Wednesday, 23 November 2016

Cara Budidaya Ikan Koki Inilah Rahasianya



Cara Budidaya Ikan Koki, majalahikan.com | Ikan koki adalah ikan hias air tawar yang mustinya pingin Anda geluti untuk membudidayakanya. Entah alasan kenapa Anda ingin mencobanya atau sudah bertekad untuk menjadikan bisnis utama Anda.

Cara Budidaya Ikan Koki

Yang pasti ikan koki ini banyak jenisnya, dan dari semua jenisnya memiliki pasar masing masing, ada yang untuk kelas menengah ke atas dan ada pula yang untuk menengah ke bawah.

Untuk ikan koki yang memiliki kualitas super istimewa tentunya pasar Anda adalah kelas menengah ke atas, sedangkan ikan koki yang kualitasnya rendah tentunya Anda larikan ke menengah ke bawah.

Jadi Anda berada dijalur yang tepat jika ingin membudidayakan ikan koki, karena ikan bertubuh tambun ini memang banyak sekali penggemarnya.

Jadi ketika Anda berhasil membudidayakan salah satu dari jenis ikan hias terpopuler di negara kita ini, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari pasarnya.

Apapun jenisnya yakinlah terlebih dahulu bahwa Anda akan berasil dalam cara budidaya ikan koki ini. Keyakinan ini adalah langkah pertama dan modal terbesar untuk kesuksesan Anda.

Lankah Ke Dua Dalam Cara Budidaya Ikan Koki Agar Anda Berhasil



Setelah Anda mempunyai keyakinan bahwasanya budidaya ikan koki tidaklah sulit dan Anda bisa berhasil, maka langkah selanjutnya adalah dari sekian banyaknya jenis ikan koki maka tentukan terlebih dahulu ikan koki yang jenis apa yang ingin Anda budidaya.

Kenapa harus menentukan jenisnya terlebih dahulu???

Itu karena ketika Anda fokus pada satu jenis, misal ikan koki mutiara atau ikan koki oranda itu berarti Anda sudah mendekati kesuksesan.

Karena kitika Anda fokus pada satu jenis terlebih dahulu, fikiran Anda tidak terbagi, walaupun sama sama ikan koki tapi perlakuan mereka berbeda.

Ada banyak sekali dari jenis ikan koki ini, seperti misalnya ikan koki mata langit, ikan koki ekor kipas, ikan koki mata telescop, ikan koki mutiara, ikan koki oranda, ikan mutiara dan yang lainya.


Untuk itu fokus pada satu jenis terlebih dahulu, pilihlah jenis ikan koki yang memiliki harga mahal, ikan koki yang populer untuk dikonteskan, dan yang pasti banyak pengagumnya.

Misal ikan koki oranda atau mutiara, kedua jenis ini memang banyak yang mengagumi keindahanya. Harganyapun wow .....dan yang pasti ketika Anda kurang berhasil ( kualitas kurang bagus ) masih tatap untung dan bisa menjual dengan mudah.

Cara Budidaya Ikan Koki Oranda




Cara Budidaya Ikan Koki Mutiara


Langkah Ke Tiga Dalam Cara Bididaya Ikan Koki Agar Anda Berhasil



Untuk langkah ketiga agar Anda sukses dalam budidaya ikan mas koki ini dibagi menjadi tiga langkah.

1. Memilih Iduk Ikan koki Yang Berkualitas
2. Cara Membedakan Ikan Koki Jantan Dan Betina
3. Pemisahan Calon Indukan Ikan Koki

Cari Induk Ikan Koki Yang Berkualitas Dalam Cara Budidaya Ikan Koki, Dan Ini Ciri Cirinya

Ikan koki dengan nilai harga yang tinggi itu karena memiliki kualitas bagus. Untuk itu jika Anda menginginkan sukses dan meraup keuntungan yang tinggi dalam budidaya ikan koki ini, maka hasilkanlah benih benih atau anak anak ikan koki yang memiliki kualitas bagus. Untuk itu Anda harus memilih indukan yang kualitas istimewa agar keturunanya juga istimewa dan berkelas.

~ Pilih ikan koki yang selalu aktif berenang
~ Ketika berenang ekornya menguncup sedangkan ketika berhenti berenang ekornya mengembang atau mekar
~ Sehat dan tidak cacat
~ Sisiknya tidak ada yang terkelupas dan juga tersusun rapi
~ Antara sirip dorsal, ekor dan juga tubuhnya proporsional
~ Dan pilihlah ikan koki yang rakus 

Perbedaan Ikan Koki Jantan Dan Betina Dalam Cara Budidaya Ikan Koki


Cara Budidaya Ikan Koki - Perbedaan Ikan Koki Jantan Dan Betina

Setelah Anda menemukan ikan koki yang memiliki kualitas istimewa untuk dijadikan indukan dalam budidaya ini, langkah selanjutnya Anda juga harus paham dan tahu perbedaan antara ikan koki jantan dan betina.

Tanpa mengetahui perbedaan diantara keduanya, proses budidaya ikan koki akan memakan waktu yang lama. Berbeda jika Anda tahu betul ini ikan koki jantan dan ini ikan koki betina maka proses budidaya ikan koki ini akan lebih cepat ( pemijahan akan lebih cepat ).

Untuk itu ketahuilah terlebih dahulu ikan koki jantan dengan ciri ciri sebagai berikut:
~ Perhatikan dari atas, koki jantan lebih ramping tubuhnya
~ Pada sirip depan terdapat adanya bercak atau bintik bintik putih
~  Perhatikan penampang anus dari arah sampaing, koki jantan terlihat rata

Sedangkan untuk ikan koki betina ciri cirinya sebagai berikut:
~ Jika diperhatiakan dari atas, perutnya buncit
~ Tidak adanya bercak atau bibtik bintik putih pada sirip bagian depanya
~ Dan penampang anus akan terlihat menonjol jika diperhatikan dari samping.

Pemisahan Calon Induk Ikan Koki Dalam Cara Budidaya Ikan Koki

Setelah mendapati calon iduk dan bisa dengan mudah Anda membedakan ikan koki jantan dan betina, maka langkah selanjutnya adalah pisahkan ikan koki jantan dan ikan koki betina ini terlebih dahulu sebelum dipijahkan.

Pemisahan kedua jenis kelamin ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih mudah dalam penentuan yang mana ikan koki yang akan dipijakan, kapan Anda akan memijahkan, warna ini akan dipijahkan dengan warna apa dan yang pasti pemisahan ini akan mempercepat proses saat pemijahan.

Sebaiknya pisahkan ikan koki jantan dan ikan koki betina disaat mereka masih berumur 3 hingga 4 bulan. Dan jangan lupa rawatlah dengan baik calon calon indukan ikan koki tersebut. Terutama perhatikan makanan yang Anda berikan, berilah pakan alami, seperti misalnya kutu air. Karena itu lebih bagus untuk calon induk induk tersebut.

Disamping pakan, Anda juga harus betul betul perhatikan pula kondisi air dimana mereka hidup.

Pemijahan Pada Calon Induk Yang Sudah Siap Pijah Dalam Cara Budidaya Ikan Koki

Sebelum Anda melangkah ke proses pemijahan, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu dengan baik beberapa faktor berikut ini:


Kolam Atau Akuarium Untuk Proses Pemijahan 

Cara Budidaya Ikan Koki Dengan Kolam
Sumber Gambar Jual Ikan Koki - WordPress.com

Jika Anda menghendaki untuk memijahkan ikan koki di kolam, maka buatlah kolam sesuai dengan lahan yang Anda miliki. Akan tetapi sebaiknya kolam memiliki panjang 1 atau dua meter dan lebarnya 75 cm atau 1 setengah meter.

Sebelum diisi dengan air sebaiknya air dikeringkan dibawah sinar matahari langsung selama 2 hingga 3 hari terlebih dahulu agar bau semen hilang dan terbebas dari racun.

Selain kolam semen cara budidaya ikan koki ini juga bisa dilakuan di kolam terpal.

Setelah kolam siap untuk diisi air, maka isilah air dengan kedalaman air 15 hingga 20 cm. Ini dimaksudkan agar ikan koki memijah denagan baik, karena ikan mas koki pada saat pemijahan membutuhkan suhu yang hangat.

Suhu untuk memijahkan ikan koki sebaiknya 27 hingga 30 derajat celcius. Sedangkan pH air haruslah netral yakni 7,0 hingga 7,4.

Yang paling penting dalam pengisian air ini adalah air sebaiknya diendapkan terlebih dahulu kurang lebih selama 24 jam atau satu hari satu malam.

Ketika Anda menghendaki untuk memijahkan ikan koki di akuarium, maka sebaiknya ukuran akuarium 80 cm x 40 cm x 40 cm.

Air untuk mengisi akuarium juga sama, endapkan terlebih dahulu sebelum dimasukan ke akuarium. Untuk suhu juga bisa diatur sama dengan suhu pada pemijahan di kolam dan pH airpun demikian.

Setelah semuanya dirasa sudah siap, baik akuarium maupun kolam untuk memijahkan ikan mas koki, maka berilah tanaman air sebagai perangsang untuk memijah dan sebagai tempat untuk meletakan atau menempalkan telur.

Tanaman air ini sebaiknya yang memiliki akar panjang dan juga menggantung dalam air, untuk itu pakailah tanaman eceng gondok (Eicchornia crassipes), ganggang hydrilla, valisneria dan Vistia stratiotes.

Pijahkan Ikan Koki Jantan Dan Betina Yang Sudah Siap Untuk Dipijahkan 

Ikan koki yang sudah siap pijah itu berarti ikan koki yang sudah matang kelamin. Ciri ciri ikan koki yang sudah matang kelamin untuk jantan jika diurut perutnyanya ke arah lubang genital, maka akan mengeluarkan cairan putih susu atau yang disebut dengan sperma.

Sedangakan ciri ciri ikan koki betina yang telah siap untuk dipijahkan adalah jika diraba perutnya sudah terasa lembek atau empuk.

Perut induk betina akan tampak membesar lebih dari biasanya, lubang kelamin membengkak serta berwarna kemerahan dan lubang anus melebar menonjol.

Dengan ciri ciri tersebut telur akan mudah keluar hanya dengan sedikit penekanan pada bagian perutnya.

Setelah Anda mendapai ikan koki jantan dan ikan koki betina sudah siap untuk dipijahkan maka sebaiknya segera dipijahkan, agar produksi telur dan sperma tidak kembaali diserap oleh tubuh.

Dalam pemijahan ini sebaiknya satu jantan untuk setiap dua ekor betina. Ini dimaksudkan agar mereka memijah dengan baik, dan pembuahan telur juga menjadi merata.

Karena jika lebih banyak ikan koki jantanya maka koki betina akan stres karena dikejar oleh jantan, padahal betina sudah mengeluarkan telurnya. Sebaliknya jika terlalu banyak betinanya akan banyak telur yang tidak terbuahi.

Setelah ikan koki jantan dan ikan koki betina siap untuk dipijahkan, maka masukan ke kolam atau akuarium pemijahan. Pada umumnya pemijahan terjadi ketika malam hari.

Untuk itu setelah Anda mendapati telur telur menempel pada akar tanaman air, maka segeralah pindahkan indukan agar mereka tidak memakanya disaat terasa lapar dan Anda belum memberinya makan.

Setelah induk dipisahkan dari telur telur yang menempel pada akar tanaman air, jagalah suhu air tetap stabil agar telur cepat menetas.

Penetasan Telur Dan Merawat Burayak Ikan Koki

Telur telur yang terbuai akan menetas kurang lebih selama 3 hari, sedangakan telur yang tidak terbuahi tidak akan menetas.

Untuk merawat ikan koki kecil atau burayak ini pemberian pakan bisa berupa kutu air, setelah persediaan pakannya habis ( makanan bawaan setelah menetas ).

Dan cacing sutra setelah ikan koki kecil sudah bisa memakannya. Cacing sutra ini sangat baik untuk mempergepat laju pertumbuhan ikan koki, dan sebaiknya berikan hingga ikan koki berumur 3 bulan.

Anda juga bisa menambahkan pakan buatan yang memiliki kandungan untuk mencerahan warna ikan koki.

Gambar Gambar Jenis Ikan Koki Yang Bisa Anda Budidayakan

Ikan Koki Mutiara
Cara Budidaya Ikan Koki Mutiara Inilah Rahasianya


Ikan Koki Lionhead


Cara Budidaya Ikan Koki Lionhead Inilah Rahasianya

Ikan Koki Mata Balon


Cara Budidaya Ikan Koki Mata Balon Inilah Rahasianya

Ikan Koki Mata Telescop


Cara Budidaya Ikan Koki Mata Telaskop Inilah Rahasianya

Ikan Koki Common


Cara Budidaya Ikan Koki Common Inilah Rahasianya

Ikan Koki Ekor Kipas


Cara Budidaya Ikan Koki Ekor Kipas Inilah Rahasianya

Ikan Koki Panda


Cara Budidaya Ikan Koki Panda Inilah Rahasianya


Ikan Koki Rancu


Cara Budidaya Ikan Koki Rancu Inilah Rahasianya

Itulah rahasia cara budidaya ikan koki agar Anda berhasil, semoga sukses.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua