BTemplates.com

Lengkapi Ikan Hias Sahabat Dengan Memelihara Salah Satu Dari Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids

Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids, majalahikan.com | Setelah sahabat melihat jenis jenis ikan cichids dari jenis peacock dalam tulisan sebelumnya yang berjudul 5 Ikan cichlid Afrika Dari Jenis African Cichlids Peacock Malawi. Sekarang mari kita lihat jenis ikan cichlid dari jenis Mbuna atau Zebra Cichlid.

Ada 8 Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids, yuk langsung simak keindahan dan cara merawat ikan hias dari Afrika ini.

8 Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids


1.Blue Daktari ( Pseudotropheus sp )

Gambar Blue Daktari ( Pseudotropheus sp ) - Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids
Sumber Gambar https://www.aqvium.ru
Di habitat asalnya Danau Malawi, ikan ini mendiami daerah yang berbatu. Untuk ikan jantan memiliki warna kuning cerah dengan polesan sedikit warna biru. Sedangkan untuk ikan yang betina warnanya merah muda.

Dari semua jenis ikan cichlid mbuna yang ada, ikan ini termasuk yang berukuran kecil, akan tetapi memanjang. Di alam bebas ikan ini bisa mencapai 10 cm panjangnya untuk ikan jantan, sedangkan untuk betina lebih kecil, yakni hanya berkisar di 8 cm.

Untuk merawat ikan ini di akuarium, sebaiknya sediakan media atau subtrat sama layaknya ketika ikan ini hidup di alam bebas, seperti misalnya gua gua sebagai tempat persembunyian. Dan jika ingin mencampur dengan ikan hias lain sebaiknya yang dari jenis ikan cichlid.

2. Bumblebee Mouthbrooder ( Pseudotropheus crabro )

Gambar Bumblebee Mouthbrooder ( Pseudotropheus crabro )-Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids

Bumblebee Mouthbrooder ( Pseudotropheus crabro ) juga ditemukan di Danau Malawi, akan tetapi pada umumnya menempati daerah gua gua atau batu  batuan besar. Bumblebee ini ukuranya lebih besar dari pada Blue Daktari, di alam bebas bisa mencapai 22, 86 cm. Warnanya sangat cantik, yakni belang kuning dan sesuai dengan namanya yakni hewan lebah ( Bumblebee ).

Untuk merawat ikan hias cantik dari Danau Malawi ini, sebaiknya 1 jantan dengan beberapa betina untuk satu akuarium.

3. Demasoni Cichlid ( Pseudotropheus demasoni )
Gambar Demasoni Cichlid ( Pseudotropheus demasoni )-Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids
Sumber Gambar http://www.greenfishindonesia.com
Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids selanjutnya adalah Demasoni Cichlid ( Pseudotropheus demasoni ), Ciri ciri dari ikan endemik Danau Malawi ini adalah garis hitam vertikal yang diselingi dengan warna biru muda ke putih. Hampir sama dengan Blue Daktari, ukuran maksimalnya di alam bebas hanya 10 cm.

Sebaiknya hati hati ketika merawatnya, karena ketika ikan ini dalam keadaan stres akan memudar warnanya dan cenderung bersembunyi di area yang aman.

4. Kenyi Cichlid ( Maylandia lombardoi )
Gambar Kenyi Cichlid ( Maylandia lombardoi )-Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids
Sumber Gambar bioLib.cz

Kenyi Cichlid adalah nama populer ikan hias Cichlid Danau Malawi ini, tepatnya ditemukan di Pulau Mbenji. Ikan cichlid yang satu ini terdaftar di IUCN yang statusnya adalah rentan.

5. Pseudotropheus Barlowi ( Maylandia barlowi )
Gambar Pseudotropheus Barlowi ( Maylandia barlowi )-Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids
Sumber Gambar http://www.cichlidae-acuarios.com
Ikan cichlid Dari Danau malawi yang satu ini juga terdaftar di IUCN yang statusnya adalah bimbang. Di alam bebas ikan ini panjangnya bisa mencapai 8,1 cm. Dan pada umumnya ditemukan di Kepulauan Maleri.

6. Pseudotropheus Ice Blue ( Maylandia greshakei )
Gambar Pseudotropheus Ice Blue ( Maylandia greshakei )-Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids
Sumber Gambar http://www.malawicichlidhomepage.com
Pseudotropheus Ice Blue adalah ikan cichlid yang mendiami selatan pulau Boadzulu di terumbu karang di bagian tenggara Afrika Timur Malawi. Jenis cichlid ini adalah spesies dari genus Maylandia dan nama populernya di dunia ikan hias adalah Alfons Greshake.

Ikan Cichild ini hampir semua warnanya adalah biru ke abu abu, kecuali sirip dorsal ( oranye ) dan sirip anal ( transparan ).

Dan juga termasuk ikan cichlid yang terdaftar di IUCN yang statusnya adalah rentan.

7. Red Zebra ( Maylandia estherae )
Gambar Red Zebra ( Maylandia estherae )-Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids
Sumber Gambar http://www.henryhartley.com
Meskipun namanya Red Zebra, akan tetapi ikan cichlid malawi ini juga memiliki garis garis biru, terkadang untuk jantan juga ada garis garis kemerahan. Untuk betina bisa mencapai ukuran 10 cm, sedangkan untuk ikan jantan 12,7 cm.

Untuk merawatnya di akuarium dibutukan subtrat seperti misalnya kerikil, karena ikan cichlid ini sering memindah mindahkan kerikil untuk membuat sarangnya. Selain itu, sebaiknya teman seakuariumnya juga dari jenis ikan cichlid.

Ikan ciclhid Red Zebra ini juga terdaftar di IUCN yang berstatus rentan.

8. Tropheops Red Cheek ( Pseudotropheus tropheops tropheops )
Gambar Tropheops Red Cheek ( Pseudotropheus tropheops tropheops )-Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids
Sumber Gambar https://www.youtube.com
Yang terakhir dari Jenis Ikan Cichlid Afrika Malawi Zebra Cichlids Atau Mbuna Cichlids adalah Tropheops Red Cheek, yang pada umumnya mendiami subtrat berbatu. Panjang ikan ciclhid ini bisa mencapai 14 cm.

Semoga menambah kecintaan kita akan ikan hias.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel