Saturday, 15 July 2017

Sudah Tahukah Apa Penyebab Ikan Koki Berenang Terbalik?

Ikan Koki Berenang Terbalik, majalahikan.com | Bagi para pecinta ikan koki tentunya tak akan terkejut ketika melihat ikan koki mengapung di permukaan air dengan berenang terbalik, bahkan para koki mania dari awal sudah tau cara mencegah penyakit yang sering sekali menyerang ikan koki ini. Lain halnya bagi yang baru menyukai ikan hias, yang tergiur dengan bentuk, ragam warna serta jenis dan lucunya ikan koki. Mereka akan terhibur malah ketika melihat ikan mas koki berenang dengan tidak wajar, yakni terbalik.

Gambar Ikan Koki Berenang Terbalik


Saya sendiri ketika belum tau persis kenapa ikan koki cara berenangnya berbeda dengan ikan mas koki lainya, sedikit tersenyum karena terlihat lucu. Bahkan ketika saya tanya apakah ikan koki ini sakit? jawab temen saya....sehat kok, makanya juga rakus kayak temen temennya yang berenang normal.

Menurut saya sangat aneh, dan lanjut bertanya apakah ikan koki ini memiliki kelainan,,,,jawab temen saya....entahlah.

Rasa penasaran saya melihat ikan koki berenang terbalik ini semakin menjadi saja dan tidak puas dengan jawaban yang diberikan oleh temen saya....hingga akhirnya saya terus mencari jawabanya....dan berikut ini adalah jawaban yang saya dapatkan.

Penyebab Ikan Koki Berenang Terbalik


Sebelum kita lihat apa akar masalah dari ikan koki berenang terbalik, di bawah ini adalah vidionya



Penyebab ikan koki berenang dengan aneh seperti terlihat pada vidio di atas karena Swim Bladdernya terganggu.

Apa itu Swim Bladder?

Swim Bladder adalah salah satu organ bagian dalam dari ikan yang bentuknya seperti sosiz dan memiliki manfaat membantu ikan menjaga keseimbangan daya apung, dan pada umumnya disebut dengan kandung kemih atau kantung kemih atau juga bisa disebut kantung udara, karena organ ini berisi gas.

Gambar Ikan Koki Berenang Terbalik Karena Katung kemih Terganggu
Gambar Swim Bladder dari necropsymanual.net

Seperti terlihat pada gambar di atas ( katung kemih ) ini mengalami gangguan yang manjadikan si koki berenang terbalik.

Lalu apa yang menyebabkan gangguan hingga koki berenang tidak wajar?

Seperti kita ketahui kalau ikan koki ini adalah dari jenis ikan mas, akan tetapi karena bentuknya yang bulat layaknya bola golf, menjadikanya kantung kemih juga menjadi semakin bulat dan pendek, hal inilah yang membuat ikan koki lebih rentan terhadap kelainan.

Selain itu, beberapa hal di bawah ini juga yang menyebabkan gangguan pada kantung kemih ikan koki ( bereneng terbalik ).

  • Makanan ikan yang buruk atau sudah kadaluarsa...makanan seperti ini menjadikan kelebihan gas di usus dan kelebihan gas ini akan menyebabkan ikan kehilangan keseimbangan. Seringkali gas akan masuk ke kantung kemih sehingga ikan menjadi mengapung, karena ikan tidak bisa melepaskan gas jika sedang sembelit.
  • Perubahan suhu mendadak
  • Infeksi, serangan bakteri kantung kemih menjadikan ikan kehilangan keseimbangan
  • Tingginya kandungan nitrik pada air dan itu mempengaruhi kantung kemih ikan koki
  • Banyak menelan udara saat ikan koki makan dengan makanan apung ( meskipun ini ada yang bilang bukan dari masalah )
  • Umur sudah tua / Genetika
Nah itulah beberapa penyebab ikan koki berenang terbalik yang majalah ikan dot kom lansir dari website http://www.about-goldfish.com/swim-bladder-disorder.html....semoga bisa memberi jawaban bagi yang bertanya dan memberi wawasan bagi pecinta ikan hias.

Thursday, 13 July 2017

Ikan Parrot Betina Bisa Dibedakan Dengan Parrot Jantan Dengan 4 Ciri Ciri Ini

Ikan Parrot Betina, majalahikan.com | Nah setelah sahabat memiliki ikan parrot, pastinya mulai bertanya tanya nih apa perbedaan parrot betina dan parrot jantan...atau jangan jangan sahabat malah belum tau seperti apa ikan yang memiliki diformitas bawaan ini, yang belum tau dan mencoba ingin memilikinya silahkan lihat di judul .....Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya....Seperti kita ketahui bahwasanya ikan hias yang satu ini sangat mirip antara yang jantan dan yang betina, seperti misalnya ikan discus jantan dan betina atau ikan oscar jantan dan betina terlebih ikan arwana jantan dan betina, semua ikan hias tersebut sulit sekali untuk dibedakan antara ikan jantan dan ikan betinanya. Akan tetapi, dengan membaca semua tulisan ini hingga akhir, saya berharap kita semua bisa membedakanya....

Cara Membedakan Ikan Parrot Betina Dan Ikan Parrot Jantan


Gambar Ikan Parrot Betina Dan Jantan
Sumber Gambar gregthecrazyfishguy.wordpress.com

Ada 4 ciri ciri untuk membedakan parrot jantan dan betina yang bisa kita lihat

  1. Lihatlah sirip punggung dan sirip anal atau duburnya, jika bulat maka itu ikan parrot betina.
  2. Lihatlah pada pembatas antara kepala dan tubuh, jika ada batasan yang jelas maka itu ikan parrot jantan. Sedangkan untuk betina pembatas tidak begitu jelas. Selain itu kelainan pada bentuk bibir parrot betina kurang begitu menonjol dari pada kelainan bibirnya parrot jantan.
  3. Ketika sedang memijah, ikan parrot jantan warnanya akan lebih cerah dan pada tenggorokanya tampak lebih berwarna merah muda.
  4. Yang ke 4 bisa kita lihat dari perilakunya ketika memijah, parrot jantan akan menggali sarang baik di pasir maupun di kerikil sedangkan betina akan berkeliling di sekitar sarang. Dan begitu telur diletakan di sarang, maka sang jantan yang akan menjaganya di luar sarang.
Nah itulah 4 ciri ciri yang bisa kita lihat untuk membedakan ikan parrot jantan dan ikan parrot betina yang majalah ikan dot kom ambil dari website www.cuteness.com....semoga memang benar adanya dan memudahkan kita semua dalam membudidayakan ikan hias air tawar hybrid ini.

Wednesday, 12 July 2017

Dijamin Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak Ini Ampuh Lengkap Dengan Vidionya

Cara Membersihkan Aquarium Bekas, majalahikan.com | Kenapa yang saya bahas adalah aquarium bekas, karena aquarium yang sudah saya bersihkan dari kerak yang membandel adalah aquarium bekas yang lama sudah tidak terpakai. Sahabat akan menemukan jawaban yang bener bener mudah dari cara membersihkan kerak aquarium dengan membaca tulisan ini hingga selesai langkah demi langkahnya, apa lagi dilengkapi vidio yang real ( nyata ). Terlebih alat alat pembersih kaca aquarium yang digunakan bisa kalian dapatkan di kamar mandi dan juga dapur. Bahkan cara membersihkan kaca akuarium agar bening ini tak membutuhkan obat pembersih kerak pada kaca aquarium yang harganya mahal.

Pokoknya dijamin kalian nggak akan kecewa dengan cara membersihkan aquarium bekas yang akan majalah ikan dot com paparkan ini. Yuk langsung simak dan lihat vidionya di akhir tulisan.

Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak Agar Bening Kembali


Di bawah ini adalah gambar aquarium yang berkerak

Gambar Cara Membersihkan Aquarium Bekas

Kerak yang menempel pada kaca aquarium tersebut ketika diraba kasar dan sangat sulit untuk dibersihkan.

Jika ada tutorial cara membersihkan kaca aquarium berkerak ini menggunakan spons untuk mengelap atau menggosok.....saya rasa hingga tahun depan juga nggak akan hilang kerak putihnya.

Jika ada yang memberi tutorial cara membersihkan kerak aquarium dengan menyikat menggunakan sikat gigi atau sikat cuci.....hingga tangan kalian capek, saya rasa juga masih ada kerak putihnya.....

Lalu apa alat yang digunakan?.....sebaiknya lanjut terus membacanya.....karena sahabat akan bener bener dimudahkan dengan alat pembersih kerak aquarium yang akan saya tunjukan nantinya.....
Apakah kalian tau apa yang menyebabkan kerak putih pada kaca aquarium?

Masih mungkin sih....tapi jika kalian tau jawabanya....bisa dong berbagi di kolom komentar nanti ya.....menurut saya karena akibat kandungan kapur pada air.

Kerak putih yang menempel pada kaca aquarium ini kasar ketika diraba dan menghalangi indahnya ikan hias air tawar yang ada di dalamnya.

Alat Alat Yang Dibutuhkan Untuk Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak Agar Bening Kembali


Seperti saya singgung di atas....sikat gigi atau sikat cuci atau sikat lainya masih bisa dibilang mustahil untuk membersihkan kerak putih pada aquarium, meskipun kalian menyikatnya dengan tekanan penuh.

Alat dan obat pembersih kerak aquarium yang saya pakai adalah :

Alat pembersih kerak putih pada aquarium : Serabut pembersih wajan
Gambar Alat Untuk Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak
Sumber Gambar bukalapak.com
Obat pembersih aquarium berkerak putih : Pasta gigi pepsodent
Gambar Obat Untuk Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak
Sumber Gambar tokopedia.com

Langkah Langkah Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak Agar Bening Kembali


  1. Basahi permukaan aquarium yang berkerak dengan air terlebih dahulu
  2. Oleskan pasta gigi pada permukaan kaca aquarium berkerak hingga merata semuanya
  3. Setelah merata, diamkan hingga 30 menit atau lebih
  4. Gosok dengan alat pembersih tadi
  5. Bilas dengan air
  6. Setelah bersih dan kerak hilang, isi penuh aquarium dengan air dan biarkan selama satu hari satu malam agar bahan kimia dari pasta gigi tidak membahayakan ikan hias
  7. Buang air yang diisi penuh kemaren dan ganti dengan air bersih yang sudah diendapkan dan aquarium siap dimasukin ikan hias
Di bawah ini adalah gambar langkah langkah cara membersihkan aquarium berkerak hingga hasilnya.....kinclong

Langkah pertama basahi permukaan aquarium yang berkerak
Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak

Langkah kedua olesi permukaan aquarium yang berkerak dengan pasta gigi hingga rata
Foto Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak

Langkah ketiga diamkan selama 30 melit lebih
Foto dan Gambar Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak

Langkah keempat gosok permukaan aquarium berkerak dengan serabut pembersih wajan
Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak

Langkah kelima bilas dengan air sesudah semuanya digosok
Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak

Hasilnya
Cara Membersihkan Aquarium Bekas Dan Berkerak

Nah itulah cara membersihkan aquarium bekas dan berkerak agar bening kembali, selamat mencoba....dan untuk lebih meyakinkan sahabat semua di bawah ini adalah vidionya


Wednesday, 5 July 2017

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana Dan Kerugianya

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana, majalahikan.com | Bagi sahabat yang menginginkan ikan Super Red dan Golden Arowana memiliki warna yang cerah, maka daun ketapang juga bisa diandalkan. Banyak yang percaya daun ketapang memiliki banyak manfaat untuk ikan cupang. Begitu pula dengan hobiis ikan arwana juga banyak yang percaya dan menggunakan untuk ikan arwana Super Red dan Golden Arowana mereka.


Gambar Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana
Sumber Gambar lifeisxtragreat.blogspot.com
Memlihara dan merawat ikan arwana memang harus hati hati, karena ikan ini termasuk ikan hias air tawar yang harganya mahal, itulah yang terkadang menjadikan para pemilik ikan arwana enggan dan ragu memanfaatkan daun ketapang, terlebih ikan arwana yang bersertifikat.

Memang tidak ada salahnya, karena setiap para pecinta ikan arwana memiliki ukuran dan cara yang berbeda beda dalam menangani arwana mereka.

Akan tetapi, tidak ada salahnya jika para pecinta ikan arwana untuk mencoba menambahkan ekstrak daun ketapang ke tank arwana sahabat. Karena ini adalah alami dan tidak membahayakan arwana sahabat.

Bahkan, pemberian ekatrak daun ketapang ini untuk membuat ikan arwana merasa nyaman, karena air yang mereka huni layaknya air sungai dimana mereka hidup.

Bahkan ada yang mengatakan, ketika memberikan ekstrak daun ketapang ke dalam tank arwana mereka, arwana menjadi semakin rakus. Lebih lengkapnya berikut adalah manfaat daun ketapang untuk ikan arwana.

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana



Gambar 3 Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana
Sumber Gambar amazon.co.uk

Ada 3 hal yang menguntungkan jika sahabat menambahkan ekstrak daun ketapang ke dalam tank arwana kalian.

1. Memberikan ektrak daun ketapang ke dalam tank arwana akan menjaga kesehatan ikan arwana, karena tanin yang merupakan bagian atau substansi daun ketapang mampu mencegah penyakit dan juga bakteri yang bisa berkembang di tank.

2. Pemberian ekstrak daun ketapang ini menjadikan ikan arwana tidak mudah stres, karena airnya bagaikan air dimana habitat aslinya. Selain itu, daun ketapang ini bermanfaat membuat air menjadi lembut ( mengurangi pH air ).

3. Dengan ekstrak daun ketapang ini bisa menjadikan warna arwana kalian menjadi semakin cerah.

Cara pemberianya juga mudah, sahabat rendamlah dahulu daun ketapang ke tempat yang berbeda, setelah tanin merubah warna air...maka bisa kalian tambahkan ke dalam tank arwana, baik itu arwana super red maupun golden.

Kerugian Menambahkan Ekstrak Daun Ketapang Ke Dalam Tank



Gambar Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Arwana Dan Kerugianya
Sumber Gambar mypalhs.com
Tak ada akibat fatal ketika sahabat memberikan ekstrak daun ketapang ini ke dalam tank arwana kalian. Hanya saja ikan arwana jadi tak bisa terlihat sempurna keindahanya, terlebih arwana super red, karena warna ikan tersamarkan oleh warna air yang kecoklatan.

Akan tetapi itu, semua kembali pada sahabat untuk memanfaatkan daun ketapang atau tidak pada arwana kalian. Semoga informasi manfaat daun ketapang untuk ikan arwana dan kerugianya ini membari manfaat.

Sumber : http://www.tantora-intl.com

Baca juga : 5 MANFAAT DAUN PISANG KERING UNTUK IKAN CUPANG DAN IKAN HIAS AIR TAWAR LAINYA

Sunday, 2 July 2017

5 Manfaat Daun Pisang kering Untuk Ikan Cupang Dan Ikan Hias Air Tawar Lainya

5 Manfaat Daun Pisang kering Untuk Ikan Cupang, majalahikan.com | Satu lagi rahasia para peternak ikan cupang Asia ( Thailand ) yang musti sahabat ketahui untuk membuat ikan cupang dan ikan hias lainnya sehat adalah ekstrak daun pisang kering.

Yupss ....... daun pisang kering ini akan menyulap air aquarium menjadi kecoklatan layaknya daun ketapang (Terminalia Catappa). Warna coklat juga memiliki manfaat yang sama dengan daun ketapang untuk ikan cupang.
Gambar Manfaat Daun Pisang kering Untuk Ikan Cupang


Masih ndak percaya...?

Ini adalah rahasia para peternak yang bertahun tahun telah digunakan untuk kesehatan ikan cupang, bahkan di Eropa daun pisang ini menjadi rahasia para aquaris yang juga dipakai hingga sekarang.

Akan tetapi apakah yang dimaksud daun pisang yang ada di pekarangan, kebun atau pohon pohon pisang yang setiap hari kita lihat ?????

Untuk itu,,,,,Aaaayuk lihat semua ulasan 5 manfaat daun pisang kering untuk ikan cupang berikut hingga akhir.....

5 Manfaat Daun Pisang kering Untuk Ikan Cupang Itu Dari Jenis Pohon Pisang Apa?


Asal kalian tau ya...di Eropa orang orang yang tidak memiliki pohon pisang khusus ini mencoba mengambil daun pisang kering lain....meskipun berhasil, akan tetapi tidak semaksimal daun pisang kering yang dirahasiakan oleh para aquaris Eropa.

Penasaran bukan daun pisang apa ???

Seperti kita ketahui, bahwasanya pisang adalah tanaman tropis yang banyak tumbuh di Asia.

Lalu kenapa para orang aorang Eropa kurang berhasil memanfaatkan daun pisang yang tumbuh di Eropa?

Karena pohon pisang yang tumbuh di sana kurang mendapat sinar matahari layaknya pohon pisang di Asia.

Kalau begitu semua pohon di Indonesia bisa donk dimanfaatkan ??

Eiiitssss tunggu dulu.....nggak semuanya....lanjut dulu bacanya ya 😁😁😁

Jika sahabat buka wikipedia....pohon pisang yang dibudidayakan pada awalanya berasal dari Musa acuminata yakni pisang liar, lalu disilangkan dengan jenis pohon pisang lain seperti misalnya M. acuminata disilangkan dengan M. balbisiana.

Nah.... daun pisang kering rahasia peternak Asia ini adalah dari jenis Musa sapientum ( Musa sp. Var. Sapientum ).

Lalu pisang Musa sp. Var. Sapientum itu pisang apa kalau di Indonesia?

Di terangkan juga oleh wikipedia kalau kelompok pisang AAB juga dikenal dengan nama Musa sapientum.

Dan di bawahnya juga di jelaskan kalau pisang kelompok AAB adalah jenis jenis pisang raja, pisang tanduk, pisang kepok, pisang siam.

Sudah tau kan daun pisang dari jenis pohon pisangnya??

Nah sekarang mari kita lihat cara dan manfaat daun pisang kering untuk ikan cupang.

Cara Pemberian Untuk Mendapatkan 5 Manfaat Daun Pisang kering Untuk Ikan Cupang Dan Ikan Hias Air Tawar Lainya


Kurang lebih sama dengan daun ketapang, yakni memasukan daun ke air aquarium.....berapa ukuranya....dikira kira saja. Jangan lupa dicuci dahulu ya....agar terbebas dari pestisida atau zat berbahaya lainya.

Air akan berubah menjadi kecoklatan kurang lebih 2 sampai 3 hari...dan gantilah daun atau air setelah 1 atau 2 minggu.

Manfaat Daun Pisang kering Untuk Ikan Cupang

Apa manfaat daun pisang kering untuk ikan cupang ???

1. Meringankan stres
2. Meningkatkan kecerahan warna ikan
3. Membantu mempercepat pemulihan luka
4. Mengobati penyakit seperti misalnya jamur, kerusakan selaput lendir dll
5. Meningkatkan kesiapan pemijahan

Daun pisang kering ini juga bermanfaat untuk ikan hias air tawar lainya, seperti misalnya Gouramis ( sepat hias ), tetra, arwana, discus, cichids, corydoras, pleco, rasbora dan lain lain.



Semoga 5 Manfaat Daun Pisang kering Untuk Ikan Cupang Dan Ikan Hias Air Tawar Lainya ini memberi ilmu baru buat sahabat semua.