Friday, 24 February 2017

Benarkah Ikan Sumatra Itu Ikan Hias Galak Dan Suka Menggigit Ikan Yang Lain? Lalu Bagaimana Cara Membuatnya Agar Tidak Usil?



Ikan Sumatra Adalah Ikan Hias Galak
Sumber Gambar wikihow.com

Ikan Hias Galak, majalahikan.com | Ikan hias adalah jenis ikan baik yang hidup di air laut ataupun hidup di air tawar yang dipelihara dengan tujuan bukan untuk dikonsumsi, melainkan untuk membuat suasana ruangan atau taman semakin indah.

Baik jenis ikan hias air tawar maupun ikan hias laut, tentunya akan semakin asyik ketika ada berbagai jenis ikan di dalam aquarium, akan tetapi tidak semua jenis ikan hias itu bisa disatukan di aquarium.

Itu karena ikan memiliki karakter yang berbeda beda, seperti misalnya ikan yang bersifat damai, agresif / galak, teritorial, bahkan bersifat pemangsa. Untuk itu, jika sahabat ingin mengisi aquarium dengan banyak jenis ikan yang berbeda, sebaiknya ketahui dahulu sifat sifat ikan yang akan sahabat pelihara.

Setelah sahabat tau tingkah laku ikan ikan yang menjadi pilihan sahabat, walaupun pada dasarnya mereka akan sulit untuk disatukan. akan tetapi, sahabat tetap ingin memeliharanya bersama, maka sahabat bisa mensiasatinya.


Seperti yang akan majalah ikan jelaskan salah satu jeis ikan hias asli Indonesia ini, yakni ikan sumatara. Ikan sumatra ini dalam bahasa inggris disebut sumatra barb atau tiger barb. Yang mana sifatnya lincah dan populer suka menggigit ikan hias lain, terutama ikan yang memiliki sirip panjang.

Lalu apakah ikan hias galak sumatra ini tetap bisa dicampur dengan ikan hias lain dalam satu aquarium? yuk .....lihat penjelasan berikut ini.

Cara Mensiasati Ikan Hias Galak Sumatra Agar Bisa Akur Seakuarium Dengan Ikan Hias Lain

Ikan Hias Galak Dan Ikan Lain Dalam Satu Akuarium
Sumber Gambar ratemyfishtank.com


Pada dasarnya ikan sumatra adalah ikan hias yang mudah sekali perawatanya, itu karena dihabitat asalnya, ikan sumatra ini ditemukan di sungai sungai yang arusnya sedang dan juga dangkal, baik air jernih maupun keruh. Selain itu, ikan sumatra juga ditemukan di rawa rawa, itu artinya ikan sumatra ini mampu mentolelir kondisi air.

Selain mudah dipelihara, ikan sumatra ini memiliki corak yang cantik yakni warna dasar kuning dan 4 buah garis hitam vertikal, dan sedikit merah muda pada sirip siripnya serta mulutnya. Ada juga ikan sumatra yang berwarna hijau dan juga albino.

Kecantikan warna ikan hias sumatra ini akan semakin menambah estetika aquarium sahabat, terlebih jika dipelihara ramai ramai dengan ikan hias yang juga memiliki warna warna indah.

Akan tetapi ikan sumatra ini di kalangan hobiis ikan hias mashur dengan kegresifanya yang suka mengganggu ikan hias lain, bahkan tak tanggung tanggung ikan sumatra ini menggigit sirip.

Itu memang benar adanya, akan tetapi sahabat sebenarnya tetap bisa memelihara dan merawat ikan hias galak ini dengan ikan lain yang bersifat damai, bahkan yang bersirip panjang.

Caranya dengan memelihara ikan sumatra dalam jumlah besar ( kelompok ), minimal 5 ekor. Itu adalah cara mengendalikan agrsifitas si ikan sumatra agar tidak mengganggu ikan yang kurang gesit dan juga lemah.

Tambahan : Karena ikan sumatra ini adalah ikan yang gesit sekali dalam berenang, maka sebaiknya carilah teman yang sesuai dengan karakternya.

1 comments :

  1. Salah satu ikan hias populer yang habitatnya asli dari perairan tawar kita

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua