Saturday, 25 March 2017

Anti Chlorine Crystal, Untuk Kamu Yang Terburu Buru Saat Mengganti Air Akuarium

Anti Chlorine Crystal, majalahikan.com | Cara merawat ikan hias yang paling penting adalah selalu menjaga kualitas air tetap dalam kondisi baik, dan itu membutuhkan pergantian air akuarium secara teratur. Mengganti air akuarium juga tidak boleh asal ganti begitu saja, karena air juga perlu di endapkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengganti air akuarium yang lama.

Mengendapkan air sebelum digunakan bertujuan untuk menguapkan chlorine yang ada pada air itu sendiri, terlebih air PDAM. Seperti yang pernah admin singgung di tulisan yang berjudul...KENAPA SIH DALAM CARA MENGGANTI AIR AKUARIUM IKAN HIAS AIR HARUS DIENDAPKAN TERLEBIH DAHULU?

Dengan melihat tulisan dari judul tadi, sahabat bisa tau kenapa kita harus mengendapkan air terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengganti air akuarium yang lama.

Nah, dalam mengendapkan air ini dibutuhkan sekurang kurangnya salam 24 jam, dan itu akan sangat lama bagi sahabat yang memiliki waktu yang sempit, akan tetapi tetap mengiginkan ikan hias sehat.

Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk sahabat yang memiliki keterbatasan waktu dalam mengganti air akuarium, yakni dengan memberi anti chlorine crystal.

Lalu apa itu anti chlorine crystal, dan bagaimana cara menggunakanya, apa manfaatnya dan dimana bisa mendapatkanya? berikut adalah jawabanya.

Anti Chlorine Crystal, Cara Menggunakan, Manfaat, Harga Dan Tempat Membelinya


Anti chlorine crystal adalah obat untuk menghilangkan chlorine dan chloramine yang terkandung dalam air PAM atau PDAM dan pada umumnya berbentuk kristal / crystal, seperti pada gambar berikut

Gambar Anti Chlorine Crystal
Gambarnya - koianswers.com


Sedangkan manfaat dari anti chlorine ini adalah menetralkan air tawar yang ada kanandungan gas Klorida dan Karporit, dan air yang telah dicampur dengan anti chlorine ini tidak menyebabkan keracunan pada ikan hias dan juga tanaman aquascape.

Gambar Anti Chlorine Crystal Dalam Kemasan Botol
Gambar Anti Chlorine Crystal Dalam Kemasan Botol
Gambarnya - tokopedia.com
Untuk harga anti chlorine crystal terbilang murah pake banget, karena per botol berkisar di 5 hingga 20 ribuan saja, paling lebih juga sedikit.

Untuk mendapatkan anti chlorine crystal ini juga mudah, sahabat bisa membelinya di toko toko ikan hias terdekat di kota sahabat.

Jika tidak tersedia, sahabat bisa juga memesanya di toko toko online seperti misalnya  tokopadia, ebay, bukalapak dan yang lainya.

Sedangkan cara memakainya cukup hanya 1 sendok teh untuk 60 liter air, walaupun begitu sahabat tetap harus membaca lebelnya sebelum digunakan ya.

Lalu Apa Hubunganya Anti Chlorine Crystal Bagi Sahabat Yang Terburu Buru Atau Memiliki Waktu Yang Relatif Singkat Saat Mengganti Air Akuarium?


Seperti penjelasan di atas, untuk mengganti air akuarium minimal air harus diendapkan salama 24 jam, akan tetapi dengan menambahkan anti chlorine ini sahabat tidak lagi harus mengendapkan air selama itu. Bahkan sahabat hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit saja, dan ikan hias sahabat bisa langsung di masukin ke air yang baru tadi.

Semoga ulasan anti chlorine crystal ini bermanfaat untuk sahabat semua.

Wednesday, 22 March 2017

Kenapa Sih Dalam Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Air Harus Diendapkan Terlebih Dahulu?

Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias, majalahikan.com | Ketika sahabat menemukan judul tulisan ini, itu berarti sahabat ingin ikan hias sahabat hidup dengan sehat, baik diakuarium maupun di kolam. Seperti kita ketahui, air adalah sumber utama kehidupan ikan. Menjaga dan selalu memperhatikan kualitas air adalah hal yang wajib kita lakukan dalam cara merawat ikan hias, baik itu suhu air, pH air, kejernihan air, kandungan oksigen dalam air, kekerasan air, hingga nitrit dalam air  dan zat zat beracun lainya yang menyebabkan ikan hias menjadi setres atau kurang sehat bahkan ikan hias bisa mati.

Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias - Tempat Menampung Air Akuarium
Gambarnya - m.selatanjayasurabaya.wordpress.com

Salah satu bahan kimia yang menjadikan ikan hias keracunan adalah chlorine, tahukah sahabat apa itu chlorine? jika belum, maka lanjutkan hingga selesai, jika sudah tahu apa itu chlorine-pun tetap dilanjut membacanya ya, karena mungkin ada beberapa hal yang belum sahabat ketahui dalam tulisan cara mengganti air akuarium ikan hias ini, terutama yang menyangkut klorine / chlorine.

Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Yang Pertama Adalah Memahami Air Tawar Apa Yang Sahabat Gunakan


Karena ini pembahasan ikan hias air tawar, maka tentunya air tawar yang digunakan untuk mengganti air akuarium ....iya to? Nah, air tawar sediri pada umumnya banyak yang menggunakan air PDAM atau PAM atau air Ledeng. Tahukah sahabat kenapa air PDAM tersebut bisa langsung kita minum walau belum kita masak?

Gambarnya - clonoavirgil.wordpress.com

Jawabanya adalah, karena air PDAM tersebut diberi bahan kimia yang disebut chlorine.

Chlorine adalah salah satu unsur kimia yang bisa dimanfaatkan sebagai oksidan dan pemutih atau desinfektan.

Pada umumnya chlorine berbentuk cair, padat dan juga gas, untuk yang berupa gas ini, warna dari chlorine adalah kuning kehijauan dan sangat beracun.

Chlorine ini juga akan meracuni ikan hias kesayangan sahabat jika tidak dinetralkan atau dihilangkan terlebih dahulu. Chlorine tersebut akan merusak sel sel pada ikan dan juga sistem enzim si ikan.

Seperti apa tanda atau ciri ciri ikan hias keracunan chlorine.....?

Jika sahabat melihat ikan hias sahabat mencoba ingin keluar atau kabur dari air, maka itu salah satu tanda ikan hias sahabat sedang mengalami keracunan chlorine.

Selain itu, jika ikan hias terlihat menggerombol atau berkumpul di aliran air atau aerasi, itu juga tanda tanda ikan hias sahabat keracunan chlorine. Itu karena insang ikan berkerja keras dan adanya kerusakan insang akibat dari clorine tersebut.

Ikan hias yang keracunan chlorine juga bisa sahabat lihat dengan ciri ciri warna ikan hias sahabat memudar atau pucat, ikan hias terlihat lesu, lemah serta gemetar.

Akan tetapi ikan hias sahabat kan sehat sehat saja dan bahagia, jika air air tawar yang digunakan untuk mengganti air akuarium adalah air sumur atau air sungai ( di desa air sungai jernih ).

Nah jika sahabat tidak ingin ikan hias kesayangan kalian keracunan oleh unsur kimia berupa chlorine yang ada pada air PDAM, maka lakukan beberapa hal berikut ini dalam cara mengganti air akuarium ikan hias.

Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Yang Kedua Adalah Memberi Anti Clorine Dan Air Dan Garam Ikan


Tempat Menampung Air Akuarium - Tambahkan Anti Chlorine
Gambarnya - bio-elite.co.za

Cara ini adalah, jika air yang sahabat siapkan untuk mengganti air akuarium adalah air PDAM, pemberian anti chlorine ini harus tepat ya, sebaiknya baca lebelnya sebelum digunakan.

Selain anti chlorine, bisa juga sahabat tambahkan garam ikan. Sedangkan takaran penambahan garam ikan ini, untuk setiap 10 liter air cukup satu sendok makan, akan tetapi sebaiknya juga baca lebelnya sebelum digunakan.

Tempat Menampung Air Akuarium - Tambahkan Garam Ikan
Gambarnya - majalahikan.com

Tempat Menampung Air Akuarium - Baca Lebel Garam Ikan
Gambarnya - majalahikan.com

Baik anti chlorine atau garam ikan bisa sahabat dapatkan di toko toko ikan hias di kota sahabat, harga garam ikan dan anti clorine juga bersahabat banget kok.

Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Yang Ketiga Adalah Mengendapkan Air Terlebih Dahulu Selama 24 Jam



Yang ini mungkin jauh lebih baik ketimbang menambahkan anti chlorine, yakni mengendapkan air terlebih dahulu selama 24 jam. Dalam pengendapan air ini bisa juga ditambahkan aerasi, kenapa? karena agar chlorinya cepat hilang atau menguap. atau hanya di endapkan saja juga tidak apa apa, bisa juga dengan menambahkan waktunya ( lebih dari 24 jam ), agar lebih aman.

Untuk air sumur atau air tanah atau air sungai juga bisa sahabat endapkan, tidak juga tidak apa apa, asal kualitas airnya bagus.

Nah itulah yang dimaksud dengan judul Kenapa Sih Dalam Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Hias Air Harus Diendapkan Terlebih Dahulu?.....agar ikan hias tidak keracunan chlorine.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa sharenya ya...

Saturday, 18 March 2017

Contoh Gambar Dan Jenis Ikan Bernafas Dengan Paru-Paru Dan Insang

Ikan Bernafas Dengan Paru-Paru, majalahikan.com | Ikan adalah vertebrata (vertebrata memiliki tulang punggung) yang hidup di air dan ikan bernapas dengan menggunakan organ khusus yang disebut insang.

Dengan difinisi ikan di atas, itu berarti ikan adalah hewan yang hidup di air dan bernafas dengan menggunakan insang. Mungkin sahabat semua mengetahui ini sejak masih duduk di bangku sekolah dasar ( SD ).

Contoh Jenis Jenis Ikan Bernafas Dengan Paru-Paru
Sumber Gambar rifqirusdirahman.blogspot.co.id


Yuppss.... bener banget, memang ikan bernafas dengan insang, tapi tahukah sahabat ada ikan yang bernafas menggunakan paru paru?

Lumba lumba......bukan!

Paus.....juga bukan!

Duyung.....bukan juga!

mereka bukanlah vertebrata melainkan mamalia, jadi memang hewan hewan tadi bernafas menggunakan paru paru.

Lalu apa......? yuk lihat contoh ikan bernafas dengan paru paru, selain itu juga beberapa contoh ikan yang bernafas dengan insang, yang pastinya sahabat belum tau deh.

Contoh Gambar Dan Jenis Ikan Bernafas Dengan Paru-Paru


1. Queensland lungfish ( Neoceratodus forsteri )
Gambar  Queensland lungfish ( Neoceratodus forsteri - Ikan Bernafas Dengan Paru-Paru
Sumber Gambar fishesofaustralia.net.au
Lungfish Australia atau Australian Lungfish adalah vertebrata tertua yang pernah ada. Ikan ini memiliki tubuh memanjang dan merupakan salah satu spesies Lungfish yang masih ada dari 6 spesies.

Sebenarnya ikan Lungfish Australia ini juga memiliki insang, hanya saja juga memiliki paru paru.

Lungfish Australia bernafas menggunakan paru paru tunggal yang digunakan untuk memasok oksigen ke insang.

Ketika ikan ini melakukan aktivitas yang berlebihan, kekeringan, atau suhu menjadi tinggi atau ketika kondisi air menghambat fungsi normal insangnya, maka ikan ini akan keluar ke permukaan air untuk menghirup udara menggunakan paru parunya.  

2. South American lungfish ( Lepidosiren paradoxa )

Contoh ikan bernafas dengan paru-paru  adalah South American lungfish ( Lepidosiren paradoxa )
Gambar South American lungfish ( Lepidosiren paradoxa )-Ikan Bernafas Dengan Paru-Paru
Sumber Gambar xaquaticart.wordpress.com

3. lungfish african

Yang ke tiga dari contoh jenis ikan bernafas dengan paru paru adalah lungfish african

Sumber Gambar creation-thewrittentruth.blogspot.co.id
Nah itulah contoh dari jenis ikan bernafas dengan paru paru, untuk selanjutnya mari kita lihat ikan yang bernafas dengan insang. Kita musti tau, karena insang yang ada pada ikan hiu misalnya, itu berbeda dengan ikan pada umumnya, yuk simak contohnya


Contoh Ikan Bertulang Sejati Bernfas Dengan Insang


Contoh Ikan yang bernafas dengan insang terbagi 2, yakni ikan berulang sejati dan ikan bertulan rawan, dan berikut adalah contoh ikan yang bernafas dengan insang.

Kita lihat dulu ikan bertulang sejati, untuk penjelasan apa ciri ciri ikan bertulang sejati akan dibahas di kemudian hari.

Ikan bertulang sejati ini alat pernafasanya atau insangnya memiliki operkulum atau penutup insang.

1. Ikan lele ( Ameiurus melas )

Gambar Ikan lele ( Ameiurus melas ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar wikiwand.com



2. Belut ( Anguilla sp )

Gambar Belut ( Anguilla sp ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar flickriver.com
3. Ikan bader ( Perca sp. )

Gambar Ikan bader ( Perca sp. ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar flickr.com
4. Kuda laut ( Hippocampus sp. )

Gambar Kuda laut ( Hippocampus sp. ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar norbertwu.com

5. Salmon ( Oncorhynchus sp. )


Gambar Salmon ( Oncorhynchus sp. ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar kingofwallpapers.com

6. Sarden ( Sardinops caerulea )


Gambar Sarden ( Sardinops caerulea ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar swfsc.noaa.gov

7. Tuna ( Scomber scombrus )


Gambar Tuna ( Scomber scombrus ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar floridasportsman.com
8. Ikan terbang ( Cypselurus sp )

Gambar Ikan terbang ( Cypselurus sp ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar lemabang2009.wordpress.com
9. Ikan mas ( Carassius auratus )

Gambar Ikan mas ( Carassius auratus ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar tokopedia.com
10. Ikan perak ( Cymatogaster aggregatus )

Gambar  Ikan perak ( Cymatogaster aggregatus ) bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati

11 Ikan bandeng

Gambar Ikan bandeng bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar naqsdna.com

12. Ikan gurami


Gambar Ikan gurami bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang sejati
Sumber Gambar big-abq-things.blogspot.co.id


Contoh Ikan Bertulang Rawan Bernafas Dengan Insang

Jenis ikan bertulang rawan ini insangnya tidak ada operkulumnya.

1. Hiu

Gambar Ikan Hiu bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang rawan
Sumber Gambar semuaikan.com
2. Ikan Pari

Gambar Ikan Pari bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang rawan
Sumber Gambar sinar-fals.blogspot.co.id
3. Chimaera fish

Gambar Chimaera fish bernafas dengan insang dan termasuk jenis ikan bertulang rawan
Sumber Gambar carnivoraforum.com

Nah itulah Contoh Gambar Dan Jenis Ikan Bernafas Dengan Paru-Paru Dan Insang, semoga menambah wawasan kita semua.

Monday, 13 March 2017

Haaaaa!!!!! Ikan Koi Jepang Hidup Sehat Dan Bebas Di Got, Masa' Sih?

Ikan Koi Jepang Hidup Sehat Dan Bebas Di Got, majalahikan.com | Apa yang yang sahabat pikir dengan selokan atau got? Saluran air untuk limbah tentunya bukan? Trus apa yang sahabat pikir dengan ikan koi? Ikan hias air tawar yang cocok untuk kolam dan syarat memelihara ikan koi air kolam harus baik agar ikan koi sehat dan sedap untuk dipandang bukan?

Yuuuup,,,,Selokan adalah saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan/atau air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan.

Namun percayakah sahabat jika ikan koi yang pada umumnya harus dipelihara di kolam dengan desain indah, serta membutuhkan filter yang baik agar si koi sendiri sehat ternyata bisa hidup sehat di got atau selokan?

Percaya dong ya.....Jepang gitu loh, karena selokan, kanal atau got di Negri Sakura itu jauh lebih bersih airnya dibanding dengan yang ada di kita.....

Kalau yang ada di kita mah......selokan utuk para tikus-tikus got, kecoa dan hewan jorok lainya.....

Yuk lihat seperti apa dan dimana sih lokasi sebenarnya si koi bisa tumbuh begitu sehat......asal tau aja ya.....ini koi kaya di program hanya berenang se arah,,,,penasaran bukan? Mending langsung lanjut ke bawah 😁😁😁.

Kanal Dan Ikan Koi Jepang Dari Hida-Furokawa


Gambar Ikan Koi Jepang Hida-Furokawa
Gambar-nya lifetoreset.wordpress.com

Hida-Furokawa adalah kota kecil yang terletak hanya sekitar 15 km sebelah utara dari Takayama. Dan kota inilah para ikan koi yang ukuranya bahkan jumbo berenang bebarengan atau bersamaan di kanal yang panjangnya beberapa kilo meter.

Gambar Ikan Koi Jepang Di Kanal Hida-Furokawa
Gambar Ikan Koi Jepang Di Kanal Hida-Furokawa Dari lifetoreset.wordpress.com
Ikan koi yang ada di kanal Hida-Furokawa ini sangat menghibur warga setempat dan wisatawan asing yang berkunjung di kota kecil di Jepang itu. Ukuran ikan koinya besar atau jumbo yang berenang melawan arus dengan selaras.

Gambar Ikan Koi Jepang Berenang Di Kanal Hida-Furokawa
Gambar Ikan Koi Jepang Berenang Di Kanal Hida-Furokawa Dari lifetoreset.wordpress.com
Melihat pemandangan ini pastinya sangat menghibur bukan, terlebih ikan koi berenang beriringan seperti diprogam saja. Dan pastinya sahabat akan tergoda untuk memberi makan pada ikan koi tersebut.

Gambar Ikan Koi Jepang Berenang Selaras Di Kanal Hida-Furokawa
Ikan Koi Jepang Berenang Selaras Di Kanal Hida-Furokawa Dari lifetoreset.wordpress.com

Gambar Ikan Koi Jepang Berenang Selaras Di Kanal Hida-Furokawa
Ikan Koi Jepang Berenang Selaras Di Kanal Hida-Furokawa Dari lifetoreset.wordpress.com

Gambar Ikan Koi Jepang Berenang Selaras Di Kanal Hida-Furokawa
Gambar Ikan Koi Jepang Berenang Selaras Di Kanal Hida-Furokawa Dari lifetoreset.wordpress.com

Gambar Ikan Koi Jepang Berenang Selaras Di Kanal Hida-Furokawa
Gambar Ikan Koi Jepang Berenang Selaras Di Kanal Hida-Furokawa Dari lifetoreset.wordpress.com
Nah.....gimana sahabat unik bukan ikan koi jepang ini, Gimana ya kalau got atau selokan atau kanal kanal di kita bisa seperti di Hida-Furokawa, pastinya asri banget ya.

Saturday, 11 March 2017

Jenis Jenis Ikan Tuna Dan Gambarnya Paling Lengkap

Jenis Ikan Tuna, majalahikan.com | Salah satu ciri ciri yang paling umum ikan tuna adalah ikan yang hidup di perairan air laut yang tidak terlalu dekat dengan dasar laut atau dengan kata lain zona pelagik. Sedangkan ciri ciri khususnya adalah daging ikan tua berwarna merah, karena otot otot ikan tuna banyak mengandung myoglobin. Daging ikan tuna ini kandungan gizinya lengkap, sehingga manfaat ikan tuna untuk kesehatan bisa kita kita dapatkan bila mengkonsumsinya sesuai porsi yang dianjurkan dan tentunya dengan cara memasak ikan tuna yang benar. Akan tetapi, harga ikan tuna ini sedikit lebih mahal dibanding jenis ikan konsumsi lainya, terlebih tuna sirip biru Atlantik. Bahkan jenis ikan tuna sirip biru sangat mahal di Negara Jepang, karena menjadi hidangan utama sushi dan samhimi.

Gambar Jenis Ikan Tuna
Gambar-nya cbc.ca
48 spesies ikan tuna bahkan lebih tersebar di lautan, dan salah satunya adalah ikan tongkol. walaupun ikan tongkol masuk dalam jenis ikan tuna karena sama sama dari famili Skombride dalam klasifikasinya, akan tetapi perbedaan ikan tuna dan ikan tongkol adalah pada marganya.

Jika ikan tuna masuk dalam marga Thunnini sedangkan ikan tongkol masuk dalam marga Euthynnus. Ada juga dari marga lain yang juga dimasukan dalam jenis ikan tuna, yakni ikan cengkalang.

Berikut ini adalah ulasan khusus untuk sahabat yang ingin tau semua jenis ikan tuna yang telah teridentifikasi.

Jenis Jenis Ikan Tuna Dan Gambarnya Paling Lengkap


Seperti penjelasan sekilas di atas, spesies ikan tuna sendiri lebih dari 48, dan ke 48 spesies ikan tuna ini dari family yang sama akan tetapi berbeda marga dalam klasifikasinya. Untuk yang pertama, majalah ikan mencoba berbagi jenis ikan tuna dari marga Thunnus dulu, yang jumlahnya ada 9 spesies.

Jenis Jenis Ikan Tuna Dan Gambarnya Dari Marga Thunnus

  • Ikan Tuna Albakora ( Thunnus alalunga )
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Yang pertama dari jenis ikan tuna adalah Ikan Tuna Albakora, daging ikan tuna yang satu ini tidaklah merah, melainkan putih seperti kebanyakan jenis ikan konsumsi lainya.

Di Indonesia sendiri banyak sekali sebutan untuk ikan tuna albakora ini, seperti misalnya tuna albakora, albakor, tuna jabrig, madidiang albakoro, suree, aji-aji, trakulu, kwandang, cucut jenggot, albi, tombo ahi, binnaga, albakora pasifik, bonito jerman, sirip panjang, tuna sirip panjang dan bahkan hanya di sebut dengan tuna saja.

Nama latin ikan tuna albakora adalah Thunnus alalunga

Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan nama Albacore Fish, AĂĄhi Taria, Bastard Albacore, Bonito, Langvin Tuna, Long-finned Tuna, Longfin Tuna, Long-fin Tunny, Longfin Tunny, Tuna, Albacore

Sedangkan dalam bahasa Prancis disebut dengan nama Ara Lunga, Bonette, Germon, Germon Atlantique. Untuk Spainish atau spanyol memanggil ikan tuna Albakora dengan nama Alalunga, Albacora, AtĂșn, AtĂșn Aleta Larga, AtĂșn Blanco, AtĂșn de Aleta Larga, Bonito del Norte, Sierra.

Untuk menangkap ikan tuna Albakora ini di laut lepas menggunakan berbagai cara, seperti misalnya dipancing, trol, pukat, rawai dan juga populer sebagai target penangkapan ikan rekreasi.

Sedangkan statusnya dalam daftar IUCN adalah Near Threatened atau hampir terancam punah.

  • Ikan Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares)
Gambar-nya  rodfishingclub.com
Yang kedua dari jenis ikan tuna adalah ikan tuna sirip kuning, ikan tuna sairip kuning juga populer dengan nama Madidihang. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Yellowfin Tuna, Yellowfinned Albacore, Allison's Tuna, Pacific Long-tailed Tuna.

Sedangkan dalam bahasa Spainsh atau Spanyol disebut dengan nama  Albacora, Aleta Amarilla. Untuk bahasa French atau Prancis menyebutnya Albacore, Grand Fouet, Thon Jaune.

Nama latin ikan tuna sirip kuning adalah Thunnus albacares, yang dalam daftar IUCN berstatus hampir terancam ( Near Threatened )

Ikan tuna sirip kuning adalah ikan laut dari famili Scombridae yang hidupnya mengembara di lautan tropika dan juga ugahari yang ada di dunia. Ikan tuna sirip kuning ini adalah salah satu jenis ikan tuna terbesar ke tiga setelah ikan tuna sirip biru dan ikan tuna mata besar.

Pada umumnya ikan tuna sirip kuning ini memilki ukuran 150 cm. Dan bentuk tubuhnya layaknya terpedo.

  • Ikan Tuna Sirip Hitam (Thunnus atlanticus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Sirip Hitam (Thunnus atlanticus)
Gambar-nya ncfishes.com

Yang ketiga dar jenis ikan tuna adalah Ikan Tuna Sirip Hitam, nama latin atau nama ilmiah dari ikan ikan tuna sirip hitam adalah Thunnus atlanticus. Dalam bahasa Inggris disebut dengan Blackfin Tuna, Deep-bodied Tunny, Albacore.

Sedangkan dalam bahasa French disebut dengan nama Thon Noir, Bonite, Bonite Noire, Giromon, Petit Thon, Thon Ă  Nageoires Noires, Thon Nuit.

Untuk bahasa Spanish nama nama yang di sandangnya adalah Albacora, AtĂșn, Atun Aleta Negra, AtĂșn Aleta Negra, AtĂșn AtlĂĄntico, AtĂșn des Aletas Negras, Falsa Albacora.

Dari semua jenis ikan tuna, ikan tuna sirip hitam adalah yang paling kecil, ukuranya hanya 1 m saja saat sudah dewasa, sedangkan beratnya hanya 21 kg. Dan hanya hidup dalam waktu 5 tahun saja.

Ikan tuna sirip hitam adalah ikan pemangsa dan berburu secara berkelompok, yang mana pada umumnya berburu cumi cumi,  krustasea seperti udang, kepiting, amfipoda, stomatopoda, dan larva dekapoda.

Dalam daftar IUCN, ikan tuna sirip hitam berstatus bimbang (Least Concern)

  • Ikan Tuna Sirip Biru Selatan (Thunnus maccoyii)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Sirip Biru Selatan (Thunnus maccoyii)
Gambar-nya scistand.com
Yang ke empat dari jenis jenis ikan tuna dalam marga thunus adalah ikan tuna sirip biru selatan. Ciri ciri ikan tuna sirip biru selatan ini tubuhnya memanjang seperti terpedo, siripnya langsing dan juga pendek. Seluruh tubuhnya dilapisi sisik yang kecil.

Untuk warnanya, ikan tuna sirip biru selatan ini
punggung-hitam kebiruan
bawah tubuh-putih keperakan
sirip ekor ikan dewasa-kuning terang
sirip dada 1-abu abu dan sedikit kuning
sirip dada 2-merah kecoklatan
sirip sirip kecil-kuning dengan tepi gelap

Ikan tuna sirip biru selatan adalah ikan laut yang ukuranya besar, panjangnya bisa mencapai 25 m sedangkan beratnya 260 kg.

Statusnya dalam daftar IUCN adalah Critically Endangered atau terancam punah.

Nama latin ikan tuna sirip biru selatan adalah Thunnus maccoyii, dalam bahasa inggris disebut Southern Bluefin Tuna. Dalam bahasa Spanish disebut Aleta Azul del Sur, AtĂșn Rojo del Sur dan dalam bahasa French disebut Thon Rouge du Sud.

  • Ikan Tuna Mata Besar (Thunnus obesus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Mata Besar (Thunnus obesus)
Gambar-nya omap.africanmarineatlas.org
Yang ke lima dari jenis ikan tuna dari marga thunnus adalah Ikan tuna mata besar. Jenis ikan tuna ini bisa di jumpai di hampir semua perairan terbuka samudra dan iklim sedang. Di perairan Indonesia  sendiri bisa ditemukan di  Laut Banda, Laut Flores, Laut Sulawesi, Samudra Hindia, perairan di utara Papua (Samudra Pasifik).

Nama latin ikan tuna mata besar adalah (Thunnus obesus), sedangkan dalam bahasa inggris disebut dengan Bigeye Tuna. Untuk bahasa spanyolnya AtĂșn Ojo Grande, Patudo. Sedangkan dalam bahasa prancisnya Thon Gros Yeux, Thon aux Gros Yeux, Thon aux Grands Yeux.

Sedangkan di Indonesia ikan tuna mata besar juga dikenal dengan nama tuna mata lebar, tuna mata belo, sisiak bonta, bet, jabrig, bungkulis, atau kadang disebut tuna saja.

Pada umumnya panjang ikan tuna mata besar 60 hingga 180 cm, akan tetapi ukuran terbesarnya mencapai 236 cm.

Seperti ikan tuna lainya, tuna mata besar juga ikan predator yang pada umumnya memangsa cumi cumi, krustacea dan juga ikan.

Sedangkan ikan yang memangsa ikan tuna mata besar ini adalah ikan paus bergigi dan ikan sutuhuk.

Ikan tuna mata besar ini statusnya terancam punah (Vulnerable) dalam daftar IUCN.

  • Ikan Tuna Sirip Biru Pasifik (Thunnus orientalis)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna sirip Biru Pasifik (Thunnus orientalis)
Gambar-nya montereybayaquarium.org
Ikan Tuna sirip Biru Pasifik juga termasuk salah satu jenis ikan tuna yang statusnya terancam punah, ini terbukti dengan seperti yang digambarkan  International Union for Conservation of Nature and Natural Resources ( IUCN ) yang di tulis Vulnerable dalam daftarnya.

Akan tetapi Program Pengawasan Boga Bahari Aquarium Teluk Monterey telah menempatkan semua tuna ke dalam daftar "Hindari".

Nama latin Ikan Tuna Sirip Biru Pasifik adalah (Thunnus orientalis), sedangkan nama dalam bahasa inggris Pacific Bluefin Tuna. Untuk bahasa Prancis menyebut ikan tuna ini dengan nama Thon Rouge, Thon Bleu du Pacifique dan dalam bahasa Spanyol disebut AtĂșn Aleta Azul del PacĂ­fico, AtĂșn CimarrĂłn.

Ikan Tuna sirip Biru Pasifik ini selain menghuni samudra pasifik utara, juga terkadang bermigrasi hingga samudra pasifik selatan.

Ikan Tuna sirip Biru Pasifik juga ikan predator yang panjangnya bisa mencapi 3 m atau 300 cm, dengan mencapai berat sekitar 450 kg.

  • Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik (Thunnus thynnus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik (Thunnus thynnus)
Gambar-nya adlayasanimals.wordpress.com
Yang ke tujuh dari jenis ikan tuna dari marga Thunnus adalah Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik, atau juga disebut Ikan Tuna Sirip Biru Utara. Ikan tuna sirip biru Antlantik ini nama latin atau ilmiahnya adalah (Thunnus thynnus).

Dalam bahasa inggris disebut dengan Atlantic Bluefin Tuna, sedangkan dalam bahasa prancis disebut dengan Thon Rouge de l'Atlantique, untuk spanyol menyebutnya AtĂșn Aleta Azul.

Ikan Tuna Sirip Biru Atlantik ini adalah ikan konsumsi yang yang sebagi bahan untuk makanan sushi dan sashimi, untuk itu, tuna yang satu ini sangat mahal harganya di negara Jepang.

Ribuan ton setiap tahunya untuk penangkapan ikan tuna sirip biru Antlantik ini, hingga IUCN memasukanya ke dalam daftar ( Endangered ) atau terancam punah.
 
  • Ikan Tongkol Abu-Abu (Thunnus tonggol)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tongkol Abu-Abu (Thunnus tonggol)
Gambar-nya rodfishingclub.com
Yang ke delapan dari jenis ikan tuna dari marga tunnus adalah Ikan Tongkol Abu-Abu. Ikan tongkol abu abu ini ukuran panjangnya bisa mencapai 145 cm dengan berat 359 kg. Ciri ciri ikan tonkol abu abu ini memiliki bandan yang ramping dibandingkan dengan ikan tuna yang lainya, selain itu sirip dadanya pendek.

Ikan tongkol abu abu ini persebaranya meliputi perairan tropis dan ugahari Indo-Pasifik barat.

Nama latin ikan toongkol abu abu ini adalah (Thunnus tonggol), sedangkan dalam bahasa inggris disebut Longtail Tuna, untuk bahasa prncis Thon Mignon dan untuk bahasa spanyol AtĂșn Tongol.

Untuk bahasa  Australia disebut Northern bluefin tuna, kata Northern ini dimaksutkan agar tidak ada kekeliruan dengan Tuna sirip biru selatan / Southern bluefin tuna (Thunnus maccoyi). Akan tetapi malah menjadi kebingungan dengan ikan tuna sirip biru Atlantik ( Thunnus thynnus ).

Status ikan tongkol abu abu di laut lepas masih membingungkan, untuk itu IUCN menetapkan dalam listnya Data Deficient ( Data Kurang ).

  • Ikan Tuna Karasik (Thunnus Karasicus)
- ---------

Jenis Jenis Ikan Tuna Yang Bukan Dari Marga Tunnus Dan Gambarnya


  • Ikan Tuna Ramping / Tuna Slender (Allothunnus fallai)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Ikan Tuna Ramping/Tuna Slender (Allothunnus fallai)
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Jenis ikan tuna yang bukan dari marga Thunnus yang pertama adalah Ikan tuna ramping atau dalam bahasa inggris disebut dengan Tuna Slender. Ikan tuna ramping ini adalah jenis ikan tuna satu satunya yang dari marga atau genus Allothunnus.

Tuna ramping ini dalam bahasa prancis disebut Thon Ă©lĂ©gant, sedangkan dalam bahasa spanyol disebut AtĂșn LanzĂłn.

Ikan tuna ramping dapat dijumpai di seluruh dunia di laut selatan antara garis lintang 20 ° dan 50 ° Selatan.

Panjangnya bisa mencapai satu meter. Ikan tuna ramping ini dalam daftar IUCN berstatus Least Concern ( bimbang ).

  • Ikan Tongkol lisong atau lisong (Auxis rochei)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Tongkol lisong atau lisong (Auxis rochei)
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Jenis ikan tuna yang bukan dari marga Thunnus selanjutnya adalah Ikan tongkol lisong. Tongkol lisong ini adalah jenis ikan tuna yang ukuranya kecil, rata rata hanya mencapai 35 cm, akan tetapi dapat tumbuh maksimal dengan panjang 40 cm.

Dalam bahasa inggris ikan tongkol lisong ini disebut Bullet tuna atau Bullet mackerel, karena bentuk tubuhnya mirip dengan terpedo. Terkadang juga disebut dengan Firgate Tuna, Frigate Mackerel, Frigate Tuna, Long Corseletted Frigate Mackerel, Bullet-tuna.

Sedangkan dalam bahasa prancis disebut dengan Bonitou, Auxide, untuk bahasa spanyolya adalah Barrilete Negro, Bonito, Botellita, Melva, Melva Aleticorto, Melvera, Sanguzo.

Nama latin ikan tongkol lisong ini adalah Auxis rochei, yang dalam daftar IUCN berstatus Least Concern ( bimbang ).

  • Auxis tongolis
-------
  • Ikan Tongkol Krai ( Auxis thazard )
Gambar Jenis Ikan Tuna-Auxis thazard
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Tongkol Krai adalah jenis ikan tuna yang juga bukan dari marga Thunnus, yang mana ikan ini kerabat dekat yang serupa dengan Tongkol lisong (Auxis rochei).

Status ikan tongkol krai ini dalam daftar IUCN adalah bimbang (Least Concern)
  • Ikan Tongkol, Tongkol como, Tongkol komo, atau Tongkol kurik (Euthynnus affinis)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Tongkol, tongkol como, tongkol komo, atau tongkol kurik (Euthynnus affinis)
Gambar-nya wikiwand.com
Ikan tongkol juga termasuk jenis ikan tuna yang dari marga Euthynnus, jadi perbedaan ikan tuna dan ikan tongkol adalah yang pertama dari marganya dan juga ukuranya serta habibitatnya.

Panjang maksimal ikan tongkol adalah 1 m, akan tetapi rata rata panjangnya hanya 60 cm. Ikan tongkol ini menyebar di kawasan Indo-Pasifik Barat.

  • Tuna kecil (Euthynnus alletteratus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Tuna kecil (Euthynnus alletteratus)
Gambar-nya commons.wikimedia.org
Tuna kecil (Euthynnus alletteratus) adalah jenis ikan tuna yang paling umum ditemukan di Samudera Atlantik.
  • Tongkol hitam (Euthynnus lineatus)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Tongkol hitam (Euthynnus lineatus)
Gambar-nya srelherp.uga.edu
Tongkol hitam (Euthynnus lineatus) adalah jenis ikan tuna dari marga Euthynnus dan dari suku Thunnini, ikan ini tersebar di Timur tropis Pasifik dari San Simeon, California ke Peru utara dan Kepulauan Galapagos.

Dalam bahasa inggris disebut dengan Black Skipjack, sedangkan dalam bahasa prancis disebut Bonito Negro, AtĂșn Patiseca, Barrilete Negro, Bonito, Macarela, Negra, Pataseca, Patiseca. Untuk bahasa spanyol menyebutnya Thonine Noire.

Nama latin Tongkol hitam adalah (Euthynnus lineatus) dan dalam daftar IUCN berstatus bimbang ( Least Concern )

  • Ikan Tuna gigi anjing / Dogtooth tuna (Gymnosarda unicolor)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Dogtooth tuna (Gymnosarda unicolor)
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Ikan Tuna gigi anjing atau juga disebut dengan ikan tuna putih, adalah jenis ikan tuna dari marga Gymnosardaunicolor.

Ikan Tuna gigi anjing tersebar luas di perairan tropis Indo-Pasifik wilayah dari pantai timur Afrika , Laut Merah termasuk, untuk Polinesia Prancis dan pulau-pulau samudra dari Samudera Pasifik ( Hawaii dikecualikan), utara ke Jepang , ke selatan ke Australia.

Panjang maksimalnya 190 hingga 248 cm, akan tetapi rata rata hanya 40 hingga 120 cm. Statusnya dalam daftar IUCN adalah bimbang ( Least Concern )
  • Cakalang (Katsuwonus pelamis)
Gambar Jenis Ikan Tuna-Cakalang (Katsuwonus pelamis)
Gambar-nya fishesofaustralia.net.au
Ikan cakalan atau juga dikenal dengan nama nama cakalan, cakang, kausa, kambojo, karamojo, turingan, dan ada pula yang menyebutnya tongkol. Ikan cakalan ini juga termasuk dari jenis ikan tuna yang dari genus Katsuwonus. Sedangkan dalam bahasa inggris disebut dengan skipjack tuna.

Panjang maksimalnya hanya 1 m, sedangkan kebanyakan yang pernah ditangkap hanya berukuran 50 cm.
Nah itulah jenis ikan tuna yang bisa majalah ikan bagikan pada sahabat semua, jika ada yang salah dalam penulisan nama latin atau apa misalnya, tolong sahabat berkomentar di kolom komentar ya.