Tuesday, 1 November 2016

Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar



Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar, majalahikan.com | Ikan oscar merupakan jenis ikan hias yang bersifat predator atau karnivora yang artinya pemangsa dan hanya memakan daging, bahkan ikan oscar terkenal dengan kerakusanya.

Gambar Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar

Makanan Ikan oscar yang baik, dalam budiaya ikan oscar adalah untuk menukung pertumbuan si oscar kecil. Seperti anda ketahui, burayak ikan oscar yang baru menetas belum membutuhkan makanan, itu karena ketika menetas sang burayak membawa cadangan makanan. Cadangan makanan ini akan habis ketika oscar kecil berusia 4 hari setelah menetas.

Pakan pertama
kali yang bisa dikenalkan ketika oscar kecil kehabisan cadangan makananya adalah  Infusoria atau Rotifera dan setelah burayak atau oscar kecil berumur seminggu lebih atau 10 hari, kutu air merupakan pakan kedua yang musti dikenalkan, akan tetapi karena ukuran burayak oscar yang masih sangat kecil, maka sebaikna kutu air harus disaring terlebih dahulu.

Pemberian kutu air yang sudah tidak disaring bisa dikenalkan ketika si oscar kecil sudah berumur 2 minggu. Setelah umur 2 minggu, oscar kecil membutuhkan makanan yang kaya akan protein untuk memenuhi kebutuhanya. Dan berikut adalah makanan ikan oscar agar cepat besar.


Makanan ikan oscar agar cepat besar


Setelah umur ikan oscar lebih dari dua minggu, maka ikan oscar harus digenjot dengan pakan yang mampu melesatkan laju pertumbuhanya. Ada beberapa jenis pakan alami yang bisa diberikan seperti misalnya jentik nyamuk dan yang lainya.



Akan tetapi pakan alami yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan oscar, yakni cacing rambut atau cacing sutra.


Gambar dan Foto Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar

Cacing Rambut atau sutra dalah golongan cacing air, selain itu cacing ini juga dikenal dengan nama caccing darah da cacing got. Yang mana sebenarnya adalah cacing tubefifex.

Cacing sutra atau cacing rambut termasuk kedalam kelompok cacing–cacingan (Tubifex sp). Disebut cacing sutra itu karena cacing ini memiliki tubuh yang lunak dan sangat lembut seperti halnya sutra / rambut.

Kenapa cacing ini menjadi pakan yang ampuh untuk membuat laju pertumbuhan ikan oscar cepat, itu karena kandungan lemak dan protein cacing rambut ini cukup tinggi.

kandungan proteinya 51,9 %, kandungan karbohidratnya 20,3 %, kandungan lemaknya 22,3 %, dan bahan abu 5,3 %. Sedangkan asam amino yang menjadi penyusun proteinnya juga lengkap.

Sebenarnya cacing rambut ini bukan hanya semata untuk ikan oscar, termasuk jenis ikan hias air tawar yang dalam masa perumbuhan juga sangat bagus ketikan diberi pakan alami ini. Seperti misalnya dalam budidaya ikan cupang.


Pengalaman yang terjadi dalam merawat burayak ikan cupang pemberian pakan hanya berupa jentik nyamuk dan pemberian pakan hanya cacing rambut terbukti lebih cepat dengan  yang diberi pakan alami berupa cacing rambut atau sutra.

Usai sudah pembahasan tentang makan ikan oscar agar cepat besar. Semoga bermanfaat.


Baca juga: Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua