Thursday, 29 December 2016

Sebenarnya Berapa Sih Harga Garam Ikan, Kok Aku Beli Mahal?

Harga Garam Ikan, majalahikan.com | Sahabat majalah ikan ada yang tau berapa harga garam ikan? Kalau sudah tau,,,,,,,skip aja post ini. Tapi sebelumnya apa kalian sudah cek berapa sebenarnya harga garam ikan tersebut????

Nah bagi yang belum tau kalian bisa simak post ini, karena akan membantu sahabat samua dalam mengetahui harga sebenarnya dan yang pasti tidak akan mengalami seperti apa yang dialami admin. he he he

Harga Garam Ikan

Berapa Harga Garam Ikan Dan Dimana Belinya?


Ini post sebenarnya cerita admin, cerita?????? ih ih iiiiih kenapa cerita di postkan di mari, males banget kali bacanya.

Bener juga ya!!!!!

Tapi kalian rugi dehc kalau lewatin cerita ini, kenapa?

Karena,,,,,siapa tau aja kalian juga bakal ngalamin......dan bakalan nyesel dikemudian hari?

Manding baca,,,,singkat kok......

Ceritanya begini.........Pada jaman dahulu.....hi hi hi

Yups.....siapa sih yang tidak sedih jika ikan hias kesayangan sakit,????

Karena ikan kesayangan admin sakit, maka buru buru admin mencoba untuk menyembuhkanya. Admin teringat akan manfaat garam ikan.

Tapi bingung dimana beli garam ikan tersebut????

Ah sekalian jalan jalan, admin uber di setiap toko ikan hias di kota admin,,,,tapi ternyata tak ada yang jual.

Hingga tersisa satu toko ikan hias,,,,,,aih senengnya, karena di toko yang terakhir ini ada garam ikan yang admin cari,,,,,tanpa basa basi admin langsung bayar.....harganya per kantong Rp. 10. 000.....

Lho Ternyata Harga Garam Ikan????!!!!!!


Lepas dapet garam ikan, langsung deh admin membaca berapa takaran garam ikan untuk tahap pengobatan dan juga pencegahan ( aturan pakainya ).

Harga Garam Ikan Dan Takaran Untuk Ikan Akuarium

Sebelum admin mengobati ikan hias kesayangan admin yang sakit,,,,,admin menemukan informasi sebenarnya harga garam ikan cuma Rp 3.000.....melongo deh admin mendengarnya.

Sebenarnya bukan masalah sih cuma selisih Rp 7.000, tapi yang bikin mangkel kenapa admin tidak mencoba cari tau harganya dulu.....kalau pas cerita ini terngiang di ingatan, perasaan jadi terlihat bodoh dan malu....

Tapi, tak masalah,,,,karena dengan berbagi cerita pada sahabat majalah ikan semua tentang harga garam ikan ini, jadi puas rasanya.

Terima kasih udah baca cerita bodoh admin.....

Thursday, 15 December 2016

Cara Memberi Makan Burayak Dengan Kuning Telur

Cara Memberi Makan Burayak Dengan Kuning Telur, majalahikan.com | Dalam budidaya ikan cupang atau cupan atau ikan laga memang tergolong mudah, tidak seperti budidaya ikan hias lainya, seperti misalanya budidaya ikan koi, budidaya ikan oscar, budidaya ikan black ghost dan ikan hias lainya, apa lagi budidaya ikan arwana.

Seperti pernah di jelaskan di 5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang. Akan tetapi, walaupun tidak sesulit budidaya ikan hias lainya, mengetahui cara caranya dan selalu berinovasi akan lebih baik agar tingkat keberhasilan lebih tinggi. Selain itu, penyebab kegagalan dalam budidaya juga musti kita pahami dengan baik.

Dalam budidaya ikan cupang ada beberapa tahap yang musti kita siapkan, mulai dari menyiapkan indukan yang berkualitas serta memahami cara mebedakan ikan cupang jantan dan cupang betina serta ciri cirinya yang sudah siap pijah atau kawin.

Dalam pemijahan dan setelah ikan memijah, terkadang telur bukanya di jaga ikan cupang jantan malah terkadang dimakan sendiri, sahabat juga harus memahami kenapa bisa demikian, dan bagaimana cara agar cupang jantan tidak makan telur ketika selesai memijah.

Ketika sahabat berhasil hingga telur telur ikan cupang menetas, sahabat juga harus tahu dengan baik bagaimana cara merawat burayak ikan cupang agar tidak mati. Karena walaupun budidaya ikan cupang itu mudah, menjaga agar burayak tetap hidup juga tidak bisa dianggap sepele.

Burayak ikan cupang yang baru menetas tidak membutuhkan makanan hingga kantung telur yang dibawanya setelah menetas sebagai persediaan makanan sudah habis, setelah itu baru kita berperan memberinya pakan.

Mengingat bahwasanya ukuran burayak ikan laga atau ikan cupang ini sangat kecil, maka dibutuhkan pakan yang sesuai dengan mulutnya. Pakan hidup yang berukuran kecil seperti infusoria atau kutu air memang paling disukai si anak ikan laga ini, karena bergerak yang akan menggoda burayak untuk memangsanya. Selain itu, pakan alami tersebut lebih kaya akan kandungan gizinya yang menunjang untuk pertumbuhan burayak.

Akan tetapi, terkadang ada keterbatasan dalam menyediakan pakan alami, sahabat harus segera mencari alternatif lain agar burayak segera mendapatkan makanan. Kuning telur juga bisa sebagai pakan burayak ikan cupang yang sudah membutukan pakan ( umur 3 - 4 hari ).

Gambar cara memberi makan burayak dengan kuning telur

Akan tetapi banyak dari pemula yang tidak tau bagaimana cara memberi makan burayak dengan kuning telur, hingga burayak mereka malah mati karena salah dalam memberinya. Untuk itu majalah ikan ingin berbagi pada sahabat semua mengatasi masalah ini, berikut adalah tutorialnya lengkap disertai vidionya. yuk langsung menuju ke TKP.....πŸ˜€

Cara Memberi Makan Burayak Dengan Kuning Telur


Dalam cara memberi makan burayak dengan kuning telur ini, yang musti sahabat siapkan hanya telur yang sudah direbus, telur apa saja. Lebih simpelnya pake saja telur burung puyuh, karena penggunaannya juga tidak banyak.

Setelah telur siap, langkah selanjutnya menyiapkan kain yang berpori pori halus agar butiran butiran halus dari kuning telur keluar dari pori pori kain tersebut.

Ambil kuning telur dan pisakan dengan putihnya, basahi kain lalu peras. Setelah itu bungkus kuning telur tersebut dengan kain, lalu masukan ke wadah atau akuarium tempat si burayak berada dengan perlahan sambil digoyang goyangkan atau naik turun agar burayak bereaksi untuk mendekat.

Setelah burayak ikan laga atau cupang mendekati kain, maka peraslah sedikit demi sedikit buntalan kuning telur tadi.

Seperti itulah cara memberi makan burayak dengan kuning telur, jika sahabat kurang paham dengan penjelasan dengan tulisan ini, mugkin lebih baik melihat vidio di bawah ini supaya lebih paham.

Vidio Burayak Umur 4 Hari Dan Cara Memberi Makan Burayak Dengan Kuning Telur




cara memberi makan burayak dengan kuning telur



Gimana sahabat majalah ikan mudah bukan cara memberi makan burayak dengan kuning telur, dan semoga budidaya cupang kalian sukses semua, amin!

Sunday, 11 December 2016

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina, majalahikan.com | dalam membudidayakan ikan hias, terkadang membedakan jenis kelamin antara ikan hias jantan dan juga betina merupakan sesuatu hal yang sulit, seperti misalnya ikan discus. Ikan discus ini sulit ditentukan mana ikan jantan dan mana yang ikan betina. Itu karena keduanya memiliki kesamaan baik bentuk dan juga warna. Begitu pula ikan arwana dan juga ikan oscar yang mana mereka adalah ikan hias yang monoforik.

Berbeda dengan jenis ikan hias cupang, untuk membudidayakan ikan cupang ini tergolong mudah dan perbedaan antara cupang jantan dan betina sebenarnya bisa dilihat dengan jelas antara keduanya.

Sebenarnya perbedaan cupang jantan dan juga betina ini sudah majalah ikan sedikit singgung di tulisan 5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang.

Akan tetapi untuk memudahkan pembaca setia majalah ikan, kami menuliskanya kembali yang lebih terupdate  dan lengkap dengan vidionya, silahkan simak ya.

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina


Memang mudah membedakan ikan cupang jantan dan betina, akan tetapi perbedaan ini terlihat dengan jelas ketika ikan cupang sudah cukup berumur. Ikan cupang akan sulit dibedakan jantan dan betinya ketika masih kecil.

Di vidio nanti dibawah pembaca akan melihat bagaimana Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina yang masih kecil hingga dewasa, lihat ya.

Seperti keterangan di atas mudah bangat membedakan ikan cupang jantan dan betina, karena ikan cupang bukanlah ikan monoforik ( ikan yang memiliki bentuk, ukuran dan corak warna sama ). berikut adalah penjelasanya:

Gambar Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Cupang Betina
Gambar Kiri Ikan Cupang Jantan Dan Gambar Kanan Ikan Cupang Betina
Dari gambar di atas pembaca bisa melihat ikan cupang jantan dan cupang betina, sekarang yuk kita penjelasanya.....

Ikan cupang jantan
Tubuh atau badan ikan cupang jantan lebih langsing dibanding dengan tubuh atau badan ikan cupang betina.

Gerakan ikan cupang jantan lebih lincah dan lebih agresif dibanding ikan cupang betina, bisa dilihat nanti vidionya di bawah.

Warna ikan cupang jantan lebih cerah dibanding dengan ikan cupang betina, sepertti terlihat pada ganbar.

Baik sirip atas maupun sirip bawah dan juga ekor ikan cupang jantan lebih panjang, menarik dan juga indah dibanding ikan cupang betina.

Ikan cupang Betina
Tubuh atau bandan ikan cupang betina lebih gempal ( lebih panjang dan juga padat ) dibanding ikan cupang  jantan.

Gerakan ikan cupang betina juga lincah akan tetapi tidak seagresif ikan cupang jantan, bisa dilihat nanti vidio di bawah.

Warna ikan cupang betina kusam dan kurang berwarna dibanding ikan cupang jantan. seperti terlihat pada gambar.

Ikan cupang betina sirip dan ekornya jauh lebih pendek dibanding ikan cupang jantan.

Ikan cupang betina ada titik putih di perutnya.
 
Nah itulah caranya membedakan ikan cupang jantan dan cupang betina, semoga pembaca jelas dan tulisan ini memudahkan pembaca semua dalam budidaya ikan cupang.





Baca Juga:
Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina
Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina
Cara Memedakan Ikan Oscar Jantan Dan Betina
Cara Budidaya Ikan Oscar Agar Berhasil

Thursday, 8 December 2016

Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya

Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya, majalahikan.com | Sedih rasanya jika ikan cupang yang kita pelihara ternyata sakit, iya kan sahabat semua? Yang biasanya sirip siripnya mengembang dengan sempurna dan indah menjadi layu dan tak mengembang lagi, yang tadinya bergerak lincah kesana kemari di dalam akuarium menjadi penyendiri dan hanya berdiam diri saja di dasar akuarium.

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar nippyfish.net

Ikan cupang yang ketika kita kasih makan langsung menyambar dengan sangat lahap menjadi tak berselera, walaupun kita kasih makanan alami yang paling disukai sang cupang. Aaaaiiiiiiiiih, sakit apakah gerangan hingga makanpun tak berselera.....apa sedang jatuh cinta ya atau malah sedang patah hati??????😁😁

Yang jelas cupang kesayangan kita jika tak agresif lagi ketika bertemu lawan, kurang berselera makan, tak aktif dan cenderung bermuram durja adalah tandanya si cupang sedang mengalami tak enak badan alias sakit. Buruan yuk kita bawa ke dokter hewan!!!!!

Nah itulah tanda tanda atau ciri ciri ikan cupang sakit, lalu sebenarnya apa jenis penyakit ikan cupang kita dan bagaimana cara mengobatinya? Itulah sederetan pertanyaan pertama kali yang muncul ketika melihat tanda tanda cupang tak sehat. berikut adalah penjelasanya.

Kenapa Sakit Dan Jenis Penyakit ikan Cupang Apa Yang Menyerangnya?


Sebelum kita mengetahui jenis jenis penyakit ikan cupang ada baiknya sahabat bertanya pada diri sahabat sendiri, kenapa ikan cupang kesayangan kita bisa sakit?

Sebenarnya secara tidak langsung kitalah penyebab dari ikan cupang terserang penyakit, kok bisa😨😨😨???? karena kita kurang memperhatikan cupang dalam perawatanya, kita sangat egois.....hanya mau melihat keindahan, keanggunan, kegagahan tanpa memperhatikan dan berupaya bagaimana supaya si cupang tetap dalam keanggunanya. Ya kan....😁?

Yuuups......masalah pertama kenapa cupang kita sakit adalah karena air atau alamnya untuk hidup kurang baik, kurang higienis dan pokoknya serba kuranglah.....untuk itu selalu perhatikan kondisi air dalam merawat cupang sahabat ya.....

Lalu kalau sudah terlanjur sakit harus bagaimana? .......ya diobatin dong!!!

Akan tetapi saya belum tau jenis penyakit ikan cupang yang apa, hingga cupang saya bisa jadi seperti ini ?! .......Tenang dan jangan panik, karena majalah ikan akan berbagi informasi pada sahabat semua dan semoga setelah ini cupang kesayangan sahabat sehat kembali. Amin

Jenis Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya


Dari semua jenis jenis penyakit yang pada umumnya menyerang ikan cupang, perhatikanlah dengan baik dan seksama seperti yang mana jenis penyakit yang menyerang cupang sahabat.

1. Mata Bengkak ( Pop Eye )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Pop Eye ( mata bengkak )Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar AquariaCentral.com

Penyebab penyakit mata bengkak ini adalah bakteri karena kondisi air yang kotor, penyakit mata bengkak ini bisa menular ke mata yang sebelahnya. Tanda atau gejala ikan cupang terkena penyakit ini adalah membengkaknya mata, ikan menjadi kurang aktif bergerak, nafsu makan berkurang, bahkan tak mau makan, warnanya menjadi pucat, dan ekor menguncup.


Cara mengobati ikan cupang yang terserang penyakit mata bengkak ini, pertama pindahkan ikan ke akuarium lain dengan air yang bagus lalu tetesi ( satu tetes saja ) dengan obat anti biotik seperti misalnya Ampicillin, Super Tetra atau yang lainya. Bisa juga dengan obat Anti Internal Bacteria dari merk Intrepet atau merk lain, ditambah garam akuarium.

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya Dengan Garam

Setelah tiga hari pindahkan lagi ke akuarium dengan air yang bagus. Kalau belum ada tanda tanda sembuh, sahabat bisa mengulanginya seperti pertama tadi.

PENTING : Segera obati jika sudah terlihat gejalanya, jika terlambat dan mata sudah semakin besar akan sulit untuk diobati.

2. Infeksi Jamur Kulit

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Infeksi Kulit Jamur Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar Betta fish care - WordPress.com

Penyebab dari penyakit infeksi jamur kulit ini adalah jamur, dikarenakan kualitas air yang buruk, penyakit ini bisa menular atau merambat keseluruh tubuh dengan gejala munculnya bercak-bercak putih, tahap awal di kepala.

Ikan cupang yang terserang penyakit jamur kulit ini akan menjadi kurang aktif lagi, warnanya memucat, sirip menguncup dan mulai tidak nafsu makan.


Untuk mengobatinya sahabat pindahkan ikan ke akuarium lain dengan air yang bagus, tambahkan methylene blue dan juga garam akuarium. Setelah tiga hari sahabat pindahkan lagi ke akuarium atau wadah yang lain dengan air yang bagus. Jika masih sakit atau tidak ada tanda tandanya ikan cupang sembuh maka sahabat bisa mengulanginya langkah langkah tadi.

3. Busuk Sirip ( Fin Rot )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Busuk Sirip ( Fin Rot ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar fishlore.com

Penyakit ini menyerang pada sirip ikan cupang dan terjadi karena bakteri yang disebabkan buruknya kualitas air. Busuk sirip ini bisa melebar atau merambat dengan gejala yang timbul biasanya ditandai munculnya warna gelap atau kemerahan dipinggir pinggir sirip, lalu sirip yang terjangkit penyakit ini lama kelamaan akan habis sepeti sobek atau rontok.

Ikan cupang yang terkena penyakit busuk sirip ini masih memiliki nafsu makan yang tinggi bahkan aktif dalam pergerakanya, hanya saja warnanya mulai memucat dan sirip mulai menguncup. Jika sahabat terlambat tau penyakit ini, maka akan merambat keseluruh tubuh.

Untuk mengobati penyakit sirip busuk ini, pindahkan ikan ke akuarium atau wadah lain dengan air bersih, tambahkan cukup satu tetes saja Antibiotik (Ampicillin, Super Tetra). Atau bisa juga menggunakan General Tonic ( merk Rid All, Tetra, atau yang lainya ) dan jangan lupa tambahkan garam akuarium.

Setelah tiga hari ikan cupang berada di larutan obat tersebut, maka pindahkan lagi ke wadah atau akuarium yang lain tentunya dengan air yang bagus. Jika ikan belum sehat juga maka sahabat bisa mengulanginya lagi hingga sehat.

Setelah ikan cupang sehat, siripnya akan tumbuh kembali, hanya saja tidak seperti sedia kala sebelum terserang penyakit busuk sirip ini.

4. Bintik Putih ( White Spot atau Ick )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Bintik putih ( White Spot atau Ick ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar Bettafish.org
Penyebab utama dari jenis penyakit ikan cupang White Spot atau Ick ini adalah parasit dikarenakan kondisi air yang buruk dan juga dari makanan kurang bersih yang sahabat berikan. Penyakit White Spot atau Ick ini bisa menular keseluruh tubuh cupang.

Tanda atau gejala dari ikan cupang yang terserang penyakit White Spot atau Ick ini adalah adanya bintik bintik putih pada cupang, ikan menunjukan kurang aktif bergerak juga kurangnya nafsu makan. Selain itu siripnya menguncup, warnanya memucat dan ikan mencoba untuk menggaruk dengan menabrakan tubuhnya ke kaca akuarium. 

Penanganan yang musti segera dilakukan sebelum terlambat dengan cara memindahkan ikan ke akuarium lain dengan air yang bersih, lalu tambahkan Methylene Blue dan garam akuarium serta jemur ikan di bawah matahari pagi dan lakukan penjemuran hingga tiga hari.

Setelah tiga hari, pindahkan lagi ikan ke wadah dan air yang bersih, jika masih terlihat tanda tanda sakit maka lakukan lagi cara di atas hingga ikan sahabat sembuh.

5. Bintik Emas / Karatan ( Velvet )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Bintik emas / karatan ( Velvet ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar FishLore.com

Selain parasit dari kualitas air yang kurang baik, pemberian pakan yang kurang higienis juga penyebab dari penyakit Velvet ini. Gejala yang timbul akibat dari terkena penyakit ini adalah munculnya bintik bintik yang berwarna keemasan atau warna seperti besi yang berkarat pada tubuh ikan.


Sahabat tidak akan melihat tanda bintik ini dengan mata telanjang, butuh bantuan lampu senter untuk memastikan apakah cupang sahabat terserang penyakit ini. Selain bintik tersebut gejala lainya seperti misalnya kurang aktif, nafsu makan menurun, sirip menguncup dan warna memucat serta menabrak- nabrakan tubuhnya ke kaca akuarium.

Penyakit ini bisa merambat ke seluruh tubuh ikan, maka lakukan dengan segera pengobatan dengan cara memindahkan ikan ke akuarium lain dengan menambahkan methylene blue dan garam akuarium.

Setelah tiga hari pindahkan ke wadah yang berisi air bersih, jika belum terobati juga maka lakukan lagi hingga sembuh.

6. Sisik Nanas ( Dropsy )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Sisik Nanas ( Dropsy ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar FishLore.com

Penyebab dari penyakit Dropsy ini adalah bakteri yang menyerang ginjal ikan dikarenakan kondisi air yang buruk atau bisa dari pula pakan yang belum higienis. Gejala dari penyakit Dropsy ini perut ikan akan membengkak, tidak bisa buang kotoran, tidak aktif dalam bergerak, kurang nafsu makanya bahkan bisa tidak sama sekali makan, warna memucat dan sirip menguncup.


Jika dibiarkan dan semakin parah perut ikan akan semakin besar dan warnanya kemerahan, sisik sisik ikan akan terangkat mulai dari daerah perut hingga ke seluruh tubuh ikan, sehingga ikan nampak seprti buah nanas.

Jangan sampai terlambat mengobati ikan cupang yang terkena penyakit Sisik Nanas ini, karena kemungkinan besar ikan sahabat akan mati.

Untuk itu, jika sahabat menemukan tanda tanda langsung segera pindahkan ikan ke wadah yang lain dan beri satu tetes saja antibiotik atau beri obat anti internal bacteria dan juga garam akuarium. Dan lakukan lagi jika ikan belum sembuh.



7. Insang Memerah ( Inflamed Gills )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang  Insang Memerah ( Inflamed Gills ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar FishLore.com
Penyebab dari penyakit Inflamed Gills ini adalah kondisi atau kualitas air yang buruk sehingga ikan keracunan nitrat.

Tanda ikan cupang terserang penyakit Inflamed Gills ini adalah insang berwarna memerah hingga terkadang membengkak akibat infeksi. Selain itu tutup insang tidak bisa menutup rapat, ikan jadi sulit bernafas yang ditandai dengan terus berenang di permukaan air.

Untuk mengobati ikan cupang yang terserang penyakit Inflamed Gills ini sebaiknya setiap tiga hari sekali air diganti dengan yang baru dan ditambah dengan methylene blue dan juga garam akuarium.

8.Kotoran Berwarna Putih ( Berak Putih )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Kotoran Berwarna Putih ( Berak Putih ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar FishLore.com
Jenis penyakit ikan cupang kotoran berwarna putih ( berak putih ) ini disebabkan oleh bakteri yang muncul karena kualitas air yang buruk, tandanya ikan cupang terkena penyakit ini adalah keluarnya kotoran yang menamjang, atau menggumpal dan berwarna putih. Selain itu ikan jadi kurang aktif, nafsu makan menurun, bahkan tidak mau makan, sirip ikan menguncup dan warna ikan memucat.

Cara mengobati ikan cupang yang terjangkit penyakit ini langsung pindahkan ke wadah atau akuarium lain, tambahkan antibiotik satu tetes saja atau bisa juga dengan menambahkan Acryflavine dan juga garam akuarium.

Kalau dihari ketiga belum ada perubahan, lakukan lagi cara tersebut hingga sembuh.

9. Kembung atau Sembelit ( Swim Bladder Disorder )

Gambar Jenis Penyakit Ikan Cupang Kembung atau Sembelit ( Swim Bladder Disorder ) Dan Cara Mengobatinya
Sumber Gambar Bettafish.org

Jenis penyaki ikan cupang Swim Bladder Disorder ini pada umumnya disebabkan karena ikan cupang kebanyakan makan dengan ditandai perut membengkak dan kesulitan berenang, tidak aktif dan nafsu makan berkurang.


Untuk mengobati ikan cupang yang mengalami penyakit Swim Bladder Disorder ini bisa sahabat sandingkan ikan cupang dengan cupang lain hingga ngedok dan akhirnya pub. Jika tidak bisa pub juga, sahabat kurangi ketinggian air akuarium. selain dengan cara tadi, sebaiknya ikan dipuasakan.

Nah itulah Jenis Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya, jika salah satunya dialami cupang sahabat maka langsung diobati ya, jangan menunggu hingga parah. Sekian dan semoga cupang sahabat sehat.

Baca juga:
5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang
5 Alasan Kenapa Anda Gagal Berbudidaya Ikan Cupang
Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Cirinya
Cara Agar Cupang Jantan Tidak Makan Telur Ketika Ternak Ikan Cupang
Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual
Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat
Cupang Plakat, Sejarah Lahir Dan Jenisnya
Inilah 3 Dasar Pelatihan Ikan Cupang Adu Agar Juara
Ikan Halfmoon Kontes, Inilah Ciri Cirinya
Cupang Laut, Sudah Tahukah Anda?
Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting
Asal Muasal Terciptanya Keindahan Cupang Serit

Tuesday, 6 December 2016

Ikan Halfmoon Kontes, Inilah Ciri Cirinya

Ikan Halfmoon Kontes, majalahikan.com | Jenis ikan cupang yang satu ini memang menarik sekali, namanya ikan cupang halfmoon. dinamakan demikian karena ekornya ketika mengembang bentuknya mirip dengan bulan separo atau sepotong. Ikan cupang halfmoon merupakan cupang hias, bukan untuk diadu atau untuk ditarungkan.

Begitu populernya cupang halfmoon ini, hingga bisa dipastikan disetiap toko ikan hias tersedia. Petani ikan cupang juga menyukai dengan cupang halfmoon ini, karena cepat besar ketika dibudidayakan, berbeda dengan cupang plakat.

Ikan Halfmoon Kontes halfmoon contas hitam

Cupang halfmoon merupakan jenis cupang yang juga sering dikonteskan, ada banyak kriteria yang musti ada ketika halfmoon akan dilombakan atau dikonteskan. Jika sahabat adalah cupang mania, pastinya ingin tau dong seperti apa kriteria ikan halfmoon kontes dan memang yang layak untuk dikonteskan. Berikut adalah ciri cirinya

Inilah Ciri Ciri Ikan Halfmoon Kontes

Baca juga:
Asal Muasal Terciptanya Keindahan Cupang Serit
Cara Melihat Kriteria Cupang Serit Kontes
Inilah 3 Dasar Pelatihan Ikan Cupang Adu Agar Juara
 

Yang pertama untuk mengetahui cupang haflmoon kontes, kita akan lihat dari mentalnya

Mental ikan cupang halfmoon kontes:
- mental harus berani dan tenang cara bermainya

Yang kedua untuk mengetahui cupang haflmoon kontes, kita akan lihat dari kepalanya

Kepala ikan cupang halfmoon kontes:
- Kepala nampak lurus
- Kepala tidak nyendok
- Kepala harus mulus ( tidak adanya cacat )
- Saat bertemu lawan tutup insang membuka sempurna

Yang ketiga untuk mengetahui cupang haflmoon kontes, kita akan lihat dari sirip renangnya

Sirip renang ikan cupang halfmoon kontes:
- Utuh tidak cacat dan kedua sirip renangnya seimbang
- Saat berenang tidak mendayung terbalik
- Bentuknya harus sesuai denagan kategori kontes

 Yang keempat untuk mengetahui cupang haflmoon kontes, kita akan lihat dari dasinya

Dasi ikan cupang halfmoon kontes:
- Kedua dasi harus sama panjang dan juga seimbang
- Panjang dasi minimal 3/4 dari panjang sirip anal atau sirip bawah
- Harus lurus menjuntai kebawah dan tidak bengkok

Yang kelima untuk mengetahui cupang haflmoon kontes, kita akan lihat dari bentuk badanya

Badan ikan cupang halfmoon kontes:
- Badan harus mulus tidak cacat dan sehat
- Badan harus nampak lurus ketika dilihat dari mulut hingga pangkal ekor
- Badan tidak gemuk dan juga tidak kurus ( poporsional )

Yang keenam untuk mengetahui cupang haflmoon kontes, kita akan lihat dari sirip dorsalnya

Sirip dorsal ikan cupang halfmoon kontes:
- Sirip dorsal harus mulus dan tidak adanya lipatan
- Sirip dorsal harus tegak saat mengembang ( tidak loyo atau melengkung )
- Sirip dorsal harus rapat dengan ekor saat mengembang ( tidak ada sepasi dengan ekor )
- Sirip dorsal harus lebih tinggi ketimbang ekor saat mengembang

Yang ketujuh untuk mengetahui cupang haflmoon kontes, kita akan lihat dari sirip bawahnya

Sirip bawah atau anal ikan cupang halfmoon kontes:
- Sirip bawah harus mulus tanpa adanya lipatan
- Sirip bawah harus mengembang sempurna
- Sirip bawah harus berbentuk trapesium saat mengembang
- Sirip bawah harus lebih panjang daripada ekor saat mengembang

Yang kedelapan untuk mengetahui cupang haflmoon kontes, kita akan lihat dari ekornya

Ekor ikan cupang halfmoon kontes:
- Ekor harus mulus tanpa ada lipatan
- Ekor simetris dan juga seimbang
- Ekor mengembang sempurna
- Bukaan ekor minimal 180 derajat
- Bentuk ekor tidak oval akan tetapi berbentuk busur
- Saat mengembang ekor harus rapat dengan sirip dorsal maupun sirip anal ( mengunci )

Nah itulah ciri ciri ikan halfmoon kontes, semoga cupang halfmoon sahabat jadi juaranya saat mengikuti kontes.

Baca juga:
5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang
Ikan Cupang Siap Kawin Atau Pijah Inilah Cirinya
Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual
Cara Agar Cupang Jantan Tidak Makan Telur Ketika Ternak Ikan Cupang
Makanan Ikan Cupang Terbaik Yang Musti Sahabat Berikan Pada Ikan Laga Sahabat
5 Alasan Kenapa Anda Gagal Berbudidaya Ikan Cupang
Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting

Sunday, 4 December 2016

Cara Melihat Kriteria Cupang Serit Kontes

Kriteria Cupang Serit Kontes, majalahikan.com | Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang keindahanya terlihat saat ekornya mengembang. Tak hanya dari ekornya, ikan cupang juga diburu karena keindahan warnanya seperti misalnya ikan cuapang koi, dan fancy.

Cara Melihat Kriteria Cupang Serit Kontes

Ikan cupang serit merupakan jenis ikan cupang yang ekornya mirip dengan mahkota raja ( crown ), untuk melihat sejarah munculnya ikan cupang serit ini sahabat bisa membacanya di : Asal Muasal Terciptanya Keindahan Cupang Serit, di sana juga disebutkan jenis atau tipe tipe ikan cupang serit. Untuk saat ini majalah ikan akan berbagi pada sahabat semua mengenai kriteria cupang serit kontes.

Cara Melihat Kriteria Cupang Serit Kontes



Kriteria Cupang Serit Kontes

Ikan cupang sendiri baik jenis halfmoon, plakat, double tail, giant dan juga serit memiliki ketentuan yang harus wajib ada saat ingin diikut sertakan dalam kontes, terlebih jenis ikan cupang serit yang mana penilainya meliputi tulang tulang serit yang bagus.

Lalu seperti apa kriteria cupang serit yang bisa ikut dalam kontes ikan cupang? berikut adalah penjelasan cara mengetahui ciri cicrinya:

Mental:
- Berani dan juga bagus
- Cara bermain pembawaan ikan harus tenang

Kepala:

Melihat Kepala Untuk Kriteria Cupang Serit Kontes

- Kepala terlihat lurus
- Kepala tidak nyendok
- Kepala tidak adanya cacat
- Kedua tutup insang membuka dengan sempurna.

Sirip Renang:

Melihat Sirip Renang Untuk Kriteria Cupang Serit Kontes

- Sirip renang harus utuh dan seimbang
- Sirip renang harus tidak mendayung terbalik
- Sirip renang bentuknya harus sesuai dengan kategori

Dasi:

Melihat Dasi Untuk Kriteria Cupang Serit Kontes

- Dasi harus sama panjang
- Dasi bentuknya harus seimbang
- Dasi Musti melewati sirip anal

Sirip dorsal atau sirip atas:

Melihat Sirip Dorsal Kriteria Cupang Serit Kontes

- Sirip dorsal tulang seritnya peling sedikit 8
- Sirip dorsal tulang seritnya memiliki jarak yang sama
- Sirip dorsal tulang serinya haruslah lurus
- Sirip dorsal harus lebih tinggi dari bukaan ekornya saat mengembang

Sirip bawah:

Melihat Sirip Bawah Untuk Kriteria Cupang Serit Kontes

- Harus memiliki jarak yang sama antar tulang seritnya
- Tulang-tulang serit harus beraturan dari depan sampai kebelakang
- Tulang-tulang seritnya harus lurus dan tidak bengkok

Badan

Melihat Bentuk Badan Untuk Kriteria Cupang Serit Kontes

- Dari ujung mulut sampai dengan pangkal ekor harus terlihat lurus
- Badan tidak gemuk dan juga tidak kurus ( Proporsional )
- Badan tidak adanya cacat

Ekor

Cara Melihat Ekor Untuk Kriteria Cupang Serit Kontes


- Bukaan paling sedikit harus 180 derajat yang diukur dari tulang ekor pertama hingga terakhir
- Jarak harus sama
- Ray bentuknya harus sama dan seimbang
- Tulang seritnya harus lurus dan tidak bengkok

Warna:

Idealnya untuk cupang yang akan dikonteskan memiliki warna indah dengan identitas yang sama. Untuk kontes kelas warna dasar solid, tidak adanya warna lain yang terlihat pada sirip dan juga tidak adanya noda warna lain pada badan cupang tersebut.

Untuk kontes kelas warna kombinasi cupang harus memiliki warna gelap dan juga terang yang memiliki warna kontras yang mana secara keseluruhan penampilan warna cupang harus terlihat menarik, indah dan juga mengkilap.

Nah itulah beberapa ciri ciri kriteria cupang serit kontes yang majalah ikan lansir dari http://betta138.blogspot.co.id. Semoga bermanfaat

Baca juga:
5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang
5 Alasan Kenapa Anda Gagal Berbudidaya Ikan Cupang
Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual
Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting
Inilah 3 Dasar Pelatihan Ikan Cupang Adu Agar Juara
Cupang Plakat, Sejarah Lahir Dan Jenisnya