Monday, 5 March 2018

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan Jadi Mudah Makan

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan, majalahikan.com | Kalau kamu gemar mancing, pasti tahu kan sama jenis ikan yang satu ini? Ikan nila ini biasanya hidup di rawa, danau atau sungai yang memiliki air sedikit keruh. Selera makan ikan ini juga naik turun tergantung kekeruhan air saat dia makan. Tapi jangan kawatir mancing mania, kamu bisa tahu gimana cara mancing ikan nila yang susah makan. Apa saja yang perlu kamu perhatikan?

Sumber gambar : sportourism.id


Penting !!!!! Ketahui Tentang Ikan Nila Dulu Sebelum Kita Mulai Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan


Ada beberapa pengetahuan yang bisa mancing mania pakai saat mau mancing ikan nila yang susah makan umpan, antara lain:

1. Pasang umpan mancing ikan nila yang susah makan yang punya aroma kuat misalnya cacing yang hidup di pohon atau umpan cacing cau.

2. Mancing mania juga bisa menggunakan umpan selain umpan cacing seperti umpan lumut. Umpan lumut ini merupakan jenis makanan kesukaan ikan nila. Tambahkan cuka dan garam pada lumut tersebut untuk menghasilkan aroma yang dapat menarik perhatian ikan nila.

3. Alasan utama ikan nila tidak mau makan adalah karena airnya keruh. Jadi sebaiknya sebelum mancing mania melempar umpan mancing ikan nila di air keruh, jernihkan airnya terlebih dulu. Lempar joran dengan bandul yang ringan. Dengan memasang bandul ringan, bandul ini tidak akan menyebabkan adanya riak air ataupun menyebabkan air menjadi keruh.

4. Sebelum mancing, pastikan sirkulasi air lancar agar kadar oksigen di dalam air tetap maksimal.

5. Lemparkan joron mancing mania melewati gerombolan ikan nila yang jadi target. Pastikan umpan yang ada di mata kail sampai ke dasar air, lalu tarik umpan pelan-pelan.

Ikan nila umumnya merupakan jenis ikan omnivora atau pemakan segalanya. Untuk menarik perhatian ikan ini, mancing mania bisa gunakan umpan alami misal lumut, laron atau cacing. Cara mancingnya pun sebenarnya mudah karena ikan ini merupakan ikan yang memakan apa saja. Kalau untuk jenis ikan nila liar, sebaiknya menggunakan umpan lumut. Jangan lupa untuk selalu menggunakan lumut yang halus dan berwarna hijau.

Mancing ikan nila akan lebih mudah kalau sudah waktunya musim penghujan. Di musim hujan, kandungan oksigen didalam air akan meningkat dan menyebabkan ikan air tawar seperti ikan nila akan mudah kelaparan. Kalau sudah masuk musim penghujan, mancing mania bisa menyiapkan umpan mancing ikan nilem yang sesuai dengan tempat hidupnya.

Ikan nila selain mudah merasa lapar, juga memiliki kebiasaan berenang ke tepian mengikuti volume air yang terus bertambah. Kalau pas musim hujan, mancing mania bisa coba mancing ikan nila dilokasi perairan ikan nila yang langsung terpapar air hujan. Mancing mania pasti mudah sekali mancingnya. Kalau musim hujan tiba, ikan nila sering sekali berenang ke tepian. Kalaupun mancing mania hanya pakai umpan ala kadarnya, ikan nila ini pasti akan menyambar kail yang mancing mania lempar.

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan di Danau



Sumber Gambar : beritasimalungun.blogspot.co.id

Kalau mancing mania mau mancing ikan nila di danau, mancing mania harus tahu perlakuan khusus dan cara mancing yang benar. Karakteristik ikan nila yang hidup di danau biasanya berbeda dengan ikan nila yang ada di pemancingan. Dilihat dari ekosistemnya, danau masih merupakan ekosistem yang alami bagi ikan nila. Jadi ikan nila yang hidup di danau cenderung gesit dan liar karena mereka lebih aktif bergerak.

Dilihat dari kondisi ikan nila yang masih tergolong gesit dan liar, umpan yang betul-betul disukai ikan nila sangatlah penting untuk diperhatikan. Umpan mancing ikan nila di danau yang paling mujarab untuk memperoleh daging ikan nila yang lebih gurih dari daging ikan nila pemancingan adalah umpan lumut sawah dan umpan cacing.

Umpan lumut sawah sebaiknya menggunakan jenis lumut yang sudah ranum atau tua. Pilihlah lumut sawah dengan ukuran yang agak panjang agar mudah dikaitkan ke mata pancing. Umpan lumut sawah ini mudah diperoleh. Mancing mania bisa cari di sekitar sawah atau disekitar parit yang digenangi air. Lumut sawah ini juga sangat cocok buat mancing ikan nila berukuran babon atau induk.

Umpan cacing juga sangat tepat kalau mancing mania mau menangkap ikan nila yang hidup di danau. Cacing yang bisa mancing mania gunakan bukan sembarang cacing tapi harus cacing merah atau cacing laut. Cacing jenis ini sering ditemukan di sekitar sawah atau sungai kecil yang berdekatan dengan pesisir pantai atau laut.

Kalau mancing mania mau coba mancing ikan nila yang ada di danau toba, umpan mancing ikan nila di danau toba yang tepat adalah umpan lumut dan juga umpan cacing. Kalau kesusahan mendapatkan umpan cacing dari alam, mancing mania bisa membeli cacing merah atau cacing laut di toko perlengkapan alat mancing.

Sebaiknya mancing mania membeli cacing ini dalam jumlah yang cukup banyak karena cacing ini mudah sekali putus pas dipakai. Dengan menyediakan banyak cadangan cacing laut atau cacing merah, mancing mania bisa mengantisipasi habisnya umpan saat sedang bertarung dengan ilan nila liar berukuran besar.

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan di Rawa


Sumber Gambar : YouTube

Kalau mancing mania mau coba mancing ikan nila yang ada di rawa, mancing mania bisa pakai umpan lumut atau umpan cacing. Tapi kalau ikan nilanya lagi susah makan, umpan mancing ikan nila rawa yang paling pas adalah umpan cacing. Caranya supaya umpan cacing ini mampu menarik perhatian dan napsu makan ikan nila adalah:

1. Lakukan gerakan naik dan turun joran pancing mancing mania secara perlahan-lahan sampai umpan cacing itu ikut naik turun seperti gerakan push up. Gerakan umpan cacing naik turun ini lama-lama bisa menarik selera makan ikan nila yang lagi susah makan.

2. Bisa juga menarik selera makan ikan nila yang lagi susah makan pakai bau-bauan yang amis seperti ditambah garam atau cuka.

Ikan nila liar yang hidup di rawa atau danau seringnya hidup secara bergerombolan. Seringnya ikan nila ini bergerombol pada waktu mau berenang ke tepian atau mau ke kedalaman air. Kalau mau mancing ikan nila, pilih gerombolan ikan yang ada di pinggiran karena biasanya ikan yang lapar ada di pinggiran.

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan di Air Payau



Sumber Gambar : wartapancing.blogspot.co.id

Untuk ikan nila yang hidup di air payau, umpan mancing di air payau adalah umpan yang masih hidup misalnya udang, ikan bandeng atau ikan belanak. Mancing mania bisa menyesuaikan besarnya umpan dengan target pancingannya. Biasanya untuk ikan nila, umpan mancing ikan nila di air payau yang paling disukai adalah lumut. Mancing mania bisa gunakan umpan lumut atau umpan cacing untuk menggoda ikan nila.

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan di Kolam

Sumber Gambar : tokopancingdepok.blogspot.co.id

Kalau untuk mancing ikan nila di kolam, mancing mania biasanya akan diminta untuk membayar sebesar berat ikan nila yang berhasil ditanggap per kilogram. Kolam memang sengaja dibuat sebagai obyek rekreasi mancing maka jangan heran kalau jumlah ikan yang ada di kolam pemancingan itu sangatlah banyak. Tentu saja pemilik kolam pemancingan dengan sengaja menyebar benih ikan nila dalam jumlah besar.

Biar ikan nila yang ada di kolam itu bisa menjadi obyek rekreasi mancing, seringnya ikan-ikan nila itu tidak dikasih makan. Tujuannya agar ikan nila itu mudah dipancing menggunakan umpan mancing ikan nila di kolam. Umpan mancing ikan ini biasanya sudah disediakan oleh pihak pengelola kolam pemancingan. Jadi mancing mania hanya tinggal pakai saja.

Umpan untuk ikan nila yang ada di kolam pemancingan tentu saja beda sama umpan mancing ikan nila liar. Oleh karena itu, mancing mania jangan gunakan umpan cacing atau umpan lumut kalau lagi mancing di kolam pemancingan. Umpan ikan nila kolam biasanya hanya campuran dari pellet dan air hangat saja.

Pellet dan air hangat dicampur agar adonannya agak sedikit padat dan bisa dibentuk menjadi bola-bola kecil. Sebelum bisa digunakan, biasanya bulatan-bulatan umpan itu dibiarkan dulu hingga kering dan setelah kering baru bisa dipakai.

Umpan pellet dan air hangat ini terbukti menjadi umpan yang sangat efektif untuk ikan nila di kolam pemancingan. Mancing di kolam tentu sangat mudah karena ikan nila hanya berkeliling di sekitar kolam saja. Media renangnya sangat terbatas. Kalau mancing mania bisa dapat ilan nila banyak dari kolam pemancingan ini, mancing mania mungkin akan menjadi ketagihan mancing lagi.

Cara Mancing Ikan Nila Merah


Sumber Gambar : jualikan-garut.blogspot.com

Ikan nila merah merupakan jenis ikan yang paling banyak digemari. Selain dijadikan target oleh kebanyakan pemancing, ikan nila merah ini juga dikenal memiliki daging yang lezat dan gurih. Salah satu jenis ikan nila merah ada yang memiliki warna yang menarik mirip dengan warna ikan kakap merah. Jenis ikan nila ini didatangkan dari Thailand dan Philipina. Kalau di Indonesia, jenis ikan nila merah yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis ikan nila merah Thailand.

Sama dengan jenis ikan nila lainnya, ikan nila merah ini dapat dengan mudah ditangkap menggunakan umpan mancing ikan nila merah seperti cacing dan lumut. Tapi, selain menggunakan dua jenis umpan tersebut, mancing mania bisa menggunakan umpan rebon dan kroto.

Rebon itu udang dengan ukuran tubuh yang lebih kecil. Cara penggunaan umpan rebon ini sangat mudah. Mancing mania hanya perlu menusukkan rebon ini ke mata kail. Meskipun kelihatannya mudah, mancing mania harus sangat hati-hati jangan sampai rebon ini tertusuk urat punggungnya karena akan menyebabkan rebon mati.

Selain rebon, kroto juga bisa dijadikan umpan ikan nila merah. Sebelum mancing, pilih dulu kroto yang masih segar. Kroto segar biasanya memiliki bau yang agak kecut. Masak kroto terlebih dulu dengan ditambahkan sedikit tepung sampai adonan jadi seperti lem. Ambil adonan dan biarkan sampai dingin. Kalau sudah dingin, ambil sedikit adonan dan pasang di mata kail, Biar lebih manjur, taburi adonan dengan kroto.

Nah, gimana mancing mania? Sudah tahu kan bagaimana cara membangkitkan selera makan ikan nila yang lagi susah makan? Jangan lupa juga mancing mania memilih jenis umpan yang tepat untuk setiap jenis ikan nila. Bedakan umpan mancing untuk ikan nila liar dan ikan nila kolam. Semoga tips diatas bisa membantu. Selamat mancing!

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua