Sunday, 2 October 2016

Sekilas Profil Ikan Hias SAE - Siamese Algae Eater Dan Cara Merawatnya


Sekilas Profil Ikan Hias SAE - Siamese Algae Eater Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com | Siamese Algae Eater (Crossocheilus oblongus) adalah jenis ikan hias air tawar dari keluarga Cyprinidae.

Gambar Sekilas Profil Ikan Hias SAE - Siamese Algae Eater Dan Cara Merawatnya

Siamese Algae Eater termasuk ikan tropis yang ditemukan di daratan Asia Tenggara , termasuk Chao Phraya dan Cekungan Mekong  serta Semenanjung Melayu. Habitat alamnya sungai dan hutan banjir selama musim hujan.

Siamese Algae Eater memiliki garis horizontal hitam memanjang dari operkulum ke ekor. stripe ini dapat memudar untuk menyamarkan terhadap lingkungannya.

Siamese Algae Eater (Asli Crossocheilus siamensis), yang pada rahang atasnya tidak ada sungut dengan bibir atas berbentuk V, yang keberadaanya langka dan jarang ditemui dalam perdagangan ikan hias akuarium.

Klasifikasi Ikan Air Tawar Siamese Algae Eater (Crossocheilus oblongus)


klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Cypriniformes
Keluarga:     Cyprinidae
Marga:     Crossocheilus
Jenis:     C. oblongus
nama binomial
Crossocheilus oblongus


Profil Ikan Hias Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei)


Gambar, foto Sekilas Profil Ikan Hias SAE - Siamese Algae Eater Dan Cara Merawatnya
 
Sedangkan yang paling umum dipelihara di aquascape adalah Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) yang mana memiliki tubuh memanjang kecoklatan cerah dengan perut sedikit datar. ikan ini memiliki garis horisontal coklat-hitam yang menonjol memanjang dari hidung ke ekor.

Ikan Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) dapat tumbuh hingga 16 cm (6,3 in). Ciri umumnya memiliki sungut rahang atas kecil dan bibir atas dangkal melengkung unfringed.

Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) berasal dari Kalimantan, Semenanjung Malaysia, selatan dan barat Thailand, dan Myanmar.

Ikan ini mendiami sungai dan anak sungai dengan substrat batu-batu, kerikil dan pasir, sering di daerah dengan kayu apung atau pohon akar yang terendam.

Sungai sungai yang didiami biasanya dangkal, yang memungkinkan sinar matahari untuk menembus permukaan dan pengembangan biofilm.

Cara Merawat Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei)


Gambar dan Foto Sekilas Profil Ikan Hias SAE - Siamese Algae Eater Dan Cara Merawatnya

SEA - Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) merupakan jenis ikan hias air tawar yang memiliki perangai aktif dalam berenang. Dan populer dipelihara sebagai pembersih alga di aquascape maupaun akuarium.

Ikan ini juga bisa dicampur dengan jenis ikan hias yang lainya, bahkan lebih baik ketimbang ikan hias pemakan alga lainya seperti Chinese Algae Eater.

Untuk merawat ikan hias ini suhu air yang tepat adalah dikisaran 24-26 ° C (75-79 ° F) sedangkan pH nya 6,5-8,0.

Tanaman aquascape seperti Bolbitis atau Anubias spp juga harus ada untuk merawat ikan hias ini. Tanaman ini dapat tumbuh melekat pada dekorasi dan bisa ditambah dengan pencahayaan yang terang untuk mendorong pertumbuhan alga di mana ikan akan merumput untuk makan.

Dalam lingkungan semacam ini Siamese Algae Eater (Crossocheilus langei) akan menampilkan perilaku yang lebih alami dan dapat dicampur dengan ikan hias lain yang menikmati kondisi yang sama.

Jika dipelihara dengan baik ikan Algae Eater (Crossocheilus langei) mampu hidup hingga 10 tahun.

Inilah Sekilas Profil Ikan Hias Siamese Algae Eater Dan Cara Merawatnya yang bisa majalah ikan persembahkan untuk sahabat semua. Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua