Saturday, 18 November 2017

Lakukanlah Perawatan Induk Cupang Sebelum Dipijahkan Agar Berhasil Dalam Budidaya




Perawatan Induk Cupang Sebelum Dipijahkan, majalahikan.com | Dalam budidaya ikan cupang akan terasa mudah jika kita memahami dan terus belajar. Setiap insan yang ingin mencoba membudidayakan ikan cupang tentunya berharap berhasil dalam setiap proses pemijahan. Keberhasilan dalam memijahkan atau mengawinkan ikan cupang tak lepas dari bagaimana kita merawat induk ikan cupang yang akan dipijahkan.

Perawatan induk ikan cupang tak bisa kita lakukan hanya sehari dua hari, karena kita juga harus memastikan kesehatan mereka sebelum proses perkawinan. Paling tidak kita membutuhkan waktu 1 minggu untuk mengidentifikasi apakah induk bener bener siap dan sehat.




Perawatan induk cupang sebelum dipijahkan ini sebaiknya dipisahkan dari akuarium ikan cupang yang lain, agar kita lebih mudah dalam mengontrol mereka. Selain itu ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi dalam merawat indukan ikan cupang, baik ikan cupang hias maupun aduan, perlakuanya sama...dan penjelasanya seperti di bawah ini.

Lakukanlah Perawatan Induk Cupang Sebelum Dipijahkan Agar Berhasil Dalam Budidaya


Gambar Perawatan Induk Cupang Sebelum Dipijahkan

Yang pertama cara merawat induk ikan cupang sebelum dipijahkan adalah memeliharanya dengan air yang bener bener bagus untuk kehidupan si ikan, terlebih penambahan air daun ketapang sangat dianjurkan,,,,penambahan obat seperti blitz icth misalnya, juga baik agar induk cupang terhindar dari masalah masalah kesehatan.

Selain itu,,,,sebaiknya kotoran dalam air juga disifon setiap 2 hari sekali. Atau setiap 3 hari sekali air diganti total.

Yang Kedua dalam cara merawat induk ikan cupang sebelum dipijahkan adalah dengan memisahkan mereka dari ikan ikan cupang yang lain agar mudah untuk dikontrol.

Yang ketiga dalam cara merawat induk ikan cupang sebelum dipijahkan adalah memberinya pakan yang tidak berlebih dan tidak kekurangan pakan. Sedangkan pakan yang direkomendasikan adalah jentik nyamuk / cuk.

Ketiga cara di atas sebaiknya dilakukan minimal 1 minggu, atau lebih baik 2 minggu. Selama melakukan perawatan induk yang akan dipijahkan ini, amati terus kondisi kesehatan ikan.

Jika ikan tidak ada tanda tanda terserang penyakit maka langkah selanjutnya lakukan penjodohan di akuarium pemijahan.

Di bawah ini adalah vidio perawatan induk cupang sebelum dipijahkan



Semoga bermanfaat,,,

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua