BTemplates.com

UntuK Alasan Alasan Inilah Kenapa Kita Harus Tau Fakta Manfaat Ikan Konsumsi Menurut Para Ahli

Manfaat ikan konsumsi, majalahikan.com | Ikan merupakan salah satu dari berbagai jenis makanan sehat yang disediakan Sang Pencipta untuk manusia.

Itu karena ikan sarat dengan nutrisi penting, seperti misalnya protein dan juga vitamin D.

Selain itu ikan juga merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk tubuh dan otak.

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi
Sumber Gambar https://frenchforfoodies.com

Berikut ini majalah ikan sebutkan 11 manfaat ikan konsumsi jika kita mengkonsumsinya secara teratur.

Inilah 11 Manfaat Ikan Konsumsi Jika Kita Teratur Mengkonsumsinya




1. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Pertama- Ikan Tinggi Nutrisi Penting

Manfaat Ikan Konsumsi
Sumber Gambar http://www.my-easy-cooking.com

Semua jenis ikan konsumsi, baik jenis ikan air tawar maupun ikan air laut baik untuk kita. Karena ikan kaya akan nutrisi, termasuk protein, yodium, berbagai vitamin dan juga mineral.

Beberapa jenis ikan seperti misalnya ikan salmon, ikan trout, ikan sarden, ikan tuna dan ikan mackarel lebih tinggi nutrisi lemaknya.

Ikan juga kaya akan omega 3, yang mana asam lemak ini penting sekali untuk tubuh dan otak agar berfungsi secara optimal. Selain itu, asam lemak omega 3 ini sangat terkait dengan penurunan resiko berbagai penyakit.

Untuk memenuhi kebutuhan akan omega 3 ini, setidaknya 1 atau 2 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsi ikan.

Kesimpulanya ~> Ikan kaya akan nutrisi penting, termasuk protein berkualitas tinggi, yodium dan berbagai vitamin dan juga mineral. Jenis lemak ikan juga tinggi asam lemak omega 3 dan vitamin.

2. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Kedua - Ikan Membuat Jantung Sehat Dan Menurunkan Serangan Jantung Dan Stroke

Manfaat Ikan Konsumsi Jantung Sehat
Sumber Gambar http://drelaine.com

Serangan jantung dan juga stroke merupakan dua penyebab kematian prematur yang paling umum di dunia.

Ikan umumnya dianggap menjadi salah satu makanan terbaik yang dapat Anda konsumsi agar jantung sehat.

Tidak mengherankan, banyak studi observasional besar telah menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung, stroke dan kematian akibat penyakit jantung.

Dalam salah satu penelitian terhadap lebih dari 40.000 pria ahli kesehatan di Amerika Serikat, mereka yang rutin makan 1 atau lebih porsi ikan per minggu memiliki risiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung.

Para peneliti percaya bahwa jenis lemak ikan yang lebih bermanfaat untuk kesehatan jantung, karena ikan tinggi akan asam lemak omega-3.

Kesimpulanya ~> Makan setidaknya satu porsi ikan per minggu telah dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung dan stroke, yakni dua pembunuh terbesar di dunia.

3. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Ketiga - Ikan Mengandung Nutrisi Yang Penting Selama Pertumbuhan

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi Untuk Pertumbuhan
Sumber Gambar http://budayacenters.blogspot.co.id

Asam lemak omega-3 sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Omega-3 asam lemak asam docosahexaenoic (DHA) sangat penting, karena terakumulasi di otak berkembang dan mata.

Untuk alasan inilah, sering dianjurkan bagi para ibu  menyusui untuk memastikan tidak kekurangan akan asam lemak omega 3 tersebut.

Akan tetapi, ada anjuran yang harus diperhatikan untuk ibu yang sedang hamil agar tidak mengkonsumsi jenis ikan yang mengandung merkuri, karena tidak baik untuk perkembangan otak.

Untuk alasan ini, wanita atau ibu hamil hanya sebaiknya makan ikan yang rendah dalam rantai makanan (salmon, sarden, trout, dll), dan tidak lebih dari 12 ons (340 gram) per minggu.

Baca Juga : 5 Jenis Ikan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil Dan Bayi

Sealin itu sebaiknya ibu yang sedang hamil menghindari memakan atau mengkonsumsi ikan yang masih dalam keadaan mentah seperti misalanya ( sushi ) atau kurang matang. Karena mungkin mengandung mikroorganisme yang dapat membahayakan janin.

Kesimpulanya ~> Ikan tinggi akan asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata. Dan disarankan untuk ibu menyusui memastikan agar makan cukup omega-3.

4. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Keempat - Ikan Mampu Meningkatkan abu-abu Materi Otak Dan Melindunginya Dari Kerusakan Age-Related

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi Untuk Otak
Sumber Gambar http://www.catalystnz.org

Materi abu-abu adalah jaringan fungsional utama dalam otak manusia, yang berisi neuron yang memproses informasi dan menyimpan kenangan.

Konsekuensi dari penuaaan ( bertambahnya usia ) adalah memburuknya fungsi otak.

Selain bertambahnya usia, ada juga penyakit yang menyerang otak menusia seperti penyakit Alzheimer.

Dan menurut penelitian observasional telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak ikan memiliki tarif lebih lambat dari penurunan kognitif.

Dan penelitan juga menunjukan bahwa orang yang makan ikan setiap minggu memiliki materi lebih abu-abu di pusat-pusat otak yang mengatur emosi dan memori.

Kesimpulanya ~> Mengkonsumsi ikan terkait dengan mengurangi penurunan fungsi otak di usia tua. Orang yang makan ikan secara teratur juga memiliki materi lebih abu-abu di pusat-pusat otak yang mengontrol memori dan emosi.

5. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Kelima - Ikan Bantu Cegah dan Obati Depresi Dan Membuat Anda Lebih Bahagia

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi Membuat Hidup Makin Bahagia
Sumber Gambar https://ajiwardana20.wordpress.com

Depresi adalah gangguan mental yang serius dan sangat umum terjadi pada seseorang.

Hal ini ditandai dengan suasana hati yang rendah, kesedihan, penurunan energi dan kehilangan minat dalam hidup dan kegiatan.

Studi telah menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur jauh lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi.

Banyak percobaan juga menemukan bahwa asam lemak omega-3 yang bermanfaat terhadap depresi, dan secara signifikan meningkatkan efektivitas obat antidepresan.

Selain itu ikan dan kandungan asam lemak omega-3 juga dapat membantu dengan gangguan mental lainnya, seperti gangguan bipolar.

Kesimpulanya ~> asam lemak Omega dapat bermanfaat terhadap depresi, baik pada omega 3 itu sendiri atau ketika bersamaan dengan obat antidepresan.

Baca Juga:
Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil
Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes
11 Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi Dan Kesehatan Tubuh Kita
Tahukah Anda Manfaat Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Kita Jika Dikonsumsi Dengan Rutin

6. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Keenam - Ikan Merupakan Sumber Vitamin D

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi Merupakan Sumber Vitamin D
Sumber Gambar http://www.medscape.com

Pada umumnya orang yang keseharianya cenderung kurang akan sinar matahari dan juga tidak makan ikan secara teratur, maka akan mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Sebenarnya mengkonsumsi ikan secara teratur jauh lebih baik ketimbang harus mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

Itu karena ikan adalah sumber makanan terbaik dari vitamin D.

Sedangkan jenis ikan yang berlemak seperti salmon dan herring mengandung jumlah tertinggi lemak.

Dalam penelitian menunjukan  4 ons (113 gram) yang menyajikan ikan salmon yang dimasak, mengandung sekitar 100% dari asupan yang direkomendasikan dari vitamin D.

Beberapa minyak ikan, seperti minyak ikan cod, juga sangat tinggi vitamin D, menyediakan lebih dari 200% dari asupan yang direkomendasikan dalam setiap satu sendok makan.

Kesimpulanya ~>  Lemak ikan merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin D, nutrisi penting bagi tubuh manusia.

7. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Ketujuh - Mengkonsumsi Ikan Terkait dengan Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun, Termasuk tipe 1 Diabetes

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi Mengurangi Resiko Diabetes
Sumber Gambar http://drwox.com

Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.

Sebuah contoh utama adalah diabetes tipe 1, yang melibatkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas.

Beberapa studi telah menemukan bahwa omega-3 atau minyak ikan konsumsi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak, serta bentuk diabetes autoimun pada orang dewasa.

Para peneliti percaya bahwasanya itu mungkin disebabkan oleh asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan dan minyak ikan.

Beberapa percaya bahwa mengkonsumsi ikan juga dapat menurunkan risiko rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis, akan tetapi bukti saat ini masih lemah.

Kesimpulanya ~> Mengkonsumsi ikan telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 dan beberapa penyakit autoimun lainnya.

8. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Kedelapan - Ikan Bantu Cegah Asma pada Anak - Anak

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi Mencegah Penyakit Asma Pada Anak Anak
Sumber Gambar http://www.sciencemag.org

Asma adalah penyakit umum yang ditandai dengan peradangan kronis pada saluran udara.

Sayangnya, tingkat asma telah meningkat secara dramatis selama beberapa dekade terakhir ini.

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan secara teratur terkait dengan risiko 24% lebih rendah dari asma pada anak-anak, tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan telah ditemukan pada orang dewasa.

Kesimpulanya ~> Beberapa studi menunjukkan bahwa anak-anak yang makan lebih banyak ikan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit asma.

9. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Kesembilan - Ikan Cegah Buruknya Penglihatan Saat Usia Tua

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi Mencegah Penyakit Makula
Sumber Gambar http://www.medicaldaily.com

Sebuah penyakit yang disebut degenerasi makula merupakan penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan, dan kebanyakan mempengaruhi orang yang lebih tua.

Ada beberapa bukti bahwa ikan dan asam lemak omega-3 dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit ini.

Dalam sebuah penelitian, konsumsi secara teratur ikan dikaitkan dengan risiko 42% lebih rendah dari degenerasi makula pada wanita.

Studi lain menemukan bahwa makan lemak ikan sekali per-minggu dikaitkan dengan 53% penurunan risiko neovascular ( "basah") degenerasi makula.

Kesimpulanya ~> Orang yang makan lebih banyak ikan memiliki risiko lebih rendah terkena degenerasi makula, penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan.

10. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Kesepuluh - Ikan Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi Meningkatkan Kualitas Tidur
Sumber Gambar http://www.ummi-online.com

Gangguan tidur telah menjadi sangat umum pada dewasa ini, ada banyak alasan yang berbeda beda dalam hal ini.

Salah satu dari alasan tersebut adalah beberapa peneliti percaya bahwa kekurangan vitamin D.

Dalam sebuah studi 6 bulan dari 95 pria paruh baya, makan dengan ikan salmon tiga kali per minggu membawa perbaikan dalam kualitas tidur.

Para peneliti berspekulasi bahwa ini disebabkan oleh vitamin D dalam ikan salmon.

Kesimpulanya ~> Ada bukti bahwa makan ikan berlemak seperti ikan salmon dapat menyebabkan peningkatan kualitas tidur.

11. Manfaat Ikan Konsumsi Yang Kesebelas - Ikan Lezat dan Mudah Untuk Disiapkan Atau Disajikan

Gambar Manfaat Ikan Konsumsi Lezat Dan Mudah Disajikan
Sumber Gambar http://www.satujam.com

Maaf ya,,,,,yang terakhir ini bukan manfaat kesehatan, tapi menurut majalah ikan penting juga untuk diketahui.

Selain lezat ikan juga mudah untuk disajikan, Karena alasan inilah jangan lupa untuk menyajikan pada keluarga 1-2 kali per minggu agar lebih mendapatkan manfaatnya.

Dan sebaiknya sajikan ikan yang segar ( hasil tangkapan bukan budidaya ) itu karena ikan hasil tangkapan cenderung memiliki lebih banyak omega-3 dan kurang mungkin terkontaminasi dengan polutan berbahaya.

Baca Juga:
Khasiat Dan Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Kita
Kandungan Manfaat Ikan Pari Untuk Kesehatan
Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Minyak Ikan
Jenis Jenis Ikan Konsumsi Dan Gambarnya

Dapatkan ke 11 manfaat ikan konsumsi dengan secara teratur 1-2 porsi per-minggu untuk keluarga tercinta. Semoga memberi faedah, 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel