Friday, 6 January 2017

Sertifikat Arwana Golden Red


Sertifikat Arwana Golden Red, majalahikan.com | Apakah sahabat majalah ikan suka dengan ikan arwana golden red dan berencana mau memeliharanya? atau barangkali sahabat sudah merawatnya sejak lama, akan tetapi ingin tau lebih dalam akan ikan yang langka di alam liar dan termasuk ikan hias yang memiliki umur panjang ini?

 Sertifikat Arwana Golden Red
Sumber Gambar http://www.arwanawiki.com

Untuk sahabat yang ingin lebih mendalami ikan arwana golden red ini bisa juga membacanya di tulisan Arwana Golden Red, Profil, Ciri Ciri, Harga Dan Cara Merawatnya, dan bisa langsung skip tulisan yang ini. Akan tetapi, ada banyak hal baru pada tulisan ini yang mungkin belum sahabat ketahui, dan untuk itu alangkah lebih baiknya jika sahabat juga melihatnya.

Untuk sahabat semua yang lagi nyari nyari ikan arwana golden red, tulisan ini akan sangat membantu kalian semua, karena untuk memiliki ikan yang dilindungi ini sahabat harus memiliki juga sertifikat arwana golden red.

Lalu apa itu sertifikat arwana, seperti apa bentuknya, apa kegunaanya dan bagaimana cara mendapatkan sertifikat arwana tersebut?

Sertifikat Arwana (  Sertifikat Arwana Golden Red Dan Super Red )


Sertifikat arwana adalah surat yang di keluarkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya - Departemen Kehutanan yang menyatakan bahwasanya ikan arwana tersebut bukanlah hasil dari tangkapan di alam liar.

Seperti kita ketahui bahwasanya ikan arwana golden red dan super ini merupakan satwa langka yang telah dilindungi oleh pemerintah. Untuk itu, adanya sertifikat ini bertujuan agar perdagangan ikan arwana bisa dikontrol, yang mana akan menjadikan kelangsungan hidupnya tidak punah di alam liar.

Bentuk sertifikat arwana golden red seperti pada gambar di bawah ini

 Contoh Gambar Sertifikat Arwana Golden Red

Ketika di balik


Sertifikat Arwana Golden Red Ketika Di Balik


Lalu kenapa kita harus memilikinya ketika ingin memelihara ikan arwana golden red?

Ada beberapa alasan kenapa sahabat harus memiliki surat yang dikeluarkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya - Departemen Kehutanan ini.

Pertama - Karena ikan arwana adalah ikan yang dilindungi.

Kedua - Karena agar supaya dikemudian hari sahabat tidak mengalami hal hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya kena razia oleh petugas.

Ketiga - Karena sangat rugi jika ikan arwana baik golden red maupaun super red yang tidak memiliki sertifikat, karena ikan arwana yang tidak bersertifikat harganya jauh di bawah ikan arwana yang ada sertifikatnya saat di jual.

Selain itu, dalam lomba atau kontes ikan arwana baik itu kontes lokal maupun internasional sertifikat beserta chipnya sangatlah dibutuhkan.

Iya juga ya........

Lalu bagaimana cara mendapatkan sertifikat arwana tersebut?

Pada umumnya ikan arwana yang dilidungi ini dijual bersamaan dengan sertifikat dan chipnya. Meskipun banyak juga ikan arwana yang beredar dipasaran tanpa adanya sertifikat.

Ikan arwana yang berserta sertifikatnya biasanya berasal dari breder atau pembudidaya skala besar, sedangkan ikan arwana yang tidak bersertifikat pada umumnya dari pembudidaya skala kecil.

Untuk itu, sayogyanya jika sahabat berencana untuk memiliki ikan arwana hanya untuk sekedar hobi atau sahabat yang mau mencoba untuk mengais rizki dari ikan arwana ini, alangkah lebih baiknya untuk membeli yang bersertifikat.

Kenapa.....?

Karena selain aman, tentunya akan untung dengan memiliki ikan arwana yang bersertifikat.

Trus walaupaun ada sertifikatnya, bagaimana kita bisa mengetahui atau membuktikan kalau sertifikat arwana palsu atau aslinya....?

Benar juga ya....karena tidak semua pedagang ikan arwana ini jujur dengan sertifikatnya, karena memang terkadang terjadi chip yang dimasukan di tubuh ikan arwana tidak sama dengan yang tertera di sertifikat.

Nah untuk mengetahui keakuratan ikan dengan sertifikat mengenai data, sebenarnya ada alat yang digunakan.

Alat itu namanya scanner, untuk itu pastikan juga penjual ikan arwana yang ingin sahabat beli juga memiliki alat ini, agar sahabat tidak mendapatkan ikan dengan sertifikat palsu.

Alat Untuk Membuktikan Sertifikat Arwana Golden Red
Sumber Gambar http://tgaarowana.com.my

Cukup sekian dulu ulasan mengenai sertifikat arwana golden red ini. Mungkin ulasan ini kurang lengkap dan kurang memuaskan, untuk itu sahabat yang paham betul akan jenis ikan arwana bisa bagi ilmunya di kolom komentar, agar kita semua lebih banyak tahu tentang ikan hias yang menjadi faforit baik dalam maupun luar negri ini.

0 comments

Post a Comment

Mohon Maaf Sebelumnya Komentar Dengan Link Akan Di Hapus