BTemplates.com

Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya

Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya, majalahikan.com | Sedih rasanya jika ikan cupang yang kita pelihara ternyata sakit, iya kan sahabat semua? Yang biasanya sirip siripnya mengembang dengan sempurna dan indah menjadi layu dan tak mengembang lagi, yang tadinya bergerak lincah kesana kemari di dalam akuarium menjadi penyendiri dan hanya berdiam diri saja di dasar akuarium.

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar nippyfish.net

Ikan cupang yang ketika kita kasih makan langsung menyambar dengan sangat lahap menjadi tak berselera, walaupun kita kasih makanan alami yang paling disukai sang cupang. Aaaaiiiiiiiiih, sakit apakah gerangan hingga makanpun tak berselera.....apa sedang jatuh cinta ya atau malah sedang patah hati??????😁😁

Yang jelas cupang kesayangan kita jika tak agresif lagi ketika bertemu lawan, kurang berselera makan, tak aktif dan cenderung bermuram durja adalah tandanya si cupang sedang mengalami tak enak badan alias sakit. Buruan yuk kita bawa ke dokter hewan!!!!!

Nah itulah tanda tanda atau ciri ciri ikan cupang sakit, lalu sebenarnya apa jenis penyakit ikan cupang kita dan bagaimana cara mengobatinya? Itulah sederetan pertanyaan pertama kali yang muncul ketika melihat tanda tanda cupang tak sehat. berikut adalah penjelasanya.

Kenapa Sakit Dan Jenis Penyakit ikan Cupang Apa Yang Menyerangnya?


Sebelum kita mengetahui jenis jenis penyakit ikan cupang ada baiknya sahabat bertanya pada diri sahabat sendiri, kenapa ikan cupang kesayangan kita bisa sakit?

Sebenarnya secara tidak langsung kitalah penyebab dari ikan cupang terserang penyakit, kok bisa😨😨😨???? karena kita kurang memperhatikan cupang dalam perawatanya, kita sangat egois.....hanya mau melihat keindahan, keanggunan, kegagahan tanpa memperhatikan dan berupaya bagaimana supaya si cupang tetap dalam keanggunanya. Ya kan....😁?

Yuuups......masalah pertama kenapa cupang kita sakit adalah karena air atau alamnya untuk hidup kurang baik, kurang higienis dan pokoknya serba kuranglah.....untuk itu selalu perhatikan kondisi air dalam merawat cupang sahabat ya.....

Lalu kalau sudah terlanjur sakit harus bagaimana? .......ya diobatin dong!!!

Akan tetapi saya belum tau jenis penyakit ikan cupang yang apa, hingga cupang saya bisa jadi seperti ini ?! .......Tenang dan jangan panik, karena majalah ikan akan berbagi informasi pada sahabat semua dan semoga setelah ini cupang kesayangan sahabat sehat kembali. Amin

Jenis Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya


Dari semua jenis jenis penyakit yang pada umumnya menyerang ikan cupang, perhatikanlah dengan baik dan seksama seperti yang mana jenis penyakit yang menyerang cupang sahabat.

1. Mata Bengkak ( Pop Eye )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Pop Eye ( mata bengkak )Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar AquariaCentral.com

Penyebab penyakit mata bengkak ini adalah bakteri karena kondisi air yang kotor, penyakit mata bengkak ini bisa menular ke mata yang sebelahnya. Tanda atau gejala ikan cupang terkena penyakit ini adalah membengkaknya mata, ikan menjadi kurang aktif bergerak, nafsu makan berkurang, bahkan tak mau makan, warnanya menjadi pucat, dan ekor menguncup.


Cara mengobati ikan cupang yang terserang penyakit mata bengkak ini, pertama pindahkan ikan ke akuarium lain dengan air yang bagus lalu tetesi ( satu tetes saja ) dengan obat anti biotik seperti misalnya Ampicillin, Super Tetra atau yang lainya. Bisa juga dengan obat Anti Internal Bacteria dari merk Intrepet atau merk lain, ditambah garam akuarium.

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya Dengan Garam

Setelah tiga hari pindahkan lagi ke akuarium dengan air yang bagus. Kalau belum ada tanda tanda sembuh, sahabat bisa mengulanginya seperti pertama tadi.

PENTING : Segera obati jika sudah terlihat gejalanya, jika terlambat dan mata sudah semakin besar akan sulit untuk diobati.

2. Infeksi Jamur Kulit

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Infeksi Kulit Jamur Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar Betta fish care - WordPress.com

Penyebab dari penyakit infeksi jamur kulit ini adalah jamur, dikarenakan kualitas air yang buruk, penyakit ini bisa menular atau merambat keseluruh tubuh dengan gejala munculnya bercak-bercak putih, tahap awal di kepala.

Ikan cupang yang terserang penyakit jamur kulit ini akan menjadi kurang aktif lagi, warnanya memucat, sirip menguncup dan mulai tidak nafsu makan.


Untuk mengobatinya sahabat pindahkan ikan ke akuarium lain dengan air yang bagus, tambahkan methylene blue dan juga garam akuarium. Setelah tiga hari sahabat pindahkan lagi ke akuarium atau wadah yang lain dengan air yang bagus. Jika masih sakit atau tidak ada tanda tandanya ikan cupang sembuh maka sahabat bisa mengulanginya langkah langkah tadi.

3. Busuk Sirip ( Fin Rot )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Busuk Sirip ( Fin Rot ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar fishlore.com

Penyakit ini menyerang pada sirip ikan cupang dan terjadi karena bakteri yang disebabkan buruknya kualitas air. Busuk sirip ini bisa melebar atau merambat dengan gejala yang timbul biasanya ditandai munculnya warna gelap atau kemerahan dipinggir pinggir sirip, lalu sirip yang terjangkit penyakit ini lama kelamaan akan habis sepeti sobek atau rontok.

Ikan cupang yang terkena penyakit busuk sirip ini masih memiliki nafsu makan yang tinggi bahkan aktif dalam pergerakanya, hanya saja warnanya mulai memucat dan sirip mulai menguncup. Jika sahabat terlambat tau penyakit ini, maka akan merambat keseluruh tubuh.

Untuk mengobati penyakit sirip busuk ini, pindahkan ikan ke akuarium atau wadah lain dengan air bersih, tambahkan cukup satu tetes saja Antibiotik (Ampicillin, Super Tetra). Atau bisa juga menggunakan General Tonic ( merk Rid All, Tetra, atau yang lainya ) dan jangan lupa tambahkan garam akuarium.

Setelah tiga hari ikan cupang berada di larutan obat tersebut, maka pindahkan lagi ke wadah atau akuarium yang lain tentunya dengan air yang bagus. Jika ikan belum sehat juga maka sahabat bisa mengulanginya lagi hingga sehat.

Setelah ikan cupang sehat, siripnya akan tumbuh kembali, hanya saja tidak seperti sedia kala sebelum terserang penyakit busuk sirip ini.

4. Bintik Putih ( White Spot atau Ick )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Bintik putih ( White Spot atau Ick ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar Bettafish.org
Penyebab utama dari jenis penyakit ikan cupang White Spot atau Ick ini adalah parasit dikarenakan kondisi air yang buruk dan juga dari makanan kurang bersih yang sahabat berikan. Penyakit White Spot atau Ick ini bisa menular keseluruh tubuh cupang.

Tanda atau gejala dari ikan cupang yang terserang penyakit White Spot atau Ick ini adalah adanya bintik bintik putih pada cupang, ikan menunjukan kurang aktif bergerak juga kurangnya nafsu makan. Selain itu siripnya menguncup, warnanya memucat dan ikan mencoba untuk menggaruk dengan menabrakan tubuhnya ke kaca akuarium. 

Penanganan yang musti segera dilakukan sebelum terlambat dengan cara memindahkan ikan ke akuarium lain dengan air yang bersih, lalu tambahkan Methylene Blue dan garam akuarium serta jemur ikan di bawah matahari pagi dan lakukan penjemuran hingga tiga hari.

Setelah tiga hari, pindahkan lagi ikan ke wadah dan air yang bersih, jika masih terlihat tanda tanda sakit maka lakukan lagi cara di atas hingga ikan sahabat sembuh.

5. Bintik Emas / Karatan ( Velvet )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Bintik emas / karatan ( Velvet ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar FishLore.com

Selain parasit dari kualitas air yang kurang baik, pemberian pakan yang kurang higienis juga penyebab dari penyakit Velvet ini. Gejala yang timbul akibat dari terkena penyakit ini adalah munculnya bintik bintik yang berwarna keemasan atau warna seperti besi yang berkarat pada tubuh ikan.


Sahabat tidak akan melihat tanda bintik ini dengan mata telanjang, butuh bantuan lampu senter untuk memastikan apakah cupang sahabat terserang penyakit ini. Selain bintik tersebut gejala lainya seperti misalnya kurang aktif, nafsu makan menurun, sirip menguncup dan warna memucat serta menabrak- nabrakan tubuhnya ke kaca akuarium.

Penyakit ini bisa merambat ke seluruh tubuh ikan, maka lakukan dengan segera pengobatan dengan cara memindahkan ikan ke akuarium lain dengan menambahkan methylene blue dan garam akuarium.

Setelah tiga hari pindahkan ke wadah yang berisi air bersih, jika belum terobati juga maka lakukan lagi hingga sembuh.

6. Sisik Nanas ( Dropsy )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Sisik Nanas ( Dropsy ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar FishLore.com

Penyebab dari penyakit Dropsy ini adalah bakteri yang menyerang ginjal ikan dikarenakan kondisi air yang buruk atau bisa dari pula pakan yang belum higienis. Gejala dari penyakit Dropsy ini perut ikan akan membengkak, tidak bisa buang kotoran, tidak aktif dalam bergerak, kurang nafsu makanya bahkan bisa tidak sama sekali makan, warna memucat dan sirip menguncup.


Jika dibiarkan dan semakin parah perut ikan akan semakin besar dan warnanya kemerahan, sisik sisik ikan akan terangkat mulai dari daerah perut hingga ke seluruh tubuh ikan, sehingga ikan nampak seprti buah nanas.

Jangan sampai terlambat mengobati ikan cupang yang terkena penyakit Sisik Nanas ini, karena kemungkinan besar ikan sahabat akan mati.

Untuk itu, jika sahabat menemukan tanda tanda langsung segera pindahkan ikan ke wadah yang lain dan beri satu tetes saja antibiotik atau beri obat anti internal bacteria dan juga garam akuarium. Dan lakukan lagi jika ikan belum sembuh.



7. Insang Memerah ( Inflamed Gills )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang  Insang Memerah ( Inflamed Gills ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar FishLore.com
Penyebab dari penyakit Inflamed Gills ini adalah kondisi atau kualitas air yang buruk sehingga ikan keracunan nitrat.

Tanda ikan cupang terserang penyakit Inflamed Gills ini adalah insang berwarna memerah hingga terkadang membengkak akibat infeksi. Selain itu tutup insang tidak bisa menutup rapat, ikan jadi sulit bernafas yang ditandai dengan terus berenang di permukaan air.

Untuk mengobati ikan cupang yang terserang penyakit Inflamed Gills ini sebaiknya setiap tiga hari sekali air diganti dengan yang baru dan ditambah dengan methylene blue dan juga garam akuarium.

8.Kotoran Berwarna Putih ( Berak Putih )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Kotoran Berwarna Putih ( Berak Putih ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar FishLore.com
Jenis penyakit ikan cupang kotoran berwarna putih ( berak putih ) ini disebabkan oleh bakteri yang muncul karena kualitas air yang buruk, tandanya ikan cupang terkena penyakit ini adalah keluarnya kotoran yang menamjang, atau menggumpal dan berwarna putih. Selain itu ikan jadi kurang aktif, nafsu makan menurun, bahkan tidak mau makan, sirip ikan menguncup dan warna ikan memucat.

Cara mengobati ikan cupang yang terjangkit penyakit ini langsung pindahkan ke wadah atau akuarium lain, tambahkan antibiotik satu tetes saja atau bisa juga dengan menambahkan Acryflavine dan juga garam akuarium.

Kalau dihari ketiga belum ada perubahan, lakukan lagi cara tersebut hingga sembuh.

9. Kembung atau Sembelit ( Swim Bladder Disorder )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Kembung atau Sembelit ( Swim Bladder Disorder ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar Bettafish.org

Jenis penyaki ikan cupang Swim Bladder Disorder ini pada umumnya disebabkan karena ikan cupang kebanyakan makan dengan ditandai perut membengkak dan kesulitan berenang, tidak aktif dan nafsu makan berkurang.


Untuk mengobati ikan cupang yang mengalami penyakit Swim Bladder Disorder ini bisa sahabat sandingkan ikan cupang dengan cupang lain hingga ngedok dan akhirnya pub. Jika tidak bisa pub juga, sahabat kurangi ketinggian air akuarium. selain dengan cara tadi, sebaiknya ikan dipuasakan.

Nah itulah Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya, jika salah satunya dialami cupang sahabat maka langsung diobati ya, jangan menunggu hingga parah. Sekian dan semoga cupang sahabat sehat.

Baca juga:
5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang
5 Alasan Kenapa Anda Gagal Berbudidaya Ikan Cupang
Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Cirinya
Cara Agar Cupang Jantan Tidak Makan Telur Ketika Ternak Ikan Cupang
Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual
Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat
Cupang Plakat, Sejarah Lahir Dan Jenisnya
Inilah 3 Dasar Pelatihan Ikan Cupang Adu Agar Juara
Ikan Halfmoon Kontes, Inilah Ciri Cirinya
Cupang Laut, Sudah Tahukah Anda?
Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting
Asal Muasal Terciptanya Keindahan Cupang Serit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel