Saturday, 11 February 2017

Kalau Tak Mau Ikan Cupang Sahabat Seperti Gambar Ini, Maka Jangan Tinggalkan 2 Syarat Mutlak Berikut Ini


Kalau Tak Mau Ikan Cupang Sahabat Seperti Gambar Ini, Maka Jangan Tinggalkan 2 Syarat Mutlak Berikut Ini, majalahikan.com | Kenapa ikan cupang mati, padahal umur masih relatif muda? Yang jelas, cupang kondisinya kurang baik atau bisa dibilang tidak sehat, sudah tidak sehat masih saja terkadang kita tidak mengetahuinya.

Gambar Ikan Cupang Mati Karena Penyakit
Ikan Cupang Mati Karena Kualitas Air Yang Buruk

Ada banyak sekali jenis jenis penyakit ikan cupang yang bisa menyerang ikan cupang kesayangan kita, dan bila terlambat mengobatinya tentunya akan mengakibatkan kematian. Sebelum itu terjadi, coba sekarang perhatikan ikan cupang sahabat, adakah tanda tanda ikan hias cupang sahabat sakit?

Untuk mengetahui ciri ciri ikan cupang sakit silahkan lihat : Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya.

Pertanyaanya kenapa mati?, jawabanya karena sakit dan kenapa sakit? jawabanya ada dua kemungkinan.

1. Makanan Yang Diberikan
2. Kualitas Airnya Buruk

Kita lihat yang pertama, pakan yang diberikan kenapa bisa berpengaruh bagi kesehatan ikan cupang kesayangan sahabat.

Jika pakan yang sahabat berikan pada ikan cupang berupa pelet dan nggak pernah di selang seling ( bervariasi ) maka ujung ujungnya si cupang sahabat akan turun nafsu makanya.

Dan ketika cupang sahabat mengalami penurunan nafsu makan, maka ia akan kurus dan akhirnya sakit karena kebutuhan nutrisinya tidak sepenuhnya terpenuhi. Terlebih sebenarnya ikan cupang adalah ikan pemangsa atau ikan predator ( memangsa jentik nyamuk ) dan hewan kecil lainya. Dan itu berpengaruh pada nalurinya ketika terus terusan diberi pakan pelet.

Terkadang kita sendiri lupa menutup pelet yang diberikan pada ikan cupang, hingga akhirnya pelet yang diberikan tidak lagi kering ( lembab karena suhu ), dan pada umumnya jika sudah begitu pelet berjamuran.

Untuk itu, agar kondisi ikan cupang sahabat sehat hingga ketika mati-pun dalam keadaan sudah berumur ( tua ). Maka, berikan pakan yang berkualitas.

Pakan untuk ikan cupang yang berkualitas itu artinya pakan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya, dalam hal ini berilah ikan cupang sahabat pakan alami seperti misalnya cuk ( jentik nyamuk ), cacing sutra, kutu air dan yang lainya yang divariasikan dengan pelet.

Ingat juga, setelah memberikan pakan berupa pelet, tutup rapat rapat ya agar tidak jamuran.

Yang kedua kenapa ikan cupang sahabat mati dikarenakan penyakit, alasanya adalah karena kualitas air yang tidak bagus.

Ini adalah yang paling harus sahabat perhatikan, karena terciptanya semua penyakit pada ikan hias air tawar adalah dari kualitas air yang tidak sehat.

Untuk itu rajinlah dalam membuat kondisi air sehat untuk ikan cupang sahabat dengan cara menggantinya dengan terjadwal.

Idealnya untuk menciptakan lingkungan sehat ( air ) pada ikan cupang sahabat, gantilah semua air setiap satu minggu sekali dan lebih sehatnya lagi setiap dua hari sekali gantilah sebagian airnya.

Sedangkan ikan cupang yang wadahnya kecil ( botol ) sebaiknya ganti sebagian air setiap hari.

Penggantian air secara rutin ini tidak hanya menjadikan ikan cupang sahabat sehat, juga akan menjadikan warna ikan cupang tetap cerah.

Akan tetapi, bagi sahabat yang hidup di perkotaan yang airnya menggunakan air PDAM, sebaiknya didiamkan terlebih dahulu ya, agar zat zat yang membahayakan si cupang mengendap.

Kedua syarat ini mutlak harus terpenuhi jika ingin cupang sahabat awet hingga usianya tua. Oh ya, siapa yang tau berapa usia ikan cupang silahkan share di kolom komentar ya, dan akan di muat di blog majalah ikan.

Sebenarnya dalam  merawat ikan cupang yang baik agar sehat tidak hanya kedua syarat tersebut yang wajib dilakukan, masih banyak lagi. Akan tetapi, mungkin diantara semuanya yang paling penting adalah pola pemberian pakan dan kualitas air.

Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua