Saturday, 1 October 2016

Ikan Hias Platy Profil Cara Merawatnya


Ikan Hias Platy Profil Cara Merawatnya, majalahikan.com | Ikan platy (Xiphophorus maculatus) atau juga akrab dengan sebutan moonfish adalah spesies dari jenis ikan air hias tawar di keluarga Poecilidae dari urutan Cyprinodontiformes.

Gambar Ikan Hias Platy Profil Cara Merawatnya

Xiphophorus: dari Yunani Kuno (ksíphos), yang berarti 'semacam pedang bermata dua', dan (-phóros), yang berarti 'bantalan', dalam hal ini mengacu terhadap keberadaan gonopodium pada ikan platy jantan.


Gonopodium pada ikan platy jantan ini awalnya adalah Sirip anal yang telah berkembang menjadi gonopodium, (organ berbentuk stik yang digunakan untuk reproduksi)

Ikan platy merupakan ikan hias asli daerah Utara dan Amerika Tengah yang membentang dari Veracruz , Meksiko , untuk bagian utara Belize.

Pajang maksimal ikan platy yang jantan hanya 4,0 cm sedangkan platy betina 6,0 cm. Akan tetapi pada umumnya panjang ikan platy ini hanya 2,3 cm.

Ikan platy di alam bebas mendiami kanal, parit, dan mata air hangat yang bergerak lambat.Di alam liar ikan platy memakan  tanaman dan krustasea
kecil, serangga, dan Cacing Annelida.

Ada banyak varian warna ikan platy yang dikembangkan oleh pembudidaya, seperti misalnya oranye, merah, kuning, merah / hitam, dan hitam / putih. Selain itu juga ada banyak jenis ikan platy ini seperti misalnya: mickey mouse, wagtail, tuksedo, bulan dan lain sebagainya.


Ikan platy adalah ikan livebrearer, yang mana juga bisa dikawin silangkan dengan kerabatnya  swordtail hijau (X. helleri).

Akan tetapi yang banyak beredar dipasaran, ikan platy seringnya terkadang kawin sedarah, yang mana menjadikan ikan platy rentan terhadap penyakit dan kematian dini.


Klasifikasi Ikan Hias Platy


klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Divisi:     Chordata
Kelas:     klasifikasi
Memesan:     Cyprinodontiformes
Keluarga:     Poeciliidae
Marga:     Xiphophorus
Jenis:     X. maculatus
nama binomial
Xiphophorus maculatus

Cara Merawat Ikan Hias Platy


Gambar Dan Foto Ikan Hias Platy Profil Cara Merawatnya

Untuk memelihara dan merawat ikan platy ini, akuarium yang ideal adalah ukuran 60x30x30cm. Sedangkan suhu air, ikan play lebih suka dengan 20-26 ° C dan untuk pHnya 7,0-8,2.

Dalam satu akuarium betina juga harus lebih banyak ketimbang jantan. Ini dimaksudkan untuk memecah perhatian ikan platy jantan yang selalu mengejar - ngejar ikan platy betina.

Ikan platy ini termasuk ikan hias yang sifatnya damai, cocok juga dipelihara dengan ikan swordtails dan mollies. Selain itu ikan platy juga termasuk ikan hias yang mudah dipelihara.

tanaman aquascape juga musti ada, tentunya yang bisa untuk bernaung untuk burayak burayak ikan platy.  Di tambah dengan dasar kerikil yang akan semakin membuat seperti dialamnya.


Ikan platy merupakan ikan hias omnivora dan akan memakan apa saja yang sahabat berikan, baik pakan alami atau hidup maupaun buatan.

Demikian ulasan tentang Ikan Hias Platy Profil Cara Merawatnya, semoga bermanfaat. Untuk melihat ikan hias yang cocok dipelihara di aquascape lainya silahkan baca juga: JENIS JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR AQUASCAPE PALING LENGKAP.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dan Saling Memberi Inspirasi Serta Berbagi Pengalaman Untuk Kebaikan Kita Dan Ikan Hias Kita Semua