Friday, 2 June 2017

Makanan Ikan Guppy Dan Yang Paling Disukainya



Makanan Ikan Guppy, majalahikan.com | Merawat ikan guppy menurut sahabat susah atau mudah? susah kalau tidak tau caranya dan sebaliknya mudah karena tau caranya. Meski ikan guppy termasuk salah satu dari jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara, akan tetapi tetap saja butuh perhatian, terlebih pemberian pakan yang baik pada ikan guppy sahabat.

Guppy juga bisa hidup dengan baik walau tanpa adanya gelembung udara / aerator di akuarium. Akan tetapi, menambahkan aerator dalam merawat ikan guppy jauh lebih baik ketimbang dengan tanpa aerator. Karena oksigen dalam akuarum jadi semakin banyak.

Selain aerator dan juga makanan, ada banyak hal yang dibutuhkan dalam merawat ikan guppy di akuarium.

Pada kesempatan kali ini mari kita lihat apa saja sih makanan ikan guppy yang paling disukainya?

Makanan Ikan Guppy Yang Paling Disukai Ikan Guppy Dan Bernutrisi


Gambar Ikan Guppy - Makanan Ikan Guppy
Sumber Gambar fishtankadvisor.com

Ikan guppy sendiri termasuk jenis ikan omnivora, itu artinya ikan hias yang satu ini di alam liar memakan hewan dan juga tumbuhan yang sesuai dengan mulutnya.

Di penangkaran atau dalam akuarium ikan guppy juga bisa diberi pakan buatan, seperti pelet misalnya. Pelet ini bisa kita beli di toko toko ikan hias. Banyak merk dari pakan buatan untuk ikan guppy, dan tentunya juga mengandung banyak vitamin dan apa apa yang dibutuhkan baik untuk meningkatkan warna maupaun untuk pertumbuhan si guppy.

Bentuk dari pada pelet juga bervariasi, ada yang berupa butiran, ada yang berupa tepung ada juga yang dalam bentuk remahan.

Selain pelet, ikan guppy juga bisa diberikan roti tawar. Roti tawar ini ketika masuk dalam air akan menjadi sangat lunak dan si guppy tidak merasa kesulitan ketika memakanya.

Selain bisa diberi pakan buatan, ikan guppy juga bsa diberi pakan alami, dan pakan alami ini merupakan makanan ikan  guppy yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhanya. Lalu apa saja jenis pakan alami yang bisa diberikan pada guppy kesayangan sahabat? berikut adalah daftarnya.

Makanan Ikan Guppy Yang Paling Disukai Ikan Guppy Adalah Pakan Alami


1. Cacing Sutra


Gambar Cacing Sutra - Makanan Ikan Guppy
Sumber Gambar infopeternakan.com

Cacing sutra ini sangat baik untuk ikan guppy, karena cacing sutra atau cacing rambut ini sangat tinggi kandungan proteinya dan pastinya akan menunjang banget untuk pertumbuhan ikan guppy kalian.

Sahabat bisa mencari caiaing sutra di sungai sungai yang berlumpur dan banyak humusnya. Jika sahabat malas atau tak punya waktu untuk mencari cacing sutra atau cacing rambut untuk guppy sahabat, kalian bisa membelinya di toko toko ikan hias atau para pencari cacing sutra.

Lihat Juga Ulasan dan Vidio :  Cari Cacing Rambut / Sutra Untuk Pakan Ikan




Harga cacing sutra juga tidak begitu mahal, dan bisa kita beli sesuai kebutuhan. Hanya saja kalau musim penghujan cacing sutra jadi sulit untuk dicari hingga terkadang harganya sedikit lebih mahal dari hari hari biasanya.

Jika sahabat mencoba mencari sendiri cacing sutra ini, sebaiknya jangan langsung diberikan pada guppy kalian, akan tetapi dikarantina terlebih dahulu. Agar tidak menimbulkan bibit penyakit pada guppy kalian.

Selain itu, cacing sutra ini cepet membuat air aquarium cepat kotor, untuk itu sebaiknya sedikit demi sedikit saja ketika memberi makan ikan guppy.

2. Microworm


Gambar Microworm - Makanan Ikan Guppy
Sumber Gambar aquariumtidings.com

Yang kedua dari jenis makanan ikan guppy adalah Microworm. Apa itu Microworm? Microworm adalah cacing renik yang ukuranya hanya 1 hingga 8 mm dan berwarna putih.

Microworm ini sangat baik untuk pertumbuhan burayak ikan guppy. Karena memiliki kandungan protein, lipids, Gilicogen, Asam organik dan Air yang tentunya akan sangat menunjang pertumbuhan burayak guppy kalian.

3. Daphnia Magna


Gambar Daphnia Magna - Makanan Ikan Guppy
Sumber Gambar tanikan.blogspot.co.id

Yang ketiga dari jenis makanan ikan guppy yang juga disukai dan juga bernutrisi sekaligus baik untuk pertumbuhan ikan guppy adalah Daphnia Magna.

Daphnia Magna ini adalah kutu air yang berukuran lebih besar dari pada kutu air lokal bahkan lebih dikenal dengan ( Kutu air raksasa ), yups....pada awalnya Daphnia Magna ini berasal dari Amerika utara, akan tetapi untuk saat ini banyak dari pembudidaya ikan hias yang juga membudidayakan atau mengkultur Daphnia Magna ini sebagai pakan ikan atau burayak ikan.

4. Grindal worm


Gambar Grindal worm - Makanan Ikan Guppy
Sumber Gambar grindalworms.blogspot.co.id



Yang ke empat dari makanan ikan guppy ang kaya akan nutrisi dan baik untuk ikan guppy adalah Grindal worm.

Grindal worm ini merupakan cacing renik yang ukuranya sedikit lebih besar dari pada Microworm ( 0.8cm-1.5cm ). Nama latin dari Grindal worm adalah Enchytraeus buchholzi.

5. Artemia


Gambar Artemia - Makanan Ikan Guppy
Sumber Gambar perikanan-1992.blogspot.co.id

Jenis makanan ikan guppy yang juga sangat disukai ikan guppy selanjutnya adalah Artemia.

Selain disukai oleh ikan guppy Artemia ini juga kaya akan kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan ikan guppy. Hanya saja Artemia ini harganya mahal dan memerlukan proses saat penetasanya, karena pada umumnya Artemia ini dijual masih dalam keadaan telur.

6. Jentik Nyamuk


Gambar Jentik Nyamuk - Makanan Ikan Guppy
Sumber Gambar flickr.com

Nah yang ini sangat murah bahkan geratis bahkan mudah untuk diperoleh, sahabat hanya tinggal meluangkan waktu untuk menyusuri got got dan air yang menggenang. Yupps...jentik nyamuk ini selain mudah untuk didapat juga salah satu dari jenis makanan ikan guppy yang juga disukainya. Nutrisinya juga tak kalah dengan jenis pakan yang lainya.

Baca juga : Yuk Kenali Ikan Ikan Pemakan Jentik Nyamuk, Setelah Itu, Bolehlah Kita Pelihara Agar Lingkungan Kita Terbebas Dari Nyamuk

7. Blood Worm


Gambar Cacing Darah / Blood worm - Makanan Ikan Guppy
Sumber Gambar ikancupang.info

Ada yang tau apa itu Blood Worm? pada umumnya Blood Worm ini juga dikenel dengan nama cacing darah.

Meskipun disebut dengan cacing darah, akan tetapi sebenarnya Blood Worm ini bukanlah cacing, malainkan larva dari nyamuk Chironomus. Cacing darah ini selain juga disukai ikan guppy juga kandunganya sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan guppy. Karena selain air, cacing darah ini memiliki kandungan protein 62,5 % dan lemak 10 %

8. Kutu Air


Gambar Kutu air - Makanan Ikan Guppy
Sumber Gambar tokopedia.com

Yang juga termasuk makanan ikan guppy dan banyak kandungan protein ( 66 % ) dan kandungan lainya yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan guppy adalah Kutu Air.
Baca Juga : Budidaya Kutu Air Dengan Kol Dan Tanpa Bibit




9. Vinegar Eel


Sumber Gambar youtube.com

Yang ke sembilan dari jenis makanan ikan guppy yang sangat direkomendasikan, bahkan untuk para peternak atau petani ikan adalah Vinegar Eel.

Vinegar Eel ini pada umumnya bisa dibudidayakn dengan cuka apel. Kelebihan dari Vinegar Eel ini sangat banyak, selain baik untuk pertumbuhan ikan guppy juga baik untuk burayak ikan cupang.

10. Ganggang


Seperti penjelasan di atas, bahwasanya ikan guppy termasuk jenis ikan omnivora yang artinya tidak hanya memakan daging, akan tetapi juga tumbuhan. Dan ganggang halus juga merupakan salah satu jenis makanan ikan guppy yang disukainya.

Nah itulah beberapa jenis makanan ikan guppy baik untuk burayak maupaun ikan guppy dewasa yang disukai ikan guppy.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua