BTemplates.com

Jenis Jenis Ikan Tuna Dan Gambarnya Paling Lengkap

Jenis Ikan Tuna, majalahikan.com | Salah satu ciri ciri yang paling umum ikan tuna adalah ikan yang hidup di perairan air laut yang tidak terlalu dekat dengan dasar laut atau dengan kata lain zona pelagik. Sedangkan ciri ciri khususnya adalah daging ikan tua berwarna merah, karena otot otot ikan tuna banyak mengandung myoglobin. Daging ikan tuna ini kandungan gizinya lengkap, sehingga manfaat ikan tuna untuk kesehatan bisa kita kita dapatkan bila mengkonsumsinya sesuai porsi yang dianjurkan dan tentunya dengan cara memasak ikan tuna yang benar. Akan tetapi, harga ikan tuna ini sedikit lebih mahal dibanding jenis ikan konsumsi lainya, terlebih tuna sirip biru Atlantik. Bahkan jenis ikan tuna sirip biru sangat mahal di Negara Jepang, karena menjadi hidangan utama sushi dan samhimi.

Gambar Jenis Ikan Tuna
Gambar-nya cbc.ca
48 spesies ikan tuna bahkan lebih tersebar di lautan, dan salah satunya adalah ikan tongkol. walaupun ikan tongkol masuk dalam jenis ikan tuna karena sama sama dari famili Skombride dalam klasifikasinya, akan tetapi perbedaan ikan tuna dan ikan tongkol adalah pada marganya.

Jika ikan tuna masuk dalam marga Thunnini sedangkan ikan tongkol masuk dalam marga Euthynnus. Ada juga dari marga lain yang juga dimasukan dalam jenis ikan tuna, yakni ikan cengkalang.

Berikut ini adalah ulasan khusus untuk sahabat yang ingin tau semua jenis ikan tuna yang telah teridentifikasi.

Jenis Jenis Ikan Tuna Dan Gambarnya Paling Lengkap


Seperti penjelasan sekilas di atas, spesies ikan tuna sendiri lebih dari 48, dan ke 48 spesies ikan tuna ini dari family yang sama akan tetapi berbeda marga dalam klasifikasinya. Untuk yang pertama, majalah ikan mencoba berbagi jenis ikan tuna dari marga Thunnus dulu, yang jumlahnya ada 9 spesies.

Jenis Jenis Ikan Tuna Dan Gambarnya Dari Marga Thunnus

  • Ikan Tuna Albakora ( Thunnus alalunga )
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Yang pertama dari jenis ikan tuna adalah Ikan Tuna Albakora, daging ikan tuna yang satu ini tidaklah merah, melainkan putih seperti kebanyakan jenis ikan konsumsi lainya.

Di Indonesia sendiri banyak sekali sebutan untuk ikan tuna albakora ini, seperti misalnya tuna albakora, albakor, tuna jabrig, madidiang albakoro, suree, aji-aji, trakulu, kwandang, cucut jenggot, albi, tombo ahi, binnaga, albakora pasifik, bonito jerman, sirip panjang, tuna sirip panjang dan bahkan hanya di sebut dengan tuna saja.

Nama latin ikan tuna albakora adalah Thunnus alalunga

Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan nama Albacore Fish, Aáhi Taria, Bastard Albacore, Bonito, Langvin Tuna, Long-finned Tuna, Longfin Tuna, Long-fin Tunny, Longfin Tunny, Tuna, Albacore

Sedangkan dalam bahasa Prancis disebut dengan nama Ara Lunga, Bonette, Germon, Germon Atlantique. Untuk Spainish atau spanyol memanggil ikan tuna Albakora dengan nama Alalunga, Albacora, Atún, Atún Aleta Larga, Atún Blanco, Atún de Aleta Larga, Bonito del Norte, Sierra.

Untuk menangkap ikan tuna Albakora ini di laut lepas menggunakan berbagai cara, seperti misalnya dipancing, trol, pukat, rawai dan juga populer sebagai target penangkapan ikan rekreasi.

Sedangkan statusnya dalam daftar IUCN adalah Near Threatened atau hampir terancam punah.

  • Ikan Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares)
Gambar-nya  rodfishingclub.com
Yang kedua dari jenis ikan tuna adalah ikan tuna sirip kuning, ikan tuna sairip kuning juga populer dengan nama Madidihang. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Yellowfin Tuna, Yellowfinned Albacore, Allison's Tuna, Pacific Long-tailed Tuna.

Sedangkan dalam bahasa Spainsh atau Spanyol disebut dengan nama  Albacora, Aleta Amarilla. Untuk bahasa French atau Prancis menyebutnya Albacore, Grand Fouet, Thon Jaune.

Nama latin ikan tuna sirip kuning adalah Thunnus albacares, yang dalam daftar IUCN berstatus hampir terancam ( Near Threatened )

Ikan tuna sirip kuning adalah ikan laut dari famili Scombridae yang hidupnya mengembara di lautan tropika dan juga ugahari yang ada di dunia. Ikan tuna sirip kuning ini adalah salah satu jenis ikan tuna terbesar ke tiga setelah ikan tuna sirip biru dan ikan tuna mata besar.

Pada umumnya ikan tuna sirip kuning ini memilki ukuran 150 cm. Dan bentuk tubuhnya layaknya terpedo.

  • Ikan Tuna Sirip Hitam (Thunnus atlanticus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Sirip Hitam (Thunnus atlanticus)
Gambar-nya ncfishes.com

Yang ketiga dar jenis ikan tuna adalah Ikan Tuna Sirip Hitam, nama latin atau nama ilmiah dari ikan ikan tuna sirip hitam adalah Thunnus atlanticus. Dalam bahasa Inggris disebut dengan Blackfin Tuna, Deep-bodied Tunny, Albacore.

Sedangkan dalam bahasa French disebut dengan nama Thon Noir, Bonite, Bonite Noire, Giromon, Petit Thon, Thon à Nageoires Noires, Thon Nuit.

Untuk bahasa Spanish nama nama yang di sandangnya adalah Albacora, Atún, Atun Aleta Negra, Atún Aleta Negra, Atún Atlántico, Atún des Aletas Negras, Falsa Albacora.

Dari semua jenis ikan tuna, ikan tuna sirip hitam adalah yang paling kecil, ukuranya hanya 1 m saja saat sudah dewasa, sedangkan beratnya hanya 21 kg. Dan hanya hidup dalam waktu 5 tahun saja.

Ikan tuna sirip hitam adalah ikan pemangsa dan berburu secara berkelompok, yang mana pada umumnya berburu cumi cumi,  krustasea seperti udang, kepiting, amfipoda, stomatopoda, dan larva dekapoda.

Dalam daftar IUCN, ikan tuna sirip hitam berstatus bimbang (Least Concern)

  • Ikan Tuna Sirip Biru Selatan (Thunnus maccoyii)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Sirip Biru Selatan (Thunnus maccoyii)
Gambar-nya scistand.com
Yang ke empat dari jenis jenis ikan tuna dalam marga thunus adalah ikan tuna sirip biru selatan. Ciri ciri ikan tuna sirip biru selatan ini tubuhnya memanjang seperti terpedo, siripnya langsing dan juga pendek. Seluruh tubuhnya dilapisi sisik yang kecil.

Untuk warnanya, ikan tuna sirip biru selatan ini
punggung-hitam kebiruan
bawah tubuh-putih keperakan
sirip ekor ikan dewasa-kuning terang
sirip dada 1-abu abu dan sedikit kuning
sirip dada 2-merah kecoklatan
sirip sirip kecil-kuning dengan tepi gelap

Ikan tuna sirip biru selatan adalah ikan laut yang ukuranya besar, panjangnya bisa mencapai 25 m sedangkan beratnya 260 kg.

Statusnya dalam daftar IUCN adalah Critically Endangered atau terancam punah.

Nama latin ikan tuna sirip biru selatan adalah Thunnus maccoyii, dalam bahasa inggris disebut Southern Bluefin Tuna. Dalam bahasa Spanish disebut Aleta Azul del Sur, Atún Rojo del Sur dan dalam bahasa French disebut Thon Rouge du Sud.

  • Ikan Tuna Mata Besar (Thunnus obesus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Mata Besar (Thunnus obesus)
Gambar-nya omap.africanmarineatlas.org
Yang ke lima dari jenis ikan tuna dari marga thunnus adalah Ikan tuna mata besar. Jenis ikan tuna ini bisa di jumpai di hampir semua perairan terbuka samudra dan iklim sedang. Di perairan Indonesia  sendiri bisa ditemukan di  Laut Banda, Laut Flores, Laut Sulawesi, Samudra Hindia, perairan di utara Papua (Samudra Pasifik).

Nama latin ikan tuna mata besar adalah (Thunnus obesus), sedangkan dalam bahasa inggris disebut dengan Bigeye Tuna. Untuk bahasa spanyolnya Atún Ojo Grande, Patudo. Sedangkan dalam bahasa prancisnya Thon Gros Yeux, Thon aux Gros Yeux, Thon aux Grands Yeux.

Sedangkan di Indonesia ikan tuna mata besar juga dikenal dengan nama tuna mata lebar, tuna mata belo, sisiak bonta, bet, jabrig, bungkulis, atau kadang disebut tuna saja.

Pada umumnya panjang ikan tuna mata besar 60 hingga 180 cm, akan tetapi ukuran terbesarnya mencapai 236 cm.

Seperti ikan tuna lainya, tuna mata besar juga ikan predator yang pada umumnya memangsa cumi cumi, krustacea dan juga ikan.

Sedangkan ikan yang memangsa ikan tuna mata besar ini adalah ikan paus bergigi dan ikan sutuhuk.

Ikan tuna mata besar ini statusnya terancam punah (Vulnerable) dalam daftar IUCN.

  • Ikan Tuna Sirip Biru Pasifik (Thunnus orientalis)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna sirip Biru Pasifik (Thunnus orientalis)
Gambar-nya montereybayaquarium.org
Ikan Tuna sirip Biru Pasifik juga termasuk salah satu jenis ikan tuna yang statusnya terancam punah, ini terbukti dengan seperti yang digambarkan  International Union for Conservation of Nature and Natural Resources ( IUCN ) yang di tulis Vulnerable dalam daftarnya.

Akan tetapi Program Pengawasan Boga Bahari Aquarium Teluk Monterey telah menempatkan semua tuna ke dalam daftar "Hindari".

Nama latin Ikan Tuna Sirip Biru Pasifik adalah (Thunnus orientalis), sedangkan nama dalam bahasa inggris Pacific Bluefin Tuna. Untuk bahasa Prancis menyebut ikan tuna ini dengan nama Thon Rouge, Thon Bleu du Pacifique dan dalam bahasa Spanyol disebut Atún Aleta Azul del Pacífico, Atún Cimarrón.

Ikan Tuna sirip Biru Pasifik ini selain menghuni samudra pasifik utara, juga terkadang bermigrasi hingga samudra pasifik selatan.

Ikan Tuna sirip Biru Pasifik juga ikan predator yang panjangnya bisa mencapi 3 m atau 300 cm, dengan mencapai berat sekitar 450 kg.

  • Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik (Thunnus thynnus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik (Thunnus thynnus)
Gambar-nya adlayasanimals.wordpress.com
Yang ke tujuh dari jenis ikan tuna dari marga Thunnus adalah Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik, atau juga disebut Ikan Tuna Sirip Biru Utara. Ikan tuna sirip biru Antlantik ini nama latin atau ilmiahnya adalah (Thunnus thynnus).

Dalam bahasa inggris disebut dengan Atlantic Bluefin Tuna, sedangkan dalam bahasa prancis disebut dengan Thon Rouge de l'Atlantique, untuk spanyol menyebutnya Atún Aleta Azul.

Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik ini adalah ikan konsumsi yang yang sebagi bahan untuk makanan sushi dan sashimi, untuk itu, tuna yang satu ini sangat mahal harganya di negara Jepang.

Ribuan ton setiap tahunya untuk penangkapan ikan tuna sirip biru Antlantik ini, hingga IUCN memasukanya ke dalam daftar ( Endangered ) atau terancam punah.
 
  • Ikan Tongkol Abu-Abu (Thunnus tonggol)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tongkol Abu-Abu (Thunnus tonggol)
Gambar-nya rodfishingclub.com
Yang ke delapan dari jenis ikan tuna dari marga tunnus adalah Ikan Tongkol Abu-Abu. Ikan tongkol abu abu ini ukuran panjangnya bisa mencapai 145 cm dengan berat 359 kg. Ciri ciri ikan tonkol abu abu ini memiliki bandan yang ramping dibandingkan dengan ikan tuna yang lainya, selain itu sirip dadanya pendek.

Ikan tongkol abu abu ini persebaranya meliputi perairan tropis dan ugahari Indo-Pasifik barat.

Nama latin ikan toongkol abu abu ini adalah (Thunnus tonggol), sedangkan dalam bahasa inggris disebut Longtail Tuna, untuk bahasa prncis Thon Mignon dan untuk bahasa spanyol Atún Tongol.

Untuk bahasa  Australia disebut Northern bluefin tuna, kata Northern ini dimaksutkan agar tidak ada kekeliruan dengan Tuna sirip biru selatan / Southern bluefin tuna (Thunnus maccoyi). Akan tetapi malah menjadi kebingungan dengan ikan tuna sirip biru Atlantik ( Thunnus thynnus ).

Status ikan tongkol abu abu di laut lepas masih membingungkan, untuk itu IUCN menetapkan dalam listnya Data Deficient ( Data Kurang ).

  • Ikan Tuna Karasik (Thunnus Karasicus)
- ---------

Jenis Jenis Ikan Tuna Yang Bukan Dari Marga Tunnus Dan Gambarnya


  • Ikan Tuna Ramping / Tuna Slender (Allothunnus fallai)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Ramping/Tuna Slender (Allothunnus fallai)
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Jenis ikan tuna yang bukan dari marga Thunnus yang pertama adalah Ikan tuna ramping atau dalam bahasa inggris disebut dengan Tuna Slender. Ikan tuna ramping ini adalah jenis ikan tuna satu satunya yang dari marga atau genus Allothunnus.

Tuna ramping ini dalam bahasa prancis disebut Thon élégant, sedangkan dalam bahasa spanyol disebut Atún Lanzón.

Ikan tuna ramping dapat dijumpai di seluruh dunia di laut selatan antara garis lintang 20 ° dan 50 ° Selatan.

Panjangnya bisa mencapai satu meter. Ikan tuna ramping ini dalam daftar IUCN berstatus Least Concern ( bimbang ).

  • Ikan Tongkol lisong atau lisong (Auxis rochei)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Tongkol lisong atau lisong (Auxis rochei)
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Jenis ikan tuna yang bukan dari marga Thunnus selanjutnya adalah Ikan tongkol lisong. Tongkol lisong ini adalah jenis ikan tuna yang ukuranya kecil, rata rata hanya mencapai 35 cm, akan tetapi dapat tumbuh maksimal dengan panjang 40 cm.

Dalam bahasa inggris ikan tongkol lisong ini disebut Bullet tuna atau Bullet mackerel, karena bentuk tubuhnya mirip dengan terpedo. Terkadang juga disebut dengan Firgate Tuna, Frigate Mackerel, Frigate Tuna, Long Corseletted Frigate Mackerel, Bullet-tuna.

Sedangkan dalam bahasa prancis disebut dengan Bonitou, Auxide, untuk bahasa spanyolya adalah Barrilete Negro, Bonito, Botellita, Melva, Melva Aleticorto, Melvera, Sanguzo.

Nama latin ikan tongkol lisong ini adalah Auxis rochei, yang dalam daftar IUCN berstatus Least Concern ( bimbang ).

  • Auxis tongolis
-------
  • Ikan Tongkol Krai ( Auxis thazard )
Gambar Jenis Ikan Tuna-Auxis thazard
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Tongkol Krai adalah jenis ikan tuna yang juga bukan dari marga Thunnus, yang mana ikan ini kerabat dekat yang serupa dengan Tongkol lisong (Auxis rochei).

Status ikan tongkol krai ini dalam daftar IUCN adalah bimbang (Least Concern)
  • Ikan Tongkol, Tongkol como, Tongkol komo, atau Tongkol kurik (Euthynnus affinis)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Tongkol, tongkol como, tongkol komo, atau tongkol kurik (Euthynnus affinis)
Gambar-nya wikiwand.com
Ikan tongkol juga termasuk jenis ikan tuna yang dari marga Euthynnus, jadi perbedaan ikan tuna dan ikan tongkol adalah yang pertama dari marganya dan juga ukuranya serta habibitatnya.

Panjang maksimal ikan tongkol adalah 1 m, akan tetapi rata rata panjangnya hanya 60 cm. Ikan tongkol ini menyebar di kawasan Indo-Pasifik Barat.

  • Tuna kecil (Euthynnus alletteratus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Tuna kecil (Euthynnus alletteratus)
Gambar-nya commons.wikimedia.org
Tuna kecil (Euthynnus alletteratus) adalah jenis ikan tuna yang paling umum ditemukan di Samudera Atlantik.
  • Tongkol hitam (Euthynnus lineatus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Tongkol hitam (Euthynnus lineatus)
Gambar-nya srelherp.uga.edu
Tongkol hitam (Euthynnus lineatus) adalah jenis ikan tuna dari marga Euthynnus dan dari suku Thunnini, ikan ini tersebar di Timur tropis Pasifik dari San Simeon, California ke Peru utara dan Kepulauan Galapagos.

Dalam bahasa inggris disebut dengan Black Skipjack, sedangkan dalam bahasa prancis disebut Bonito Negro, Atún Patiseca, Barrilete Negro, Bonito, Macarela, Negra, Pataseca, Patiseca. Untuk bahasa spanyol menyebutnya Thonine Noire.

Nama latin Tongkol hitam adalah (Euthynnus lineatus) dan dalam daftar IUCN berstatus bimbang ( Least Concern )

  • Ikan Tuna gigi anjing / Dogtooth tuna (Gymnosarda unicolor)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Dogtooth tuna (Gymnosarda unicolor)
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Ikan Tuna gigi anjing atau juga disebut dengan ikan tuna putih, adalah jenis ikan tuna dari marga Gymnosardaunicolor.

Ikan Tuna gigi anjing tersebar luas di perairan tropis Indo-Pasifik wilayah dari pantai timur Afrika , Laut Merah termasuk, untuk Polinesia Prancis dan pulau-pulau samudra dari Samudera Pasifik ( Hawaii dikecualikan), utara ke Jepang , ke selatan ke Australia.

Panjang maksimalnya 190 hingga 248 cm, akan tetapi rata rata hanya 40 hingga 120 cm. Statusnya dalam daftar IUCN adalah bimbang ( Least Concern )
  • Cakalang (Katsuwonus pelamis)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Cakalang (Katsuwonus pelamis)
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Ikan cakalan atau juga dikenal dengan nama nama cakalan, cakang, kausa, kambojo, karamojo, turingan, dan ada pula yang menyebutnya tongkol. Ikan cakalan ini juga termasuk dari jenis ikan tuna yang dari genus Katsuwonus. Sedangkan dalam bahasa inggris disebut dengan skipjack tuna.

Panjang maksimalnya hanya 1 m, sedangkan kebanyakan yang pernah ditangkap hanya berukuran 50 cm.
Nah itulah jenis ikan tuna yang bisa majalah ikan bagikan pada sahabat semua, jika ada yang salah dalam penulisan nama latin atau apa misalnya, tolong sahabat berkomentar di kolom komentar ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel