Thursday, 2 March 2017

Sifat Ikan Redfin Yang Sesungguhnya Harus Kamu Ketahui Sebelum Memeliharanya



Sifat Ikan Redfin Yang Sesungguhnya Harus Kamu Ketahui Sebelum Memeliharanya, majalahikan.com | Sahabat ketika berkunjung ke toko ikan hias pastinya pernah dong melihat ikan hias yang sekujur tubuhnya berwarna gelap ( hitam ), biru tua atau bahkan biru terang akan tetapi pada sirip siripnya berwarna merah atau oranye. Ada juga varian warna albino, ikan hias air tawar ini berenang cepat, dengan bentuk tubuh layaknya ikan hiu? Itu adalah ikan redfin, yang dalam klasifikasinya termasuk dari keluarga Cyprinidae.

Sahabat tertarik sama ikan hias yang lincah ini, untuk memudahkan dalam merawatnya ada baiknya sahabat melihat lebih jauh karakter sebenarnya ikan hias yang bersirip merah ini. Karena ini sangat penting untuk keselamatan ikan hias lain yang dipelihara di satu akuarium denganya. Karena sesungguhnya sifat ikan redfin ini galak, benarkah galak....? penasaran.....? yuk langsung saja lihat lebih detail ulasanya!


Gambar Sifat Ikan Redfin
Gambar-nya acuarioadictos.com

Sifat Ikan Redfin Dan Klasifikasinya


Mengenal ikan redfin hingga sampai klasifikasinya juga penting lho, agar kalian lebih dekat dengan ikan yang akan kalian pelihara.

Gambar Dan Foto Sifat Ikan Redfin
Gambar-nya hobbykwekers.nl

Kerajaan:    Animalia
Divisi:    Chordata
Kelas:    klasifikasi
Memesan:    Cypriniformes
Keluarga:    Cyprinidae
Marga:    Epalzeorhynchos
Jenis:    E. frenatum
nama binomial
Epalzeorhynchos frenatum

Nah itulah klasifikasi ikan redfin, tahukah sahabat kenapa ikan ini diberi nama ikan redfin? itu karena pada sirip ikan ini berwarna merah, yang dalam bahasa inggris red artinya merah dan fin artinya sirip.

Selain dengan sebutan nama redfin, ikan yang perawakanya mirip dengan ikan hiu ini juga memiliki banyak nama untuk menyebutnya, seperti misalnya hiu ruby ( ruby shark ), hiu sirip merah ( red-fin shark ), hiu merah sejati ( red-finned shark ), pelangi sharkminnow ( rainbow sharkminnow ), fringelip labeo hijau ( green fringelip labeo ), hiu whitefin ( whitefin shark ) dan whitetail sharkminnow. Sedangkan nama latin ikan redfin adalah Epalzeorhynchos frenatum.


Walaupun sahabat melihatnya di negara kita, bukan berarti ikan hias air tawar yang satu ini adalah ikan endemik Indonesia lho, si redfin ini sebenarnya adalah ikan hias yang berasal dari cekungan Mekong , Chao Phraya , Xe Bangfai dan Maeklong di Indochina.

Di alamnya, si redfin ini mendiami sungai sungai yang berpasir, dan ketika banjir tiba maka ia akan bermigrasi ke tempat banjir, sedangkan ketika sudah surut maka ia kan kembali lagi ke sungai.

Dalam segi makanan, sifat ikan redfin adalah herbivora yang memakan alga, redfin juga ikan omnivora yang juga memakan krustasea, zooplankton, perifiton, cacing dan juga serangga di alam liarnya.

Sifat Redfin Yang Semi - Agresif Dan Cara Merawatnya Di Akuarium

Gambar Sifat Ikan Redfin Dengan Ikan Hias Lain Dalam Satu Akuarium
Gambar-nya rybicky.net

Setelah sahabat melihat sifat ikan redfin dalam segi makananya, sekarang sahabat harus memahami sifat atau perangainya yang semi-agresif. Pemahaman ini dimaksudkan agar sahabat benar benar bisa memelihara dengan baik si redfin ini, karena pada dasarnya dengan sifatnya yang semi - agresif ini tidak di anjurkan untuk dipelihara oleh hobiis pemula.

Jika sahabat tau ikan sapu sapu, ikan Chinese Algae Eater, ikan SAE dan udang  Red Cherry Shrimp, sifat ikan redfin juga terbilang sama dengan mereka, yakni ikan yang bertugas membersikan akuarium.

Ikan redfin adalah ikan yang suka menjelajah, sahabat akan menemukan bahwasanya ikan red fin ini akan terus berenang baik di dasar akuarium, tengah maupun bagian atas akuarium. Untuk itu, belilah akuarium yang ukuranya 48 inchi atau kerang lebih 121 cm yang bisa menampung 30 galon air atau 113 liter air untuk merawat si redfin ini.

Selain suka menjelajah, si redfin ini juga suka mengejar ngejar ikan yang ukuranya lebih kecil, bahkan tak akan berhenti mengejar hingga si ikan hias kecil mati. Tak hanya itu, sahabat juga jangan memeliharanya dengan ikan yang sejenis, karena ikan ini dikenal agresif dengan sejenisnya dan tak jarang akan bertempur satu sama lain.

Pertempuran ikan redfin ini pada umumnya saling seruduk, bahkan juga menggigit, ini terjadi di akuarium. Akan tetapi sesungguhnya ketika di alam liar si redfin ini bisa damai dengan sejenisnya.

Untuk itu, sebaiknya dalam merawat ikan hias redfin ini akuarium diberi dekorasi yang bisa meminimalkan sifat agresifnya. Seperti misalnya adanya tanaman tanaman, gua dan batu batuan. Meskipun begitu, si redfin ini masih memiliki sifat semi - agresif yang artinya akan menyerang ikan lain yang mendekati wilayahnya. Akan tetapi, paling tidak meminimalisir sifat agresifnya.

Si redfin ini juga jangan dipelihara dalam satu akuarium dengan kerabatnya, seperti misalnya ikan bala shark ( Balantiocheilos melanopterus ), hiu ekor merah / hiu Redtail ( Epalzeorhynchos bicolor ) atau juga hiu hitam /  sharkminnow hitam (Labeo chrysophekadion). Karena mereka akan saling kejar mengejar.

Untuk teman yang baik dalam memilihara bersama redfin ini, bisa sahabat pilih diantaranya  ikan ikan dari jenis danio , ikan loaches , ikan Plecos dan ikan ikan Rasbora.

Ikan redfin ini bisa hidup hingga 4 sampai 6 tahun, dengan syarat pemeliharaan yang baik. Pemeliharaan yang baik ini meliputi pH air, suhu air dan yang lainya hingga si redfin ini merasa senang dan nyaman.

Ph air yang ideal untuk memelihara redfin ini 6,0-8,0, untuk suhu air aturlah antara 24 hingga 27  ° C.

Untuk makanan, sahabat tak usah kebingungan, karena seperti penjelasan di atas sifat ikan redfin ini adalah omnivora, terlebih ia akan membersikan sisa sisa makanan ikan hias lain yang berserakan di akuarium. Inilah sifat redfin yang perlu kamu semua ketahui sebelum meulai memeliharanya.

Semoga memberi wawasan dan manfaat

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua