Saturday, 3 June 2017

Memilih Teman Ikan Guppy Yang Paling Cocok



Teman Ikan Guppy, majalahikan.com | Ikan guppy memang jenis ikan hias yang bisa dicampur dengan ikan hias lainya dalam satu akuarium, akan tetapi tidak semua ikan hias aquarium bisa menjadi teman yang baik untuk ikan guppy. Bukan hanya ikan hias saja yang bisa disatukan dengan ikan guppy, hewan air tawar lainya juga bisa dijadikan teman yang baik untuk ikan guppy. Itu sebabnya judul yang sahabat temukan bukan ikan hias akan tetapi teman.

Gambar Teman Ikan Guppy


Selain jenis ikan hias dan biota lainya yang bisa jadi teman yang baik di akuarium, kita juga akan melihat cara mencari teman yang baik untuk ikan guppy. Berikut adalah jenis jenis teman ikan guppy yang baik.

Jenis Jenis Ikan Hias Untuk Teman Ikan Guppy Yang Paling Cocok Di Aquarium


1. Corydoras Catfish (Cory Catfish) / Ikan Hias Corydoras
Gambar Ikan Hias Corydoras - Teman Ikan Guppy
pinterest.com

Seperti kita ketahui kalau ikan guppy merupakan jenis ikan hias yang berenang di tengah dan atas permukaan akuarium. Menambahkan Corydoras dalam akuarim yang berisi ikan guppy tentu akan menjadikan suasana akuarim makin ramai.

Itu karena ikan Corydoras merupakan perenang bawah akuarium dan guppy bagian atas dan tengah, selain itu Corydoras juga akan membersihkan akuarium dari sisa sisa makanan yang tenggelam dan tidak dimakan oleh guppy. Selain itu tentunya ikan Corydoras ini adalah ikan yang damai.

Lihat juga : Ikan Corydoras Dan Cara Merawatnya dan Jenis Ikan Corydoras Paling Populer Dan Terlengkap

2. Dwarf Loaches ( Ikan Botia Kerdil )
Gambar Dwarf Loaches ( Ikan Botia Kerdil ) - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar polizeiberichte.info


Untuk jenis ikan hias yang bisa dicampur dengan ikan guppy selanjutnya adalah Dwarf Loaches. Akan tetapi sahabat harus memilih yang yang Dwarf ( kerdil ), karena kebanyakan ikan Loaches bisa tumbuh lebih besar dibanding dengan ikan guppy.

Kalau yang Dwarf Loaches hanya akan tumbuh sekitar 5 cm, dan tentunya seukuran lah dengan ikan guppy.

Selain itu, ikan Dwarf Loaches juga damai. Akan tetapi sebaiknya jangan hanya memelihara satu ikan Dwarf Loaches, karena ikan ini lebih suka bergerombol dan usahakan juga memberi tempat persembunyian dan tambahkan juga tanam tanaman aquascape.

Lihat juga :  Tanaman - Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Mudah Sekali Perawatanya

3. Endler's Livebearer
Gambar Endler's Livebearer - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar aquaticmag.com

Yang ketiga jenis ikan hias yang menjadi teman ikan guppy terbaik adalah Endler's Livebearer. Kenapa? Karena banyak yang percaya kalau ikan Endler's Livebearer adalah kerabat dari ikan guppy.

Bahkan ketika ikan Endler's Livebearer disatukan dalam akuarium terkadang terjadi kawin silang.  Selain itu ikan hias Endler's Livebearer ini juga kecil seperti ikan guppy.

4. Ikan Kaca ( Glass Fish )
Gambar Ikan Kaca ( Glass Fish ) - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar fishtanksandponds.co.uk

Ikan kaca juga rekomendasi untuk teman ikan guppy dan jenis ikan kecil tropis lainya. Menambahkan Ikan Kaca ke akuarium untuk menjadi pasangan ikan guppy merupakan pilihan yang hebat, karena keunikan akuarium akan semakin menyala dengan tubuh transparanya.

Hanya saja jika Ikan Kaca ini menjadi pilihan sahabat semua, ada baiknya jumlahnya lebih dari 3 ekor. Karena ikan ini suka bergerombol.

Baca Juga : Ikan Lele Kaca, Yuk Lihat Keindahan Dan Cara Merawatnya

5. Ikan Molly ( Molly Fish )
Gambar Ikan Molly ( Molly Fish ) - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar myaquariumclub.com


Yang selanjutnya dari jenis ikan hias yang bisa bersahabat dalam satu akuarium dengan ikan guppy adalah ikan molly. Ikan ini juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, damai dan mudah beranak pinak.

Sahabat juga harus memperhatikan molly sahabat, maksudnya jangan hanya memelihara satu ekor ikan molly, akan tetapi setidaknya sepasang, agar molly tidak merasa kesepian.

Baca Juga : Profil Ikan Hias Black Molly Yang Musti Sahabat Ketahui Dan Cara Merawatnya dan  Ikan Black Molly Dan Cara Budidayanya

6. Neon Tetra
Gambar Neon Tetra - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar happyaqua.in

Neon Tetra juga ikan hias kecil yang cocok banget untuk menghidupkan akuarium bersamaan dengan ikan guppy. Warna merah birunya yang cemerlang tentunya akan menjadikan suasana akuarium sahabat semakin indah.

Juga jangan lupa jika ingin menjadikan neon tetra untuk teman ikan guppy, sebaiknya juga harus lebih dari 5 ekor, karena keindahan akuarium akan benar benar menyala dengan jumlah neon yang banyak.

7. Ikan Platy
Gambar Ikan Platy - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar aquariumwikia.com

Ikan yang memiliki banyak varian warna dan jenisnya ini juga cocok jika dipelihara bersamaan dengan guppy dalam satu akuarium.

Selain itu, ikan platy juga mudah dipelihara dan termasuk jenis ikan hias yang kuat, tak hanya itu harga yang dijual dipasaran juga murah, jadi bisa menambahkanya ke akuarium ikan guppy tak hanya satu dua ekor saja.

Baca Juga : Jenis Ikan Platy Dilihat Dari Pola Warna Dan Bentuk Ekornya

8. Rasboras
Gambar Rasboras - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar aquariumtidings.com

Yang ke delapan untuk teman ikan guppy yang baik dan bisa bersahabat adalah Ikan Rasboras. Ikan ini menarik sekali, warnanya logam dan juga mudah dalam perawatanya.

Tetap juga harus lebih dari satu ekor untuk menambahkan ikan Rasboras ini, karena ikan ini juga suka bergerombol.

Baca Juga : Profil Ikan Hias Rasbora Harlequin Dan Cara Merawatnya

9. Ikan Cupang Betina
Gambar Ikan Cupang Betina - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar myaquariumclub.com

Ikan cupang betina juga cocok untuk disatukan dengan ikan guppy dalam satu akuarium. Pilihlah ikan cupang yang berwarna indah, agar akuarium semakin indah dengan tambahan ikan cupang betina.


Ikan cupang jantan sebenarnya juga bisa disatukan dengan ikan guppy, hanya saja kalian bisa memeliharanya satu ekor, agar tidak terjadinya perkelahian.

Baca Juga : Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Cirinya dan Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina dan 5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang

10. Otocinclus
Gambar Otocinclus - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar msjinkzd.com
Ikan yang satu ini juga merupakan jenis ikan hias aquascape yang musti sahabat jadikan teman ikan guppy, karena selain baik untuk membersihkan akuarium, juga akan menjaga tanaman akuascape tetap baik.

Hewan Air Tawar Lainya Untuk Teman Ikan Guppy Seakuarium Yang paling Cocok


11. African Dwarf Frogs ( Katak Kerdil Afrika )
Gambar African Dwarf Frogs ( Katak Kerdil Afrika ) - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar en.wikipedia.org

Untuk hewan selain ikan hias yang cocok menjadi teman ikan guppy di akuarium adalah Katak Kerdil Afrika. Bukan hanya ikan guppy saja, katak kecil ini juga cocok untuk menjadi teman ikan hisa kecil tropis lainya.

Juga sebaiknya labih dari satu ekor untuk menambahkanya dalam komunitas ikan guppy, selain itu sediakan juga tempat untuk bersembunyi, karena katak kecil dari afrika ini juga pemalu.

12. Apple Snail ( Siput Apel )
Gambar Apple Snail ( Siput Apel )
Sumber Gambar pinsdaddy.com

Hewan air tawar yang bisa menjadi teman akrap ikan guppy di akuarium selanjutnya adalah keong atau siput apel.

Sebelum sahabat menambahkan keong ini, ada baiknya sahabat sediakan penutup akuarium terlebih dahulu, karena kalau tidak bisa keluar dari akuarium. Keuntungan menambahkan keong apel pada komunitas ikan guppy adalah sifatnya yang bisa membersihkan akuarium dari alga alga yang tumbuh. Hanya saja sebaiknya akaurium juga harus berukuran besar, agar keong ini tidak menimbulkan banyak masalah.

13. Udang Ghost Shrimp ( Grass Shrimp / Glass Shrimp )
Gambar Ghost Shrimp (Grass Shrimp / Glass Shrimp) - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar thebrackishtanktumblr.com


Yang selanjutnya dari teman ikan guppy yang paling cocok dari jenis hewan adalah udang hantu. Provit dari penambahan udang ke dalam komunitas ikan guppy adalah keindahan akaurium akan semakin unik, karena udang ini memiliki tubuh transparan.

Selain itu, perawatanya mudah dan menjadi pembersih akuarium yang handal dari sisa sisa makanan yang tidak di makan oleh ikan guppy.

14. Udang Red Cherry Shrimp
Gambar Udang Red Cherry Shrimp - Teman Ikan Guppy
Sumber Gambar redcherryshrimp.net

Red Cherry Shrimp juga baik dan cocok untuk ditambahkan ke akuarium ikan guppy. Keuntungan menambahkan Red Cherry Shrimp ini sama dengan ketika sahabat menambahkan Udang hantu di komunitas ikan guppy.

Baca Juga : Kenali Udang Hias Red Cherry Shrimp Dan Cara Merawat Serta Budidayanya dan Jenis Udang Hias Air Tawar, Harga, Cara Merawat Dan Budidayanya

Tips Cara Memilih Teman Ikan Guppy


1. Pilihlah ikan hias yang memiliki temperamen yang serupa dengan ikan guppy.
2. Pilihlah ikan hias yang memiliki kebutuhan makan sama dengan ikan guppy dan juga kebutuhan airnya
3. Usahakan ukuran akuarium memadai untuk menambahkan ikan hias lain
4. Pilihlah ikan hias yang memiliki ukuran paling tidak sama dengan ikan guppy
5. Pilih juga ikan yang menghuni area bawah aquarium

Nah itulah tips memilih teman ikan guppy yang paling cocok dan juga jenis jenisnya.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua