Thursday, 2 March 2017

Cara Membius Ikan Cupang Dengan Es


Gambar Cara Membius Ikan Cupang Dengan Es
majalahikan.com

Cara Membius Ikan Cupang Dengan Es, majalahikan.com |  Masih membahas seputar grooming ikan hias air tawar, pada dasarnya nyalon ikan hias ( cupang ) itu mudah, karena alat alat yang dibutuhkan ada di sekitar kalian. Hanya saja perlu hati hati, karena salah perhitungan ketika membuat ikan pingsan bisa bisa ikan hias malah tewas.

Seperti kita ketahui, sebelum ikan cupang dirapikan sirip dan ekornya, ikan cupang harus dibius dahulu agar tidak meronta saat kita rapikan. Dan untuk membuat ikan pingsan ini ada berbagai cara, salah satunya dengan minyak cengkeh.

Membius ikan cupang sebelum di salon juga bisa dengan menggunakan obat bius ikan yang biasa di pakai untuk membius ikan koi saat mengoprasinya ketika sakit, atau yang biasa dipakai untuk ikan louhan. Hanya saja membutuhkan ekstra hati hati dalam memberikan dosisnya, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, ada yang berpendapat kalau menggunkan obat bius ikan, warna cerah pada ikan cupang lama untuk pulih seperti semula.

Untuk itu, bagi sahabat yang kerepotan atau takut dalam menentukan takaran yang pas dalam memberi obat bius, maka menggunakan obat bius alami adalah pilihan yang bijak.

Pada kesempatan yang lalu majalah ikan sudah berbagi pada sahabat semua cara membius ikan cupang yang efektis sekali, dan bahan yang digunakan juga mudah sekali untuk di dapat, yakni dalam tulisan yang berjudul Cara Membius Ikan Cupang Dengan Sebatang Rokok, kali ini majalah ikan mau berbagi juga cara buat pingsan ikan cupang sebelum di salon atau digrooming dengan bahan lain, bahan ini lebih aman dan alami.

Selain itu, obat bius ikan yang satu ini di rumah kamu ada koq,,,,,tapi yang punya lemari es ya 😁....yang ndak punya cari aja di warung terdekat. Yupss......hanya dengan bermodalkan es batu dan air serta peralatan salon ikan, maka sahabat akan bisa belajar sendiri bagaimana merapikan sirip, ekor si cupang serta tulang tulang ekor yang kurang rapi.
Tapi perlu di ingat ya, ini hanya cara membius ikan cupang dengan es, bukan cara merapikan atau nyalonya. Oh ya selain ikan cupang, pembiusan dengan es ini juga bisa dilakukan pada pada ikan hias air tawar yang lain, seperti misalnya ikan koi.

Langkah Langkah Cara Membius Ikan Cupang Dengan Es

Gambar Cara Membius Ikan Cupang Dengan Es Batu
majalahikan.com

  • Langkah pertama ~ Siapkan ikan cupang yang akan di grooming atau disalon
  • Langkah kedua ~ Siapkan peralatan untuk merapikan si cupang, seperti misalnya alas tempat untuk merapikan si cupang saat sudah pingsan, silet, jarum, dan juga gunting.
  • Langkah ketiga ~ Siapkan wadah ( bascom ) untuk air bersih dan es batu
  • Langkah keempat ~ Masukan es batu ke air yang sudah disiapkan dan tunggu hingga dingin, maaf untuk derjatnya di kira kira saja ya.
  • Langkah kelima ~ Masukan ikan cupang dan tunggu hingga lemas
  • Langkah keenam ~ Setelah ikan pingsan maka rapikan sirip dan ekor yang perlu dirapikan sesuai kriteria kontes, baik untuk cupang serit maupun cupang halfmoon atau cupang plakat dan yang lainya.
  • Langkah ketujuh ~ Setelah rapi maka masukan ikan ke air bersih yang bersuhu normal.
Dan cupang kalian siap untuk diikut sertakan ke kontes ikan cupang, mudah bukan untuk cara membius ikan cupang dengan es ini? selamat mencoba.

Vidio Cara Membius Ikan Cupang Dengan Es Batu

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua