Inilah Jenis Jenis Ikan Hiu di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis Ikan Hiu di Indonesia, majalahikan.com | Kekayaan fauna laut di Indonesia sudah dikenal luas di seluruh dunia, salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah jenis ikan Hiu di Indonesia. Bahkan, sebagian besar jenis Hiu di dunia berada di perairan Indonesia karena iklim lingkungan yang sesuai untuk berkembangbiak serta lokasinya yang strategis di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Lalu, bagamanakah karakteristik Hiu di Indonesia?

Deskripsi Ikan Hiu


Hiu adalah satu dari banyaknya jenis ikan di dunia yang memiliki tulang rawan. Hiu sendiri dapat diklasifikasikan dalam kelas Chondrichthyes dan sub-kelas Elasmobranchii. Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu Negara dengan jumlah spesies Hiu terbanyak di dunia, dimana dari sekitar 500 spesius Hiu yang sudah ditemukan, 117 spesies diantaranya berada di perairan Indonesia.

Karakteristik khas yang dapat membedakan Hiu dengan jenis ikan lainnya adalah bentuk tubuhnya yang panjang dengan ekor berbentuk asimetris. Memiliki tulang punggung yang memanjang hingga bagian ekor, gigi Hiu juga memiliki bentuk segitiga yang runcing dan berjumlah banyak.

Ukuran Hiu sendiri sangat bervariasi, sesuai dengan jenisnya. Mulai dari yang terkecil dengan ukuran 15 cm, hingga Hiu Paus yang dikenal sebagai jenis Hiu terbesar dengan ukuran panjang tubuh mencapai belasan meter. Di perairan Indonesia sendiri, jenis Hiu berukuran kecil dengan panjang maksimal 1 meter lebih mendominasi dengan persentase lebih dari 50% dari total spesies Hiu di Indonesia. Sedangkan untuk jenis Hiu berukuran sedang (1-2,5 m) dan besar (lebih dari 2,5 m) memiliki persentase yang seimbang, yakni sekitar 20%.

The International Union for Conservation of Nature (IUCN) merupakan sebuah organisasi internasional yang mengatur konservasi dan perlindungan habitat alam, dimana salah satunya merupakan spesius Hiu. Organisasi ini juga telah menyusun berbagai kriteria status konservasi spesies Hiu berdasarkan tingkat kerawanannya. Dari 181 spesies Hiu yang masuk dalam daftar merah atau terancam kepunahan, 29 spesies diantaranya berada di perairan Indonesia.

Status Perlindungan Hiu di Indonesia


Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyusun berbagai perundangan mengenai status perlindungan Hiu di Perairan Indonesia. Beberapa spesies Hiu yang telah dilindungi oleh Pemerintah Indonesia diantaranya adalah:

1.    Ikan Gergaji dalam Appendiks CITES I.

2.    Ikan Gergaji yang diatur dalam PP 7/1999 mengenai Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

3.    Rhinchodon typus atau Hiu Paus yang diatur dalam KepmenKP 18/2013 mengenai Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus.

4.    Alopias superciolocus atau Hiu Monyet yang diatur dalam PermenKP 26/2013 mengenai Usaha Perikanan Tangkap di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

5.    Carcharhinus longimanus (Hiu Koboi) dan Sphyrna sp. (Hiu Martil) yang diatur dalam KepmenKP 48/2016 mengenai Larangan Pengeluaran Ikan Hiu Koboi dan Hiu Martil dari Wilayah Negara Republik Indonesia ke Luar Wilayah Negara Republik Indonesia.
Dengan peraturan-peraturan yang mengatur populasi berbagai jenis Hiu di Indonesia, diharapkan masyarakat Indonesia dan dunia pun turut melestarikan populasinya. Selain untuk menghindari kepunahan dari suatu spesies Hiu, hal ini dimaksudkan untuk menjaga ekosistem yang ada di perairan Indonesia agar selalu seimbang, mengingat Hiu merupakan salah satu puncak rantai makanan di lautan.



Jenis Ikan Hiu Yang Ada di Indonesia


Wilayah perairan Indonesia yang berada di iklim tropis serta diapit oleh dua samudera, membuat berbagai jenis Hiu dapat berkembangbiak serta sangat bervariasi. Bahkan, Indonesia sendiri merupakan satu dari Negara dengan spesies Hiu terbanyak di dunia.
Lalu, apa saja ragam spesies Hiu yang terdapat di wilayah perairan Indonesia? Berikut paparan lengkapnya.

1. Ikan Hiu Monyet ( Alopias superciliosus )
Jenis Ikan Hiu di Indonesia
Ikan Hiu Monyet ( Alopias superciliosus ) by commons.wikimedia.org
Ciri khas yang paling menonjol dari Hiu Monyet adalah ekor bagian atasnya yang memiliki panjang hampir sama dengan panjang tubuhnya. Selain itu, jenis Hiu ini memiliki mata yang besar dengan bagian tengkuknya memiliki lekukan dalam. Spesies yang memiliki ukuran panjang 140-460 cm ini biasa hidup pada perairan pantai hingga laut lepas dengan kedalaman maksimal 600 meter.

2. Ikan Hiu Lanjaman Jawa ( Carcharhinus amblyrhynchos )

Hiu Lanjaman Jawa ( Carcharhinus amblyrhynchos ) by commons.wikimedia.org

Hiu Lanjaman Jawa memiliki ujung sirip ekor dan ujung sirip dada berwarna kehitaman. Ciri khas lainnya adalah adanya gurat yang menonjol yang terletak di dekat sirip punggungnya. Ukuran panjang tubuhnya berkisar antara 70-230 cm dan habitat hidupnya berada di sekitar terumbu karang maupun lepas pantai.

3. Ikan Hiu Lonjor ( Carcharhinus brevipinna )

Hiu Lonjor ( Carcharhinus brevipinna ) by commons.wikimedia.org

Perubahan warna pada bagian ujung sirip ekor dan punggung selama masa hidup Hiu Lonjor, dimana pada usia muda, jenis Hiu ini memiliki warna polos dan akan semakin menghitam seiring bertambahnya umur. Selain itu, spesies ini tidak memiliki guratan di sekitar sirip punggungnya, melainkan pada kedua sudut mulutnya. Memiliki ukuran panjang antara 80-280 cm, Hiu Lonjor hidup di lepas pantai dengan kedalaman maksimal 75 meter.

4. Ikan Hiu Paus atau Geger Lintang ( Rynchodon typus )

Hiu Paus atau Geger Lintang ( Rynchodon typus ) by commons.wikimedia.org

Hiu Paus merupakan jenis Hiu terbesar dengan ukuran panjang antara 60-1200 cm. Ciri khas yang paling menonjol dari spesies ini adalah warna abu-abu tua di sekujur tubuhnya dengan guratan-guratan yang menonjol serta kulit yang tebal. Selain itu, Hiu Paus memiliki kepala yang besar dan rata serta batang ekor yang pipih. Habitat jenis Hiu ini berada pada perairan pantai maupun laut lepas di hampir seluruh wilayah perairan Indonesia.

5. Ikan Hiu Kodok atau Pari Kodok ( Squantina iegnota )

Keunikan Hiu Kodok dapat dilihat dari bentuknya yang lebih menyerupai ikan Pari. Sirip dada yang besar dan melebar dengan bentuk tubuh yang pipih menjadi ciri khasnya yang mecolok. Namun, sirip punggung dan ekornya tetap menunjukkan bahwa spesies ini merupakan jenis ikan Hiu. Hiu Kodok memiliki ukuran panjang 25-140 cm dan hidup di sekitar perairan dangkal.

6. Ikan Hiu Martil ( Sphyrna lewini )

Hiu Martil ( Sphyrna lewini ) by commons.wikimedia.org

Hiu Martil memiliki keunikan pada bagian kepalanya yang pipih dan melebar. Sirip punggung dan ekor bagian atasnya yang tinggi sangat membantu mobilitas jenis Hiu yang umum ditemukan di wilayah tropis ini. Spesies ini memiliki ukuran panjang 50-420 cm dan hidup pada perairan dengan kedalaman maksimal 275 meter.

7. Ikan Hiu Martil Jawa ( Sphyrna mokarran )

Hiu Martil Jawa ( Sphyrna mokarran ) by commons.wikimedia.org

Dibandingkan dengan Hiu Martil pada umumnya, Hiu Martil Jawa memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, yakni berkisar antara 60-600 cm. Selain itu, warna yang dimilikinya lebih pucat dibandingkan dengan Hiu Martil pada umumnya. Habitat hidupnya berada pada lapisan permukaan hingga kedalaman laut 80 meter dan dapat ditemukan di wilayah Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan.

Selain berbagai jenis Hiu di Indonesia yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih terdapat beberapa spesies Hiu yang belum teridentifikasi oleh para peneliti di Indonesia. Biasanya, spesies-spesies ini sudah ada sejak zaman purba dan keberadaannya sangat sulit untuk dilacak karena berada pada kedalaman laut dalam.

Meskipun Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah spesies Hiu terbanyak di dunia, namun berdasarkan catatan, sangat jarang terjadi kasus serangan Hiu di perairan Indonesia. Namun tidak semua jenis Hiu dapat hidup di Indonesia. Misalnya saja Hiu Putih yang memiliki anatomi tubuh yang berbeda dengan jenis ikan hiu di Indonesia.
loading...

1 komentar: