BTemplates.com

Ikan Sepat Hias, Info Lengkap Jenis Dan Harganya

Jenis Ikan Sepat Hias, majalahikan.com | Ikan hias yang akan kita kenali kali ini termasuk dari keluarga ikan gourami, bahkan kalau di luar negri ikan ini disebut dengan ikan gourami.

Ikan sepat hias termasuk jenis ikan hias yang banyak dipelihara di aquascape, ada banyak varian warna dari jenis ikan sepat hias ini. Dan berikut adalah penjelasan lengkap, mulai dari jenis hingga harga ikan sepat hias.

Jenis Jenis Ikan Sepat Hias

Ada banyak sekali jenis ikan sepat hias dan mereka memiliki warna dan corak yang indah, mulai dari warna merah, kuning, orange, biru dan masih banyak lagi.
  • 1. Ikan Sepat Mutiara

Jenis Ikan Sepat Hias-Ikan Sepat Mutiara
Gambar Ikan Sepat Mutiara By : en.wikipedia.org

Di negara kita, khususnya para pecinta ikan hias menyebut jenis ikan sepat hias yang satu ini dengan nama sepat mutiara.

Sedangkan dalam bahasa inggris, sepat mutiara umum dengan sebutan Pearl gourami, Mosaic gourami atau Lace gourami.

Tahukah kamu, kenapa ikan sepat ini diberi nama sepat mutiara?

Itu karena di seluruh tubuhnya banyak sekali bertaburan pola bintik-bintik kehijauan atau keperakan layaknya mutiara.

Taburan bintik-bintik tersebut berada di atas warna dasarnya, yakni berupa warna abu-abu atau kebiruan.

Selain itu, dengan tambahan garis horisontal hitam dari moncong mulut hingga ekornya menambah keserasian dan keindahannya.

Karena keindahanya ini, sepat mutiara dikategorikan dalam 10 besar ikan hias air tawar terindah.

Kamu bisa memiliki ikan bertubuh pipih ini dengan harga yang relatif murah, selain di toko ikan hias di kotamu, kamu juga bisa membelinya di toko-toko online, seperti misalnya TOKO PEDIA.

Kisaran harga ikan sepat hias mutiara ini 15 ribuan, akan tetapi jika kamu membelinya dalam jumlah banyak ( paket/grosir/partaian), maka harganya bisa juah lebih murah dari harga satuan ekor.

Seperti TOKO PEDIA tadi, menawarkan harga sepat mutiara untuk 24 ekor dengan harga Rp 216.000, yang mana jika dibuat satuan ekor, kena 9 ribu saja.

Meski begitu, ada banyak penjual ikan sepat mutiara yang bertebaran di Internet, kamu bisa memilih setiap penjual dan bandingkan harganya dari satu penjual dengan penjual yang lainya.

Cara merawat ikan sepat hias mutiara ini juga tergolong mudah, bahkan ikan sepat mutiara ini bisa dicampur dengan ikan hias lain.

Seperti misalnya, ikan neon tetra, ikan cardinal tetra, ikan sapu-sapu, udang hias dan masih banyak lagi.

Pemberian tanaman aquascape, juga direkomendasikan untuk merawat ikan sepat mutiara ini. Selain itu, ruang atau ukuran akuarium juga sebaiknya besar.

Suhu air juga sebaiknya berkisar antara 22-28 cc, selain filter aquarium, pompa udara dan juga jangan lupa untuk memberi lampu aquarium.

Ikan sepat mutiara sendiri adalah ikan omnivora, jadi untuk makanan ikan sepat tidak sulit untuk diperoleh.

Pelet atau cacing kering bisa menjadi makanan ikan sepat hias mutiara ini, selain itu pemberian pakan alami atau hidup juga sesekali bisa diberikan untuk menunjang kebutuhan nutrisinya.



  • 2. Ikan Sepat Biru

Jenis Ikan Sepat hias-Ikan Sepat Biru
Gambar Ikan Sepat Biru By : repsamphibsfish.blogspot.com

Yang kedua dari jenis ikan sepat hias adalah ikan sepat biru. Sesuai dengan namanya, sepat hias yang satu ini memiliki warna perak buram kebiriuan atau kehijauan.

Ciri khas ikan sepat biru ini adanya titik hitam agak besar yang berada di tengah disetiap samping tubuhnya. Selain di tengah, titik bulat ini juga ada di pangkal ekor setiap sisi tubuhnya.

Untuk itu, dalam bahasa inggris ikan sepat biru ini disebut dengan nama Three-spot gourami, yang mengacu pada dua titik hitam tersebut dan mata sebagai titik ke tiganya.

Selain disebut dengan nama Three spot gourami dan Blue gourami, ikan sepat biru juga memiliki banyak nama sesuai dengan varian warnanya, seperti misalnya Cosby gourami, Gold gourami, Golden gourami, serta Opaline gourami.

Sedangkan di negara kita sepat biru lazim disebut dengan nama sepat sawah, sepat jawa, sepat ronggeng, sepat rawa dan sapek.

Berbeda dengan ikan sepat mutiara, yang dibudidayakan untuk keperluan ikan hias. Manfaat ikan sepat biru ini, selain untuk ikan hias juga untuk ikan konsumsi.

Untuk merawat ikan sepat biru ini tak jauh beda dengan ikan sepat mutiara. Sedangkan untuk harga ikan sepat biru lebih murah ketimbang ikan sepat mutiara.



Habitat ikan sepat biru ini adalah rawa-rawa, danau, aliran air yang tenang, dan lazim ditemukan di lahan basah dataran rendah termasuk sawah serta aliran irigasi.

Ikan sepat biru ini memiliki banyak varian warna dan banyak dipelihara hobiis ikan hias, seperti misalnya:

  • a. Three spot gourami atau Blue gourami atau Ikan Sepat Biru

Jenis Ikan Sepat Hias-Ikan Sepat Rawa
Gambar Ikan Sepat Rawa By : en.Wikipedia.org

Seperti penjelasan di atas, jenis ikan sepat biru ini mamiliki dua bulatan hitam di tengah dan pangkal ekor yang sejajar dengan mata.
  • b. Cosby gourami atau Opaline gourami

Jenis Ikan Sepat Hias-Ikan Sepat Brazil
Gambar Ikan Sepat Brazil By Meethepet.com

Untuk jenis ikan sepat biru yang satu ini memiliki warna loreng dan pada umumnya disebut dengan ikan sepat brazil oleh para hobiis ikan hias.


  • c. Gold gourami atau Golden gourami atau Ikan Sepat Kuning

Jenis Ikan Sepat Hias-Ikan Sepat Kuning
Gambar Ikan Sepat Kuning By : wikiwand.com

Sesuai dengan namanya, ikan sepat biru ini memiliki warna kuning atau emas dengan perpaduan corak yang sama dengan ikan sepat biru.


  • d. Silver gourami

Gambar Ikan Sepat Biru Silver By : thesprucepets.com

Warna untuk ikan sepat biru yang satu ini adalah biru keperakan.


  • e. Ikan Sepat biru Albino

Jenis ikan Sepat Hias-Ikan Sepat Albino

Ikan sepat biru albino ini memiliki gen albino sehingga nampak terlihat putih
  • 3. Ikan Sepat Dahlia

Jenis Ikan Sepat Hias-Ikan Sepat Dahlia
Gambar Ikan Sepat Dahlia By : Pinterest.com

Yang ketiga dari jenis ikan sepat hias adalah ikan sepat dahlia. Untuk nama inggrisnya sepat dahlia ini lebih deikenal dengan nama honey gourami..

Ikan sepat yang satu ini memiliki warna kuning, atau lebih tepatnya oranye dengan warna biru pada sirip atasnya.

Untuk harga ikan sepat hias yang juga disebut dengan sepat hias merah ini hanya berkisar 4 ribuan.

Murah bukan? Seperti dilansir dari toko online ternama, yakni OLX.

Itulah info seputar ikan sepat hias, mulai dari jenis sepat hias, harga sepat hias, habitat sepat hias, manfaat sepat hias hingga cara merawat sepat hias.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel