Thursday, 13 October 2016

Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias



Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias, majalahikan.com Jika sahabat majalah ikan ingin membuat akuarium dengan tampil beda dengan memlihara jenis ikan hias air tawar yang memiliki kumis atau ikan lele, Ikan Catfish Hias merupakan pilihan yang tepat. Dan berikut adalah Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Jenis Ikan Catfish Hias Yang Bisa Sahabat Pilih Untuk Mengisi Akuarium

1. Glass Catfish (Kryptopterus vitreolus)


Gambar Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Glass Catfish atau akrab dengan sebutan ikan lele kaca, merupakan ikan lele hias yang berukuran kecil yang berasal dari Asia. Tepatnya yang paling umum untuk dunia ikan hias adalah dari Kalimantan.

Sesuai dengan namanya ikan ini sangat unik, karena transparan layaknya kaca, bahkan duri durinya terlihat. Ikan lele hias kaca ini memiliki panjang 8 cm, akan tetapi umumnya hanya 6,5 cm.

Ikan yang memliki sungut panjang ini, serta keunikanya akan menghiasi akuarium sahabat, terlebih jika pelihara berkelompok.

Gambar Dan Foto Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias


2. Electric Catfish


Gambar Electric Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Electric Catfish atau Lele listrik merupakan nama umum untuk lele ( urutan Siluriformes ) dari keluarga Malapteruridae. Keluarga ini mencakup dua genera , yakni Malapterurus dan Paradoxoglanis dengan 19 spesies . 

Seperti namanya dari beberapa spesies keluarga ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan sengatan listrik hingga 350 volt menggunakan electroplaques dari organ listrik .

Lele listrik ditemukan di daerah tropis Afrika dan Sungai Nil . Dan lele listrik ini biasanya aktif di malam hari atau noktural sedangkan ikan lele ini memangsa ikan lain dengan cara melumpuhkan mangsanya dengan muatan listrik. 

Ikan lele listrik ini dapat tumbuh hingga 1 m panjang.

3. Wels Catfish

Gambar Wels Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Wels Catfish  juga akrab disebut dengan nama sheatfish, adalah spesies besar ikan patin asli daerah luas pusat, selatan, dan timur Eropa , di cekungan dari Baltik , Hitam , dan Laut Kaspia . 

Wels Catfish telah diperkenalkan ke Eropa Barat dan kini ditemukan dari Inggris sepanjang jalan timur ke Kazakhstan dan selatan ke Yunani dan Turki . 

Wels Catfish memiliki ciri ciri kepala datar dan mulut lebar. Wels lele dapat hidup selama setidaknya lima puluh tahun dan pendengaranya sangat baik.

Di alam liar memangsa Annelida cacing, gastropoda , serangga , krustasea , dan ikan, sedangkan untuk ukuran ikan yang lebih besar juga memangsa makan katak , tikus , burung seperti bebek dan kadang-kadang kanibal.


4. Sisorid Catfish


Gambar Sisorid Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias


Sisorid Catfish termasuk dari Family  Sisoridae
 

 5. Talking Catfish

Gambar  Talking Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias


Juga populer dengan nama Striped Raphael catfish (Platydoras armatulus) adalah jenis ikan lele dari keluarga Doradidae . Selain itu Lele ini juga Southern striped Raphael, talking catfish, chocolate doradid, chocolate catfish or thorny catfish. 

Jenis ikan lele ini juga populer sebagai ikan hias, sifatnya yang damai menjadikanya bisa dicampur dengan jenis ikan hias lainya. Yang lebih unik dari jenis lele ini adalah temperamen yang menyenangkan dan sifat ingin tahu.

Lele ini merupakan hewan nokturnal yang
ditemukan di Amazon , Tocantins , Parnaíba , Orinoco , Essequibo Rivers di Guyana dan Suriname dari Amerika Selata.


6. Driftwood Catfish (Auchenipteridae)


Gambar Driftwood Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Driftwood Catfish adalah ikan lele nokturnal . Beberapa spesies yang lebih kecil diketahui bersembunyi di log dan celah-celah pada siang hari dan keluar mencari makan pada malam hari.

Driftwood Catfish adalah omnivora yang memangsa  ikan, serangga, udang, buah, dan bahkan berserabut ganggang dan bahan tanaman lainnya.

7. Walking Catfish

Gambar Walking Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias


Walking Catfish atau Lele berjalan (Clarias batrachus) adalah spesies air tawar airbreathing lele asli Asia Tenggara , tetapi juga diperkenalkan di luar daerah asalnya di mana ia dianggap sebagai spesies invasif .

Diberi nama Walking Catfish karena kemampuannya untuk "berjalan" di lahan kering, untuk menemukan makanan atau sesuai lingkungan. Meskipun tidak benar-benar berjalan seperti kebanyakan makhluk berkaki dua atau berkaki empat akan tetapilele ini  memiliki kemampuan untuk menggunakan sirip dada untuk tetap tegak karena membuat semacam menggeliat gerak dengan gerakan seperti ular.

Ikan lele ini biasanya hidup di air yang bergerak lambat dan sering stagnan perairan di kolam, rawa, sungai, sawah banjir atau kolam sementara yang mungkin kering. Ketika ini terjadi, maka lele ini "berjalan" untuk pindah ke sumber air lainya.

8. Thorny Catfish

Gambar Thorny Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias


Thorny Catfish ini adalah ikan lele yang unik, karena memilki ciri ciri duri atau tulang yang menonjol desepanjang tubuhnya.


 9. Suckermouth Catfish

Gambar Suckermouth Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Suckermouth Catfish bisa dibilang ikan lele berlapis baja, yang termasuk dalam jenis ini ikan pleco atau sapu sapu

 10. Flat-nosed Catfish 

Gambar Flat-nosed Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Flat-nosed Catfish merupakan salah satu yang paling populer dan di minati. Beberapa di antaranya termasuk ke dalam ikan predator dan memiliki ukuran maksimal hingga mencapai lebih dari 1 meter sehingga untuk memelihara ikan ini hingga dewasa akan di butuhkan akuarium dengan ukuran yang sangat besar ataupun di tempatkan di kolam ikan

11. Pangasius Catfish


Gambar Pangasius Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Pangasius adalah genus dari menengah-besar yang sangat besar lele hiu asli air tawar di Selatan dan Asia Tenggara . Istilah "patin" kadang-kadang digunakan untuk secara khusus merujuk pada komersial penting ikan basa , P. bocourti.

12. Banjo Catfish


Gambar Banjo Catfish Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Banjo Catfish adalah lele scaleless. lele ini memiliki tubuh lateral terkompresi yang ditutupi dengan baris horizontal proyeksi terangsang besar, yang disebut tuberkel unculiferous.

Bagian pertama dari nama latin nya, Bunocephalus, berasal dari bounos kata Yunani berarti bukit yang diterjemahkan ke dalam "kepala bergelombang."

Tapi dengan kepala lebar dan bentuk tubuh ramping panjang, itu menyerupai banjo atau gitar, dan dengan demikian nama umum nya. 


Hal ini juga disebut Dua berwarna Banjo Catfish, Bicolour Banjo lele, dan Guitarrita yang berarti 'sedikit gitar'. Kadang-kadang mereka bahkan disebut "Frying Pan Fish". The Banjo Catfish pertama kali dianggap satu spesies, tapi sekarang ada beberapa yang dikenal "banjo" mencari spesies, dan semua digabungkan di bawah nama umum yang sama. Spesies ini juga dapat ditemukan dalam beberapa publikasi sebagai Dysichthys coracoideus, kombinasi asli.

13. Corydoras

Gambar Corydoras Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias

Corydoras adalah genus dari lele air tawar  di keluarga Callichthyidae dan subfamili Corydoradinae . Spesies biasanya memiliki area yang lebih terbatas endemisme dari callichthyids lain, tapi wilayah distribusi seluruh genus hampir sama  di Amerika Selatan di mana ditemukan timur Andes ke Atlantik pantai, dari Trinidad ke Río de la Plata drainase di utara Argentina . Spesies memiliki beragam warna, silahkan baca.JENIS IKAN CORYDORAS PALING POPULER DAN TERLENGKAP

Demikianlah ulasan Jenis Jenis Ikan Catfish Atau Lele Hias, semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua