Thursday, 10 November 2016

Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya


Harga Ikan Parrot, majalahikan.com | Sahabat majalah ikan apa kabar semuanya? semoga sehat ya! Gimana kesehatan ikan hias Anda, Juga sehatkan? Nah jika sahabat ingin manambah koleksi ikan hias di aquarium sahabat, ada ikan hias yang mungkin menarik buat sahabat. Namanya adalah ikan parrot atau juga akrab dengan sebutan ikan kakatua merah.

Kenapa disebut ikan kakatua merah, karena bentuk kepalanya mirip dengan paruh burung kakatua. Selain itu ikan hias ini juga dipanggil dengan nama, Red Parrot Cichlid, Red Parrot Fish, Parrot Fish.

Gambar Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya

Apakah sahabat tau ikan louhan? Ikan parrot ini nasipnya sama dengan ikan louhan. Yakni sama sama hybrid ( ikan hias hasil dari campur tangan manusia ).

Ikan parrot dan ikan louhan merupakan hybrid dari ikan cicihlid. Untuk ikan parrot sendiri adalah hasil dari persilangan Midas Cichlid (Amphilophus Citrinellus) dengan Redhead Cichlid (Paratheraps Synspilum). Ada juga yang mengatakan dari ikan Severum (Heros Severus) dengan Red Devil Cichlid (Amphilophus Labiatus).

Persilangan ini dilakukan dan perkenalakan di Taiwan pada tahun 1986. Pada persilangan ini menghasilkan ikan parrot berwana oranye terang, akan tetapi ada juga warna lain seperti misalnya merah, kuning, coklat, dan tan.

Selain itu, keinginan orang orang Taiwan dalam mengembangkan ikan parrot ini dilakukanlah pengecatan warna. Istilah pengecatan warna ini adalah memberi warna buatan dengan cara disuntik, mencelupkan ikan ke larutan pewarna atau makanan ikan yang dicelupkan ke larutan pewarna.

Hingga akhirnya warna ikan parrot ini menjadi lebih bervariasai seperti hijau, biru, dan juga ungu bahkan pewarnaan ini ada yang berupa tulisan.

Gambar Warna Serta Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya

Yang mana akhirnya menarik daya beli konsumen. Akan tetapi pewarnaan ini tidak bisa bertahan lama, yang mana kekuatan warna hanya bertahan atau memudar enam hingga sembilan bulan. Selain itu pewarnaan ini juga memperpendek harapan hidup si ikan.

Selain dilakuaknan pewarnaan buatan pada ikan parrot ini juga dilakukan modifikasi dengan cara pemotongan ekor, yang mana dianggap kurang manusiawi oleh penggemar ikan hias.

Gambar, Foto Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya


Selain itu hibridisasi ini juga menyebabkan ikan memiliki beberapa cacat anatomi, termasuk mulut, bentuk mulut ikan parrot ini tidak bisa sepenuhnya menutup, yang mana parrot ketika makan mengimbangi dengan menghancurkan makanan dengan tenggorokan otot.

Gambar Mulut Serta Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya

Terkadang parrot memiliki cacat kantung renang , menyebabkan canggung bahkan kesulitan ketika berenang.

Semua jenis dan varian warna ikan parrot ini juga sampai ke Indonesia, di Indo sendiri untuk ikan parrot yang memiliki ekor dikenal dengan Blood Parrot sedangkan yang tidak berekor dikenal dengan Heart Parrot.

Nah itulah sekelumit penjelasan ikan parrot agar sahabat lebih mengenal ikan ini sebelum beranjak kepembahasan utama yaitu Harga Ikan Parrot.

Sebelum Melihat Harga Ikan Parrot, Kita Lihat Dulu Cara Merawat Ikan Parrot Yang Menakjubkan Ini


Dengan perawatan yang baik tentunya, Ikan yang bentuk tubuhnya mirip dengan ikan louhan bonsai ini bisa bertahan hidup hingga 10 sampai 15 tahun. Untuk merawat ikan parrot ini ada beberapa langkah yang musti sahabat siapkan.

Langkah Pertama Menyiapkan Aquarium

Gambar Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya Di Aquarium

Aqarium yang dibutuhkan untuk merawat ikan cantik asal Taiwan ini minimal adalah yang berkapasitas air 30 galon. Karena ikan ini bisa tumbuh hingga 15 sampai 24cm, maka aquarium lebih besar tentunya lebih baik.


Dalam menyediakan aquarium yang tepat untuk parrot sahabat, sediakan pula gua gua seperi misalanya pot atau guci dari tanah liat. Karena ikan parrot ini suka bersembunyi dan terlihat bahagia dengan keluar masuk gua.

Langkah Kedua Mengatur Suhu Dan pH Air

Gambar Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya Dengan Suhu Dan pH Yang Dianjurkan

Suhu air untuk merawat ikan parrot ini antara 76 - 86F (24 - 30 C) akan tetapi suhu yang ideal antara 82 - 84F (26 - 29C). Suhu air yang lebih rendah dari 80F (24C) pada umumnya menyebabkan ikan parrot menjadi lebih penakut dan warnanyapun menjadi pucat.

Sedangkan untuk pH nya antara 6,0-8,5, akan tetapi lebih idealnya antara 7,0 - 8,0.

Langkah Ketiga Menyediakan Filtrasi Dan Aerator Yang Baik

Gambar Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya Dengan Filter Yang Baik

Ikan parrot ini sebenarnya ikan predator, akan tetapi dalam perawatanya juga bisa diberikan makanan buatan berupa pelet. Selain itu parrot memiliki nafsu makan yang tinggi atau dengan kata lain rakus.

Pemberian pakan terkadang menyisahkan beberapa makanan yang tidak dimakan oleh ikan ini, yang akhirnya menyebabkan kualitas air jadi kurang bagus untuk kesehatanya.

Maka dari itu sediakan filtrasi dengan volume tinggi dan penyaring substrat, penyedotan juga dianjurkan untuk meminimalkan nitrat.

Adanya aerator juga diperlukan agar oksigen dalam air aquarium tetap terpenuhi.

Gambar Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya Aerator


Langakah Keempat Menyediakan Penyinaran Yang Baik


Gambar Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya Dengan Lampu Yang Baik

Pencahayaan yang cukup dalam merawat ikan parrot ini sangat dianjurkan, Untuk itu sahabat juga sediakan lampu akuarium untuk parrot sahabat.


Langkah Kelima Pemberian Pakan Yang Baik

Makanan kesukaan ikan parrot seperti cacing darah dan udang air asin. Sahabat juga dapat memberi ikan parrot makan pelet berkualitas serta serpihan kualitas. Makanan tinggi beta karoten akan membantu menjaga warna-warna cerah si ikan parrot.


Langkah Keenam Mengganti Air Aquarium Dengan Teratur

Penggantian air yang teratur sangat dituntut dalam memelihara ikan red parrot ini, karena jika tidak parrot akan terserang penyakit Hole-In-the-head.

Penyakit ini umumnya menyerang ikan red parrot karena buruknya kualitas air, untuk itu sahabat harus rutin mengganti air, minimal satu minggu sekali 10 hingga 20 persen air aquarium.

Itulah langkah langkah merawat ikan red parrot yang perlu sahabat ketahui sebelum admin menyebutkan Harga Ikan Parrot dipasaran.

Oh ya sahabat juga bisa menyatukan ikan hias paroot ini dengan ikan hias lain, seperti misalnya ikan corydoras, ikan pleco, Giant Danios, Severums dan Angelfish.

Variasi Daftar Harga Ikan Parrot


Gambar Dan Foto Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya

Sahabat sekarang sudah tau siapa si ikan parrot yang menakjubkan itu, serta langkah langkah cara merawatnya.


Sekarang sahabat mungkin bertanya berapa harga ikan parrot, baik ikan parrot betina maupaun ikan parrot jantan, ya nggak?

Harga ikan parrot sendiri disetiap wilayah berbeda beda tergantung kualitas ikan juga, akan tetapi pada umumnya satu ekor ikan parrot biasanya dibandrol Rp 50. 000 hingga 80. 000.

Nah sekarang sahabat bisa berburu ikan parrot untuk koleksi aquarium sahabat. Untuk ulasan ini admin rasa cukup, dan pembahasan budidaya ikan parot, mulai dari proses pemijahan ikan parrot, bertelur dan yang lainya akan dijelaskan secara terpisah.

Semoga ulasan Harga Ikan Parrot, Asal Usul Dan Cara Merawatnya, bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua