

0 komentar