Monday, 3 October 2016

Sekilas Profil Nose Tetra ( Rummy-nose tetra ) Dan Cara Merawatnya


Sekilas Profil Nose Tetra ( Rummy-nose tetra ) Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com | Nose Tetra (Hemigrammus rhodostomus) juga dikenal dengan firehead tetra. Ikan ini adalah ikan hias air tawar dari Amerika Selatan.

Gambar Sekilas Profil Nose Tetra ( Rummy-nose tetra ) Dan Cara Merawatnya


Panjang maksimal ikan Nose Tetra saat dewasa hanya 5 cm atau 2 in. Bentuknya seperti torpedo, warna tubuhnya transparan keperakan. Ada juga yang tranparan kehjauan, sisik warna-warni hijau sering terlihat menghiasi pada ubun-ubun ikan ini.

Pada kepala ikan Nose Tetra ada warna merah tua, dan juga warna-warni yang berkilau, matanya berwarna merah dan beberapa pewarnaan merah melewati operkulum atau insang ke bagian anterior post tubuh ( titik tengah ).

Sirip ekor ikan Nose Tetra selain tranparan juga dihiasi dengan warna hitam dan putih garis horisontal, yang jumlahnya biasanya terdiri dari satu garis hitam tepat di bagian tengah dari sirip ekor, setelah itu garis putih lalu garis hitam lagi, lalu putih dan yang terkhir hitam. Yang mana jumlah kesuluruhan warna hitam horisontal pada sirip ekor ikan Nose Tetra ada lima buah. Sedangkan warna putihnya ada empat garis.

Ada juga dari jenis ikan Nose Tetra ini yang pada warna hitam di ekornya hanya tiga garis.

Jenis Jenis Ikan Nose Tetra ( Rummy-nose tetra )


Ada tiga spesies ikan yang berbeda sehingga dikenal sebagai Rummy-nose tetra, dan distribusinya sebagai berikut:

1. Hemigrammus rhodostomus: Turunkan Amazon basin dan Orinoco River (yang ditemukan setelah Perang Dunia I oleh Jerman Albert Ramsperger.

Sekilas Profil Nose Tetra ( Rummy-nose tetra ) Dan Cara Merawatnya - Hemigrammus rhodostomus
 
2. Hemigrammus bleheri : Rio Negro dan Cekungan Rio Meta.

Sekilas Profil Nose Tetra ( Rummy-nose tetra ) Dan Cara Merawatnya - Hemigrammus bleheri
 
3. Petitella georgiae : Upper Amazon basin di Peru, Rio Purus, Rio Negro dan cekungan Rio Madeira (yang telah ditemukan dari Peru di akhir 1950-an di Swiss oleh H. Boutiere).

Sekilas Profil Nose Tetra ( Rummy-nose tetra ) Dan Cara Merawatnya - Petitella georgiae

Klasifikasi Nose Tetra ( Rummy-nose tetra )

klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Characiformes
Keluarga:     Characidae
subfamili:     incertae sedis
Marga:     Hemigrammus
Jenis:     H. rhodostomus
nama binomial
Hemigrammus rhodostomus


Cara Merawat Nose Tetra ( Rummy-nose tetra )






Untuk memelihara dan merawat ikan Nose Tetra ini akuarium yang paling ideal adalah yang berukuran 60cm x 37.5cm x 30cm atau kapasitas air 70 liter.

Ikan ini menykai suhu 76-80 ° F (24-27 ° C) dengan pH air 5,5-7,0. Warna ikan Nose Tetra akan pudar jika dipelihara dalam kondisi basa.
Agar ikan ini terlihat berwarna, sebaiknya menggunakan cahaya yang redup. Sedangkan untuk membuat nuansa alami bisa ditambahkan kau apung atau akar bengkok.

Tanaman aquascape juga bisa ditambahkan. Sebaiknya ketika memelihara ikan ini paling sedikit ada enam ekor, karena akan membuatnya lebih nyaman.

Untuk teman seakuarium yang bisa dicampur dengan ikan ini adalah  kecil gurami (sepat hias ), tetras, barbs , danios , rainbow , dan berbagai ikan lele, seperti Ancistrus . Ikan ini tidak dapat dicampur dengan cichlids Afrika karena mereka memiliki parameter air yang sangat berbeda.

Sedangkan untuk pakan, ikan Nose Tetra ( Rummy-nose tetra ) menyukai pakan hidup, seperti misalnya kutu air dan jentik nyamuk.

Demikian ulasan Sekilas Profil Nose Tetra ( Rummy-nose tetra ) Dan Cara Merawatnya, semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua