Tuesday, 10 July 2018

Penjelasan Lengkap Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil dan Pemberianya

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil, majalahikan.com | Ketika kita ingin menekuni pembenihan ikan nila maka hal pertama yang kita harus tahu adalah perbedaan ikan nila jantan dan betina. Selepas itu, kita juga mesti tahu cara pembenihan ikan nila yang benar hingga akhirnya menghasilkan larva yang banyak.

Untuk memelihara larva ikan nila hingga siap jual pastinya tak lepas dari beberapa hal, seperti kolam pendederan hingga makanan ikan nila yang masih kecil. Salah dalam memberi pakan pada ikan nila yang masih kecil tentunya akan berdampak kurang baik, bahkan larva nila bisa saja mati sebelum kita jual.

Selain mengetahui pakan ikan nila yang baru menetas hingga siap jual, kita juga mesti tahu nama dan ukuran serta umur benih ikan nila. Karena setiap bertambahnya ukuran dan umur ikan nila memiliki nama-nama yang berbeda-beda dan perlakuan yang berbeda pula dalam pemberian pakan.

Baca Juga : Jenis Jenis Pakan Ikan Nila Dari Daun Dan Manfaatnya

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Dari Semua Jenis Ikan Nila Dan Keuntunganya


Apapun jenis ikan nila yang akan kita jadikan induk untuk pembenihan, baik itu ikan nila merah maupun ikan nila hitam, jenis pakan untuk larva yang diberikan hingga siap jual sama.

Usaha pembenihan ikan nila tidaklah sama dengan pembesaran ikan nila, jika pembenihan nila dilakukan mulai dari memijahkan hingga larva siap untuk dijual dan ini membutuhkan waktu lebih singkat bila dibandingkan dengan pembesaran atau pemeliharaan ikan nila.

Karena jika pembesaran ikan nila untuk mencapai ukuran yang siap jual bisa memakan waktu hingga 6 bulan, sedangkan pembenihan ikan nila dari memijahkan hingga siap jual paling tidak hanya membutuhkan waktu hingga 2 bulan ( tergantung permintaan )

Keuntungan usaha pembenihan ikan nila ini, selain waktu yang relatif singkat juga banyak untungnya, karena peminat budidaya ikan nila terus meningkat dan tentunya kebutuhan akan benih ikan nila juga terus mengalami peningkatan.

Bisa dibayangkan, benih ikan nila bisa dijual mulai dari ukuran yang terkecil, misalnya ukuran benih nila 3 cm hingga yang ukuranya 12 cm.

Baca Juga : 5 Kisah Sukses Budidaya Ikan Nila Merah Yang Inspiratif

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Dan Baru Menetas


Gambar Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Dan Baru Menetas
By Kabartani.com

Nama ikan nila yang baru menetas ini disebut Larva, dikatakan larva ikan nila jika ukuran ikan nila masih 0,5 cm hingga 0,7 cm dengan kisaran umur 7 hari.

Pemeliharaan larva ikan nila ini dilakukan di kolam khusus dengan pemeliharaan 50-200 ekor/m2 dan pemberian pakan sebaiknya yang memiliki kandungan protein tinggi.

Pakan alami untuk ikan nila yang baru menetas ini dan yang paling disukainya serta mengandung protein tinggi adalah zooplankton, seperti Rotifera sp, Moina sp dan Daphnia sp.

Selain pakan alami, larva ikan nila juga bisa diberi pakan berupa pelet serbuk yang butiranya memiliki ukuran 0,2-0,5 mm. Sedangkan frekuensi pemberian pakan 4 hingga 5 kali sehari, setiap kali pemberianya sebanyak 1 sendok teh pelet serbuk.

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 10 Hari


Gambar Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 10 Hari
By bibitikan.net

Benih atau bibit ikan nila yang sudah berumur 10 hari bukan lagi disebut larva, melainkan namanya adalah Kebul. Pada umumnya benih ikan nila yang umurnya 10 hari ini ukuran panjangnya 1,5 cm.

Untuk pemberian pakan benih ikan nila umur 10 hari agar cepat besar juga sama dengan pemberian pakan pada larva ikan nila.

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 20 Hari


Gambar Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 20 Hari
By bibitikan.net

Benih atau bibit ikan nila yang berumur 20 hari juga sama dengan bibit ikan nila yang berumur 10 hari, yakni disebut dengan nama Kebul. Pada umumnya benih ikan nila ini memiliki panjang 2,5 cm.

Perlakuan untuk Kebul yang umurnya 20 hari ini juga sama dengan Kebul yang umurnya 10 hari.

Setelah benih ikan nila memiliki ukuran 2,5 cm, maka sebaiknya dipindahkan ke kolam pendederan lainya dengan kepadatan tebar tidak sepadat saat masih larva.

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 25 Hari


Gambar Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 25 Hari
By bibitikan.net

Untuk benih ikan nila yang mencapai umur 25 hari ini penebaranya di kolam dengan kepadatan 30-50 ekor/m2. Sedangkan nama untuk benih berumur 25 hari ini disebut dengan nama Gabar.

Pada umunya untuk Gabar yang umurnya 25 hari ini memiliki panjang tubuh 2,8 cm dengan tinggi tubuh 0,8 cm.

Gabar ini, selain penebaranya juga diatur pemberian pakanya juga sayogyanya pakan yang memiliki kandungan protein 20-30% agar laju pertumbuhan benih cepat besar.

Makanan yang bisa diberikan pada Gabar juga bisa berupa pelet serbuk dengan kandungan protein 20-30% dan frekuensi pemberianya 2-3 kali sehari.

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 30 Hari


Gambar Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 30 Hari
By bibitikan.net

Benih ikan nila yang berumur 30 hari ini pada umumnya memiliki panjang tubuh 3 cm dengan tinggi tubuh 1 cm. Sedangkan nama benih berumur 30 hari ini juga disebut Gabar.

Perlakuan Gabar yang berumur 30 ini mulai dari kepadatan penebaranya sama dengan Gabar yang berumur 25 hari.

Untuk makanan ikan nila yang masih kecil umur 30 hari ini sebaiknya berupa F-999 / PF-1000.

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 35 Hari


Gambar Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 35 Hari
By bibitikan.net

Benih ikan nila yang berumur 35 hari memiliki panjang tubuh 4 sampai 4,5cm. Untuk namanya juga masih disebut Gabar.

Gabar berumur 35 hari ini untuk perlakuanya juga sama dengan Gabar yang umurnya 30 hari.

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 40 Hari


Gambar Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 40 Hari
By bibitikan.net

Benih ikan nila yang berumur 40 hari ini juga masih disebut Gabar, pada umumnya Gabar ini memiliki panjang tubuh 5 cm.

Mulai dari kepadatan penebaran benih hingga pakan masih sama perlakuanya dengan Gabar yang berumur 35 hari.

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 45 Hari


By bibitikan.net

Ketika benih ikan nila mencapai umur 45 hari atau disebut dengan naman Belo, maka panjang tubuhnya mencapai 5,5 hingga 6 cm.

Dan pemberian pakan Belo ini jumlah pakanya yang harus diberikan 3% dari bobot tubuhnya, selain itu kadar protein yang terkandung dalam pakan adalah 20-30% agar laju pertumbuhan benih cepat besar.

Kita bisa memberinya berupa pelet F-999 / PF-1000 dengan frekuensi 2 - 3 kali sehari.

Benih ikan nila disebut Belo mulai dari ukuran 5 cm hingga mencapai ukuran 8 cm atau mulai umur 45 hari hingga memiliki umur 70 hari.

Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 100 Hari

Gambar Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil Umur 100 Hari
By nilamurahbanget.blogspot.com

Pada umumnya benih ikan nila yang berumur 100 hari ini memiliki panjang tubuh 8 sampai 12 cm. Dengan ukuran sekian maka benih bisa dipelihara di kolam budidaya pembesaran dan pada umumnya para pembudidaya ikan nila banyak yang membeli benih ikan nila umur 100 hari ini.

Nah itulah makanan ikan nila yang masih kecil dari mulai larva hingga siap jual, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Penjelasan Lengkap Makanan Ikan Nila Yang Masih Kecil dan Pemberianya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua