Saturday, 1 October 2016

Ikan Hias Zebra Danio Profil Dan Cara Merawatnya


Ikan Hias Zebra Danio Profil Dan Cara Merawatnya, majalahikan.com | Zebra danio (Danio rerio) adalah jenis ikan hias air tawar dari keluaraga ( Cyprinidae ) dari urutan Cypriniformes yang  berasal dari wilayah Himalaya.

Gambar Ikan Hias Zebra Danio Profil Dan Cara Merawatnya

Tepatnya di kawasan sungai gangga di India timur, yang mana ditemukan diberbagai habitat, mulai dari sungai yang berarus lambat maupun sungai yang berarus cepat, kanal, parit, dan sawah.

Zebra daino dalam perdagangan ikan hias lebih akrab dengan sebutan zebra saja, ikan ini sangat populer dikalangan hobiis ikan hias, dikarenakan berbagai alasan, baik karena warnanya yang menarik maupaun harganya yang murah.

Warnanya sanagat cantik dengan warna dasar emas atau perak, dengan garis horisontal yang membentang dari insang hingga ke ujung ekor. Warna garis garis ini ada yang biru juga ada yang ungu.

Untuk ikan jantan postur tubuhnya lebih terpedo, sedangkan untuk betina perutnya lebih besar. Panjang maksimal ikan ini adalah 5 cm.

Sedangkan untuk umur ikan danio zebra ini pada umumnya hanya dua tahun, terkadang juga hingga lima tahun.


Klasifikasi Ikan Hias Danio Zebra


klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Cypriniformes
Keluarga:     Cyprinidae
Marga:     Danio
Jenis:     D. rerio
nama binomial
Danio rerio


Cara merawat ikan hias danio zebra


Gambar dan Foto Ikan Hias Zebra Danio Profil Dan Cara Merawatnya

Ikan danio zebra termasuk ikan yang mudah dipelihara, bahkan untuk pemula, karena ikan ini toleran dengan berbagai parameter air. Selain itu ikan ini juga tahan banting.

Ikan danio zebra akan lebih baik jika dirawat dengan berkelompok, itu karena ikan ini juga memiliki sifat yang suka menggigit ikan lainya jika dipelihara dengan kelompok yang lebih sedikit.

Kelompok yang dianjurkan untuk merawat ikan danio zebra ini minimal enam ekor. Sedangkan jika ikan danio zebra ingin dicampur dengan jenis ikan hias lain, sebaiknya yang juga dari jenis danio, ikan corydoras dan dari jenis ikan tetra.

akuarium yang dibutuhkan untuk merawat ikan danio ini sebaiknya yang memiliki dimensi dasar 30 cm.

Suhu yang dibutuhkan untuk memelihara ikan danio ini berkisar antara 65 ° F - 75 ° F (18 ° C - 24 ° C) sedangkan pH nya 6,5-8.

Untuk memberi makan ikan danio zebra ini sangatlah mudah, karena ikan hias yang memeliki corak seperti kuda zebra ini termasuk omnivora. Apapun yang sahabat berikan, mulai dari pakan serpihan, pakan beku atau pakan hidup seperti misalnya cacing darah, kutu air dan udang laut akan dimakan oleh danio ini.

Ikan danio zeba lebih suka berenang di bagian tengah ke atas akuarium, ikan ini juga perenang yang aktif sehingga membutuhkan area terbuka, untuk itu pilihlah jenis tanaman aquascape yang tidak menghalangi pergerakan renangnya.


Demikianlah ulasan tentang Ikan Hias Zebra Danio Profil Dan Cara Merawatnya, semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua