Wednesday, 11 January 2017

Microchip, Alat Untuk Mendeteksi Dan Cara Memasangnya



Microchip, Alat Untuk Mendeteksi Dan Cara Memasangnya, majalahikan.com | Sahabat majalah ikan, apakah kalian semua tau apa itu microchip yang di pasang pada ikan arwana?

Untuk kalian semua yang belum tau, tulisan majalah ikan kali ini berarti pas banget buat kalian semua ya.

Gambar Apa Itu Microchip, Alat Untuk Mendeteksi Dan Cara Memasangnya

Karena bukan hanya microchip saja yang akan kalian semua ketahui, alasan kenapa ikan arwana harus ada microchipnya dan bagaimana cara memasangnya juga akan dibahas.

Tak hanya itu, sahabat juga pastinya akan menemukan yang lainya dari tulisan microchip, alat untuk mendeteksi dan cara memasangnya ini, yuk langsung saja kita simak bersama sama bahasan ini.

Apa Itu Microchip, Alat Untuk Mendeteksi Dan Cara Memasangnya


Ikan yang memiliki nama latin Scleropages formosus ini merupakan satwa yang langka ( Endangered ) yang keberadaanya dilindungi dan dijaga oleh Pemerintah. Perlindungan akan satwa langka ini seperti tertera dalam ketentuan pemerintah No.7 tahun 1999 dan No.8 tahun 1999. Bukan hanya dilindungi saja, perjual belian ikan arwana asia ini juga di atur. Seperti tertera pada Surat Keputusan menteri kehutanan No.447/KPPSII/2003.

Yang mana ketentuan dalam Surat Keputusan menteri kehutanan No.447/KPPSII/2003 ini mewajibkan penangkar dan juga pedagang agar memiliki surat ijin edar perdagangan arowana yg dikeluarkan oleh BKSDA ( Balai Konservasi Sumber Daya Alam ).

Untuk itu, dalam jual beli ikan arwana asia ini dipasang micro chip untuk membuktikan ikan tersebut bukan dari tangkapan di alam liar melainkan dari penangkaran.

Lalu apa itu microchip?

Microchip adalah alat yang terbuat dari plastik berbentuk silinder yang memiliki panjang 1 cm. Microchip ini berisi kumparan kawat, magnet dan angka-angka yang hanya bisa di baca oleh reader ( alat untuk membaca atau mendeteksi ).

Inilah Gambar Microchip, Alat Untuk Mendeteksi Dan Cara Memasangnya
Sumber Gambar http://www.arwanawiki.com
Simpelnya, micro chip ini adalah KTP-nya ikan arwana

Sedangkan reader ( scaner ) adalah alat yang digunakan untuk mengetahui sesuai atau ketidak sesuainya angka angka yang tertera pada microchip yang ada pada tubuh ikan arwana dengan yang ada di sertifikat ikan arwana yang dikeluarkan oleh penangkar dan BKSDA.

Memelihara ikan arwana yang memiliki sertifikat ini sangatlah penting, seperti pada penjelasan Sertifikat Arwana Golden Red, bukan haya seperti yang dijelaskan dalam artikel itu saja.

Adanya chip dan sertifikat ini juga akan menumbuhakan kesadaran kita bagaimana pentingnya memelihara satwa liar agar tidak punah, untuk itu kita seharusnya bangga dengan memelihara ikan arwana hasil budidaya bukan dari tangkapan alam liar.

Nah setelah kita pahami apa itu microchip, alat untuk mendeteksi, sahabat pastinya penasaran bagaimana cara memasang microchip itu ke tubuh ikan arwana, dimana letak pemasanganya dan bisakah kita sendiri memasang chips tersebut.

Untuk itu mari kita lihat penjelasan cara pasang chip pada ikan arwana di bawah ini

Cara Pasang Chip Pada Ikan Arwana


Gambar Microchip, Alat Untuk Mendeteksi Dan Cara Memasangnya
Sumber Gambar www.shelookred.com
Sahabat majalah ikan mungkin ingin memasang chip sendiri pada arwana sahabat yang dulu belinya tanpa chip.

Saran majalah ikan sebaiknya jangan pernah berfikir untuk melakukan pemasangan chip itu sendiri. Karena, memasang microchip pada ikan arwana bukanlah hal yang mudah bagi orang awam, ada banyak akibat jika dalam pemasangan chip ini salah sedikit saja, seperti misalnya ikan arwana menjadi nungging, tulang punggung arwana bengkong, cacat lainya bahkan arwana bisa mati.

Pada umumnya yang memasang chip pada ikan arwana adalah penangkar ikan arwana sendiri. Pemasangan chip ini dilakukan ketika ukuran ikan arwana antara 15 hingga 20 cm.

Ikan yang akan dipasangi chip ini haruslah sehat.

Alat alat yang dibutuhkan dalam pemasangan chip ke tubuh ikan arwana seperti misalnya: obat untuk membius ikan arwana, tempat untuk membius ikan arwana, injeksi, microchip ,reader ( scaner ) dan antiseptik .

Pemasangan chip ini dilakukan setelah membuat pingsan ikan arwana dengan obat bius dan peletakan chipnya berada di punggung ikan arwana pada sisik ke 2 atau ke 3.

Setelah chip dimasukan, diuji terlebih dahulu dengan reder chip apakah chip berfungsi dengan menunjukan angka angka yang sama pada reader atau tidak.

Setelah pengujian, tempat dimana untuk memasukan chip diberi antiseptik agar tidak ada infeksi setelah ikan dipasangi chip.

Pemasangan chip pada ikan arwana ini kurang lebih membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, setelah selesai ikan arwana dimasukan lagi ke air yang fress.

Nah begitulah kurang lebihnya cara memasang chip pada ikan arwana. Semoga saja tulisan Microchip, Alat Untuk Mendeteksi Dan Cara Memasangnya ini sedikit memberi wawasan pada sahabat semua.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua