Monday, 6 February 2017

Bagi Hobiis Pemula Jangan Coba Coba Untuk Memelihara, Untuk Hobiis Berpengalaman Mohon Sedikit Hati Hati Dalam merawat Ikan Silver Scat Ya



Bagi Hobiis Pemula Jangan Coba Coba Untuk Memelihara, Untuk Hobiis Berpengalaman Mohon Sedikit Hati Hati Dalam merawat Ikan Silver Scat Ya, majalahikan.com | Salah satu dari ikan hias yang cantik nan indah karena warna perak bermotif garis garis vertikal dan diakhiri dengan motif tutul tutul dan juga populer di kalangan hobiis ikan hias adalah ikan silver scat.

Gambar Ikan Silver Scat
Sumber Gambar http://fishesofaustralia.net.au

Ikan hias yang satu ini dibutuhkan ketrampilan yang memadai ketika ingin merawatnya, itu karena ikan hias yang berasal dari Samudra Pasifik India dan Barat ini termasuk jenis ikan air tawar, meskipun sebenarnya ikan silver scat ini adalah jenis ikan air payau.

Untuk memeliharanya di akuarium air tawar, dibutuhkan keakuratan yang tepat dengan tambahan garam, admin sendiri kurang begitu yakin dengan cara merawat ikan hias ini di akuarium air tawar hanya dengan menambahkan garam, atau memang harus asli dengan air payau.

Yang jelas, untuk hobiis pemula alangkah lebih baiknya untuk tidak mencoba merawatnya terlebih dahulu. Karena, selain dibutuhkan keakuratan, tentunya merawat ikan ini dibutuhkan tambahan biaya. Jika memamg benar harus air payau, tentunya pemeliharaan hampir sama dengan ikan hias air laut ( butuh biaya lebih ). Lebih baik pilih jenis ikan hias yang mudah dipelihara terlebih dahulu.

Bagi hobiis yang berpengalaman, sabaiknya juga hati hati dengan ikan hias yang satu ini, pasalnya pada siripnya yang runcing tersebut ada racun, yang bila tidak hati hati racun tersebut bisa mengakibatkan bengkak jika terkana olehnya.

Gambar Sirip Beracun Ikan Silver Scat
Sumber Gambar thejump.net

Walaupun demikian bagi hobiis pemula atau kawakan, bukan berarti harus menjauh dan tidak mencoba untuk memiliki ikan hias yang cantik ini. Karena, jika sahabat berhasil memeliharanya dengan baik, ikan silver scat ini bisa hidup hingga 20 tahun lho, itu berarti kalian bisa curhat ama tu ikan hias tiap hari 😁😁.

Masak sih bisa hidup segitu lamanya? beneran....ndak percaya? berikut adalah keteranganya!!!!.

Ikan Silver Scat Dan segala Sesuatu Tetangnya


Ikan silver scat atau lebih dikenal dengan nama Spotbanded Scat adalah ikan hias yang memiliki nama latin Selenotoca multifasciata. Persebaran ikan silver scat meliputi Indo-Barat-pasific.
Gambar Peta Persebaran Ikan Silver Scat
Sumber Gambar http://www.discoverlife.org


Nama latin Selenotoca multifasciata adalah dari bahasa Yunani yang pada dasarnya terdiri dari kata skatos yang berarti kotoran dan phagein yang berarti makan.

Ikan yang memiliki postur gepeng ini ukuranya bisa mencapai 40 cm, untuk itu, dibutuhkan akuarium yang ukuranya agak  besaran, kisaran akuariumnya yang bisa menampung air sebanyak 360 liter.

Ikan hias yang mulutnya moncong dan bisa tumbuh hingga 40 cm ini akan lebih baik jika akuarium lebih banyak ruang untuk berenang. Sedikit dekorasi seperti misalnya cabang atau akar juga akan menambah keasrian.

Untuk teman seakuarium denganya sebaiknya hindari ikan yang sejenis. Dan pada umumnya ikan silver scat ini bisa berdampingan dengan ikan sumpit, ikan buntal, ikan mono dan jenis ikan air payau lainya.

Untuk suhu air yang diperlukan dalam merawat dan memelihara ikan silver scat ini, idealnya adalah 23-28 o C (73-82 o F).

Untuk pakan, bisa dibilang ikan silver scat akan melahap apaun jenis pakan berkualitas yang sahabat berikan.

Sedikit bebeda dengan ikan sapu sapu atau ikan pleco dan ikan chinese algae eater yang hanya memakan lumut atau ganggang di akurium, bahkan kotoran yang ada di akuarium bisa saja dimakan oleh silver scat ini. Karena sebab itulah ikan silver scat juga dikenal dengan nama vacuum cleaner akuarium.

Benarkah Ikan Silver Scat Sulit Dipelihara????

Gambar Cara Merawat Ikan Silver Scat
Sumber Gambar tier-fotos.eu


Ketika majalah ikan mencari informasi kesana kemari mengenai cara merawat ikan silver scat ini, majalah ikan sedikit menemukan sesuatu yang mungkin saja bisa terjadi.

Penjelasanya begini, jika ikan ini bisa berdampingan dengan ikan sumpit ( Archer), maka bisa saja ikan silver scat ini dipelihara di akuarium air tawar. Itu karena, ikan sumpit sendiri adalah salah satu jenis ikan air payau yang bisa dipelihara di akuarium air tawar.

Hanya saja, ikan silver scat ini adalah benar benar ikan air payau dan tidak dianjurkan dipelihara di akuarium air tawar dalam jangka panjang.

Yang jelas, ikan silver scat ini berbeda dengan ikan Green Scats (Scatophagus argus). Dan jika dipelihara dengan baik maka ikan ini termasuk ikan hias yang berumur panjang ( 20 tahun lebih ).

nah itulah sedikit penjelasan akan ikan hias air payau yang juga populer dipelihara di akuarium air tawar, yakni ikan silver scat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua