Tuesday, 15 November 2016

Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting



Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting, majalahikan.com | Ulasan ini memang ditujukan untuk sahabat semua yang demen banget ama ikan cupang, bahkan untuk Anda yang mengatakan bahwasanya ikan hias yang memiliki nama latin Betta sp adalah is the best.

Gambar Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting
Sumber Foto Blitar Betta Fish - WordPress.com

Nah lho ketahuan kalau ikan cupang kalian kurang sehat, iya kan,,,,,ngaku aja. Kuncup kan ekornya atau keriting? atau cupang kalian diem aja kagak aktif, bahkan makan pun kelihatan tak selera.

Nah terus kalo iya kenapa? he he he tanya sendiri ngejawab sendiri. Yupps..... bagi sahabat majalah ikan yang ikan cupangnya bermasalah, terutama di ekor baik kuncup maupaun keriting, berikut ini adalah cara mencegah serta mengobati ekor ikan cupang kuncup dan keriting, khusus untuk pembaca yang budiman.

Ketahui Dulu Penyebabnya Sebelum Melihat Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting


Gambar, Foto Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting
Sumber Foto Ternak Budidaya

Seperti kita ketahui bahwasanya ikan cupang ada banyak jenisnya, seperti half moon, cupang serit, cupang plakat atau aduan, cupang giant dan cupang alam.

Ketika sahabat merawat ikan cupang, tentunya ada berbagai motif yang diinginkan, jika untuk hias maka pastinya kalian memeilih cupang jenis half moon dan serit karena sirip ekor mereka memang indah.

Sedangkan jika untuk adu atau bertarung pada umumnya memilih jenis cupang plakat, walaupun sekarang banyak yang memelihara plakat untuk cupang hias, karena berbagai jenis ikan cupang plakat memang memiliki nilai estetika, seperti misalnya plakat fanci dan plakat koi.

Pada umumnya ikan cupang yang mengalami kuncup atau juga keriting pada ekornya adalah cupang yang memiliki ekor panjang, seperti half moon dan serit, walaupun plakat juga bisa terkena masalah kuncup pada ekornya.

Ketika cupang halfmoon atau serit sahabat mengalami ekor kuncup ini, pada umunya penyebabnya adalah buruknya kualitas air. Kualitas air yang buruk ini jika telalu lama dibiarkan akan menimbulkan berbagai bibit penyakit.

Lalu apa penyebab air memiliki kualitas tidak bagus, penyebabnya adalah sisa sisa makanan ikan yang tidak kemakan sang ikan. Selain itu, kotoran yang dikeluarkan ikan juga penyebab buruknya kondisi air.

Baik dari sisa makanan atau kotoran ikan ini adalah sumber bermacam2 bakteri dan zat kimia (seperti: Nitrit) yang berbahaya bagi kesehatan ikan. Yang pada akhirnya menjadikan ekor ikan cupang sahabat tidak lagi indah.

Langkah Langkah Pencegahan Agar Ekor Ikan Cupang Tidak Kuncup Atau Keriting


Dalam merawat ikan hias, khususnya ikan cupang untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit, terutama ekor kuncup atau keriting haruslah selalu menjaga kualitas air untuk kehidupan mereka tetap dalam kondisi yang bagus.

Membuat air memiliki kualitas yang baik, itu berarti sahabat harus menggantinya dengan konsisten, ketika sahabat memutuskan mengganti air 2 hari sekali maka sebaikanya ini dilakukan dengan continu.

Penggantian air ini juga harus memperhatikan kandungan air itu sendiri, sepeti misalnya air PDAM, air ini mengandung chlorine. Maka sahabat harus menghilangkan kandungan chlorine ini terlebih dahulu sebelum dibuat untuk mengganti air untuk cupang sahabat. Itu karena chlorine ini tidak baik untuk si ikan.

Cara untuk mrnghilangkan kandunan chlorine ini adalah dengan mengendapkanya terlebih dahulu selama kurang lebih 2 malam.

Mengganti air akuarium secara rutin adalah langkah pertama pencegahan agar ekor cupang tidak kuncup atau keriting.

Langkah kedua agar ekor cupang tidak kuncup dan juga keriting sebaiknya sahabat juga memberi atau menambahkan pada air akuarium dengan Blitz Ich (bisa didapatkan di toko-toko aquatic) sebagai upaya pencegahan timbulnya ragam penyakit pada ikan.

Sedangkan langkah ketiganya adalah memperhatikan pemberian pakan, jangan memberi pakan cupang kesayangan sahabat terlalu banyak yang akhirnya tidak dimakan dan mengendap di dasar akuarium. Itu karena selain membuat air dalam akuarium kotor, endapan sisa makan inilah yang menjadi sebab munculnya nitrit dalam air.

Lalu bagaimana jika ekor cupang sudah terlanjur kuncup atau keriting, nah berikut adalah cara mencegah serta mengobati ekor ikan cupang kuncup dan keriting.

Cara Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting


Jika cupang sahabat sudah terlanjur kehilangan kecantikan dan keanggunanya karena ekornya tidak lagi mengembang, barikut adalah cara mengobatinya.

Segera pindahkan ikan cupang sahabat ke akuarium lain. Akuarium yang baru ini diisi dengan air yang terlarut dengan garam dan juga daun ketapang.

Penggantian air juga terus dilakuakan setiap 2 hari sekali. Berikut ini vidionya
Demikianlah Cara Mencegah Serta Mengobati Ekor Ikan Cupang Kuncup Dan Keriting, semoga bermanfaat.

1 comments :

  1. Terima kasih tutorialnya. memberi pencerahan ....

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua